Laman

Kamis, 29 Oktober 2015

Masih Baru dan Harus Banyak Belajar "Masih Ecek Ecek"

Sebelum nya saya tak begitu peduli dengan apa itu hari Blogger, karena saya bukan apa apa dan bukan siapa - siapa. Kalo ada yang udah kenal blogger sejak 10 tahun lalu bahkan lebih, hebat dong saya mau dong belajar. He he he syukur- syukur gratis. Aku mah gitu orangnya sukanya gratisan.
Sudah sering ikut acara blogger, tapi pada awalnya  saya tak begitu tertarik dengan dunia tulis menulis, maklum lah saya kan pakai internet yang paling murah, yang sinyal nya datang dan pergi sesuka hati. Tapi kalo soal menulis sepertinya saya berbakat (pede) soal nya dulu waktu SD saya sering dapat nilai 8 kalo pelajaran mengarang.

Sekali dua kali saya ikut acara,tanpa kewajiban harus nulis karena memang saya daftar ikutan acara melalui facebook. Makin kesini saya makin ga enak hati, ditambah panggilan hati saya yang pada dasarnya emang suka nulis kali yee. Hanya saja fasilitas kurang mendukung, jujur aja saya baru punya blog bulan Agustus lalu. Ketinggalan banget ya ?. Tapi biarlah tak ada kata terlambat bagi saya.
Sekarang masalahnya setiap saya bertemu para blogger "ketche" mengutip istilah teman saya, saya masih tak pede untuk menyapa mereka. Saya pikir cukup lah kasih senyum manis syukur alhamdulillah banget kalo mereka balas senyum saya, saya hanya berani menyapa mereka mereka yang sudah biasa atau sering komunikasi melalu facebook.

Tapi besok atau lusa akan saya usahakan SKSD ( Sok Kenal Sok Akrab) bukan nya apa apa untuk kenyamanan saya juga. Seneng sih jadi bagian dari mereka, jadi nambah ilmu nambah pengetahuan,pengalaman. Walaupun saya belum bisa di bilang blogger masih ecek ecek lah istilahnya. Artikel masih dikit, dan terkadang masih bingung mau nulis dari mana. Selain itu saya masih bingung batasan copas seperti apa ?.

Saya akan tetap menulis walau pun tulisan saya masih ecek ecek, masih apalah apalah, atau hanya remahan rengginang seperti istilah istilah yang sering saya baca.
Sedikit harapan saya semoga nanti saya bisa menulis lebih baik lagi, makin banyak teman. Untuk para blogger "Ketche" Selamat hari blogger ya. Semoga nanti saya bisa seperti kalian, mohon bimbingan nya.
Cie cie cie...

Sample Foto Saat saya mengikuti berbagai acara ( 2 tahun lalu )
 Bekasi Berkebun 18 Oktober 2015
Nusantara Sehat #SahabatJKN

Masih banyak foto foto lainnya yang saya simpan

 " Saya bahagia dengan kehidupan saya dan saya akan berusaha memupuk rasa bahagia Itu "
" Bahagia Itu bagaimana cara saya bersyukur bukan berapa banyak materi yang saya punya "







































Minggu, 25 Oktober 2015

PIKNIK BARENG BEKASI BERKEBUN KOKGITUYA



Aslinya saya dari kampung akrab sekali sama yang namanya berkebun, waktu kecil saya di sekitar rumah saya banyak petani bayam, kangkung, singkong. Saat mereka panen Ibu saya selalu di bagi seikat besar bayam dan kangkung. Tapi sekarang saat saya pulang kampung kebun kebun itu sudah menjadi rumah permanen.
Waktu mengetahui ada acara bareng KokGituYa bersama bekasi berkebun pada tanggal 18 oktober 2015,  saya sangat antusias bisa bernostalgia ke masa lalu. Tinggal di perkotaan dengan lahan yang sempit , memang susah untuk berkebun, bersyukur lah mereka mereka yang masih punya perkarangan luas seperti rumah dinas Bapak Wakil Walikota Bekasi Akhmad Syaikhu. Wah wah jika saya punya halaman luas seperti itu, saya akan tanam berbagai jenis tanaman. Pastinya sih cabe, agar supaya saat harga cabe mahal saya sebagai Ibu rumah tangga tak perlu risau. Sayangnya tanah saya tersisa hanya di pot saja, maklum lah perantau.


Walau agak telat acara dimulai dengan sambutan dari Bapak Syaikhu ,terima kasih sudah menyempatkan hadir di tengah kesibukan nya. Saya jadi bisa bertemu bapak Syaikhu berkat acara Piknik Bareng Bekasi Berkebun dan KokGituYa. Oh ya saya bela - belain lho dari jakarta ke bekasi .Berangkat dari rumah jam 6 naik commuter line. Alhamdulillah sampai bekasi jam 07.00 on time kan he he he he.


Selajutnya ada edukasi mbak Mitha dari Bekasi berkebun, Mitha menjelaskan macam macam media tanam. Dan faktor yang paling penting selain media tanam adalah sinar matahari. Waktu menanam yang baik adalah antara pukul 06.00-09.00 pagi atau di sore hari. Ada games nya juga lho, siapa yang behasil mencocokan nama media tanam mendapat hadiah cabe dari bekasi berkebun. Lumayan bisa buat bikin sambel di rumah.
Kemudian kami di ajak menanam oleh Wina dari Indonesia menanam. Pertama diajarkan cara menanam kacang panjang .Caranya buat lubang kemudian masuk kan bibit kacang 2 biji. Masa panen kacang panjang adalah 1- 2 bulan. Setelah kacang panjang selanjutnya, bayam dan kangkung untuk masa panen bayam dan kangkung kurang lebih 1- 3 minggu. Cuaca yang Panas lumayan bikin meringis, tapi tetap seru. Wina juga mengajarkan cara memindahkan bibit cabe ke tanah yaitu dengan cara di balik . Banyak deh ilmu yang di dapat dari bekasi bekebun, ternyata tanaman juga bisa strees bukan hanya manusia. Ciri cirinya tanaman menjadi layu. Menyiram tanaman juga sebaiknya pagi atau sore hari. Kalo ini pasti semua tau ya sekedar mengingatkan he he he he .


Di halaman rumah Pak Syaikhu ada pohon buah nangka ,pohon salam dan berbagai jenis tanaman lain nya.
Setelah mencuci tangan waktunya sarapan yang sudah di sediakan.

Pak Eko Priyanto Head of Departement Daihatsu menejlaskan bahwa pada tahun 2015 Daihatsu menargetkan menanam 20 ribu tanaman produktif sedangkan tahun lalu 10 ribu. Selain itu Daihatsu mempunyai 2 program untuk kelestarian alam :
1. Penanaman Pohon dan
2. Penyelamatan penyu
Untuk menyukseskan ini daihatsu bekerja sama dengan SMK dan UMKM . Oh ya Pak eko juga bilang bahwa web KokGituYa merupakan wadah bagi para blogger untuk mempromosikan blog nya. Di web KokGituYa ada otomotif,teknologi,travel, wirasuaha dan lifestyle tinggal pilih sesuai kriteria. Pasti pada tau kan kalo KokGituYa merupakan web Daihatsu. Kenapa web ini di beri nama KokGituYa ? he he he saya juga ga tau.


Giliran Prita Wibisono sekarang pokok nya sebagai blogger newbe saya senang aja banyak ilmu yang saya dapat, walau pun kadang kurang fokus.Yang jelas banget saya ingat menurut Prita dari pada kita ikutan share berita yang belum tentu kebenaran nya . Mending kita menulis yang baik baik saja.

Terima Kasih ya KokGituYa sudah mengajak saya piknik bareng bekasi berkebun banyak pengalaman seru yang saya dapat. Setelah acara foto bersama kami pun pulang ke rumah masing masing.




                                              Sumber foto facebook Kog Gitu Ya












































Selasa, 20 Oktober 2015

Catatan Seorang Istri

Sudah hampir 2 minggu suamiku batuk, sebenarnya batuk adalah hal biasa tapi karena hasil x-ray terakhinya kurang bagus aku jadi cemas. Menurut hasil x-ray suamiku terkena gejala pleuritis .Entah apa sebab nya padahal suamiku bukan perokok ,begadang pun hanya sesekali saat ada pertandingan bola.

Pekerjaan suamiku yang berangkat subuh pulang di waktu sholat Isya ,di jalani nya dengan sabar terkadang saat jakarta kebanjiran suamiku tiba kembali di rumah jam 22.00. 
Sudah sering saya ajak berobat tapi karena tak merasa sakit dia santai saja ,ini saja karena batuk nya sudah cukup lama barulah ia mau di ajak berobat. Sebagai seorang istri yang sudah hampir 10 tahun bersama aku punya harapan dan  do'a ,semoga kami bisa menjadi kakek nenek bersama. Aku ingin melihat putriku menjadi sarjana nantinya. Syukur - syukur bisa sampai menimang cucu nantinya. He he he .
Oh ya masih ingat saat pertama bertemu suamiku,dulu aku bekerja di pulau batam. Saat cuti aku mengunjungi kakak ku di jakarta,di sinilah campur tangan Allah setahun kemudian  kami menikah.Kami memilih prosesi Ijab qobul yang sangat sederhana, karena saya menurut buku yang saya baca "sebaik baiknya wanita adalah yang memudahkan maharnya dan sebaik baik nya lelaki adalah yang memberikan mahar yang pantas untuk calon istrinya". 

Saat teman teman ramai mencemaskan suaminya selingkuh atau pun kawin lagi alias poligami. Aku lebih mencemaskan kesehatan nya. Walau pun aku tak tahu saat  suamiku di tempat kerjanya ada banyak wanita cantik dan masih muda. Yang katanya bening bening dan hhhhrrrrmmmm itu. Biarkan saja selagi akal sehat nya masih jalan berarti ia masih normal. Karena perselingkuhan itu akibatnya fatal . Banyak wanita yang tersakiti karena perselingkuhan,hati istri ,anak ,saudara istri . Semoga saja aku tak mengalami nya. Cukup Ibu ku saja yang merasakan nya.

Ups hampir jam 24.00 cukup di sini saja catatan ku, do'a ku malam ini semoga suamiku selalu di berikan kesehatan ,di berikan umr yang panjang. Dilapakan rizkinya, selalu menjadi Imam yang baik untuk ku dan menjadi Ayah yang baik untuk putriku, juga menjadi suami yang setia pastinya. I love you 















Selasa, 13 Oktober 2015

NUSANTARA SEHAT "MEREKA ITU NYATA DAN BENAR BENAR ADA"




Jika biasanya saya hanya mendengar atau melihat di TV kisah dokter, bidan,perawat,seta tenaga kesehatan lain nya yang berjuang di  daerah terpencil alias desa tertinggal, kali ini saya lebih mengenal mereka di acara Nusantara Sehat TEMU BLOGGER  #SahabatJKN . Acara yang diadakan tanggal 13 Oktober 2015 di Hotel Artotel Jakarta.

Walaupun saya datang terlambat tapi saya mengikuti jalan nya acara melalui live tweet teman teman yang sudah hadir duluan. Sayang sekali ya saya tak sempat mendengarkan langsung sambutan keren dari mas Anjari, Bu Murti Utami dan narasumber keren  Kang Maman, penulis yang sering muncul di TV. Saya baru tau program nusantara sehat adalah salah satu bentuk kegiatan yang di canang kan oleh Kemenkes. Kemenkes mendorong seluruh tenaga kesehatan profesional dalam  program nusantara sehat. Dengan cara mendaftarkan diri melalui situs resmi Nusantara Sehat atau langsung menemui panitia pendaftaran Program yang ada di Kemenkes. Sayang sekali diriku tak sesuai kriteria,kalo ga sudah daftar diriku ini he he he he.

Peserta nusantara sehat adalah  para tenaga profesioal kesehatan seperti  :

- Dokter
- Dokter gigi
-Perawat  bidan,
-Tenaga kesehatan lingkungan,
-Ahli Tehnologi laboratorium medik
-Tenaga kefarmasian
-Tenaga kesehatan Masyarakat

Pengiriman peserta ke 44 wilayah pencapaian di kabupaten daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan ( DTPK). Dengan jumlah 120 puskesmas yang akan di tuju. Para peserta adalah mereka yang berusia  di bawah 30 tahun. Satu tim yang seharusnya 9 orang menjadi 8 orang karena kurangnya dokter gigi.
 Mereka menjadi satu tim  yang terdiri dari 8 petugas 5 wanita dan 3 laki- laki. Sebulan 8 kali melakukan puskesmas keliling.Seluruh peserta di bekali keahlian medis  dan non medis mereka juga di berikan pemahaman terhadap budaya budaya lokal sehingga mereka bisa berinteraksi dengan petugas kesehatan setempat  dan masyarakat lokal. Dan tidak minta pulang pastinya.

Dari 100 dokter nyatanya hanya 13 dokter yang mendaftar perlu di pertanyakan dimana sumpah socrates para dokter ini. Tapi seperti itu lah kenyataan nya ! masih hangat ,ceritanya semalam saya tak enak badan dan berencana berobat ke Dr yang ada jadwal tugas di tempat suami saya kerja. Jadwal nya pukul 00.18-00.20 saya datang jam 00.18,menunggu hingga jam 00.19 dr yang di tunggu tak datang ,di tanya ke bagian operasi ada info gak dari sang dokter ? jawaban nya  tak ada,akhirnya saya pulang dan tak jadi berobat.( halah jadi curhat.). Harus nya para dokter seperti ini mencotoh semangat peserta Nusantara Sehat.


Kembali ke Nusantara Sehat yuk, Penjelasan dari Drg Murti Utami yang santai dan bersahabat membuat suasana menyenangkan, juga Mas Anjari sebagai kepala opini publik ,sebagai narasumber  Kang Maman klop deh pokoknya .
Hadir juga Ibu Dian Sarminarsih dari staf khsusus Mentri di bidang pemberdayaan masyarakat.

Program nusantara Sehat akan menghasilkan banyak perubahan  jika di lakukan bersama, .
Seorang peserta nusantara sehat di wawancarai saat acara berlangsung  yang bernama putri yang bertugas  di Long Pahangai .Transportasi utama di tempuh dengan jalan air ,6 jam perjalanan ke lokasi terjauh.Pernah mengalami kehabisan bahan bakar ,sehingga harus mendayung sampai ke tujaun. Perjuangan nya luar biasa yeee ! Jadi malu saya yang di kota besar aja bisa kesasar .


Saat sesi tanya jawab ada peserta yang bertanya mengapa 2 tahun ? cukup 2 tahun dulu nanti jika memang cocok bisa diadakan program selanjunya. Dan jika selama 2 tahun ada cinta lokasi ya itulah namanya dinamika kehidupan. Menurut Bu Murti Utami tugas tim tak hanya melayani kesehatan tapi lebih ke mensosialisasikan  bagaimana cara hidup sehat, seperti cara mencuci tangan yang baik dan benar juga buang air besar dan kecil pada tempatnya.

 Pernah kejadian MCK bersih banget tapi kenyataan nya masyarakat malah BAB di Kali di sinilah perlu nya tim Nusantara Sehat untuk lebih mensosialisasikan cara hidup sehat. Juga mengajak marsyarakat agar mau melahirkan di bidan dan puskesmas yang ada. Jika itu semua terlaksana bisa di katakan Tim sukses melaksanakan tugasnya.

Selain memperbaiki gizi masyarakat daerah terpencil Tim nusantara sehat juga mengajak masyarakat agar hidup sehat ,sekarang tak cukup hanya dengan empat sehat 5 sempurna, harus di tambah hidup sehat.

Mau 10 atau 20 pilar yang di ciptakan, tak akan ada hasilnya jika dilakukan sendiri. Satu program Nusantara sehat akan menghasil kan banyak perubahan positif asal kita lakukan bersama.



Indonesia Itu seperti Puzzle jika ada kepingan yang hilang , itu bukan Indonesia lagi "Kang Maman "




                                  Sumber foto hasil Jepretan Mak Tanti , Maaf ya mak Ijin ,Boleh ya Please



















Minggu, 04 Oktober 2015

MAN JADA WA JADDA

Yeay akhirnya kegigihan ku mengikuti berbagai ndian membuahkan hasil. Man jada wa jadda .Banyak kisah sebelum akhirnya bisa sampai di titik ini. Ingin sekali kutuliskan,sayang sekali keyboard lappy ini rusak. Sehingga belum bisa kutuliskan kisah ini..ealah lebay.... 

Semoga besok atau lusa bisa kutliskan syukur- syukur bisa jadi cerpen he he he e