Laman

Minggu, 25 Oktober 2015

PIKNIK BARENG BEKASI BERKEBUN KOKGITUYA



Aslinya saya dari kampung akrab sekali sama yang namanya berkebun, waktu kecil saya di sekitar rumah saya banyak petani bayam, kangkung, singkong. Saat mereka panen Ibu saya selalu di bagi seikat besar bayam dan kangkung. Tapi sekarang saat saya pulang kampung kebun kebun itu sudah menjadi rumah permanen.
Waktu mengetahui ada acara bareng KokGituYa bersama bekasi berkebun pada tanggal 18 oktober 2015,  saya sangat antusias bisa bernostalgia ke masa lalu. Tinggal di perkotaan dengan lahan yang sempit , memang susah untuk berkebun, bersyukur lah mereka mereka yang masih punya perkarangan luas seperti rumah dinas Bapak Wakil Walikota Bekasi Akhmad Syaikhu. Wah wah jika saya punya halaman luas seperti itu, saya akan tanam berbagai jenis tanaman. Pastinya sih cabe, agar supaya saat harga cabe mahal saya sebagai Ibu rumah tangga tak perlu risau. Sayangnya tanah saya tersisa hanya di pot saja, maklum lah perantau.


Walau agak telat acara dimulai dengan sambutan dari Bapak Syaikhu ,terima kasih sudah menyempatkan hadir di tengah kesibukan nya. Saya jadi bisa bertemu bapak Syaikhu berkat acara Piknik Bareng Bekasi Berkebun dan KokGituYa. Oh ya saya bela - belain lho dari jakarta ke bekasi .Berangkat dari rumah jam 6 naik commuter line. Alhamdulillah sampai bekasi jam 07.00 on time kan he he he he.


Selajutnya ada edukasi mbak Mitha dari Bekasi berkebun, Mitha menjelaskan macam macam media tanam. Dan faktor yang paling penting selain media tanam adalah sinar matahari. Waktu menanam yang baik adalah antara pukul 06.00-09.00 pagi atau di sore hari. Ada games nya juga lho, siapa yang behasil mencocokan nama media tanam mendapat hadiah cabe dari bekasi berkebun. Lumayan bisa buat bikin sambel di rumah.
Kemudian kami di ajak menanam oleh Wina dari Indonesia menanam. Pertama diajarkan cara menanam kacang panjang .Caranya buat lubang kemudian masuk kan bibit kacang 2 biji. Masa panen kacang panjang adalah 1- 2 bulan. Setelah kacang panjang selanjutnya, bayam dan kangkung untuk masa panen bayam dan kangkung kurang lebih 1- 3 minggu. Cuaca yang Panas lumayan bikin meringis, tapi tetap seru. Wina juga mengajarkan cara memindahkan bibit cabe ke tanah yaitu dengan cara di balik . Banyak deh ilmu yang di dapat dari bekasi bekebun, ternyata tanaman juga bisa strees bukan hanya manusia. Ciri cirinya tanaman menjadi layu. Menyiram tanaman juga sebaiknya pagi atau sore hari. Kalo ini pasti semua tau ya sekedar mengingatkan he he he he .


Di halaman rumah Pak Syaikhu ada pohon buah nangka ,pohon salam dan berbagai jenis tanaman lain nya.
Setelah mencuci tangan waktunya sarapan yang sudah di sediakan.

Pak Eko Priyanto Head of Departement Daihatsu menejlaskan bahwa pada tahun 2015 Daihatsu menargetkan menanam 20 ribu tanaman produktif sedangkan tahun lalu 10 ribu. Selain itu Daihatsu mempunyai 2 program untuk kelestarian alam :
1. Penanaman Pohon dan
2. Penyelamatan penyu
Untuk menyukseskan ini daihatsu bekerja sama dengan SMK dan UMKM . Oh ya Pak eko juga bilang bahwa web KokGituYa merupakan wadah bagi para blogger untuk mempromosikan blog nya. Di web KokGituYa ada otomotif,teknologi,travel, wirasuaha dan lifestyle tinggal pilih sesuai kriteria. Pasti pada tau kan kalo KokGituYa merupakan web Daihatsu. Kenapa web ini di beri nama KokGituYa ? he he he saya juga ga tau.


Giliran Prita Wibisono sekarang pokok nya sebagai blogger newbe saya senang aja banyak ilmu yang saya dapat, walau pun kadang kurang fokus.Yang jelas banget saya ingat menurut Prita dari pada kita ikutan share berita yang belum tentu kebenaran nya . Mending kita menulis yang baik baik saja.

Terima Kasih ya KokGituYa sudah mengajak saya piknik bareng bekasi berkebun banyak pengalaman seru yang saya dapat. Setelah acara foto bersama kami pun pulang ke rumah masing masing.




                                              Sumber foto facebook Kog Gitu Ya












































Tidak ada komentar: