Laman

Senin, 25 Januari 2016

INVESTASIKU MASA DEPANKU Smart Solution for Financial Freedom





INVESTASI REKSADANA

Saya kira yang bisa berinvestasi hanya orang orang berduit, tenyata ibu rumah tangga seperti saya yang hanya punya uang pas-pasan pun bisa berinvestasi, salah satu investasi adalah reksadana. Di reksadana hanya dengan Rp 100.000 kita bisa mulai berinvestasi, saya baru tahu kemarin pas ikutan talk show launching Reksadana di The Terrace Senayan Golf Club 23-01-2016. Acara di awali dengan yoga, "pan yoga" juga investasi, investasi masa depan. Kok bisa? Bisa dooong! Dengan yoga insya Allah tubuh menjadi sehat, sehat adalah investasi yang paling penting. Percuma kan harta melimpah, mobil berderet kalau kita gak panjang umur, atau hanya duduk di kursi roda melihat orang lain menikmati harta kita. (hehehehe kebablasan)

Setelah yoga yang asli asyik dan seru apalagi pemandangan sekitar lapangan golf yang indah, saya dan teman teman dari  "KEB " sarapan dulu. Sebelum acara talk show dimulai para undangan baik media maupun blogger diajak mengecek kesehatan finansial.
Ada booth :
*Invest Asyik
*Pendidikan Asyik
*Pensiun Asyik
*Liburan Asyik


Di sini saya mengecek berapa perkiraan dana yang saya butuhkan untuk liburan, juga perkiraan dana yang di butuhkan untuk kuliah putri saya. Jadi saya sudah punya gambaran berapa dana yang dibutuhkan putri saya nanti. Dan jika ingin berinvest berapa rupiah uang yang harus saya siapkan setiap bulan untuk mencapai tujuan tersebut.




Kembali ke talk show investasi reksadana, acara ini di hadiri oleh 
- Wiko H Tanata ( penulis buku )
- Prita Ghozie ( Financial Planner )
- Mas Farhan 

MC nya Mas Prabu Revolusi yang sudah tak asing lagi, sering wara wiri di TV, eh tadi investasi apaan?

Dari percakapan saat talk show Prita, Pak Wiko dan Mas Farhan, investasi bukan tujuan keuangan tapi kendaraan kita menuju tujuan kita, langkah awal investasi adalah menabung maksimal sampai deposito. Investasi tidak menakutkan tapi pasti ada resikonya, kita semua punya tabungan tapi lebih sering diambil dari pada diisi, lebih tepatnya dompet elektronik. Sedangkan investasi adalah tabungan yang kita kumpulkan dan bisa diambil pada waktu tertentu. Yang terpenting kunci utama berinvestasi adalah konsisten dan disiplin, kita harus menyisihkan bukan menyisakan dana untuk berinvestasi. 

REKSADANA
Reksadana adalah kumpulan dana dari para investor yang kemudian di putar atau di investasikan oleh para pengelola dana profesional yang tergabung dalam sebuah perusahaan investasi. Reksadana bisa dijual kapan pun dan sangat menguntungkan "Wiko H Tanata". 

Reksadana ada 4
1. Reksadana Konvesional  ( Pasar Uang, Pendapatan, Campuran, saham )
2.Reksadana terstruktur ( terproteksi , Indeks )
3. Reksadana yang dipasarkan di bursa 
4. Reksadana Syariah ( biasanya tidak berinvestasi di bisnis terkait haram atau bisnis yang di anggap riba         contoh: saham perbankan )
Sumber : saat talk show dan buku karangan pak Wiko

 Pak Wiko juga memberikan sedikit tip berinvestasi reksadana, seperti yang  ditulis di bukunya yang berjudul " Membangun Personal Wealth ".

1. Tentukan profil resiko anda
2.Tentukan tujuan & jangka waktu investasi
3. Perhatikan kualitas reksadana tersebut 
4. Perhatikan aspek legalitas perusahan manajer investasinya
5. Hati-hati investasi bodong

Poin 5 tuh yang sudah sering terjadi di banyak tempat berupa penipuan investasi, makanya kita harus lebih hati hati. Jangan sampai uang yang sudah di kumpulkan dengan susah payah di bawa kabur orang. Jika ada yang menawarkan investasi dengan keuntungan lebih dari 20 % / bulan perlu dicurigai " Mas Farhan ".

Saya harus konsultasi dulu dengan "Pak Bos" di rumah kira kira mau investasi yang mana, tapi nanti saya bisa mengulik banyak informasi disini
Seperti kalimat di awal tak harus menunggu kaya dan punya uang banyak kita bisa berinvestasi dengan uang Rp 100.000.

Sekilas info tentang PT Danareksa Investemen Managemen ( DIM ) adalah anak persuahaan PT Danareksa  ( persero ) yang mendapatkan ijin sebagai menejer investasi dari Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) pada tahun 1992. DIM merupakan pionir dalam reksadana dengan meluncurkan reksadana pertama di Indonesia pada tahun 1996. Aktivitas utama DIM adalah sebagai pengelola reksadana, menejer investasi KIK EBA, dan kontrak pengelola assert informasi. 

Acara di akhiri dengan doorprize dan makan siang, saya pulang duluan karena gak tenang meninggalkan si kecil. Jadi gak sempat foto-foto bareng emak-emak blogger yang kece. Semoga bisa bertemu lagi di lain kesempatan " Salam Blogger "

"QUOTES"
TIDAK ADA SEORANG MILYONER YANG TIDAK BERINVESTASI
KITA INGIN SEJAHTERA SAMPAI TUTUP  USIA 
        " PRITA GHOZIE' '






20 komentar:

kurnia amelia mengatakan...

Ternyata investasi bukan hanya orang yang berduit aja ya mak? Hehe.

Cerita Bunda mengatakan...

udah lama pengen ikutan investasi reksadana, tp masih maju mundur cantik

turiscantik.com mengatakan...

saya juga mau cobain reksa dana ;)

Tanti Amelia mengatakan...

kita disuruh yoga dulu terus disuruh mikir masa depan yak...

Ria Handayani mengatakan...

hehe he iya. pan juga mak, kita kaya , kaya hati .

Ria Handayani mengatakan...

iya mak ,investasi sehat dulu.

Ria Handayani mengatakan...

ayo kiya maju cantik cantik cantik heheheh

Ria Handayani mengatakan...

ayo cobain yook

lubena ali mengatakan...

kalo suami sih udah lama punya reksadana, buat kawinan Hasnah katanya..hehehe..

lubena ali mengatakan...

kalo suami sih udah lama punya reksadana, buat kawinan Hasnah katanya..hehehe..

Roosvansia Sipahutar mengatakan...

Namaste mak hihihihi, udah yoga belum hari ini hihihihii

Diah Woro Susanti mengatakan...

yang penting konsisten ya :)

Dee Rahma mengatakan...

udah investasi reksadana juga, Mak?
aku lagi cari-cari infonya nih yang recommended mana buat pemula hehehe.

Ranika Ruslima mengatakan...

Yg ptg ada niat dan usaha apapun pasti bisa kita lakukan. Semangat :)

Miftahul Falah mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Ria Handayani mengatakan...

Hehehe

Ria Handayani mengatakan...

Baru ngeh ada Mba cantik coment di siniπŸ˜€

Ria Handayani mengatakan...

Baru deposito mba πŸ˜€

Ria Handayani mengatakan...

Yuk semangat

Sarah IFX mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.