Laman

Minggu, 01 Mei 2016

Beli Yang Baik Untuk Lingkungan Yang Lestari

Mia, Dwi, Nola

Sejak dulu keluarga saya sudah menggunakan Rinso dan pada saat itu detergent belum banyak. Sekarang jangan ditanya merek detergent beragam, yang menawarkan banyak keunggulan dan harga yang bervariasi. Tapi sebagai konsumen sebaiknya kita tidak membeli produk hanya karena harga promo atau embel-embel hadiah. Ada sesuatu yang harus kita utamakan yaitu dampak dari produk yang kita gunakan. Rinso percaya berani kotor merupakan hal yang bagus bagi anak. Tanpa berani kotor anak tidak mendapatkan pembelajaran, penemuan dan pengalaman yang penting bagi perkembangan kebahagiaan mereka. Rinso dapat membantu saya dan para ibu semua menghilangkan noda yang paling bandel sekalipun pada pakaian tanpa perlu membatasi anak untuk berkembang melakukan berbagai aktivitas.
Seperti Unilever yang berkomitmen untuk senantiasa menghadirkan produk yang bermanfaat bagi  masyarakat dan terus berupaya membantu menciptakan lingkungan yang lebih lestari demi masa depan yang cerah.
                                      Program Unilever Yang Sangat Bermanfaat #BeliyangBaik

Unilever brightFuture 

Kampanye Unilever brightFuture  (sebelumnya bernama Project Sunlight) merupakan inisiatif Unilever global yang diluncurkan sejak tahun 2013 dan saat ini diselenggarakan di 6 negara besar Unilever, yaitu Indonesia, Amerika, Inggris, India, Brazil, dan Afrika Selatan. Tujuan dari kampanye brightFuture mengajak jutaan orang di seluruh dunia untuk mewujudkan hari esok yang lebih cerah bagi anak-anak dan generasi mendatang, dengan menerapkan cara hidup yang lebih lestari (sustainable) dengan menginspirasi masyarakat melakukan tindakan nyata.
Kampanye brightFuture merupakan pengejawatahan dari Unilever Sustainable Living Plan (USLP), strategi yang diluncurkan secara global untuk menumbuhkan bisnisnya seraya mengurangi dampak lingkungan serta meningkatkan dampak positif bagi masyarakat.
Tahun pertama diluncurkan, brightFuture menginspirasi masyarakat melalui video berjudul “Mengapa Melahirkan Anak Ke Dunia”. Selain Itu Unilever juga bekerja sama dengan World Food Program untuk menyediakan satu juta makanan bagi anak sekolah di Indonesia. Pada tahun 2014 Unilever menggandeng 50 keluarga di lima kota besar di Indonesia untuk mengimplementasikan dan menyebarkan gaya hidup bersih  sehat di tengah- tengah lingkungannya.
Di akhir tahun 2014 hingga tahun 2015, Unilever kembali menghadirkan kampanye brightFuture dengan berfokus pada Masa Depan Sehat yang menyoroti gagasan tentang masa depan dari pemimpin muda  yang memiliki mimpi untuk menghadapi tantangan dengan menciptakan perubahan positif pada isu-isu lokal. Khusus di Indonesia, sanitasi menjadi isu lokal yang menjadi perhatian Unilever tahun ini. Dalam kurun waktu 2 bulan, Project Sunlight telah mengumpulkan sebanyak 8 juta dukungan yang didapat dari partisipasi masyarakat melalui berbagai cara mudah.

-         - 7.278.675 orang telah menyaksikan film inspirasional Project  Sunlight di YouTube dan di Facebook.
-        -  325 orang sudah menulis ide di www.projectsunlight.co.id mengenai bagaimana mereka menciptakan masa depan yang lebih cerah.
-       -   800 orang berpartisipasi menjadi #brightFuture volunteer yang mengedukasi 8000 siswa di 5 kota besar di Indonesia (Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Medan dan Makasar).
-         - Sebanyak 686.387 dukungan yang diberikan masyarakat melalui kerjasama Unilever dengan Lotte Mart.
-          -Pada tahun 2015 kampanye brightFuture berfokus pada isu perubahan iklim, bekerjasama dengan WWF, -Unilever mengajak masyarakat untuk terlibat dengan cara melakukan “Pledge” di brightFuture.unilever.co.id untuk melindungi 1 juta pohon di Indonesia dan Brazil. Melalui kanal digital, brightFuture telah menjangkau 28 juta orang. Selain itu, sebagai usaha untuk mengatasi perubahan iklim, Unilever bermitra dengan LSM lokal dan konsumen untuk secara langsung terlibat dalam penanaman pohon tersebut. Kegiatan lainnya seperti long march di hari pelanggan nasional, hadir di kampus untuk mengedukasi mahasiswa, serta melakukan inisiatif untuk menjangkau masyarakat luas melalui media, kampanye ini berhasil menjangkau 60 juta orang dalam 5 bulan.

Produk Unilever lainnya yang saya gunakan adalah Molto. Dengan bantuan Molto saya dapat memberikan keluarga terkasih pakaian lembut dan harum yang mendukung aktifitas keluarga sehari-hari. Mengapa saya memilih Molto karena Molto sudah menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan melalui inovasi Molto Sekali Bilas, yang membantu para Ibu menghemat air sebesar 75 % saat mencuci. Di tahun 2015 Molto Sekali Bilas berhasil menghemat 32.185.036.000 liter air di Indonesia.

Untuk menjaga kebersihan kamar mandi saya juga menggunakan Domestos, karena saya sudah membuktikan keampuhan Domestos sebagai ahli pembunuh kuman. Domestos bekerja sama dengan UNICEF dan Yayasan Unilever Indonesia untuk mempromosikan program sanitasi toilet yang bernama “Hygene Movement” sejak 2011. Program ini bertujuan untuk memperbaiki akses toilet yang bersih dan higienis di tengah masyarakat Indonesia. Hingga akhir 2014, Domestos  telah berhasil menyentuh lebih dari  1.900 sekolah dan 320.000 murid untuk membantu meningkatkan kesadaran akan perilaku hidup bersih dan sehat.

Bango selain membantu melestarikan warisan kuliner Nusantara, Bango juga memberdayakan kehidupan 38.500 petani kedelai hitam. Lebih dari itu, Bango juga memberikan beragam aktifitas untuk 3.300 isteri petani seperti edukasi tentang perkebunan, pelatihan kepribadian, workshop berbisnis dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan mereka sehingga membuat rantai berkelanjutan.

Teh Lipton #BrightFuture


Untuk kebersamaan dalam keluarga, Lipton memastikan bahan-bahan di dalamnya berasal dari sumber yang berkesinambungan. Lipton menggunakan 100% kantong teh yang berasal dari perkebunan yang bersertifikasi Rainforest Alliance 2015. Selain itu, Lipton juga membantu para petani teh mendapat upah yang layak.
Pasta gigi Pepsodent telah membantu meningkatkan kesadaran dalam menjalankan perilaku hidup bersih sehat dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut. Dimulai dari perayaan  World Oral Healthy Day yang menjangkau 110.000 murid di 100 kota hingga Bulan Kesehatan Gigi Nasional yang menyalurkan perawatan gigi secara gratis ke 55.000 pasien di 25 kota. Pepsodent juga mengajak masyarakat untuk menghemat air saat sikat gigi sehingga membantu mengurangi dampak lingkungan dari sumber hingga konsumen.

Dove selalu mendefinisikan kecantikan dari segala dimensi tubuh wanita, bentuk wajah dan warna kulit. Selain merawat rambut dan menciptakan persepsi tentang kecantikan, Dove memberikan perawatan khusus bagi wanita Indonesia. Dove juga membantu wanita di seluruh dunia untuk mempersepsi kecantikan yang sesungguhnya dengan membangun kepercayaan diri. Melalui lini yang beragam, Dove mengundang perempuan untuk lebih berani dalam mengekspresikan kecantikan mereka.

Sedangkan Shampo Lifebuoy membantu para ibu memberikan solusi melalui 5 tanda rambut sehat untuk keluarga. Shampo Lifebuoy juga mengajak para ibu untuk berbagi ide kinclong untuk berperilaku hidup cerdas di rumah seperti mendaur ulang kemasan shampo menjadi kerajinan yang dapat digunakan sehari-hari, seperti dompet, tas dan lain-lain.


Rambut Berkilau Dengan Lifebuoy #BeliYangBaik

Pure It sudah mulai diperkenalkan sejak tahun 2010, Pure It adalah alat pemurni air minum dengan misi menyediakan air minum higienis ke jutaan konsumen di Indonesia dengan harga terjangkau sekaligus mengurangi dampak buruk bagi lingkungan. Pure It dirancang untuk membersihkan segala kotoran, kuman dan parasit melalui teknologi advanced water purification. Penggunaan Pure It dapat mengurangi konsumsi air dalam kemasan. Hingga akhir 2014, Unilever  Indonesia membantu 2,5 juta orang di Indonesia dengan akses ke air bersih melalui Pure It sambil melindungi alam.

Sebagai konsumen yang baik mari kita dukung program Unilever #beliyangbaik untuk lingkungan yang lestari, demi anak cucu kita di masa yang akan datang. Sebagai konsumen cerdas kita bisa memilih produk untuk digunakan sehari-hari yang memberikan dampak baik untuk semua.

8 komentar:

Dwi Aprily - The Ordinary Woman mengatakan...

iya yah ..kalau terbiasa beli yang baik hasilnya insyaAllah baik :)

Tira Soekardi mengatakan...

wah manfaatnya baik untuk lingkungan juga ya.

Ria Handayani mengatakan...

Terima kasih Bunda Dwi, semoga kita selalu lebih baik dalam segala hal

Ria Handayani mengatakan...

Benar sekali mbak Tira, terima kasih

Agung Han mengatakan...

Saya pernah liat livenya Nugie nyanyi "Beli Yang Baik"
mgkn diendorse Unilever ya mbak
salam sehat dan semangat

dunia menulis mengatakan...

ayo beli yang baik. nice share mak...

Ria Handayani mengatakan...

Terima Kasih Mas Agung, Selalu sehat dan bersemangat pastinya

Liswanti Pertiwi mengatakan...

Mari mba beli yang baik