Laman

Kamis, 26 Mei 2016

WASPADA GANGGUAN TIROID

Saat saya masih kecil bertanya-tanya kenapa leher seorang tetangga saya membesar, oh itu penyakit gondok kata orang tua saya menjelaskan. Tidak cukup sampai di situ saya juga bertanya-tanya apa penyebabnya. Jika dulu jawabannya sangat simpel kurang yodium, saya bertanya lagi apa itu yodium? Sekarang semua garam sudah beryodium, sudah jarang sekali kita melihat penderita penyakit gondok.

Tanggal 24 Mei 2016 bertempat di Hotel Grand Cempaka saya mengikuti seminar publik waspada gangguan tiroid yang diadakan oleh Kementerian Kesehatan RI dan didukung oleh PT Merck Tbk. Banyak sekali informasi yang saya dapat dan berikut rangkumannya.

Kelenjar tiroid merupakan kelenjar endoktrin berbentuk kupu-kupu yang terletak pada bagian depan leher di bawah jakun, tepatnya di bagian tengah bawah leher. Walaupun relatif kecil kelenjar tiroid memproduksi hormon yang dapat mempengaruhi setiap sel, jaringan dan organ tubuh kita. Kelenjar tiroid membantu tubuh kita untuk menggunakan energi agar tetap hangat, serta membuat otak, jantung, otot dan organ lainnya bekerja sebagaimana mestinya. Pada anak-anak hormon tiroid berperan penting untuk perkembangan otak dan tumbuh kembang.

Bentuk gangguan tiroid diantaranya:
1.       Kelainan fungsi ada yang Hipertiroid dan ada Hipotiroid. Apabila terlalu aktif, kelenjar tiroid akan menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid. Kondisi ini dinamakan  Hipertiroidisme. Sedangkan ketika kelenjar tiroid kurang aktif, kelenjar tidak menghasilkan cukup hormon tiroid yang dibutuhkan untuk menjaga metabolisme tubuh. Kondisi ini disebut Hipotiroidisme. Untuk mengetahui  gejala ini diperlukan pemeriksaan di laboratorium.
2.       Kelainan bentuk (Struma dan Nodul). Struma atau lebih dikenal dengan Gondok adalah pembesaran kelenjar tiroid. Sedangkan Nodul adalah kelainan bentuk tiroid yang dapat bersifat jinak/ganas dan seringkali tidak ada gejala.
3.       Kanker tiroid. Pada umumnya kanker tiroid merespon terhadap pengobatan walaupun ada bagian kecil yang bisa bersifat agresif.
4.       Peradangan pada kelenjar tiroid atau lebih dikenal dengan istilah Tiroiditis.

Gejala dan gangguan tiroid pada anak yang Hipotiroid seperti pertumbuhan tulang dan gigi terhambat, pubertas terlambat, rambut rontok, denyut jantung rendah, penambahan berat badan, sulit buang air besar dan kurang nafsu makan. Sedangkan gejala Hipertiroid pada anak seperti perubahan tingkah laku dan nilai di sekolah, diare, tangan gemetar, emosional dan mudah menangis, nafsu makan tinggi namun berat badan menurun.

Gangguan tiroid serius dapat mempengaruhi kualitas hidup dan kehidupan sehari-hari, serta memiliki dampak psikologis. Secara khusus, gangguan pada kelompok usia tertentu dapat mempengaruhi:
A.      Bayi baru lahir dapat terjadi kelainan retardasi mental.
B.      Anak-anak dapat mengalami gangguan tumbuh kembang dan perilaku.
C.      Pada usia dewasa apabila penyakit tiroid tidak terdiagnosa dapat menyebabkan resiko gangguan kesehatan yang serius seperti cardiovascular, osteoporosis dan infertilitas.
D.      Pada ibu hamil dapat meningkatkan resiko keguguran, kelainan prematur, gangguan pertumbuhan pada janin dan bayi.

Di Indonesia 17 juta penduduk menderita gangguan tiroid, penyebab umumnya tidak diketahui dan dapat mengenai berbagai usia, bayi baru lahir, anak-anak, usia dewasa/ produktif maupun usia lanjut. Oleh karena itu mari kita waspada dengan cara kenali gangguan tiroid dan gejalanya, dengan cara:
-          Diagnosa dini dengan Skrining Hipotiroid Kongenital, selamatkan generasi penerus bangsa.
-          Skrining bayi baru lahir dalam 48 jam kelahiran.
-          Konsultasikan ke dokter bila menduga ada gangguan tiroid, diagnosa bisa dilakukan dengan prosedur yang mudah misalnya dengan pemeriksaan darah.
-          Obati segera gangguan tiroid umumnya kondisi seumur hidup, namun bisa ditangani dengan baik sejak dini. Tidak perlu cemas pengobatan gangguan tiroid tidak mahal dan efektif.


Semoga dengan semakin banyaknya informasi yang diketahaui masyarakat Indonesia bisa meminimalisir gangguan tiroid. Segera hubungi dokter apabila ada orang di sekitar kita mengalami gangguan tiroid.
Note : Sumber foto Buncha 

4 komentar:

lubena ali mengatakan...

tapi kadang masih sering yah.. sekampung kena gondongan bareng, nular sih soalnya.

lubena ali mengatakan...

tapi kadang masih sering yah.. sekampung kena gondongan bareng, nular sih soalnya.

prana ningrum mengatakan...

aku juga habis operasi tiroid mak..mksh sharenya ....

Dwi Aprily - The Ordinary Woman mengatakan...

ngeri juga dampak dari gangguan tiroid ya..