Laman

Rabu, 31 Agustus 2016

Rencanakan Dana Pendidikan Si Kecil



Setiap kali di tanya apa cita-cita Bilqis? Aku ingin menjadi guru jawabnya. Tapi sesusia Bilqis terkadang masih bisa berubah-ubah, sama seperti saya waktu kecil. Apapun cita-citanya sebagai orang tua saya akan selalu memotivasi, dan pastinya mempersiapkan dana pendidikan untuknya. Dana yang dipersiapan tidak hanya untuk pendidikan formal, karena butuh pendidikan non formal juga. Seperti les bahasa Inggris, matematika dan lain-lain.

Sekarang Bilqis duduk di kelas 3 SD, saya sudah harus memperkirakan biaya pendidikan sembilan tahun yang akan datang. Survei yang dilakukan terhadap sejumlah sekolah swasta di kota Jakarta menggambarkan rata-rata biaya pendidikan di Indonesia naik sebesar 7% -15% per tahun. Inflasi pendidikan ini adalah sesuatu yang nyata. Dengan demikian, mari siasati dengan cerdas dan bijak dana pendidikan yang angkanya sangat fantastis itu agar di kemudian hari, ongkos tersebut tidak menjadi beban untuk Ayah dan Bunda. Terlebih untuk dana pendidikan universitas, uang pangkal yang saat ini mungkin berjumlah Rp50.000.000 bisa berkembang menjadi Rp400.000.000 dalam waktu 15 tahun kedepan. Hal ini dapat terjadi akibat adanya tingkat kenaikan harga tersebut. Untuk mempersiapkan dana pendidikan anak, berikut langkah-langkahnya.

Pertama, Ayah dan Bunda sebaiknya sudah harus mulai mendiskusikan pendidikan anak sejak sang anak masih dalam kandungan. Lakukan survei dengan mendatangi sekolah-sekolah yang ada atau datang ke pameran pendidikan yang mulai banyak diselenggarakan.

Kedua, berdasarkan pilihan favorit orang tua dan anak, lakukan riset kebutuhan biaya pendidikan untuk tahun ini. Pahami bahwa biaya pendidikan tahun ini kemungkinan besar akan meningkat setiap tahunnya, sehingga saat anak masuk sekolah nilainya akan bertambah besar.

Ketiga, sesuai kebutuhan dana yang sudah dihitung, silakan periksa tabungan atau investasi yang sudah disiapkan. Apakah sudah cukup? Jika angkanya masih lebih kecil dari yang seharusnya, jujurlah pada diri sendiri bahwa sekaranglah saatnya merevisi rencana dana pendidikan.

Keempat, periksa apakah keuangan keluarga sudah terlindungi. Menabung dan berinvestasi akan terasa mudah dijalankan oleh keluarga yang masih produktif dan mendapatkan penghasilan. Risiko kematian di usia produktif atas pencari nafkah atau orang tua dapat terjadi kapan saja. Oleh sebab itu, perlindungan asuransi jiwa sangat penting dalam perencanaan dana pendidikan.

Dari obrolan saya dengan orang tua teman-teman Bilqis mereka sudah mengasuransikan putra-putrinya sejak lahir, sehingga dana saat akan masuk sekolah TK-SD-SLTP SMU dana bisa cair. Saya masih nyaman dengan tabungan saja, tapi mengingat kondisi perekonomian Indonesia saat ini yang biaya pendidikan semakin hari semakin meningkat rasanya saya perlu juga asuransi pendidikan.
Beruntung sekali ada program BMD morinaga Chil-Go Morinaga Chil-Go! juga meyadari bahwa biaya pendidikan tidaklah murah, dan seiring berjalannya waktu biaya pendidikan akan terus naik. Sadar akan hal tersebut, Morinaga melalui program Bekal Masa Depan Chil-Go! turut memfasilitasi dan membantu Ayah dan Bunda untuk mempersiapkan dana pendidikan Si Kecil sejak dini. Ayah dan Bunda dapat menghitung kisaran dana pendidikan yang dibutuhkan untuk Si Kecil melalui kalkulator financial perhitungan dana pendidikan Si Kecil yang sudah di siapkan oleh Morinaga Chil-Go!.
Kalkulator Financial tersebut dapat Ayah dan Bunda akses dipendidikan 
Ilustrasi Perencanaan Dana Pendidikan Si Kecil

Dalam mempersiapkan dana pendidikan Si kecil, Ayah dan Bunda dapat melihat ilustrasi agar mempunyai gambaran lebih jelas bagaimana menghitung dana pendidikan Si Kecil sejak dini. Mari simak ilustrasi dana pendidikan di bawah ini.
Chila adalah anak berusia 1 tahun yang sangat lucu. Ayah dan Bunda Chila ingin mempersiapkan dana pendidikan untuk jenjang taman kanak-kanak hingga Universitas. Dengan asumsi tingkat inflasi pendidikan sebesar 15% per tahun untuk biaya sekolah dan biaya kuliah. Berikut perhitungan kebutuhan dana pendidikan Chila. (asumsi Ayah dan Bunda hanya mempersiapkan dana untuk membayar uang pangkal sekolah).


*Sumber: ZAP Finance Research Division

Ayah dan Bunda dapat menghitung kisaran dana pendidikan yang dibutuhkan untuk Si Kecil melalui kalkulator financial perhitungan dana pendidikan yang sudah di siapkan oleh Morinaga Chil-Go!.

Melalui program Bekal Masa Depan Chil-Go!, Ayah dan Bunda berkesempatan untuk mendapatkan total hadiah senilai 3 Milyar Rupiah dalam bentuk dana asuransi pendidikan untuk Si Kecil. Bekal masa depan yang terbaik merupakan hak anak. Mari para orang tua persiapkan dana pendidikan anak sedini mungkin, agar hak anak yang menjadi tanggung jawab orang tua dapat terpenuhi dengan baik. Live a beautiful life!  

Bekal Masa Depan Chil-Go! merupakan salah satu langkah Morinaga dalam mendukung gerakan #SiapCerdaskanBangsa yang ditujukan kepada para orang tua untuk dapat berbagi stimulasi dan ide kreatif dalam mengembangkan Kecerdasan Majemuk Si Kecil sehingga menjadi Generasi Platinum yang multitalenta. Morinaga Chil-Go! akan memilih 9 orang pemenang hadiah utama dan 3.035 orang pemenang hadiah hiburan selama periode program berlangsung.

Hadiah utama dari Bekal Masa Depan Chil-Go! ini adalah Dana Asuransi untuk Pendidikan dengan total senilai 3 Milyar Rupiah dibagi menjadi 3 (tiga) kategori di masing-masing periode, yaitu :
a.       Platinum: Asuransi Pendidikan senilai Rp 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah)*
b.      Gold: Asuransi Pendidikan senilai Rp 300.000.000,- (tiga ratus juta rupiah)*
c.       Silver: Asuransi Pendidikan senilai Rp 200.000.000,- (dua ratus juta rupiah)*
* berdasarkan perhitungan investasi hingga anak berusia 18 tahun

Bekal masa depan yang terbaik merupakan hak anak. Mari para orang tua persiapkan dana pendidikan anak sedini mungkin, agar hak anak yang menjadi tanggung jawab orang tua dapat terpenuhi dengan baik. Live a beautiful life!




Ayo Ayah Bunda kita Ikutan program BMD Chil-Go semoga kita menjadi salah satu yang beruntung mendapatkan hadiahnya. Adapun cara-caranya bisa dilihat di artikel saya sebelumnya http://www.riabilqis.com/2016/07/bekal-masa-depan-dimulai-dari-sekarang.html atau melalui vidio di atas.

Sumber Tulisan
Prita Hapsari Ghozie, SE, MCom, GcertFinPlanning, CFP, QWP
Perencana keuangan independen dari ZAP Finance
Penulis buku Menjadi Cantik, Gaya, & Tetap Kaya
Penulis buku Make It Happen!

Nara sumber keuangan di media cetak, televisi, dan radio nasional.

1 komentar:

Irwan Rahayu Suryana Putra mengatakan...

Memang penting banget merencanakan keuangan buat pendidikan anak, kalau saya lebih pilih buka tabungan rencana aja si dengan jangka waktu yg ga terlalu panjang & udah mulai terasa manfaatnya, waktu anak mau masuk TK dana dari tabungan rencana udah bisa cari jadi ga pusing lagi cari dana :)