Laman

Selasa, 06 September 2016

Program Makan Sehat Anak PAUD Bersama Sarihusada

Anak susah makan, lalu para bunda memberikan jamu (cekokan) ternyata itu cara yang tidak tepat dan termasuk kekerasan pada anak. Menurut Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani, S.Psi.,M.Si. yang saya temui saat konferensi pers  PAUD Healthy Eating Habit Program di Hong Kong Cafe, Menteng Jakarta pada tanggal 2 September 2016.
Apa Itu PAUD Healthy Eating Habit Program?
PAUD Healthy Eating Habit Program adalah program yang diselenggarakan oleh PT Sarihusada Generasi Mahardika melalui susu pertumbuhan SGM Eksplor  dengan Buah dan Sayur, program ini bertujuan untuk membiasakan makan sehat bagi anak usia dini.
PAUD Healthy Eating Habit Program akan dilaksanakan secara resmi mulai tanggal 5 September 2016 kepada 300 anak didik di enam PAUD Jabodetabek yakni  PAUD Anggrek Bulan di Jakarta Timur, PAUD Merah Delima di Jakarta Utara, PAUD Nurul  Hilal di Jakarta Barat, PAUD Permata Pesanggrahan di Jakarta Selatan, PAUD Quantum di kota Bekasi dan PAUD At Qiya di kota Depok.
Rangkaian program ini meliputi:
1.       Dukungan penyediaan makanan bergizi
2.       Buah-buahan dan sayur mayur
3.       Susu pertumbuhan SGM Eksplor Buah dan Sayur
Bagi anak-anak didik di enam PAUD daerah Jabodetabek, bahkan menurut MC cantik yang memandu acara program ini juga dilengkapi  dengan aktivitas berkebun bagi anak, seminar dan kelas parenting untuk para orang tua. Dan puncaknya piknik bersama di Taman Buah Mekarsari untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada tanggal 12 November 2016. Wah pasti seru nih, saya ga akan menolak jika terpilih ikut serta nantinya hehehe.
Psikolog Anna memberikan banyak tips bagaimana cara membiasakan anak makan dengan cara yang baik, dan bagaimana agar anak terbiasa makan buah dan sayur. Menurut penelitian psikologis  menunjukkan bahwa kurangnya asupan buah dan sayur dipengaruhi oleh kurang tepatnya cara pemberian makan  (feeding styles) oleh orang tua.
Contohnya :
1.       Ada anak yang trauma terhadap buah dan sayur karena prosesnya dicekoki atau dipaksa.
2.       Sebaliknya ada juga (banyak) orang tua terlalu mudah menyerah saat anaknya menolak makan buah dan sayur.
Masih menurut Ibu Anna, “Bukan hanya berpengaruh terhadap pola makan, cara pemberian makan juga dapat mempengaruhi pembentukan kepribadian anak. Oleh karena itu penting sekali memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan bagi para orang tua tentang cara pemberian makan yang tepat untuk anak”. Saya juga mau banget nih ikutan kelas parenting, supaya bisa menjadi Ibu yang bisa memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya.
Hadir juga Mr. Joris Bernard (Brand Business Unit Director Sarihusada)  yang memberikan sambutan dalam Bahasa Inggris yang setelah diartikan kurang lebih seperti ini “PAUD Healthy Eating Habit Program merupakan bagian dari komitmen kami untuk menjadi mitra bagi orang tua di Indonesia dalam menyediakan nutrisi untuk pertumbuhan anak. Kami ingin membantu membangun kebiasaan makan yang baik dan bergizi seimbang sejak usia dini. Kami juga ingin membuktikan bahwa makan buah dan sayur bisa menyenangkan jika dilakukan bersama-sama  dengan cara yang tepat”.
Ketua Komisi Perlindungan Anak (Komnas PA) Bapak Arist Merdeka Sirait juga hadir, dan menyatakan dukungannya dalam program makan sehat, “Kami di Komnas PA juga sangat mendukung kampanye nyata seperti pemberian asupan  buah dan sayur pada anak-anak PAUD, serta kegiatan-kegiatan edukasi yang melibatkan orang tua. Peran orang tua sangat penting dalam menjaga proses tumbuh kembang anak dan hak mendapatkan pendidikan bagi anak-anak Indonesia”.

Saat acara berlangsung juga ada lomba livetweet terbanyak, tujuannya untuk berbagi informasi di media sosial. Hadir juga  anak-anak berbakat dari Styliz Studio Bandung , anak-anak ini sangat  lincah dan energik sehingga semua tamu undangan baik blogger maupun media merasa terhibur. Senang sekali saya bisa menjadi salah satu undangan, saya tunggu keseruan selanjutnya.

4 komentar:

lubena ali mengatakan...

Wah ada Pak Arist Merdeka Sirait yah.. keren

Ria Handayani mengatakan...

iya ada, padahal pengen foto bareng tapi segan.

Adriana Dian mengatakan...

Waaaaah mak ria blognya udah cakep banget niiiihhhhhh <3 <3 <3 Senengnya ya PAUD PAUD yang kebagian program ini. Mudah-mudahn PAUD deket rumah aku ada yang kebagian juga deh. Hehe. Makasi sharingnya mak Riaaaa

Helenamantra mengatakan...

Beri makan sayur dan buah malah ga boleh dipaksa ya, bikin anak trauma