Kamis, 06 Oktober 2016

Bicara Tentang Listrik Bareng Schneider

Alhamdulillah sejak bergabung dengan komunitas Emak blogger, banyak sekali ilmu yang saya dapat baik melalu chat di grup inbox atau datang langsung ke acara. Minggu lalu tepat tanggal 1 Oktober 2016, saya beserta 30 emak lainnya kopdar (kopi darat) di Hongkong Café yang berada di Jl. Sunda, Gondangdia Menteng, itu lho di sebelahnya Sarinah.  Kali ini sedikit berbeda, jika biasanya membahas masalah ibu dan anak, serta segala persoalannya, sekarang kita bincang-bincang tentang “CARA JITU LINDUNGI RUMAH DARI BAHAYA LISTRIK”.
Setelah sedikit insiden salah naik jurusan Trans Jakarta, harusnya dari Halte Harmoni saya naik jurusan  yang ke arah Blok M tapi saya malah naik ke arah Kota, akhirnya saya tiba di HK Café.  Sebelum acara dimulai seperti biasa saya dan para emak dipersilahkan menikmati menu yang sudah disediakan, jangan tanya rasanya kan kita mau bahas masalah listrik hehehe.
Acara dibuka oleh mak Sumarti Saelan, dilanjutkan dengan game dari mak Neng Tanti Amelia, saya ikutan berpartisipasi.
Acara inti pun segera dimulai dengan hadirnya Franco Nasarino biasa dipanggil Rino  (Product Marketing Partner Retail Business Schneider) dan founder Kumpulan Emak Blogger Mira Sahid. Rino mulai memaparkan apa itu Schneider, yang jujur saya baru dengar sekarang.


Schneider adalah perusahaan asal Prancis  yang sudah 45 tahun berada di Indonesia, yang bergerak di bidang penjualan dan pelayanan jasa kelistrikan. Biasanya yang menggunakan jasa Schneider adalah perusahaan dan perorangan juga.
Schneider adalah perangkat wajib untuk pengamanan di rumah di antaranya :
1.       MCB  melindungi jaringan listrik di rumah dari arus berlebih dan hubungan arus pendek.
2.       ELCB melindungi aset dari kebakaran dan anggota keluarga dari bahaya sengatan listrik ketika terpercik air, bersentuhan langsung dengan stop kontak, atau kabel terkelupas.
3.       Surge Arrester melindungi peralatan elektronik seperti televisi, komputer dan telepon/PABX terhadap sambaran petir tidak langsung yang tidak dapat diproteksi oleh penangkal petir.
4.       RCBO Slim adalah gabungan dari MCB dan ELCB dalam satu produk yang berfungsi sebagai proteksi terhadap arus bocor/arus kejut dan hubungan singkat/korsleting.
Mendengar penjelasan Rino, saya dan emak-emak lainnya mulai sedikit paham tentang bahaya listrik dan tingkatan bahaya arus bocor terhadap manusia, atau lebih kita kenal dengan istilah kesetrum. Kesetrum adalah kontak antara arus listrik dengan tubuh kita di saat bersamaan bersentuhan dengan tanah.

·         1 A<                                    Jantung Berhenti
·         80 mA                                Denyut Jantung Terganggu
·         30 mA-50 mA                   Kontraksi Pada Jantung
·         10 mA                                Gangguan Sistem Pernafasan
·         0.5 mA                               Getaran Kejut Kesemutan
MCB  Miniatur Circuit Breaker  umumnya dimiliki setiap rumah, sementara ELCB dan SPD harus dilengkapi untuk proteksi maksimal sepanjang waktu. Ketiga pengaman ini diletakkan pada MCB Box. MCB tersedia dengan beberapa ukuran, ada C4 sampai C6 tergantung daya listrik yang kita gunakan. Untuk menghitung daya listrik di rumah masing-masing caranya sangat mudah yaitu 1300 dibagi 220 watt jadi kita bisa menentukan sendiri MCB yang akan kita gunakan.
Rino juga memutar video bagaimana listrik bisa sampai ke rumah kita, tiang PLN di depan rumah ada 2 buah kabel, salah satunya adalah JTR ((Jaringan Tegangan Rendah). Kabel inilah yang mengalirkan listrik ke rumah melalui kabel SR (Saluran Rumah). Selanjutnya dari SR aliran listrik dialirkan ke KWH meter. Dari KWH meter ini dialirkan ke seluruh bagian rumah melalui MCB box.
Setelah mendengar penjelasan Rino, pengetahuan kita diuji dengan game cara pemasangan MCB dan RCBB pada KWH meter pra bayar.  Terjadi kehebohan di game ini karena semua mau jadi pemenang, tapi masih bingung cara pasangnya, yaeyalah emak-emak. Tapi caranya bisa dilihat di video tutorial cara pemasangan MCB, ELCB, dan RCBO
·         http://bit.ly/tutorialMCBELCB
·         http://bit.ly/tutorialRCBO
Walaupun ada tutorial jangan coba-coba pasang sendiri ya, pemasangan harus dilakukan oleh ahlinya yang sudah bersertifikat. Beruntunglah para undangan yang hadir kemarin mendapat penawaran khusus dari  Schneider,  untuk pembelian RCBO Slim seharga Rp 253.550 akan mendapatkan gratis biaya pemasangan untuk sepuluh orang pertama. Selain itu Schneider juga menyediakan sakelar untuk rumah yang sudah berstandar nasional (SNI) LEONA. Leona adalah produk sakelar terbaru yang ditujukan bagi yang sedang membangun rumah atau merenovasi rumah. Mudah-mudahan secepatnya ada dana agar bisa merenovasi rumah biar sekalian bisa ganti sakelar yang sudah rusak.
Keunggulan sakelar Leona:
·         Pemasangan mudah dengan menggunakan inbow doost apa saja
·         Dapat dipasang menggunakan sekrup atau pencakar
·         Harga Ekonomis
Acara masih dilanjutkan dengan game bongkar tas, bagi empat emak yang memiliki isi tas terbanyak mendapat hadiah voucher belanja. Kaget isi tas emak banyak banget dari lipstick sampai botol susu ada semua. Acara diakhiri dengan foto bersama. Bagi yang ingin tahu lebih lengkap tentang Schneider info lengkapnya di sini ya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Nikmatnya Bento Ramadan HokBen

Irma Wulansari Communication Dept Head PT Eka Bogainti Tak terasa puasa sudah sampai hari ke 12, waktu begitu cepat berlalu, sudah khatam ti...