Laman

Minggu, 18 Desember 2016

Mudahnya Bertransaksi Saham Di ISTC

Pada tangal 13 Desember 2016 lalu saya mendapat kesempatan hadir di acara training Pasar Modal dan aplikasi virtual online trading Indosat Ooredoo Stock Trading Contest (ISTC). Acara berlangsung di auditorium Kantor Pusat Indosat Ooredoo, jalan Medan Merdeka Barat no 21 Jakarta. Diawali dengan ngobrol santai bersama para peserta yang hadir mengenai  investasi apa saja yang sudah dimiliki. Karena seperti kita ketahui ada beberapa jenis atau macam investasi. Dan saya sendiri belum begitu paham  tentang investasi  yang benar.
Dalam berinvestasi secara umum ada dua macam jenis aset :
1.      Aset rill merupakan aset yang memiliki wujud. Beberapa contoh dari aset riil adalah tanah, emas, rumah dan logam mulia.
2.   Aset finansial yaitu aset yang wujudnya tidak terlihat tetapi tetap memiliki nilai yang cukup tinggi. Pada umumnya aset finansial ini terdapat di dunia perbankan dan juga di pasar modal. Di Indonesia dikenal dengan Bursa Efek Indonesia. Beberapa contoh dari aset finansial instrumen adalah pasar uang, saham, reksadana dan obligasi.
Kedua aset di atas sama-sama bisa dipertimbangkan sebagai sarana investasi dalam rangka mencapai tujuan keuangan yang kita inginkan. Dalam berinvestasi ada beberapa yang harus diingat bahwa selalu ada risiko akan kehilangan modal. Oleh karena itu sangat perlu mengetahui dengan benar aset-aset yang cocok kita pilih untuk berinvestasi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita.
Salah satu jenis investasi berupa saham. Pengertian saham adalah kepemilikan atas sebuah perusahaan. Dengan membeli saham di suatu tempat, berarti orang yang memiliki saham sama halnya dengan membeli sebagian perusahaan tersebut. Apabila perusahaan tersebut mengalami keuntungan, maka pemegang saham biasanya akan memperoleh sebagian keuntungan yang disebut deviden. Saham itu juga bisa dijual kepada pihak lain, baik dengan harga yang lebih tinggi yang selisih harganya disebut dengan capital gain, maupun lebih rendah daripada saat kita membelinya yang selisih harganya disebut dengan capital loss.

Cara Mudah Bertransaksi Saham di ISTC
A.      Registrasi
1.       Buka www.indosatooredoo.com/istc. Pilih: regristasi.
2.       Isi data diri pada formulir registrasi secara lengkap dan benar.
3.       Untuk mengikuti ISTC ini peserta harus menggunakan nomor Indosat Ooredoo.
B.      Konfirmasi Email
Setelah registrasi berhasil akan mendapatkan email berisi informasi username dan password.
C.      Unduh Aplikasi ISTC
1.       Instal aplikasi ISTC melalui Appstore atau Playstore.
2.       Buka aplikasi ISTC dan masukkan username dan password  yang diterima melalui email.
3.       Setelah itu peserta akan mendapatkan SMS dan email yang berisi kode OTP, dikirim ke nomor Indosat Ooredoo dan email yang didaftarkan pada form registrasi.
D.      Konfirmasi Kode OTP
1.       Untuk memulai penggunaan aplikasi, masukkan kode OTP serta buat Password baru dan PIN.
2.    Password baru berisi minimal 8 karakter terdiri atas: angka, huruf besar, huruf kecil dan special symbol (!@#%^&(). Contoh Istc 123#.
3.       Buat PIN untuk bertransaksi saham virtual. Terdiri dari 6 digit angka.
E.       Selamat! Anda Siap Bertransaksi

Tentang ISTC
Indosat Ooredoo memahami bahwa hanya sekitar 400.000 orang Indonesia yang terjun di pasar modal. Artinya tidak mencapai 1% dari total penduduk Indonesia yang berjumlah 250 juta orang. Meski sudah terjadi peningkatan tiap tahunnya tetapi jumlah tersebut masih sangat kecil bila dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya. Padahal jumlah investor aktif di pasar modal akan membantu peningkatan perekonomian negara.
Itulah mengapa ISTC (Indosat Ooredoo Stock Trading Contest) sebagai salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) pilar edukasi dan inovasi, kembali hadir untuk meningkatkan literasi keuangan khususnya investasi di pasar modal bagi generasi muda Indonesia. Program ini sekaligus mendukung Kampanye Nasional Yuk Nabung Saham (YNS) yang tengah digiatkan oleh Bursa Efek Indonesia serta menjawab tantangan pesatnya pertumbuhan perekonomian Indonesia. ISTC yang merupakan kompetisi perdagangan saham virtual ini akan berlangsung hingga 31 Januari 2017.
ISTC merupakan program sosialisasi dan pembelajaran dalam melakukan investasi / transaksi saham secara virtual yang mengacu pada sejumlah saham pilihan yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia secara realtime.
Bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia dan Trimegah Securities sebagai perusahaan yang bergerak di bidang perantara perdagangan efek penjamin emisi efek serta penyedia aplikasi simulasi online stock trading berbasis mobile (mobile apps), Indosat Ooredoo berkomitmen meningkatkan pemahaman (literasi) masyarakat umum khususnya membantu mempersiapkan generasi muda dengan memanfaatkan teknologi dan aplikasi digital. Hal tersebut juga merupakan komitmen perusahaan dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia melalui dunia digital.

Raih total hadiah puluhan juta rupiah, gadget terbaru super keren, kesempatan untuk mendapatkan segudang ilmu tentang pasar modal dan pembelajaran dalam melakukan investasi / transaksi saham secara virtual yang akan mengasah kemampuan untuk menjadi investor handal.

12 komentar:

Maliha mengatakan...

Indosat memang pantas diacungkan jempol dan terpercaya sebagai perusahaan jaringan terbesar dan good info mba ria

Lisna Ardhini mengatakan...

Makin mudah nih buat belajar transaksi saham. Indosat keren juga.

refika artari mengatakan...

Saya pakai indosat nih berarti bisa juga dunk ya coba aplikasi ini



Ophi Ziadah mengatakan...

Wowww udah main saham nih mba ria

Ria Handayani mengatakan...

Batuk kita beli saham, saldo virtual 50 jt masih kan ?

Ria Handayani mengatakan...

Hihihi belajar mbak, mumpung ada saldo virtual 50 jt

Ria Handayani mengatakan...

Yup,๐Ÿ˜€

Ria Handayani mengatakan...

Terimakasih Mbak Maliha

Leyla Hana Menulis mengatakan...

Wow, keren banget emak2 ikut seminar pasar modal.

Adriana Dian mengatakan...

Horang-horang kaya kabarnya emang banyak yang invest di saham ya mak. Kalo pinter mainnya bisa sukses dan untung besar soalnyaaa. Pengen coba tapi masih takut, semmentara invest emas dulu ajaa. Hehehe. Tapi kayanya invest saham pake ISTC ini mudah yaaa, ntar coba ah sekali-sekali. Makasi infonya mak Riaaaa

Ardiba mengatakan...

Wah. Baru tahu. Kirain cuma di sekuritas aja bisa beli sahamnya. Ini berarti brokernya kodenya apa ya? *lagi seneng mantau saham soalnya

Ardiba Sefrienda mengatakan...

Eh. Ternyata virtual yak. Ketauan deh gak teliti bacanya. Haha..