Sabtu, 14 Januari 2017

Ayo Kita Dukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)

Sumber Twitter @ditjenkesmas

Setiap hari Jumat di Lapangan Gedung Kementerian Kesehatan diadakan senam, seperti yang saya ikuti hari ini 13 Januari 2017. Siapa saja boleh ikut baik karyawan maupun masyarakat umum.

Diskusi Bersama Ibu Menkes Nila Moeloek

Setelah senam bersama, saya dan para blogger duduk bersama dengan Ibu Menteri Nila Moeloek untuk diskusi santai tentang apa itu GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). GERMAS sudah diperkenalkan sejak tahun 2016, dan sudah dilaksanakan di Kementerian Kesehatan pada jam-jam tertentu ataupun sebelum rapat biasanya diadakan stretching. Selanjutnya GERMAS mulai diperkenalkan kepada masyarakat luas. Selain diikuti karyawan, ada juga warga asing yang ikut berolah raga. Selain senam ada juga yang bermain tenis meja.

Senam Bersama

Cukup lama juga duduk di karpet tapi sepertinya Ibu Menkes tidak mengeluh kesemutan, itu salah satu tanda Bu Menteri sehat. Alhamdulillah semoga sehat terus ya Bu, beda dengan saya yang sudah beberapa kali merubah posisi duduk karena kesemutan.
Menurut Ibu Menteri gerakan hidup sehat bisa dimulai dari diri kita sendiri (perilaku individu), perilaku keluarga dan perilaku masyarakat.
"Car free day sudah bagus, itu tandanya sudah ada keinginan masyarakat untuk hidup sehat, tetapi jangan banyakan jajannya ya. Bukannya sehat malah makin gendut nantinya", kata Ibu Nila.


Gerakan masyarakat hidup sehat dapat kita terapkan melalui 3 poin penting berikut ini : aktivitas fisik, makan makanan bergizi (buah dan sayur) dan cek kesehatan secara berkala.

1. Aktivitas Fisik
Aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja seperti berjalan kaki, bersepeda, mencuci mobil/motor, menyapu rumah dan membersihkan kebun. Naik turun tangga juga merupakan aktivitas fisik. Tapi di era modern ini kebanyakan kita jadi malas jalan, maunya serba praktis. 

2. Gizi Seimbang
Kita harus mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang, tinggi serat dan rendah lemak. Jangan lupa untuk menimbang berat badan.

3. Tidak Merokok
Rokok adalah salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Saat batang rokok terbakar, asapnya mengeluarkan 4000 jenis bahan kimia yang siap menghancurkan tubuh kita.

GERMAS

Aktivitas fisik adalah setiap gerakan tubuh yang diakibatkan kerja otot-otot rangka dan menghasilkan pengeluaran tenaga dan energi pembakaran kalori. Aktivitas fisik dapat dilakukan di rumah, di tempat kerja, di perjalanan, di tempat umum, termasuk aktivitas fisik lain yang dilakukan untuk mengisi waktu senggang sehari-hari.

Sedangkan untuk aktivitas fisik selama 30 menit sehari ada banyak sekali manfaatnya :

* Menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit.
* Meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh, meningkatkan fleksibilitas, memelihara tulang dan sendi yang sehat.
* Meningkatkan kualitas hubungan seks.
* Membakar kalori, mencegah kelebihan berat badan.
* Meningkatkan rasa percaya diri.
* Mengurangi stres dan emosional seperti kecemasan dan depresi.
* Membuat tidur lebih nyenyak.
* Membuat wajah dan tubuh lebih segar.
* Mencegah penyakit menular.
* Mengurangi risiko tekanan darah tinggi.
* Meningkatkan keseimbangan.
* Mengoptimalkan tumbuh kembang.
* Menurunkan risiko kematian dini.
* Meningkatkan kerja otot paru.
* Meningkatkan metabolisme tubuh.

Ada bazar buah dan sayur + bunga

Setiap hari Jumat juga diadakan bazar buah dan sayur, serta pengecekan kesehatan. Penting sekali cek kesehatan secara rutin untuk mengenali faktor risiko penyakit tidak menular. Berbagai cek kesehatan yang perlu kita terapkan :

* Cek tekanan darah adalah salah satu cara deteksi dini risiko hipertensi, stroke dan penyakit jantung.
* Cek kadar gula darah menunjukkan kadar gula dalam darah. Hasilnya membantu mendeteksi masalah diabetes.
* Cek lingkar perut. Lemak perut jika berlebihan akan memicu masalah kesehatan yang serius seperti serangan jantung, stroke dan diabetes.
* Cek kolesterol total biasanya terdiri dari :
- LDL (kolesterol "buruk")
- HDL (kolesterol "baik")
-Trigliserida (lemak yang dibawa dalam darah berasal dari makanan yang kita makan)
* Tes darah lengkap di laboratorium adalah jenis pemeriksaan untuk menunjang diagnosa suatu penyakit dan atau untuk melihat bagaimana respon tubuh terhadap suatu penyakit.
* Deteksi dini kanker leher rahim. Cara yang paling umum untuk deteksi dini kanker leher rahim adalah dengan melakukan pilihan pemeriksaan berkala yaitu : Test Pap Smear atau Test Viva.

Sumber foto KEB

Setelah foto bersama beberapa teman mencoba mengecek kolesterol, ada yang normal dan ada yang tinggi. Untuk yang kolesterolnya normal mari kita dukung GERMAS, dan untuk yang kolesterolnya tinggi mari kita saling mengingatkan. Ayo semangat biar kita dapat hidup sehat bersama dan kita sukseskan GERMAS untuk mewujudkan Indonesia Sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Makanan Penurun Tekanan Darah

Sejak merasa tidak nyaman, jantung sering berdebar, mudah emosi dan gelisah. Saya memutuskan untuk cek kesehatan ke Puskesmas. Dan benar saj...