Laman

Rabu, 31 Mei 2017

Mengelola Keuangan Di Bulan Ramadan

Prita H Ghozie 

Bulan puasa biasanya pengeluaran lebih banyak atau lebih sedikit? Biasanya saya memang lebih banyak. Kok bisa ya? Hal itu terjadi karena saya tidak bisa mengontrol keinginan untuk berbelanja. Apalagi menjelang lebaran makin khilaf membeli baju baru padahal baju lama masih bagus. Biar gak kebablasan pada tanggal 20 Mei 2017 lalu bertempat di Penang Bistro Grand Indonesia, saya hadir di acara Happy Meet Up dengan tema “Cara Mengelola Keuangan Keluarga Di Bulan Ramadan”. Acara tersebut terselenggara berkat kerjasama komunitas kesayangan Kumpulan Emak Blogger dan ahli keuangan Prita Ghozie, sekaligus bersama Happy Fresh. Berikut rangkumannya saya tulis di bawah ini.

Bayu Oktara

Jam 11 acara dimulai oleh MC kondang Bayu Oktara dan sambutan dari Mira Sahid sebagai founder Kumpulan Emak Blogger. Kakak Mira Sahid (di grup KEB akrab disapa mak Mira) bercerita bagaimana awalnya Komunitas Emak Blogger berdiri sejak tahun 2012 hingga sekarang member dari KEB sudah lebih dari 2600 orang. Selanjutnya ada Mas Putra dari Happy Fresh yang menjelaskan bahwa sekarang berbelanja gak perlu bermacet-macet lagi karena tinggal belanja melalui Happy Fresh saja. Apalagi biasanya bulan ramadan kemacetan lebih parah dari hari biasa, terutama di jam menjelang buka puasa karena berbarengan antara para pencari takjil dan jam pulang kantor.

Putra 

Tibalah waktunya menyerap ilmu dari Prita Hapsari Ghozie, diawali pemaparan tentang cara mengatur keuangan selama bulan ramadan.
 Alokasi ideal untuk Bulan Ramadan:
·         5% Zakat, Infak, Sedekah
·         10% Dana Darurat
·         40% Biaya Hidup
·         20% Bayar Cicilan
·         5% Tabungan dan Investasi
·         20% Ramadan Lifestyle

Mira Sahid


Selain itu Prita juga memberikan tehnik mengatur pengeluaran dari dana yang masuk dibagi menjadi biaya bulanan, dana darurat, tabungan dan investasi. Prita sendiri lebih suka berbelanja kebutuhan sehari-hari secara online, karena sama seperti alasan di atas daripada macet dan bisa lapar mata.

Bu Emi 

Selanjutnya giliran Bu Emi memaparkan tentang kemudahan berbelanja di Happy Fresh, apalagi bagi para ibu yang bekerja. Setiap belanja via aplikasi Happy Fresh, item yang biasa kita beli akan terekam. Jadi saat akan berbelanja kembali tinggal klik “Your List” dan akan masuk ke dalam keranjang, sehingga sangat mempermudah saat berbelanja. Karena biasanya yang ibu-ibu seperti saya beli adalah minyak goreng, daging, ayam, personal care, sayuran dan buah. Keunggulan dari Happy Fresh adalah jika saat berbelanja buah tetapi buahnya kurang bagus, nanti personal shopper akan menghubungi terlebih dahulu untuk konfirmasi.

Fitur your lists di Happy Fresh

Selain itu Bu Emi juga menjelaskan bahwa ada promo selama ramadan yang sudah dimulai sejak tanggal 25 Mei 2017. Tinggal klik “Promo Ramadan” dan akan ada harga promo produk khusus kategori ramadan. Selama ramadan kita juga bisa ikut berdonasi dengan cara berbelanja 5 produk yang ada di list ramadan.  
Pilihan supermarket di Happy Fresh ada banyak diantaranya:
·         Carrefour
·         Ranch Market
·         Lotte Mart
·         Grand Lucky
·         Farmers Market



Jadi tunggu apalagi download sekarang Happy Fresh biar kebutuhan sehari-hari bisa terpenuhi dan puasa kita tetap lancar, gak perlu terjebak macet dan kantong bolong karena keblabasan belanja. Melalui Happy Fresh kita bisa pastikan bahwa yang kita beli hanya yang kita catat. Bandingkan jika kita berbelanja ke mall, dipastikan si kecil ikut dan dia akan meminta segala sesuatu yang menurutnya lucu, mulai dari kotak pensil, baju, sandal dan lainnya. Walaupun barang-barang tersebut sudah dia miliki dan tidak terlalu dibutuhkannya.
Untuk info selanjutnya jangan lupa follow supaya tak ketinggalan promo menariknya:
·         Twitter @HappyFresh_ID

·         Instagram happyfresh_id

Sumber foto mba Lisna 




32 komentar:

ane mpo ratne mengatakan...

Wah bulan ramadhan Ternyata Kita bisa hemat juga. Padahal Kita Suka bukber Di mall

Indrifairy Isharyanti mengatakan...

Pas bgt nih sm aku yang suka boros klo bln puasa. Harus diterapkan nih alokasi ideal ala Prita Gozie

Ria Handayani mengatakan...

Hehehe ayo berhemat biar habis lebaran dompet tetap aman

Ria Handayani mengatakan...

Yup, apalagi nanti dapat THR jangan sampai habis ya..

Ria Handayani mengatakan...

Hehehe ayo berhemat biar habis lebaran dompet tetap aman

Hanni Handayani mengatakan...

nah ini yang suka terlewat, beli ini beli itu ga taunya uangnya dah habis

Kurnia amelia mengatakan...

Seneng belanja di HappyFresh lebih praktis ��

Lubena Ali mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Hida Qu mengatakan...

Happy Fresh membantu banget ya, jd kita ga perlu repot keluar rumah /kantor tuk belanja. Tips belanja ramadannya juga bermanfaat. Makasih infonya mbak..

Helena mengatakan...

20% ramadhan lifestyle ini termasuk baju lebaran dan acara buka bersama? gede juga porsinya

Ria Handayani mengatakan...

Iya ya bahkan kalau ga di anggarkan bisa lebih dari itu

Ria Handayani mengatakan...

Yup benar sekali

Ria Handayani mengatakan...

Tips belanja yuk

Ria Handayani mengatakan...

Yuk anggarkan biar THR ga habis percuma

Leyla Hana mengatakan...

Paling males antri di supermarket. Banyak yg ngabuburit. Mending pesan via happyfresh.

Belinda Kusumo mengatakan...

Dulu waktu baru-baru Happyfesh pernah coba belanja baru bisa melayani Jakarta Selatan. Bagaimana dengan sekarang Bun apa sudah bisa melayani wilayah lain? Benar saya setuju dengan Mba Prita. Bagi yang tidak punya waktu & menjaga hemat belanja online bisa jadi solusi. Daripada keluar rumah laper mata.

HELLO FIKA mengatakan...

aku malah menghemat itu justru di bulan ramadhan.. alhamdulillah udah dari tahun kemarin, saving money lebih byk krn berhemat pas ramadhan, salah satunya belanja via happyfresh

Maria Soraya mengatakan...

alhamdulillah ya selama ramadhan aku gak terlalu pokus sama baju lebaran dll, karena kadang baju lebaran tahun sebelumnya masih bisa dipakai mak ... palingan yg bikin boros itu urusan takjil, borong banyak buat dibagi2 entah ke tetangga atau ngirim ke ortu, karena aku hanya buka puasa berdua mada

btw soal happyfresh, aku sering banget liat babang drivernya seliweran masuk komplek ortuku, penasaran kayak gimana belanja di happyfresh

Ria Handayani mengatakan...

Tinggal klik-klik di HP barang datang mami Mada😀

Ria Handayani mengatakan...

Wah pasti tabungannya banyak bingits😀

Ria Handayani mengatakan...

Wah pasti tabungannya banyak bingits😀

Melysa Luthiasari mengatakan...

Untuk mempos-poskan biaya bulanan itu memang kerjaan saya setiap bulan nih bun, soalnya kalo tdk begitu, uang itu mengalir seperti air dan entah kemana. Hehehe.....untuk belanja keperluan saya pun pernah melalui happy fresh, memang sangat membantu sekali ya. Terimakasih infonya mba ria.

NLP JAKARTA mengatakan...

Bulan Ramadhan Bulan yang penuh bekahh...

Bo Ghaisan mengatakan...

Mkch sharingnya mba Ria..mau coba disiplin tuk alokasi pengeluaran saat Ramadhan...

ghina Shafirah mengatakan...

Bukber itu menggagalkan program hemat y ternyata Mbk..

Ety Budiharjo mengatakan...

makasih sharingnya...happyfresh sangat membantu yak

Nurul Sufitri mengatakan...

Kalau aku bulan Ramadan ini malah bujet mendadak naik hahaha soalnya kayaknya pas buka maunya apa aja ada di meja makan deh, terutama suami dan anak2ku hhmm... siap2 juga buat belanja pakaian dll meskipun ga banyak yang penting ada lah yang baru.

Leha Barqa mengatakan...

Aku nih ga bisa hemat kl bln puasa, krn masak'y dobel untuk buka dan sahur. Ehhh tp bisa ya belanja hemat dgn happy fresh, aku soal'y blm pernah nyoba...

Anisa Deasty Malela mengatakan...

Mau coba deh, apalagi kl banyak promo nya ♡_♡

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

praktis ya cuma lewat aplikasi bisa belanja tanpa cape. membantu sekali bg yg punya kesibukan super padat

Tri Aryani mengatakan...

Informasinya pas Banget, buat aku yang lagi sibuk atur budget anggaran belanja puasa dan lebaran, terimakasih Bun...

Dewi Ratih Purnama mengatakan...

Kalo ga salah dulu udah donlot,tapi rumahku blom masuk jangkauan deliverynya, smoga skrg udah, biar hemat tenaga belanja dr rumah aja, apalagi puasa gini :D