Laman

Sabtu, 08 Juli 2017

Ekstrak Cranberry Mengatasi Anyang-Anyangan

Sumber foto web Uri-cran

Beberapa waktu lalu saya terjebak macet di dalam Bus Trans Jakarta, macet yang lebih parah dari biasanya. Busway terasa berjalan merayap, inilah alasan saya selektif memilih daftar dan datang ke event Blogger atau berbagai komunitas yang saya ikuti. Apesnya pas terjebak macet beberapa waktu lalu, saya ingin buang air kecil, saya tahan saja sampai busway berhenti dan saya menemukan toilet umum. Setelah kurang lebih satu jam akhirnya saya berhenti di Pusat Grosir Cililitan untuk buang air kecil. Walaupun rumah saya masih separuh perjalanan lagi. Yang penting jangan sampai ngompol di jalan.
Setibanya di rumah perut saya terasa tidak nyaman dan perasaan ingin buang air kecil terus tapi air yang keluar sedikit, kebayang kan gak nyamannya. Sebenarnya ini bukan pertama kali saya mengalaminya, hal ini sering disebut anyang-anyangan. Waktu mengandung dulu saya juga pernah mengalaminya. Saran ibu dan para orang tua waktu itu perbanyak minum air putih, dan ada juga yang menyarankan minum air kelapa kuning atau kelapa gading.

Jadi ingat beberapa waktu lalu keponakan saya seorang anak laki-laki juga pernah mengalami anyang-anyangan, dan saya yang mengantarnya berobat ke dokter. Sempat khawatir ini gejala penyakit berat atau batu ginjal, pikiran sudah kemana-mana waktu itu. Memang saya perhatikan keponakan saya jarang minum air putih dan banyak merokok, ditambah banyak minum-minuman instan. Akhirnya saya mencari informasi tentang apa itu anyang-anyangan dan penyebabnya.


Anyang-Anyangan atau Infeksi Saluran Kemih

Walaupun anyang-anyangan lebih banyak diderita oleh wanita akan tetapi para pria juga berisiko terkena anyang-anyangan. Mengapa wanita lebih sering menderita anyang-anyangan? Hal ini disebabkan karena secara anatomi, jarak saluran kemih (ureta) ke saluran pembuangan air besar lebih dekat sehingga rentan mengalami gangguan di seputar saluran kemih.
Infeksi saluran kemih terjadi ketika bakteri menyerang bagian tertentu dari sistem saluran kemih yang terdiri atas ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra. Ternyata infeksi saluran kemih terbagi menjadi dua, yaitu infeksi saluran kemih bawah dan atas.
Infeksi saluran kemih bawah merupakan infeksi yang terjadi pada uretra dan kandung kemih. Gejalanya meliputi :
·         Rasa ingin selalu buang air kecil.
·         Nyeri atau perih saat buang air kecil.
·         Warna urin yang keruh.
·         Bau urin yang menyengat.

Sedangkan infeksi saluran kemih atas merupakan infeksi yang terjadi pada ureter dan ginjal. Gejalanya nyeri pada bagian selangkangan, mual dan demam. Berikut tanda-tanda yang dirasakan saat mengalami anyang-anyangan :
·         Rasa ingin terus buang air kecil.
·         Buang air kecil lebih sering, tapi volume sedikit-sedikit.
·         Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita.
·         Jika terjadi pada pria akan menimbulkan nyeri pada anus.
·         Rasa perih ketika buang air kecil.
·         Urin berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah.
·         Merasa kurang sehat.
·         Demam.

Selain karena telalu lama menahan buang air kecil, ada beberapa penyebab anyang-anyangan lainnya adalah seperti dibawah ini:
- Uretra atau saluran kencing yang meneruskan irine dari kandung kemih ke bagian luar tubuh dekat dengan anus.
- Membilas dari belakang ke depan mengakibatkan bakteri dari usus besar seperti ecoli, dapat keluar dari anus dan masuk ke saluran kencing.

Sumber web Uri-cran


Kembali ke anyang-anyangan yang saya alami, untuk mengatasinya saya minum Uri-Cran dengan ekstrak Cranberry yang di dalamnya mengandung Proantocyanidin yang berfungsi untuk mencegah dan menangkap bakteri yang menempel pada saluran kemih. Setelah minum Uri-cran dua kali pada malam hari dan pagi hari alhamdulillah anyang-anyangan saya sudah berangsur hilang. Sejak itu setiap akan berpergian lama saya usahakan buang air kecil terlebih dahulu.

Tentang Uri-Cran
Buah Cranberry telah lama diteliti dan digunakan di Amerika, efektif mencegah infeksi saluran kemih karena kaya akan Proantocyanidin (PAC) yang dapat mencegah penebalan bakteri E-coli pada dinding saluran kemih.

Uri-cran diproduksi oleh Combiphar dengan latar belakang :
·         Cranberry sulit dicari di pasaran.
·         Harga Cranberry cukup mahal.
·         Rasa agak pahit dan asam.
·         Tidak praktis karena harus dibuat jus terlebih dahulu.

Mulai sekarang saya akan lebih berhati-hati agar anyang-anyangan tidak terulang lagi. Saya juga selalu sedia Uri-cran ekstrak Cranberry yang mencegah bakteri E-coli menempel di saluran kemih. Info lebih lengkap tentang anyang-anyangan bisa di cek di website Uricran.

Uri-cran dapat dibeli di



17 komentar:

Nurul Sufitri mengatakan...

Oh tenyata harga cranberry cukup mahal ya, susah pula dapetinnya. Makanya bersyukur sekali zaman sekarang sudah moderen, obat untuk infeksi saluran kemih dll sudah ada obat yg simple. Untuk mengatasi anyang-anyangan aja kita bisa coba Uricran nih. Ada di Apotek Kimia Farma juga dll gampang belinya juga. Tks infonya mb Ria :)

zata mengatakan...

aku pun pake uricran ini sesekali mba, soalnya kalo jalan jauh kadang suka anyang2an juga :(

Ria Bilqis mengatakan...

Sama sama mba, saya sering banget anyang-anyangan.

Ria Handayani mengatakan...

Sama mba , apalagi jalanan sering macet...

Leyla Hana mengatakan...

Mak Ria sering buang air kecil ya. Aku inget pas jalan sama Mak Ria hehe.... Waspada anyang2an nih.

Ria Handayani mengatakan...

Heheh iya kadang bolak balik toilet...

Maria Soraya mengatakan...

tempo hari baca soal anyang2an dan disebutin penyebabnya ada bakteri ecoli, duh horor ya mak padahal mah 'cuma' beser doang

Ria Handayani mengatakan...

Xixixxi harus segera diobati ya...

Sonya Tampubolon mengatakan...

duh anyang2an emang gak nyaman banget ya mbak. harus segera ditangani dan diobati. btw rumahku di cawang, jadi pas baca soal PGC rasanya deket bgt dan langsung kebayang lokasinya. hihihi

Evi Fadliah mengatakan...

Haduhhh kebayang dech kalau lagi anyang-anyangan itu seperti apa.. Mau ngapa2in jadinya gak enak, ditambah lagi harus mondar-mandir ke kamar mandi.

Echi Mustika mengatakan...

Ak sudah membuktikanya sendiri dan alhamdulillah manjur, dan selalu sedia d Rumah..

Ria Tumimomor mengatakan...

apakah membelinyd siperlukan resep dokter? atau dijual bebas?

Nita Lana Faera mengatakan...

Biasanya memang kalau udah lagi di perjalanan yang bingung kalau mau ke toilet. Iya mending turun dulu lantas nyambung kendaraan lagi aja kalau memang kondisinya masih memungkinkan.

Dewi Ratih Purnama mengatakan...

Di rumah aja aku suka nahan-nahan pipis ..apalagi pas di jalan ya nyari toilet susah..skrg lega ada uri cran klo anyang-anyangan, rasanya juga enak :)

Helena mengatakan...

macetnya Jakarta makin bikin grrr... Misal kebelet pipis banget saat di dalam bus TransJ, minta izin kondektur buat turun bis tapi ga boleh naik lagi. Gitu kata si Kondektur.

Kanianingsih mengatakan...

Semoga selalu sehat ya mba

Anisa Deasty Malela mengatakan...

Paling ga enak kalau lagi banyak kerjaan, eeeh kena yang satu ini.

Anyang-anyangan, sakitnya ga seberapa, tapi sebel kalau musti bolak-balik wc tapi yg keluar sedikit, ketahuan sakit datang bulan deh.
Info yang sangat membantu mba Ria terimakasih.