Laman

Saturday, August 19, 2017

Mengenal Psoriasis Penyakit Kulit Yang Tidak Menular

Ruam merah psoriasis

Ada banyak penyakit kulit yang saya ketahui seperti panu, kadas, kurap, dan ini adalah penyakit kulit yang menular. Tapi ternyata setelah mengikuti press conference pada tanggal 16 Agustus 2017 lalu di Hotel Westin Jakarta, saya baru tahu ada penyakit kulit yang tidak menular yang perlu pengobatan khusus yaitu psoriasis. Apa itu psoriasis dan apa penyebabnya? dan sekaligus pengobatannya dijelaskan langsung oleh para narasumber yang hadir.


Psoriasis di punggung dan telapak tangan

Psoriasis adalah penyakit autoimun umum yang tidak menular. Berdasarkan laporan WHO (2013) penyakit ini diderita sekitar 2% dari populasi dunia, dan berdasarkan Buku Ajar Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin FKUI 2007 mempengaruhi 1-3% populasi di Indonesia. Plak psoriasis adalah bentuk paling umum dari penyakit ini dan pada kulit terlihat ruam merah yang timbul dengan sisik keperakan dengan sel kulit mati bertumpuk. Psoriasis yang muncul di telapak tangan dan tumit, atau disebut psoriasis palmoplantar, diderita oleh 40% pasien dengan plak psoriasis.
Psoriasis bukan hanya penyakit yang berkaitan dengan kosmetik, namun penyakit menahun yang kronis dan seringkali menimbulkan stress, yang memberikan dampak bagi semua aspek kehidupan penderitanya. Kurang lebih 30 % pasien psoriasis memiliki, atau akan mendapatkan psoriasis arthritis (PsA), kondisi dimana sendi-sendi tubuh terkena psoriasis dan menyebabkan nyeri, kekakuan dan kersuakan sendi permananen. Psoriasis juga bisa mengakibatkan penyakit serius lainnya seperti diabetes, sakit jantung dan depresi.

Milan Paleja, dr.Lily, dr. danang (ki-ka)

Menurut dr. Danang Tri Wahyudi Sp.KK (K), spesialis kulit dari Rumah Sakit Dharmais, “Tidak dapat dipungkiri, psoriasis memiliki dampak yang besar bagi kesehatan fisik dan mental. Kualitas hidup pasien sudah pasti akan menurun dan tentunya mempengaruhi kepercayaan diri mereka”.  
Hadir juga Dr. Lily S. Sulistyowati, MM selaku Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Beliau menjelaskan apa penyebab psoriasis ini yang perlu diketahui agar kita terhindar. Belum diketahui secara pasti tetapi faktor genetik dan kelainan imunologi dapat mempengaruhi timbulnya penyakit ini. Sedangkan faktor yang dapat memicu timbulnya psoriasis adalah stres psikologik, konsumsi alkohol, merokok, sinar matahari, infeksi internal, trauma fisik dan adanya gangguan metabolisme.

Di Indonesia psoriasis ditemukan dari Sabang sampai Merauke dengan perkiraan 1% dan biasanya dimulai pada usia 10-30 tahun dan risiko sama pada laki-laki dan perempuan. Jika awalnya timbul pada usia kurang dari 15 tahun biasanya ada riwayat psoriasis dalam keluarga. Karena ada kecenderungan genetik dan juga faktor lingkungan, penyebab psoriasis belum sepenuhnya diketahui. Penyakit ini diketahui berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh yang terkorelasi dengan sel-sel tubuh, di mana sel kulit tumbuh dengan sangat cepat dan kemudian menumpuk di atas kulit. Tambahan sel kulit ini kemudian membentuk sisik yang tebal dan berwarna keperakan dalam ruam-ruam merah yang terasa gatal, kering dan seringkali menyakitkan.

Presdir Novartis Indonesia Milan Paleja


Kita pastinya tidak ingin mengalami penyakit psoriasis ini. Tetapi jika ada orang di sekitar kita yang menderita penyakit ini, kita bisa sarankan bagaimana pengobatan yang tepat. Sekarang sudah ada obat psoriasis dari Novartis. Novartis adalah penyedia solusi kesehatan yang bermarkas di Basel, Swiss. “Demi membantu pasien Indonesia yang memiliki kondisi psoriasis menengah hingga berat mendapatkan kulit yang bersih yang lebih lama, Novartis Indonesia meluncurkan pengobatan baru secukinumab di Indonesia. Pengobatan baru ini diharapkan dapat memberikan kulit yang bersih hingga 90%”, kata Presiden Direktur Novartis Indonesia Milan Paleja yang juga hadir dalam acara ini.

Secukinumab adalah obat biologis - protein dengan rekayasa genetis yang didapatkan dari gen manusia yang dirancang untuk menghambat komponen spesifik di sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan inflamasi. Secara sederhana, obat ini beraksi dengan menghambat siklus respon daya tahan tubuh terhadap penyakit psoriasis. Pastinya kita menginginkan kesehatan untuk keluarga kita. Saya senang bisa tahu tentang penyakit ini dan bagaimana pengobatannya. Untuk informasi lebih lanjut tentang Novartis bisa diakses melalui http://.novartis.com atau melalui akun twitter di http://www.twitter.com/Novartis.


19 comments:

Feriyana sari said...

Iisssh itu serem banget iiih mb. Psoriasis yaa namanya. Baru tau nih.

Ria Handayani said...

Iya kadang ketemu kasus penyakit kulit pada tetangga atau org sekitar yang sudah diobati tapi ga sembuh, ternyata ini namanya psoriasis

mpo ratne said...

Setahu ku panu itu menular mak? Makanya yg kena panu di larang memakai handuk yang sama (untuk pencegahan). Alhamdulillah sudah ada solusi nya. Semoga bisa membantu para penderita dan tetap semangat hidup.

Ovianty _ said...

Psoriasis katanya penyakit kulit tapi bisa menimbulkan diabetes, depresi dan sakit jantung. Serem banget bun.

Untung sekarang ada obat novartis ya. Penderita psoriasis jadi nggak terus-terusan menderita karena sakitnya.

Indrifairy Isharyanti said...

Aku pernah dengar penyakit ini klo ga salah selebriti siapa gitu smp berobat ke luar negeri. Alhamdulillah sekarang udah ada obatnya dari Novartis

Dewi Nuryanti said...

Paling enggak nyaman kalau kena penyakit kulit. Bukan hanya mengganggu karena rasa sakit atau biasanya gatal ya tp juga karena mengganggu penampilan. Penyakit psoriasis ini serem bgt ya penampakannya. Smoga ngga pernah kena deh.

Ria Handayani said...

Yups segala penyakit pasti ada obatnya ya.

Ria Handayani said...

Iya ngeri pastinya tersiksanya, jauh-jauh ini dah jangan sampai terkena penyakit ini.

Ria Handayani said...

Yups efek sampingnya banyak banget.

Ria Handayani said...

Hehehehe Mpok komentar ga pas, Panu memang menular, yang tidak menular psoriasis

Hanni Handayani said...

ya ampun seram amat penampakan luka kulitnya, semoga dengan adanya pengobatan ini para pengidap autoimun bisa menjadi lebih baik

Hida said...

Bisa merasakan banget stress yang dialami penderita psoriasis itu, apalg klo dia perempuan..duuh kasian ya. Semoga dgn obat ini membawa harapan kesembuhan utk mereka.

Novitania Pambhudi said...

Banyak yg masih ga paham tentang psoriasis. Makanya kadang tekanan dr lingkungan nambah penderitaan pasien psoriasis. Tapi beruntung ya skrg ada obat dr Novartis. Makasih sharingnya mba

Melysa Luthiasari said...

Penyakit kulit ini ga bisa dianggap sepele ya mba, ngeri juga lihat penampakan gambarnya.

Helenamantra said...

Ga menular ya tapi orang bakal ragu untuk berinteraksi langsung. Alhamdulillah dapat ilmu lagi tentang Psoriasis dan obatnya

andreas said...

kok fenomenal banget sih penyaki ini.. hampir 60% blog yang saya baca yang booming juga sama

Shine Fikri said...

aduuh aku ngeri liatnya dan baru tau juga tentang penyakit ini. makasih sharingnya mba

Nita Lana Faera said...

Kalau udah berkenaaan dg autoimun memang cukup sulit juga menjaganya. Kulit saya pun bermasalah kalau udah kena matahari, pengobatannya memang butuh sabar2 banget tapi hasilnya pun perlahan ada kok. Moga semua penderita psoriasis dimudahkan juga kesembuhannya.

Anisa Deasty Malela said...

Saya pernah nih mba mengalami gatal yang lumayan lama sampai 10 bulan ga sembuh2, kata dokter sih penyakit gatal karena pancaroba. Setelah baca artikel ini baru tahu kl yg saya alami adalah psoriasis.