Sabtu, 19 Agustus 2017

Mengenal Psoriasis Penyakit Kulit Yang Tidak Menular

Ruam merah psoriasis

Ada banyak penyakit kulit yang saya ketahui seperti panu, kadas, kurap, dan ini adalah penyakit kulit yang menular. Tapi ternyata setelah mengikuti press conference pada tanggal 16 Agustus 2017 lalu di Hotel Westin Jakarta, saya baru tahu ada penyakit kulit yang tidak menular yang perlu pengobatan khusus yaitu psoriasis. Apa itu psoriasis dan apa penyebabnya? dan sekaligus pengobatannya dijelaskan langsung oleh para narasumber yang hadir.


Psoriasis di punggung dan telapak tangan

Psoriasis adalah penyakit autoimun umum yang tidak menular. Berdasarkan laporan WHO (2013) penyakit ini diderita sekitar 2% dari populasi dunia, dan berdasarkan Buku Ajar Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin FKUI 2007 mempengaruhi 1-3% populasi di Indonesia. Plak psoriasis adalah bentuk paling umum dari penyakit ini dan pada kulit terlihat ruam merah yang timbul dengan sisik keperakan dengan sel kulit mati bertumpuk. Psoriasis yang muncul di telapak tangan dan tumit, atau disebut psoriasis palmoplantar, diderita oleh 40% pasien dengan plak psoriasis.
Psoriasis bukan hanya penyakit yang berkaitan dengan kosmetik, namun penyakit menahun yang kronis dan seringkali menimbulkan stress, yang memberikan dampak bagi semua aspek kehidupan penderitanya. Kurang lebih 30 % pasien psoriasis memiliki, atau akan mendapatkan psoriasis arthritis (PsA), kondisi dimana sendi-sendi tubuh terkena psoriasis dan menyebabkan nyeri, kekakuan dan kersuakan sendi permananen. Psoriasis juga bisa mengakibatkan penyakit serius lainnya seperti diabetes, sakit jantung dan depresi.

Milan Paleja, dr.Lily, dr. danang (ki-ka)

Menurut dr. Danang Tri Wahyudi Sp.KK (K), spesialis kulit dari Rumah Sakit Dharmais, “Tidak dapat dipungkiri, psoriasis memiliki dampak yang besar bagi kesehatan fisik dan mental. Kualitas hidup pasien sudah pasti akan menurun dan tentunya mempengaruhi kepercayaan diri mereka”.  
Hadir juga Dr. Lily S. Sulistyowati, MM selaku Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Beliau menjelaskan apa penyebab psoriasis ini yang perlu diketahui agar kita terhindar. Belum diketahui secara pasti tetapi faktor genetik dan kelainan imunologi dapat mempengaruhi timbulnya penyakit ini. Sedangkan faktor yang dapat memicu timbulnya psoriasis adalah stres psikologik, konsumsi alkohol, merokok, sinar matahari, infeksi internal, trauma fisik dan adanya gangguan metabolisme.

Di Indonesia psoriasis ditemukan dari Sabang sampai Merauke dengan perkiraan 1% dan biasanya dimulai pada usia 10-30 tahun dan risiko sama pada laki-laki dan perempuan. Jika awalnya timbul pada usia kurang dari 15 tahun biasanya ada riwayat psoriasis dalam keluarga. Karena ada kecenderungan genetik dan juga faktor lingkungan, penyebab psoriasis belum sepenuhnya diketahui. Penyakit ini diketahui berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh yang terkorelasi dengan sel-sel tubuh, di mana sel kulit tumbuh dengan sangat cepat dan kemudian menumpuk di atas kulit. Tambahan sel kulit ini kemudian membentuk sisik yang tebal dan berwarna keperakan dalam ruam-ruam merah yang terasa gatal, kering dan seringkali menyakitkan.

Presdir Novartis Indonesia Milan Paleja


Kita pastinya tidak ingin mengalami penyakit psoriasis ini. Tetapi jika ada orang di sekitar kita yang menderita penyakit ini, kita bisa sarankan bagaimana pengobatan yang tepat. Sekarang sudah ada obat psoriasis dari Novartis. Novartis adalah penyedia solusi kesehatan yang bermarkas di Basel, Swiss. “Demi membantu pasien Indonesia yang memiliki kondisi psoriasis menengah hingga berat mendapatkan kulit yang bersih yang lebih lama, Novartis Indonesia meluncurkan pengobatan baru secukinumab di Indonesia. Pengobatan baru ini diharapkan dapat memberikan kulit yang bersih hingga 90%”, kata Presiden Direktur Novartis Indonesia Milan Paleja yang juga hadir dalam acara ini.

Secukinumab adalah obat biologis - protein dengan rekayasa genetis yang didapatkan dari gen manusia yang dirancang untuk menghambat komponen spesifik di sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan inflamasi. Secara sederhana, obat ini beraksi dengan menghambat siklus respon daya tahan tubuh terhadap penyakit psoriasis. Pastinya kita menginginkan kesehatan untuk keluarga kita. Saya senang bisa tahu tentang penyakit ini dan bagaimana pengobatannya. Untuk informasi lebih lanjut tentang Novartis bisa diakses melalui novartis.com atau melalui akun twitter di http://www.twitter.com/Novartis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Nikmatnya Bento Ramadan HokBen

Irma Wulansari Communication Dept Head PT Eka Bogainti Tak terasa puasa sudah sampai hari ke 12, waktu begitu cepat berlalu, sudah khatam ti...