Laman

Sabtu, 30 September 2017

Inovasi Layanan Call Center di Era Digital



Masih ingat kapan terakhir menghubungi call center? Ceritanya waktu itu saya pas ke pusat perbelanjaan, dan tiba-tiba kartu ATM saya tertelan. Panik dong pastinya, apalagi sering baca di media sosial tentang  kasus kartu ATM tertelan dan saat kita berusaha mencari pertolongan, ada sindikat penipu yang beraksi. Saya coba menghubungi no telepon call center untuk memblokir tapi tak diangkat. Saya juga temui satpam jawabannya tidak memuaskan. Untungnya setelah menelepon kesekian kali akhirnya diangkat juga dan bisa memblokir kartu ATM. Barulah hati ini sedikit tenang.



www.bca.co.id

Ngomongin soal call center sekarang BCA punya Vira. Apa itu Vira? Vira adalah Virtual Assistant Chat Banking BCA yang dapat diakses melalui beberapa aplikasi chat populer seperti Facebook messenger, Line dan Kaskus chat. Vira dapat membantu kita mengetahui informasi dan promosi seputar BCA kepada pengguna aplikasi chat. Vira dapat diakses kapanpun dan dimanapun dan caranya cukup menambahkan akun resmi (official accounting) BCA yaitu Bank BCA di Facebook messenger, Line ataupun Kaskus chat. Oh iya informasi ini saya dapat waktu mengikuti seminar New Customer Experience In Digital Era beberapa waktu lalu.


Tanggal 27 September 2017 saya sudah bersiap-siap menuju Hotel JS Luwansa. Pukul 06:30 saya sudah rapi, cuaca mendung bukan halangan. Benar saja baru melangkah keluar rumah turun hujan lumayan deras. Saya bersyukur hujan karena memang sudah beberapa hari udara terasa sangat panas di saat siang hari dan gerah di malam hari.

Acara dijadwalkan mulai pukul 08:30 pagi, tapi karena hujan dan jalanan macet banyak yang terlambat tiba di lokasi acara. Sama saya pun baru sampai ke hotel pukul 09:00. Kalau jalanan lancar dari Ciracas ke Rasuna Said paling lama 60 menit, tapi ini karena hujan jalanan menjadi lebih macet dari biasanya. Ya sudahlah jangan salahkan hujan, bersyukur malah karena hujan adalah berkah.

Tiba di Hotel JS Luwansa sudah ramai, sebagian ada yang foto-foto, sebagian lagi ada yang duduk-duduk sambil ngobrol di sofa yang tersedia. Acara ini dihadiri oleh para pelaku usaha, dan para manajer juga hadir. Saya sendiri hadir sebagai blogger yang mendapat undangan dari Kama Digital Nusantara (Kamadig), bersama beberapa teman lainnya. Mereka  juga yang meregistrasikan dan mengambil name tag untuk saya. Jadi saya tinggal datang dan menyimak apa yang disampaikan para narasumber. Sudah kenal belum dengan Kama Digital Nusantara? Kalau belum follow aja Instagram nya @kamadig_nusa atau website www.kamadigital.com.

Acara dibuka oleh MC, tetapi karena saya duduk di bagian belakang dan ruangan cukup luas, serta dihadiri undangan dengan jumlah yang lumayan banyak sehingga saya kurang jelas melihat ke depan. Oh iya acara New Customer Experience In Digital Era ini diadakan dengan tujuan mempermudah pelanggan dalam mendapatkan pengetahuan tentang contact center. Juga tentang inovasi pemerintah dan perusahaan dalam memberikan layanan terbaik untuk masyarakat sebagai pelanggan. Acara ini didukung oleh BCA, Aspec, panggilan darurat 112, KEMKOMINFO, BP3TI, Traveloka, Indonesia Cloud, dan Salesforce.

Dilarang memberikan laporan palsu
Sumber foto BPBD DKI Jakarta


Salah satu upaya meningkatkan pelayanan publik, pemerintah sudah membuat Contact Center 112 sebagai nomor darurat semacam 911 di luar negeri. Layanan bebas pulsa 112 merupakan nomor tunggal panggilan darurat di bawah koordinasi BPBD DKI Jakarta, sehingga berbagai SKPD terkait penanganan kegawatdaruratan  dan kebencanaan dapat terkoordinasi dengan baik. Situasi yang dapat kita laporkan ke 112 seperti darurat medis, kecelakaan, kebakaran dan keamanan, termasuk KDRT.  Untuk info lengkap bisa kunjungi http://bpbd.jakarta.go.id/ 

Oh iya sambil mendengarkan pemaparan narasumber saya menghampiri booth-booth yang ada di belakang. Salah satunya booth 168solution, di sini ada lucky draw dan syaratnya saya diminta foto lalu upload di akun instagram dengan mention ke @168solution. Yeea saya beruntung mendapatkan tongkat kamera alias tongsis, kebetulan memang tongsis saya sudah rusak.

Pemaparan narasumber yang informatif sangat bermanfaat pastinya. Tapi karena jam sudah menunjukkan waktunya makan siang, jadi para undangan dipersilahkan untuk makan siang dulu. Eh karena saya dan teman-teman duduknya kebetulan dekat meja makan jadi ga perlu antre lama. Wkwkwk kalau tadi duduk dekat panggung pasti ngantri cukup lama untuk menikmati menu dari JS Luwansa yang lezat.

Setelah sholat dan makan siang acara dilanjutkan kembali dengan acara hiburan yang sangat menarik bagi saya. Karena selain suara yang bagus dan diiringi dengan gerakan yang aktratif sehingga walaupun ruangan dingin tidak membuat mata mengantuk. Di sela-sela diskusi diadakan juga sesi tanya jawab dan ada doorprize, bagi yang beruntung mendapatkan Samsung S8 dan iphone 7. Sayang sekali doorprize cuma 2 harusnya lebih banyak ya, ngarep wkwkwk. Acara diakhiri dengan pembagian sertifikat. Semoga dengan meningkatnya layanan publik melalui teknologi digital akan semakin memberikan kemudahan pada kita semua.

14 komentar:

Anisa Deasty Malela mengatakan...

Senangnya dipermudah saat ada keadaan darurat, semoga efektif ya layanannya.

Ria Buchari mengatakan...

Keren ada inovasi baru ya mba dari BCA.
Asikk dpt tongsis baru bs welfie bareng nnti nih 😀

Tri Aryani mengatakan...

Dengan adanya viture VIRA, kini BCA, semakin canggih, btw aku juga nasabah setia sejak 15 the yll Bun.., Terimakasih informasinya ..😉

Widia Purnawita mengatakan...

Wah asyik banget banget skrg ada Vira,baru tau ini padahal aku pake BCA lho. Makasih banyak infonya ya :)

Ria Handayani mengatakan...

Jangan lupa 112 ya Bun kalau keadaan darurat 😀

Ria Handayani mengatakan...

Siapa kalau pas acara bareng ya 😀

Ria Handayani mengatakan...

Sama Bun aku juga pakai BCA

Ria Handayani mengatakan...

Dengan Vira kita bisa chat kapan saja dan darimana saja. 😁

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

ih asik ya ada call centre. Ini harus disosialisasikan ke masyarakat luas sehingga makin banyak yang paham dan memaksimalkan call centre yang ada ya mba

Maria Soraya mengatakan...

aku nasabah BCA dari jamannya pas masih jadi mbak2 kantoran, karena BCA paling mudah urusan transfer2an, aku baru tau soal si VIRA hihihi

thanks for share mak

achi hartoyo mengatakan...

Wah menarik banget ulasan tentang kontak center, jadi tau dunia call center yang sesungguhnya.

Eko Prasetyo mengatakan...

Saya akan ingat untuk nomor telepon darurat Jakarta Siaga 112, agar bisa melaporkan jika ada hal yang tidak dinginkan. Dan saya baru tahu kalau BCA mengeluarkan inovasi terbaru yang bernama VIRA.

ben benavita mengatakan...

kemarin iseng donlot yang vira-vira itu, ternyata asik juga.

April Hamsa mengatakan...

Call center yg suka kuhubungi tu punya Tel**m gara2 inetnya suka lola haha.
Wah baru tau soal Vira2 ini, kebetulan aku nasabah BCA lama. Nyr coba dunlud ah TFS :D