Laman

Friday, October 27, 2017

Gerakan Jantung Sehat Indonesia Tangkal Kolesterol

Cek kolesterol

Selamat pagi, apa kabar sudah berolahraga kah hari ini? Olah raga terbukti dapat mengendalikan berat badan, tekanan darah, meredakan peradangan, meningkatkan peredaran pembuluh darah secara keseluruhan dan meningkatkan HDL. Oh iya kolesterol merupakan suatu komponen penting bagi sel-sel tubuh agar dapat beregenerasi dan tubuh secara keseluran akan berfungsi dengan normal.
Kolesterol terbagi menjadi dua:
  1. HDL (High Density Lipoprotein) adalah kolesterol baik yang berfungsi untuk menyapu kolesterol jahat yang ada di arteri dengan membawa kolesterol jahat berlebih ke hati untuk kemudian dibuang sehingga kolesterol jahat tidak menyumbat arteri.
  2. LDL (Low Density Lipoprotein) adalah kolesterol jahat yang dapat menyumbat pembuluh darah. Jika kadar LDL di dalam darah terlalu banyak, maka akan mengendap di dinding arteri dan membentuk plak.

Dampak bahaya kolesterol jahat bagi tubuh:
  • Serangan Jantung: plak akibat LDL yang tinggi akan mempersempit dan mengencangkan arteri sehingga dapat menyebabkan penyakit jantung.
  • Stroke: seperti serangan jantung, plak yang menyumbat arteri dapat menyebabkan serangan stroke

Senam Bersama Gerak Sehat Praktis 

Tanpa sadar gaya hidup kita memang minim aktivitas dan gerak fisik atau dikenal dengan istilah sedentari. Contohnya mau pergi tinggal order ojek online, mau makan tinggal ke restoran cepat saji. Malas bebenah langsung panggil layanan bersih-bersih online. Berdasarkan data dari badan kesehatan dunia atau WHO menunjukkan bahwa gaya hidup sedentari adalah 1 dari 10 penyebab kematian terbanyak di dunia. Gaya hidup sedentari atau kurangnya aktivitas fisik, merupakan faktor utama penyebab penyakit kardiovaskuler, diabetes dan kanker.

Untuk menurunkan risiko penyakit jantung koroner, pada tanggal 21 Oktober 2017 lalu Nutrive Benecol mengadakan gerakan jantung sehat “Indonesia Tangkal Kolesterol”. Acara berlangsung di The Hall, Senayan City Mall, Jakarta.
Rangkaian edukasi gerakan jantung sehat berupa:
  • Pengenalan pola pikir rendah kolesterol dan rendah risiko penyakit jantung
  • Demo mengenal pola makan dan porsi makan sehat
  • Demo pola gerak yang sehat praktis sebagai solusi hidup sedentari
  • Program deteksi dini kolesterol tinggi dan risiko penyakit jantung koroner

Sumber foto Instagram nutrivebenecol_id

Pada booth cek kolesterol sangat banyak peminatnya. Setelah mendapat giliran cek kolesterol, alhamdulillah kolesterol saya normal masih dibawah 200. Bisa dikategorikan tinggi jika 200-239, sedangkan kolesterol sangat tinggi jika lebih dari 240.
Berikut enam gejala kolesterol tinggi:
  1. Rasa berat di tengkuk dan pegal di pundak
  2. Sering sakit kepala
  3. Cepat mengantuk
  4. Mudah lelah
  5. Kesemutan
  6. Xanthelasma

Kolesterol dalam tubuh bisa dideteksi dengan pemeriksaan darah sederhana, hal tersebut bisa dilakukan setelah berpuasa 10 hingga 12 jam.  Kolesterol dibutuhkan tubuh debagai sumber energi maupun sumber pembentukan hormon. Jika kadar kolesterol terlalu tinggi, akan timbul plak di jantung dan otak yang sangat berbahaya.

Selain berolahraga rutin, pola makan yang baik merupakan kunci mencegah kolesterol tinggi. Berikut cara memasak makanan rendah kolesterol:
  • Hindari menggoreng makanan
  • Mengukus atau merebus makanan
  • Menggunakan minyak zaitun
  • Mengonsumsi gandum, buah-buahan dan kacang-kacangan
  • Melakukan pola hidup sehat

Yuk Tangkal Kolesterol

Melalui kampanye Gerakan Jantung Sehat: Indonesia Tangkal Kolesterol 2017, Nutrive Benecol mengajak masyarakat Indonesia untuk bahu membahu dalam menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Melalui Gerakan Jantung Sehat yaitu mengenal, menurunkan dan mengontrol kolesterol dengan gaya hidup TANGKAL yang terdiri dari 7 langkah tangkal kolesterol  yaitu:
  1. Teratur periksa kolesterol
  2. Awasi asupan dan pola makan
  3. Nikmati hidup tanpa rokok dan minuman beralkohol
  4. Giat berolahraga dengan senam B-Fit
  5. Kendalikan berat badan dan hindari stres
  6. Awasi tekanan darah
  7. Lengkapi dengan Nutrive Benecol 2x sehari

Nutrive Benecol mengandung Plant Stanol Ester yaitu senyawa dari tumbuhan yang menyerupai kolesterol sehingga mampu menggantikan kolesterol dalam proses penyerapan di usus. Nutrive Benecol telah teruji klinis dapat menurunkan kolesterol hingga 10-17% jika dikonsumsi rutin selama 2-3 minggu. Untuk info lengkap bisa klik di www.nutrivebenecol.com

Semoga dengan mengenali pola pikir, pola makan, dan pola gerak yang sehat, masyarakat Indonesia dapat berperan aktif menjadi agen perubahan, tidak hanya untuk dirinya sendiri melainkan juga untuk keluarga dan lingkungan sekitarnya. Salam sehat selalu.

3 comments:

Kurnia amelia said...

Acaranya berfaedah sekali yooo hehe.

Melysa Luthiasari said...

Beberapa hari ini emang lg kepikiran mau olga rutin, tapi kalo untuk menjaga pola makannya ini nih yg agak susah, hehe. Apalagi yg namanya goreng2an yah.

Dewi Nuryanti said...

Lifestyle ini yg sering menjadi penyebab tingginya kolesterol. Pola makan yg seenaknya dan stress akibat pekerjaan adalah bagian dr lifestyle atau gaya hidup yg memicu tingginya kolesterol dan penyakit jantung. Harus mulai diubah nih gaya hidup menjadi pola hidup sehat.