Kamis, 19 Oktober 2017

Koleksi Peralatan Rumah Tangga

Tupperware Blossom Plate 
Sumber foto MatahariMall

Apa kabar buibu? Hari Sabtu-Minggu biasanya ngapain aja? Kalau saya biasanya belanja bulanan atau mengajak anak-anak berenang. Tapi terkadang saya luangkan waktu untuk bersih-bersih rumah. Terutama bagian dapur, maklumlah semua saya kerjakan sendiri tanpa asisten rumah tangga. Dapur adalah bagian yang sangat  penting untuk selalu dibersihkan, karena tikus sangat suka dapur yang kotor dan jorok. Jadi ingat waktu baru nikah, saya hanya punya satu panci, satu wajan atau kuali, beberapa piring dan gelas. Setelah 10 tahun berumah tangga peralatan dapur itu menjadi beranak pinak dan berantakan kalau tidak dirapikan setiap hari.
Sedikit cerita tentang masa lalu, sebelum menikah saya bekerja di pulau Batam, bersama teman-teman dari berbagai kota di Indonesia. Ya saya memang menjadi karyawan di salah satu perusahaan elektronik yang ada di Batam. Di sana saya tinggal serumah bersama 8 orang teman yang bekerja beda shift, walaupun serumah paling hanya bertemu saat pergantian shift Sabtu-Minggu. Setelah 4 tahun bekerja saya merasa jenuh, untunglah saya segera bertemu jodoh dan pindah ke Jakarta. Nah karena belum punya pengalaman, saat hendak pindah ke Jakarta saya membawa beberapa peralatan rumah tangga dari Batam, padahal kan berat ya, jadi over bagasi dan saya membayar cukup mahal waktu itu. Padahal kalau dipikir-pikir mendingan uang yang buat bayar bagasi untuk membeli peralatan dapur di Jakarta saja, hehehe namanya juga masih lugu dan belum berpengalaman.
Ngomongin soal peralatan rumah tangga, pastinya sudah ikut perkembangan zaman. Jika dulu setiap keluarga mempunyai peralatan rumah tangga yang lengkap. Contohnya satu keluarga bisa memiliki berlusin-lusin piring dan itu baru satu jenis. Untuk peralatan sendok, gelas dan yang lain juga pasti punya banyak, ditambah peralatan membuat kue. Karena jika akan ada acara besar seperti menikahkan anak atau khitan anak, tak perlu meminjam perabot ke orang lain. Berbeda dengan sekarang perayaan resepsi pernikahan atau khitan anak biasanya diadakan di gedung lengkap dengan penyewaan peralatan makannya. Selain itu rumah orang zaman dulu juga besar-besar sehingga punya gudang khusus untuk menyimpan peralatan rumah tangga. Bukan berarti rumah zaman sekarang kecil-kecil ya, hanya saja minimalis.

Tupperware Purple Daisy Plate
Sumber Foto MatahariMall

Saya sendiri suka mengkoleksi peralatan rumah tangga yang unik dan lucu, walaupun tidak banyak yang penting ada. Saat akan piknik biasanya saya membawa makanan dari rumah lengkap dengan peralatan makan.
Berikut tips memilih peralatan makan untuk dibawa agar piknik tetap asik:
  • Pilihlah yang ringan
  • Anti pecah
  • Bahan berkualitas
Semua ciri-ciri di atas ada pada piring tupperware, yang sekarang bisa dibeli secara online di mataharimall.com. Sudah lama saya menggunakan tupperware dan koleksinya pun cukup banyak. Sebagian saya beli dan sebagian lagi dikasih teman sebagai hadiah. Karena punya cukup banyak terkadang saya pun berbagi ke kerabat. Saya bawa saat mudik ke kampung halaman dan mereka pun senang. Tapi saat mudik ke pulau Bangka beberapa waktu lalu, saya lihat koleksi tupperware adik saya lebih banyak, satu lemari khusus untuk tupperware. Dia senang koleksi produk tupperware termasuk piring karena di pulau Bangka ada banyak pantai yang indah. Sehingga hampir tiap minggu mereka ke pantai, berenang di tepi pantai dan makan bersama. Makan memang lebih nikmat dengan menggunakan piring, apalagi piring tupperware ada beragam pilihan.


Tupperware Breakfast Plate 
Sumber Foto MatahariMall

Piring tupperware terbuat dari bahan khusus sehingga aman digunakan sehari-hari. Karena kami orang Sumatera suka makan makanan berkuah, kami pilih Blossom Plate. Alasannya karena bisa digunakan untuk makan tekwan, empek-empek ataupun bakwan. Oh iya bakwan di Bangka adalah potongan pempek lenjer yang dibuatkan kuah berbumbu lada, bawang putih, bawang merah dan daun seledri. Tak lupa cabe dan jeruk kunci, ehh pedas dan sedikit asam enak sekali pokoknya.
Berikut cara merawat peralatan dapur ala saya:
  • Cuci peralatan dapur setiap kali habis digunakan.
  • Bersihkan secara berkala peralatan dapur yang jarang digunakan minimal seminggu sekali.
  • Gunakan spon atau busa yang lembut.
  • Gunakan sabun khusus cuci piring.
  • Keringkan peralatan dapur sebelum disimpan.
Itu saja dulu cerita saya, kalau buibu bagaimana cara menyimpan peralatan rumah tangganya? Sudah punya berapa banyak koleksi piring tupperware?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Nikmatnya Bento Ramadan HokBen

Irma Wulansari Communication Dept Head PT Eka Bogainti Tak terasa puasa sudah sampai hari ke 12, waktu begitu cepat berlalu, sudah khatam ti...