Laman

Tuesday, October 24, 2017

Tiga Tahun Pencapaian Pemerintahan Jokowi - Jusuf Kalla



Apa kabar hari ini, masih terjebak kemacetan Jakarta? Sudah biasa ya. Apalagi di titik-titik yang sedang dilakukan pembangunan tiang pemancang LRT, bisa dipastikan kemacetan semakin parah. Itu salah satu dampak dari pembangunan yang sedang dilakukan di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Apa saja pencapaian #3TahunJokowiJK #Kerja3ersama? Pastinya ada banyak sekali.
Tanggal 23 Oktober 2017, saya menghadiri acara dalam rangka memperingati pencapaian 3 tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Pemerintah perlu menyampaikan progres pembangunan yang telah dilakukan selama tiga tahun ini. Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Kantor Staf Presiden menyelenggarakan konferensi pers (Forum Merdeka Barat 9 / FMB9) tentang "Pencapaian Pemerintah: Pemerataan Ekonomi Berkeadilan".

Acara berlangsung di Kantor Staf Presiden yang berlokasi di Jalan Merdeka Barat no 9. Sebelum saya menuliskan pencapaian #3TahunJokowiJK, saya mau cerita tentang drama datang ke Kantor Staf Presiden. Lingkungan kantor yang sangat luas, bagi orang awam seperti saya lumayan bikin keder, ditambah dapat pengemudi ojek yang ga tahu pintu masuk ke gedung Bina Graha, lengkaplah drama hari itu. Saya baru sampai lokasi acara jam 09:45 dan sangat senang karena acara ini dihadiri oleh banyak Bapak dan Ibu Menteri Kabinet Kerja. Oh iya jangan lupa membawa KTP asli jika akan berkunjung ke Kantor Staf Presiden. Jadi pengalaman saya jika hendak ke sini lagi sudah tahu.


Sumber @FMB9ID
Setelah semua Menteri tiba di tempat Diskusi Media FMB 9, acara pun dibuka oleh Kepala Staf Presiden Teten Masduki dan dimoderatori oleh Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi dengan tema "Pemberdayaan dan Keberpihakan untuk Mengatasi Ketimpangan". Menghapuskan ketimpangan merupakan salah satu tujuan utama dari pemerintahan Presiden Joko Widodo - Wakil Presiden Jusuf Kalla. Oleh karena itu memasuki tahun  ketiganya, pemerintah telah menetapkan tahun 2017 ini sebagai tahun pemerataan.
Hadir sebagai pembicara dalam forum hasil kerja sama antara KSP dan Kemkominfo antara lain:
  1. Menko PMK Puan Maharani
  2. Menkes Nila F Moeloek
  3. Mendikbud Muhadjir Effendi
  4. Mensos Khofifah Indar Parawansa
  5. Menteri ESDM Ignasius Jonan
  6. Wakil Menteri ESDM Archandra Tahar
  7. Mendes PPDT Eko Putro Sandjojo
  8. Menristekditi M Nasir
  9. Menpora Iman Nahrawi
  10. Menteri PPA Yohana Yambise
  11. Sekjen Kemenag Nur Syam
  12. Dirjen Planologi Kehutanan dan Lingkungan Kementerian LHK Yuyu Rahayu
  13. Sekjen Kementerian ATR/BPN M Noor Marzuki
  14. Dirjen Penataan Agraria Kementerian ATR/BPN Djamaludin
  15. Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi

Kerja bersama Kabinet Kerja selama tiga tahun terakhir membuahkan hasil yakni dengan meningkatnya kesejahteraan rakyat yang terlihat dari kenaikan nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari 68,9 pada tahun 2014 menjadi 69,5 pada tahun 2015, 70,19 pada tahun 2016, dan 70,79 pada tahun 2017. Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani.
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dalam konferensi pers 3 tahun Pemerintahan Jokowi-JK di Bina Graha mengatakan penyaluran bantuan sosial (bansos) non tunai juga efektif meminimalisir penyimpangan seperti:
  • Tidak tepat sasaran
  • Tidak tepat jumlah
  • Tidak tepat kualitas
  • Tidak tepat waktu
  • Tidak tepat harga
  • Tidak tepat administrasi

Tujuan bansos non tunai juga untuk mengurangi perilaku konsumtif masyarakat, membangun kebiasaan menabung dan meningkatkan pemahaman penerima bantuan terkait pentingnya merencanakan keuangan dengan baik yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Pemerintah juga berkomitmen meningkatkan indeks pembangunan manusia yang antara lain melalui pendidikan berkarakter bangsa dan gerakan nasional revolusi mental. Sebanyak 61.507 sekolah telah menerapkan pendidikan berkarakter. Mendikbud akan terus meningkatkan akses pendidikan, dan total ada 15 juta lebih keluarga Indonesia memperoleh bantuan Program Keluarga Harapan. 
Secara keseluruhan diskusi Forum Merdeka Barat mengenai pencapaian 3 tahun Pemerintahan Jokowi-JK sangat bermanfaat, agar sebagai masyarakat kita tidak hanya bisa nyinyir di media sosial. Untuk informasi lebih akurat, data valid dan narasumber terpercaya sebaiknya kita follow media sosial Forum Merdeka Barat 9 di bawah ini.


6 comments:

Ovianty _ said...

Semoga komitmen pemerintah meningkatkan indeks pembangunan segera terwujud, lewat pendidikan karakter dan gerakan nasional revolusi mental.

Uci said...

Ngga kerasa sudah 3 tahun ya, sudah banyak sekali perubahan yang dirasakan.Semoga semua pembangunan berjalan dengan lancar.

Anisa Deasty Malela said...

Kita jarang mau peduli dengan pencapaian yang sudah dilakukan, hanya bisa nyinyir saat ada kekurangan pada pemerintahan yang sedang bekerja keras membangun bangsa Indonesia ini.
Tidak terasa ya sudah 3 tahun pemerintahan Bapak Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla.
Maju terus untuk bangun Indonesia yang lebih baik.

Ria Buchari said...

Sudah 3thn ya ternyata, gak berasa. Banyak juga koq kemajuannya, kita hrs dukunglah siapapun pemimpinnya asal membawa kebaikan dan kemajuan buat bangsa kita.

dunia menulis said...

Semoga selalu komitmen dng janjinya. Terus selalu cinta terhadap tanah air dgn memberdayakan APA yg telah dimiliki Indonesia Dan tetap menajaga agar tidak dijual APA APA yg telah Indonesia punya

adriana dian said...

waaaah keren banget nih acaranyaaaa. Alhamdulillah sudah banyak pencapaian negara kita 3 tahun bersama pak Jokowi dan JK ya maaak