Kamis, 12 Oktober 2017

Tumbuh Kembang Anak Yang Bahagia


Sudah 3 hari anakku demam dan badannya panas. Karena dia jarang sakit atau karakter saya yang mudah cemas jadi kepikiran. Mendengar dia batuk, saya yang merasakan sakitnya. Jadi ingat kalimat yang diucapkan oleh Psikolog Elizabeth Santosa, M.Psi. "Kebahagiaan itu banyak sumbernya, bukan hanya saat gajian atau invoice cair. Tapi sumber kebahagiaan juga bisa dari melihat anak yang sehat". Oh iya senang sekali bisa bertemu lagi dengan psikolog cantik ini di acara press conference program terbaru Lactogrow "Grow Happy" pada tanggal 5 Oktober 2017 yang bertujuan untuk merayakan kebahagiaan dan membantu orang tua menciptakan lingkungan yang dapat membuat anak merasa bahagia.

Ada banyak faktor yang membuat anak dan orang tua bahagia. Gusti Kattani Maulani selaku Brand Manager Nestle Lactogrow mengatakan sebelum membuat program grow happy ini, sudah dilakukan survei untuk mengetahui apa saja yang membuat anak bahagia, diantaranya kehangatan orang tua, kualitas waktu, dan kegembiraan.
Menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga adalah salah satu sumber kebahagiaan, selain bermain dengan teman. Ciri-ciri anak bahagia di mata orang tua yang paling utama adalah anak yang sehat, karena kesehatan menunjang kebahagiaan anak.

Selain itu ciri-ciri anak sehat:
  • Aktif
  • Senang bermain
  • Senang bergaul
  • Kondisi fisik sehat
  • Memiliki semangat
  • Gizi terpenuhi
  • Selera makan baik
  • Kualitas hubungan dengan orang tua baik
  • Kreatif dan inovatif

Sedangkan kebahagiaan pada anak juga sangat bermanfaat untuk tumbuh kembangnya seperti:
  • Kesadaran diri lebih baik
  • Kesadaran sosial lebih baik
  • Kemampuan mengambil keputusan lebih baik




Bagi ayah dan ibu, keluarga terutama anak diakui sebagai sumber kebahagiaan yang utama. Sedangkan faktor lain yang mempengaruhi kebahagiaan orang tua adalah kebutuhan untuk dapat mengaktualisasikan diri baik melalui pekerjaan, hobi, seni ataupun minat pribadi.

Sedangkan sumber kepuasan hidup:
  • Keluarga dan kesehatan
  • Dukungan sosial yang mereka miliki
  • Pencapaian karir
  • Pemenuhan kebutuhan dasar
  • Kondisi keuangan
  • Kesempatan untuk mengaktualisasikan diri

Psikolog Elizabeth mengatakan "Kebahagiaan anak dipengaruhi oleh interaksi sosial positif yang melibatkan anggota keluarga. Karenanya, penting bagi orang tua untuk menghabiskan waktu bersama dengan anak. Dengan menghabiskan waktu bersama dengan anak, orang tua juga akan semakin mengenal anak dan diri sendiri secara lebih baik. Selain itu dengan mengetahui apa yang membuat dirinya bahagia, ayah dan ibu bisa menjadi orang tua yang bahagia. Sehingga bisa menularkan kebahagiaan pada pasangan dan anak. Yang pada akhirnya mendukung anak untuk tumbuh dan berkembang dengan lebih optimal dan menjadi anak yang bahagia".


Sedangkan DR. Dr. Saptawati Bardosono, Msc. ahli gizi medik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang juga hadir saat acara press conference "Grow Happy" menjelaskan bahwa tidak hanya kegiatan berkualitas yang dilakukan bersama orang tua, saluran pencernaan ikut berperan penting dalam mendukung kebahagiaan untuk tumbuh kembang anak yang optimal.
Terdapat empat pilar kesehatan yang dibutuhkan anak untuk tumbuh berkembang dengan bahagia:
  1. Nutrisi lengkap dari makanan dan minuman setiap hari.
  2. Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin. Berbagai penelitian membuktikan bahwa aktivitas otot dapat merangsang emosi dan kognitif anak serta merangsang selera makan.
  3. Tidur yang berkualitas sesuai usia anak. Anak membutuhkan waktu tidur yang lebih lama dari orang dewasa yaitu sekitar 10-12 jam.
  4. Mengatasi stres baik di dalam ataupun di luar rumah. Perasaan tertekan dapat mengakibatkan gangguan pada pencernaan, hal ini karena terdapat komunikasi dua arah antara otak dan perut.

"Grow Happy" akan diselenggarakan tanggal 4 - 5 November 2017 di Mall Kota Kasablanka. Akan ada berbagai macam permainan edukatif dan menyenangkan seperti balloons art and craft, pampering corner untuk keluarga, dan balloons pool yang bisa dinikmati baik oleh anak-anak maupun orang tua.

Keluarga Ricky Harun

Aktor Ricky Harun bersama sang istri Herviza Novianti dan kedua buah hatinya juga hadir saat acara. Terlihat betapa kebersamaan antara orang tua dan anak benar-benar mendatangkan kebahagiaan karena mereka juga sama seperti orang tua yang lain, yang juga ingin anak-anaknya bahagia. Hal sederhana yang dilakukan pasangan ini seperti membacakan buku cerita dan bermain bersama. Mereka berdua juga mengatakan tidak mengharuskan anak-anak menjadi nomor satu, namun yang terpenting mereka bahagia dalam melakukan segala aktivitasnya.

Keluarga artis yang super sibuk saja mengutamakan keluarga dan kebahagiaan anak-anak. Jadi bertanya pada diri sendiri, apa yang sudah saya lakukan untuk anak saya dan apakah dia bahagia? Harus sering mengevaluasi diri sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Nikmatnya Bento Ramadan HokBen

Irma Wulansari Communication Dept Head PT Eka Bogainti Tak terasa puasa sudah sampai hari ke 12, waktu begitu cepat berlalu, sudah khatam ti...