Laman

Wednesday, November 8, 2017

Keliling Museum, Alternatif Liburan Seru Di Surabaya

Kota Surabaya tidak hanya memiliki wisata kuliner yang seru, tapi juga punya beberapa museum menarik yang layak untuk dikunjungi. Berkeliling museum-museum ini bisa menjadi alternatif liburan di Kota Surabaya, yang tidak hanya menjadi sumber pengetahuan baru tapi juga pengalaman yang seru.

Asyiknya, Surabaya punya banyak museum dengan tema berbeda-beda. Jadi kamu bisa keliling dari satu museum ke museum yang lain tanpa takut bosan.

Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH / Museum Santet

source: superkidsindonesia.com

Museum yang terletak di Jalan Indrapura No. 17 Kemayoran, Krembangan ini berisi tentang berbagai hal yang terkait dengan kesehatan dan obat-obatan. Selain itu di dalam Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH ini juga mengulas tentang genetik dan juga kepercayaan lokal tentang pengobatan tradisional.

Berbeda dengan museum lain yang ramai di akhir pekan, Museum Kesehatan ini justru tutup pada hari Sabtu dan Minggu. Kamu bisa mengunjunginya Senin sampai Jumpat mulai pukul 09.00 - 15.15 WIB.

Museum ini dikenal dengan nama lain, yaitu Museum Santet. Karena sebagian isinya berisi tentang benda-benda klenik dan berhubungan dengan dunia gaib. Percaya atau tidak, benda-benda yang ada di dalam museum ini sebagian berbau mistis, cukup membuat bulu kuduk berdiri.

Museum Surabaya

source: surabaya.co.uk

Museum ini berisi tentang semua hal yang berhubungan dengan Surabaya dan juga sejarahnya di masa lalu. Bertempat di Gedung Siola, Museum Surabaya yang dikelola oleh Pemerintah Kota Surabaya menyimpan lebih dari 1000 benda koleksi sejak masa Wali Kota pertama Surabaya pada masa penjajahan Belanda sampai sekarang.

Gambar wajah Wali Kota Surabaya pertama sampai sekarang berjajar rapi di dalam museum. Sementara di bagian luar terdapat lokomotif kuno yang sudah dicat ulang, jadi nampak berkilau. Selain itu juga terdapat perabot kuno milik Pemerintah Kota dan warga yang disumbangkan untuk museum.


Monumen Kapal Selam (Monkasel)

source: hariliburnasional.com

Berlokasi di Jalan Pemuda, Monkasel adalah tempat sempurna untuk mempelajari tentang seluk beluk kapal selam dan dunia kelautan. Di sini kamu bisa melihat secara langsung bangkai kapal selam asli milik Indonesia yang bernama Pasopati. Tidak hanya melihat dari luar, kamu juga bisa masuk ke dalamnya dan melihat bagaimana isi dari sebuah kapal selam.

Di Museum ini juga terdapat pertunjukan tentang dunia maritim di Indonesia. Pertunjukan berlangsung setiap jam, kamu tinggal menyesuaikan dengan jam kedatangan untuk mengikuti pertunjukan dari awal.

Museum 10 Nopember

source: indonesiakaya.com

Museum ini menyimpan berbagai benda bersejarah dari perjuangan masyarakat Surabaya pada pertempuran 10 Nopember 1945. Potret perjuangan Bung Tomo dan kawan-kawan disimpan rapi, dan sebagian dipamerkan di Museum ini.

Tempat ini buka hari Selasa sampai Minggu, mulai pukul 08.00 – 13.30. Khusus hari Senin dan hari libur nasional, Museum 10 Nopember tutup untuk umum.

House of Sampoerna

source: serumpi.com

Museum ini berisi tentang bagaimana perusahaan rokok terbesar di Surabaya, H M Sampoerna mendirikan usahanya. Berbagai peralatan melinting rokok, mulai dari yang paling tradisional sampai yang modern dipamerkan di sana.

Selain itu Museum ini juga menjadi tempat pameran lukisan dan benda-benda seni karya seniman ternama dari seluruh Indonesia. Sebagian karya mereka bisa dibeli, sebagian lainnya hanya dipamerkan untuk dilihat saja.

Silahkan pilih mau mulai dari mana dulu nih keliling museumnya. Sebagai tambahan, untuk bulan ini Pemerintah Kota Surabaya berencana untuk meresmikan 3 museum baru loh. Jalan-jalan di Surabaya sambil menikmati wisata sejarah akan semakin lengkap.

6 comments:

mpo ratne said...

Museum santet keren juga. Belum pernah kesana, tapi boleh juga. Seram hak mba

Novitania said...

Ahh aku belom pernah nih ke surabaya, doain yaa bun biar someday bisa jalan jalan kaya kamu hihihi

Natara said...

Itu serius ada museum santet mbak... Serem serem gimana gitu... Tapi malah jadi penasaran buat dateng ya... Duuhh jadi pengen ke surabaya deh...

Natara said...

Itu serius ada museum santet mbak... Serem serem gimana gitu... Tapi malah jadi penasaran buat dateng ya... Duuhh jadi pengen ke surabaya deh...

hida said...

Wah...baru tau lho kalo ada museum yang berhubungan dengan benda2 klenik atau santet. Kayaknya kudu berkunjung kesana nih klopas main ke Surabaya. Makasih sharing infonya mbk.

Leyla Hana said...

Keliling Museum jadi wisata edukasi buat anak2 nih tapi beberapa museum memang kurang menarik sih kecuali museum Dinasaurus.