Laman

Jumat, 17 November 2017

Obat Generik Dengan Kualitas Paten

Halo apa kabar, semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan kelancaran dalam segala urusan karena kesehatan adalah rezeki paling utama yang harus kita syukuri. Alhamdulillah walau terkadang sakit tetapi hanya penyakit ringan saja seperti flu, sakit kepala dan sakit gigi. Biasanya kalau sedang sakit, dan minum obat maunya cepat sembuh. Saya sendiri berusaha mengurangi konsumsi obat, apalagi obat warung. Biasanya saya berobat ke Puskesmas dan mendapat obat generik. Apa itu obat generik? Nah pada tanggal 13 November 2017 lalu saya berkunjung ke Hexpharm Jaya di kawasan Cikarang.


Pabrik Hexpharm Jaya berdiri pada tahun 1971, secara khusus bergerak dalam bidang pengembangan, produksi, dan pemasaran obat. Pabrik ini masuk ke dalam 20 perusahaan farmasi terbesar di Indonesia, dan juga tercatat sebagai 3 perusahaan farmasi generik terbesar di Indonesia.

Obat generik adalah obat yang telah habis masa patennya, sehingga dapat diproduksi massal oleh semua perusahaan farmasi tanpa perlu membayar royalti.

Ada dua jenis obat generik yaitu:
  • Obat generik bermerek dagang yang kandungan zat aktifnya diberi nama (merek) oleh perusahaan pembuatnya.
  • Obat generik berlogo yang dipasarkan dengan merek kandungan zat aktifnya. 

Sedangkan nama obat ada tiga yaitu:
  • Nama Kimia harus sesuai rumus
  • Nama Generik contoh: Amoxicillin , Amoxicillin Trihydrate
  • Nama Dagang contoh: Kalmocilin, Bintamox, Amoxan, Scannoxyl


Pukul 07:00 pagi kami sudah berkumpul di Plaza Semanggi untuk berangkat ke Cikarang. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih selama dua jam, akhirnya kami tiba di lokasi pabrik dan disambut para karyawan dengan baik. Setelah beristirahat sebentar, Bapak Parlindungan DS selaku Site Head PT Hexpharm Jaya menjelaskan tentang pabrik ini. Selanjutnya Dr. Artati selaku General Manager Medical Department PT Kalbe Farma Tbk menjelaskan tentang obat.

PT Hexpharm Jaya merupakan perusahaan farmasi yang tergabung dalam Kalbe Grup yang memiliki keunggulan-keunggulan kompetitif seperti berikut ini.

Seragam khusus tamu

Memiliki sistem yang handal untuk menjamin mutu produk terbangun dari, selama, dan setelah proses produksi. PT Hexpharm Jaya telah menerapkan:
  • Good Manufacturing Practice yang terkini dan standar Pharmaceutical Inspection Convention
  • Sistem manajemen mutu ISO 9001: 2015 yang bertujuan untuk memastikan perusahaan selalu menghasilkan produk-produk bermutu sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan.
  • Sistem kesehatan dan keselamatan kerja OHSAS 18001: 2007
  • Sistem manajemen lingkungan ISO 14001: 2004
  • Lean Manufacturing dan Total Productive Management

Infrastruktur yang handal, mesin-mesin yang digunakan di bagian produksi didesain sesuai dengan teknologi terkini dengan spesifikasi yang ditetapkan oleh good manufacturing practice. Fasilitas laboratorium yang handal menunjang fasilitas pemeriksaan sebelum dan selama proses produksi dilakukan. Sistem penunjang seperti HVAC, PWG, Clear System, IPAC menjamin proses produksi berjalan sesuai spesifikasi dan hasil produksi tidak mencemari lingkungan.

PT Hexpharm Jaya menerapkan standar mutu yang tinggi dan menggunakan teknologi canggih sehingga mampu memproduksi lebih dari 500 juta tablet obat setiap bulan. Selain digunakan di dalam negeri, obat dari PT Hexpharm Jaya juga diekspor ke negara lain seperti Singapura, Kamboja, Myanmar, dan Hongkong.


Melihat Langsung Area Produksi

Saya bersama teman-teman blogger mendapat kesempatan melihat langsung area produksi dan ruang Quality Control. Ruang pertama yang kami kunjungi adalah ruangan pengemasan. Sebelum masuk kami diwajibkan menggunakan seragam khusus dan penutup sepatu. Lucu sih karena belum terbiasa, untuk pakaian khusus tamu hanya bisa digunakan sekali pakai. Hal ini dilakukan agar ketika memasuki ruang produksi harus steril. Tak lupa juga menggunakan penutup kepala dan masker. Sampai masuk ruangan pun tangan harus dicuci dulu kemudian dikeringkan dengan pengering yang berstandar seperti yang ada di bandara agar air tidak kemana-mana saat digunakan. Selain itu tidak diperkenankan membawa barang yang berbau logam di tubuh, termasuk jam tangan, bros, jarum pentul bagi karyawan ataupun tamu khususnya yang berhijab. Semua proses itu dilakukan agar terjaga standarisasi dan kualitas obat yang diproduksi.

Karyawan yang melakukan penimbangan di bagian produksi dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) yang sangat lengkap. Dan sistem penimbangan menggunakan komputerisasi untuk menghindari terjadinya kesalahan. Pada bagian pengemasan juga menggunakan mesin canggih dengan sistem komputerisasi sehingga bila terjadi kesalahan misalnya kelebihan atau kekurangan, otomatis mesin akan memisahkan ke bagian produk reject. 

Kemasan Biru

Sejak September lalu kemasan Obat Generik produksi PT Hexpharm Jaya atau lebih mudah disebut HJ Generik berubah menjadi warna biru, dari yang biasanya berwarna putih. Ini dilakukan agar obat generik HJ lebih mudah diingat.

Setelah melihat langsung proses produksi bisa dipastikan tak perlu ragu untuk menggunakan obat generik dari PT Hexpharm Jaya karena:
  1. Sudah memenuhi standar produksi yang ditetapkan pemerintah.
  2. Setara dengan obat paten.
  3. Terjamin kualitasnya.
  4. Diproduksi di pabrik yang modern.
  5. Memilik rangkaian produk generik yang lengkap.

Terakhir yang perlu diperhatikan saat membeli obat, jangan lupa pemilihan obat generik itu harus JELI
J : Jelas produsennya
E : Efektif khasiatnya
L: Lihat kemasannya
I : Ingat belinya hanya di tempat resmi

Sekarang saya jadi mengerti apa itu obat generik. Kita berharap selalu diberi kesehatan dan umur yang berkah dalam artian panjang umur dan sehat selalu, serta bisa menebar manfaat bagi orang lain. Tapi kalau sudah sakit jangan lupa minum obat ya. Gabung yuk di media sosial @HJgenerik untuk mendapat berbagai informasi bermanfaat.

#HJGenerik #KemasanBiruHJ

23 komentar:

Ade anita mengatakan...

Dieimu luar biasaaaa... sudah beredae lagi aja. Staminanya kuat banget

Ria Handayani mengatakan...

Alhamdulillah mba Ade, semoga kita sehat terus ya 😁

tina sindi mengatakan...

Saya sangat cocok memakai obat generik klu lg sakit, dan info ini membuat sy menjadi paham bahwa obat generik jg memang benar² terjamin

Riyardiarisman mengatakan...

Wah, seru banget ya jalan-jalan ke pabrik obat, jadi lebih tahu dan makin percaya deh sama obat. Heheh

Nanik mengatakan...

Mbak, obat generik gini bisa diperoleh di apotik kah? Kalau bisa, harus dengan resep dokter atau dijual bebas?

April Hamsa mengatakan...

Sistem penimbangannya canggih ya. Itu pun masih double cek lagi :D

April Hamsa mengatakan...

Sistem penimbangannya canggih ya. Itu pun masih double cek lagi :D

Ria Bilqis mengatakan...

Iya mba harus dengan resep dokter

Ria Handayani mengatakan...

Alat pelindung diri karyawannya juga lengkap ya...

Ade ufi mengatakan...

Wah ilmu baru nih. Baru tau kalau obat generik itu ada 2 macamnya.

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Bener banget mba kalau pilih obat memang harus jeli :)

Ria Handayani mengatakan...

Sama mba saya juga senang dapat ilmu baru.

Ria Handayani mengatakan...

Yup beli di tempat resmi ya 😀

Ria Handayani mengatakan...

Ga ngasal ya mba, jadi takarannya bener. Ngeri kali lalu nimbang asal2 kan bisa OD

Novitania mengatakan...

Bener bner pengalaman yg seru ya bun. Main main ke pabrik farmasi. Aku sih emang dr dulu percaya sama obat generik. Selain murah kualitasnya juga sama dgn obat paten

Nurul Sufitri mengatakan...

Aku beberapa kali minum obat generik bisa sembuh kok �� aku ga malu atau gengsi hehe..di Puskemas aja kl nebus resep cuma 2 ribu. Setelah kita berkeliling melihat semua proses pembuatan obat generik, jadi makin yakin deh ya sama obat generik HJ kemasan biru. Mesti JELI memilihnya.

Gita Siwi mengatakan...

Ini perlu komennya dua kata, jangan ragu! HJ komitmennya luar biasa ya. Masyarakat membutuhkan obat memang bukan hanya murah tetapi berkualitas

Kurnia amelia mengatakan...

Sekarang jadi makin yakin ya kalau obat generik sama kualitas nya dengan obat paten.

Eni Martini mengatakan...

Alhamdullilah keliling seluasss itu dirimu gpp, mb Ria. Bumil stamina strong, moga tulisannya jadi manfaat banyak orang

Ovianty _ mengatakan...

Gimana rasanya pakai baju tamu di pabrik mba? Jadi kayak petugas laboratorium ya, harus steril. Sampai jarum peniti dan pentul nggak boleh dipakai. Segitu perhatian sama hal detil, keren pabriknya.

Tetty Hermawati mengatakan...

Gampang nih cari produk HJ generik, kemasannya udah jadi biru, biasanya generik kan warna putih polos gtu aja ya

Melinda Niswantari mengatakan...

Pilih Obat generik juga harus JELI ya, dan sekarang pemahaman obat generik jadi terbuka dengan adanya kunjungan ke pabrik obat.

Eni martini mengatakan...

Kalau lahiran jangan lupa minta obat generik ya, bu. Hemat dan berkualitas