Sabtu, 09 Desember 2017

Teman Bumil Satu Aplikasi Untuk Seluruh Ibu Hamil Di Indonesia

Peluncuran Aplikasi Teman Bumil

Assalammualaikum apa kabar semua, kali ini saya mau menyapa para ibu hamil atau disingkat Bumil. Sebagai Bumil yang usia kehamilannya sudah 29 minggu, saya merasa bersyukur masih bisa aktif ke sana kemari. Walaupun di awal kehamilan sempat mual dan muntah. Tapi anehnya kalau diajak beraktivitas malah lupa dengan si mual dan muntah. Justru kalau 2-3 hari di rumah saja, badan terasa capek semua dan jadi galau ga jelas gitu.

Fitur Janin 360

Di trimester pertama saya juga sering bertanya-tanya mengapa bayi saya belum bergerak di usia kehamilan 16 minggu. Kadang sering sedih ga jelas juga, kalau emosi mah jangan ditanya mudah sekali emosi. Itulah mengapa ibu hamil butuh sekali dukungan dari orang-orang sekitar. Please jangan dibikin baper, karena Bumil itu tanpa dibikin baper pun dia sudah baper terus hehehe. Intinya bumil butuh teman untuk berbagi.



Peluncuran Aplikasi Teman Bumil

Memang benar paling enak curhat dengan sesama ibu bamil biar nyambung, tapi terkadang terkendala pengetahuan yang terbatas. Baik tentang perkembangan buah hati dan berbagai keluhan Bumil. Beruntung sekali tanggal 29 November 2017 lalu bertempat di Hotel Grand Hyat Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat, saya hadir di acara peluncuran aplikasi Teman Bumil. guesehat. Aplikasi Teman Bumil adalah aplikasi untuk seluruh ibu hamil di Indonesia yang membantu:
  • Mengingatkan hal-hal yang Mums lupa.
  • Memberikan update perkembangan si buah hati.
  • Juga memberitahu apa saja jadwal Mums hari ini.

Fitur di aplikasi Teman Bumil yang diluncurkan situs  sangat lengkap dengan warna Ungu yang saya suka. Beragam fitur menarik yang ada di Teman Bumil:
  • Perkembangan janin dan perubahan Mums. Memberikan informasi perkembangan janin tiap minggu dan perubahan yang Bumil rasakan secara fisik maupun psikologis. Ini yang membedakan aplikasi Teman Bumil yang tidak hanya berfokus pada janin tapi juga pada ibu.
  • Checklist Teman Bumil memberikan list dan daftar apa saja yang harus dilakukan selama hamil. Daftar ini sudah diperiksa oleh tim medis Teman Bumil.
  • Agenda menjadi asisten pribadi yang akan mengirimkan reminder untuk ibu. Karena beberapa ibu mengeluh jadi pelupa selama hamil yang disebabkan perubahan hormon.
  • Janin 360, fitur ini mendekatkan ibu dan buah hati dengan cara melihat perkembangan janin lebih detail klik pada tanda + (pin point) akan muncul informasi terkait perkembangan organ tersebut.
  • Album, di sini ibu dapat menyimpan  semua foto, termasuk foto USG yang bisa ditunjukkan pada  si kecil saat ia besar nanti.
  • Artikel dan tips, di sini kita sebagai ibu hamil bisa menemukan informasi terpercaya dan menarik selama kehamilan.
  • Akan segera ditambahkan fitur grafik Mum dan janin, resep makanan sehat dan nama bayi.


Peluncuran Aplikasi Teman Bumil dihadiri oleh Co Founder Teman Bumil Robyn Soetikno, Psikolog Ajeng Raviando, Psi, juga artis yang sedang hamil 36 minggu Sandra Dewi sebagai ambassador aplikasi Teman Bumil. Robyn Soetikno mengatakan “Teman Bumil adalah aplikasi pertama yang telah disesuaikan dengan konten spesifik bagi masyarakat Indonesia, baik dari segi budaya, prosedur kesehatan hingga rekomendasi makanan. Teman Bumil juga hadir sebagai jawaban akan sedikitnya aplikasi kehamilan di Indonesia. Selama ini aplikasi kehamilan berbasis Bahasa Inggris yang dibuat negara lain dan tidak sesuai dangan budaya Indonesia. Oleh karena itu Teman Bumil hadir dengan konten yang relevan dengan masyarakat dan budaya kita”.

“Penelitian menunjukkan bahwa memiliki teman mampu menimbulkan rasa saling memiliki, meningkatkan rasa aman dan nyaman sehingga dapat menjadi penopang psikologis dan mengurangi tekanan emosional yang dihadapi calon ibu”, ujar Ajeng Raviando, Psi.

Sandra Dewi yang masih terlihat cantik meski tengah hamil tua mengatakan, walaupun hamil dirinya tetap menjalani kesibukan sebagai artis, bahkan kadang dia sampai lupa bahwa saat ini sedang mengandung. Karena itu Sandra sangat suka dengan fitur checklist yang memudahkan para Bumil dalam mencatat apa saja yang harus dilakukan saat hamil agar tidak lupa dengan agendanya. Selain itu Sandra sangat menyukai fitur Janin 360 dalam aplikasi Teman Bumil yang memberikan informasi mengenai perkembangan janin selama dalam kandungan. Pada fitur Janin 360 para Bumil bisa memutar gambar janin dalam aplikasi tersebut dan dicocokkan dengan hasil USG, sehingga para Bumil bisa mengetahui apa yang sedang dilakukan bayinya dan seberapa besar bayinya sekarang.

Hadir juga Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Rumah Sakit Siloam dr. Ardiansjah Dara Sjahruddin Sp.OG. Menurut dr Dara “Tetap aktif hingga persalinan justru baik bagi Bumil. Dengan tetap bekerja atau beraktivitas, Bumil akan lebih mudah merasakan kontraksi yang pada gilirannya mempermudah proses persalinan. Pada umumnya hari perkiraan lahir (HPL) para Bumil mendekati usia 40 minggu. Dengan perkiraan ini Bumil bisa berjaga-jaga untuk melihat tanda-tanda persalinan”.



Hasil Cek Aplikasi Teman Bumil

Di aplikasi yang sudah saya download hari ini, tertulis kehamilan saya sudah 29 minggu dan dijelaskan bayi saya sudah sebesar terong dengan panjang 38-39 cm dan berat 1,1 gr. Dijelaskan juga pada minggu ini janin saya sudah bertumbuh semakin besar sehingga ruang geraknya pun semakin terbatas. Pantas saja gerakan janin saya sangat terasa, bahkan hampir sepanjang hari 2-10 kali saya merasakan gerakannya.

Tertulis juga pada aplikasi Teman Bumil ini jika janin saya berjenis kelamin laki-laki testisnya sedang berjalan turun ke arah skrotum (kantong kemaluan). Sedangkan apabila janin saya  berjenis kelamin perempuan, maka klitoris sudah mulai membentuk. Selain itu, bagian kakinya juga sudah membentuk menjadi lutut, tumit, dan juga kaki.

Untuk memenuhi kebutuhan janin dalam kandungan, saya dianjurkan untuk menambah asupan protein, vitamin C, asam folat serta zat besi. Pada saat ini tulang janin sedang mengalami pertumbuhan sehingga membutuhkan banyak kalsium. Saya juga disarankan mengkonsumsi kalsium dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan si kecil dan kebutuhan saya sendiri. Sekitar 250 mg kalsium disimpan di tubuh saya setiap harinya untuk memperkuat tulang janin.



Pada fitur checklist ada pernyataan yang sesuai dengan keseharian saya misalnya:
  • Biasakan untuk tidur siang minimal 20 menit sehari. Ini akan sangat membantu jika si kecil lahir.
  • Cek tekanan darah dan catat dalam record Mums & Baby.
  • Hindari mengangkat beban berat.

Tidur siang memang sudah saya lakukan setiap hari tetapi cek tekanan darah tidak karena saya tidak punya alat ukurnya. Untuk mengangkat beban berat sudah tidak saya lakukan.

Tips yang saya suka dari aplikasi Teman Bumil adalah Menghitung Tendangan Janin.
Gerak janin dapat mulai dihitung ketika memasuki usia 26 minggu. Berikut ini cara yang dianjurkan:
  • Duduklah dalam posisi yang nyaman, tetapkan waktu yang nyaman setiap harinya untuk memulai menghitung gerakan. Pilih waktu saat janin sedang aktif misalnya 2 jam setelah makan.
  • Hitung gerakan bayi, sebanyak 10 kali gerakan setiap harinya. Gerakan yang dapat dihitung adalah gerakan menendang, berputar, dan mengolet. Cegukan tidak termasuk gerakan yang dihitung. Rata-rata janin bergerak 10 gerakan dalam rentang waktu 15 menit - 2 jam. Namun setiap janin memiliki pola yang berbeda.
  • Jika janin menunjukkan perubahan dalam pola gerakan, terlalu aktif atau justru kurang gerak hentikan dulu perhitungan yang dilakukan. Berjalanlah sementara waktu untuk menenangkannya atau minum jus buah untuk mengaktifkan gerak janin.
  • Segera hubungi dokter jika perubahan pola tersebut sangat tidak biasa. Misalnya dalam 1 jam, hanya terjadi kurang dari 5 gerakan.
  • Menghitung gerakan janin tidak membutuhkan panduan dari dokter atau ahli kebidanan. Setiap ibu hamil dapat melakukannya. Yang perlu menjadi dasar dan perlu diingat adalah Mums harus mengenali bentuk pola gerak si bayi.
(Referensi Dokter Nguyen, pendiri Babykick Aliance).

Teman Bumil dapat diunduh secara gratis melalui Apps Store dan Play Store kunjungi juga Teman Bumil. Dalam waktu dekat akan ditambahkan fitur livechat dan Newborn Baby. Dan kabar gembiranya akan diadakan juga pertemuan setiap bulan yang dapat diikuti oleh pengguna aplikasi. Sebagai ibu hamil saya sangat terbantu dengan aplikasi ini. Buat teman-teman yang sedang hamil jangan lupa download juga ya! Aplikasi ini juga cocok untuk orang-orang di sekitar ibu hamil termasuk ibu mertua supaya sama-sama paham bahwa zaman sekarang beda dengan zaman dulu, walaupun tetap ada budaya zaman dulu yang masih sesuai untuk diterapkan di zaman now.




37 komentar:

herva yulyanti mengatakan...

sudah install td malam banyak insight jadinya xixxi kereeen lah temen bumil 👍

Nunung Yuni Anggraeni mengatakan...

Waah ada aplikasinya pas anakku udah umur 15 bulan mbak. Coba ada aplikasi dan tau aplikasi ini sejak kemarin kemarin pas hamil. Pasti bermanfaat banget. Eh tapi ini bermanfaat banget loh buat bumil ya.

Ria Handayani mengatakan...

Saya suka artikelnya mba, sangat bermanfaat bagi saya. Juga fitur check list

Ria Handayani mengatakan...

Iya mba, aku bolak-balik buka aplikasinya.

Helenamantra mengatakan...

eh ada tips hitung gerakan janin? dulu waktu hamil aku kurang info seperti ini. Andai Teman Bumil menemani sejak dua tahun lalu.

Evi Fadliah mengatakan...

Masa hanil itu memang masa yang menyenangkan. Sekarang apalagi ada aplikasi Bumil ini, makin mudah dech kita dapet informasi seputar kehamilan.

Novitania mengatakan...

Wah aplikasinya kece nih. Membantu para ibu muda biar lebih baik lagi mempersiapkan kehamilan dan persalinan bayinya. Coba aja, zaman aku dulu udh ada aplikasi gini, pasti ga kena baby blues deh

Lina Astuti mengatakan...

keren deh aplikasi buat bumil, sayang pas hamil kemarin belum tahu aplikasi ini. hiks... anak selanjutnya kali ya, hehehe

Sonya Tampubolon mengatakan...

enak banget sih ada apps ini buat temen para bumil ^__^ keren bgt! selamat menikmati masa2 hamil ya mbaakkk

Utie adnu mengatakan...

Enak jaman sekarang informasi tentang kehamilan bisa lebih mudah didapatkan, dulu Aku sll tanya Sama ibuku terus or majalah tp skrng tinggal klick sdh ada

Hanni Handayani mengatakan...

Pas banget mba Ria sedang hamil jadi bisa memantau perkembangan janin dan klo chatnya sudah aktif bisa tanya hal-hal yang ga paham

Leyla Hana mengatakan...

Itu kue beneran ya? Yummy bangeet

Ria Handayani mengatakan...

Iya lucu kuenya,ada tulisan Teman Bumil

Ria Handayani mengatakan...

Yups Alhamdulillah ya..

Ria Handayani mengatakan...

Jaman serba digital memudahkan sekali ya mba

Ria Handayani mengatakan...

Ayo Bun kapan program nambah momongan lagi, eh

Ria Handayani mengatakan...

Iya ya, ayo nambah momongan lagi aja biar seru.

Ovianty _ mengatakan...

Aduh seneng banget yang hamil sekarang, ada aplikasi buat bumil. Zaman aku hamil, nggak tahu ada aplikasi beginian.
Enak nih, bisa jadi patokan selama hamil. Mau juga lihat-lihat aplikasi bumil, tapi hamilnya nggak mau, hehe

Natara mengatakan...

Wuihh keren udah ada aplikasi pendukung ibu hamil... Sampe bisa dihitung ya gerakan janinnya... Cuss lah download aplikasi nya...

sifora mengatakan...

zaman dahulu waktu hamil anak pertama belum ada aplikasi seperti ini. sekarang semua sudah canggih ya.

Ria Handayani mengatakan...

Iya , jaman digital semua jadi mudah. Semudah menggerakkan jari

Ria Handayani mengatakan...

Semoga segera hamil lagi ya, eh heheheeh

Ria Handayani mengatakan...

Ayo hamil lagi mba hehehhe

Ucig mengatakan...

Pas banget yaa mbaa dateng ksinii, aku nggak ngeh ada mba Riaaaa.
Bagus aplikasinya...

Nurul Dwi Larasati mengatakan...

Cocok buat mba Ria aplikasi Teman Bumil ya. Jadi bisa mantau perkembangan baby meskipun nggak konsul ke dokter Dara, ehhh maksudnya ke SpOG atau bidan...😊

Lia Harahap mengatakan...

Ga kebayang kalau aku nanti hamil, pasti seneng lihat yang fitur 360 derajat sama sebesar apa si calon bayi. Hehehehe :D

Sehat-sehat ya, Mbak :)

Anggarani Ahliah Citra mengatakan...

wah ada aplikasinya sekarang yah. Jadi lebih mudah cari info buat ibu2 yg hamil

Mutia Faridah mengatakan...

Jadi pingin hamil lagi hehe. Keren ya ada tips menghitung tendangan bayi segala. Gak usah repot browsing sana sini kalo sudah install aplikasi ini ya mba? ��

Adriana Dian mengatakan...

Mak Ria juga pakai aplikasi ini dong sekarang? Bagus banget ya aplikasinyaaa. Bermanfaat banget ya menemani saat masa kehamilan.. Sehat sehat terus ya bumiiiilll <3

si dini di sini mengatakan...

wah sayang banget nih baru ada aplikasinya sekarang, tapi langsung download untuk mengawal kehamilan kedua saya.
Thanks infonya mbak.

-sejenakberceloteh.com-

Dian Restu Agustina mengatakan...

Wah enaknya jadi bumil jaman now.. Ada teman bumil yang Informatif begini. Terakhir hamil 9 tahun lalu dan sering ngrasa bingung tentang ini itu

lisa lestari mengatakan...

Kereeen iiiih, bisa saling berbagi dengan sesama bumil

PWWidayati mengatakan...

Keren aplikasinya ya....sayang nih belum ada rencana hamil lagi hihihi. Tapi banyak manfaatnya ya buat para bumil. Semoga sehat dan lancar kehamilannya hingga lahiran nanti ya mbak

Maria Soraya mengatakan...

eitsss ada robyn soetikno ? dia masih muda + penulis buku series i am me yg isinya keren banget

keren aplikasi teman bumil nih

azkail mengatakan...

nikmatnya ada aplikasi keren kayak ginii...

pasti sangat membantu terutama yang jauh dari orang tua. cukup 'tanya' seputar kehamilan di aplikasi ini, selesai.
daan, saya baru tau ada aplikasi ini. makasih infonya mba

Novia Syahidah Rais mengatakan...

Baru tau ada aplikasi buat bumil. Coba dulu pas saya hamil udah ada ya hehe. Sekarang anak sudah empat, sudah stop dulu.

Tri Aryani mengatakan...

Segala sesuatu tentang kehamilan, dibahas di sini, jadi memudahkan para bumil dan jadi bikin pengen hamil lagi . ,😊, Terimakasih informasinya

Mendidik Anak Menjadi Pribadi Yang Tanggap Dan Lengkap

Halo para bunda apa kabar? Semoga sehat selalu. Bagaimana kabar si kecil? Semoga sehat-sehat, bagaimana perkembangannya? Sebagai orang...