Laman

Jumat, 02 Februari 2018

Bakso Upin-Ipin Pasar Jatinegara

Bakso Tenis Upin-Ipin

Halo, apa kabar semua? Kali ini saya mau cerita tentang makanan favorit saya. Banyak sih makanan favorit saya, salah satunya bakso. Bakso adalah makanan yang berbahan utama daging dan tak pernah membuat saya bosan. Tapi saya tahu dirilah ya, ga tiap hari juga makan bakso. Maksimal seminggu 2 kali. Itupun kalau lagi punya uang hahaha. Yaiyalah sudah ibu-ibu jangan jajan melulu.

Bakso Upin-Ipin

Oh ya makan bakso juga bisa membuat berat badan bertambah apalagi yang doyan makan bakso plus lemak gajihnya. Jika baca isu tentang bakso, saya sempat ga doyan makan bakso. Tapi tak pernah berlangsung lama. Paling lama saya ga makan bakso sebulan. Terus pernah baca juga kalau ada beberapa warung bakso yang ada jinnya. Nah percaya ga percaya sih, jijik juga kalau ngebayangin itu. Untuk mengatasinya saya selalu membaca doa setiap makan bakso di manapun. Tapi memang bakso itu lebih sedap kalau makan di tempat. Kalau dibawa pulang rasanya beda, saya juga heran.

Daftar Harga Bakso Upin-Ipin

Nah ngomongin bakso beberapa waktu lalu saya mencoba Bakso Upin dan Ipin. Lokasi warung bakso berada di Pasar Jatinegara, di antara pedagang baju. Tapi lokasinya lumayan bersih dan luas, baksonya juga enak. Sebelum ditambahkan kecap dan sambal, saya coba mencicipi dan kaldunya terasa gurih jadi ga hanya rasa micin doang. Jika saya mencoba bakso terasa hanya micin, dan gurih kaldunya tidak terasa sudah dipastikan saya tidak akan balik lagi. Tapi Bakso Upin dan Ipin ini  memang maknyus enaknya. Sayangnya jauh jadi saya ga bisa bolak-balik makan bakso ini. Mungkin jika kebetulan lewat Pasar Jatinegara saya akan mampir lagi.

Untuk harga menurut saya masih terjangkau dan sesuai dengan rasa bakso. Waktu itu saya mencoba bakso tenis tanpa mi karena takut kekenyangan, dengan harga Rp.21.000 cukup puas juga. Daging dan kuah bakso terasa enak. Untuk minum saya pesan es kelapa Rp.10.000.

Lokasi warung bakso

Waktu itu saya dan beberapa orang teman pilih duduk di lantai 2, jadi walaupun lokasi warung bakso berada di keramaian pasar, sama sekali tidak berisik. Malahan suara kami yang berisik ngobrol kesana kemari.

Sedikit tips sebelum membeli bakso:
  • Lihat warna bakso, warna bakso yang baik adalah cokelat muda atau kemerahan.
  • Cek kekenyalan bakso, jika bakso terlalu kenyal cenderung keras bisa jadi bakso mengandung boraks.
  • Cek bau bakso, untuk bakso yang dijual di pasaran tanpa kuah. Coba dicium jika tidak ada aroma daging kemungkinan bakso mengandung pengawet dan boraks.
  • Cek ketahanan bakso, bakso yang tanpa pengawet hanya bisa bertahan beberapa jam saja. Sedangkan bakso dengan pengawet bisa bertahan hingga 3-4 hari.

Sudah dulu ya, ngomongin makanan jadi laper. Kalau teman-teman makanan favoritnya apa? Atau ada yang suka bakso juga seperti saya? 

5 komentar:

Amallia Sarah mengatakan...

Suka banget sama baso apalagi pedes...

CatatanRia mengatakan...

Wah sukaaa baksooo, lucu nama tempatnya upin ipin hehe

Nita Lana Faera mengatakan...

Kuliner di pasar Jatinegara memang enak2 sih. Bakso, sate Padang, atau es telernya. Tapi saya belum pernah nyoba bakso Upin Ipin ini.

deddyhuang.com mengatakan...

aahhh menggoda banget baksonya

Maria Soraya mengatakan...

paling suka makanan berkuah terutama klo sambelnya banyak, whuaaah berasa angin di badan lenyap seketika (maklum aku suka masuk angin) ... enak nih abis borong di pasar, pulangnya cussss ngebakso