Senin, 29 Februari 2016

PENTINGNYA INFORMASI HIV SEBAGAI ALAT PENCEGAHAN


Mungkin saya salah satu orang yang akan merasa takut dan akan menjauhi jika tahu ada seorang yang positif terinfeksi HIV. Tapi setelah mengikuti  acara Pentingnya Informasi HIV Sebagai Alat Pencegahan ( 26-02-2016) di Hongkong Cafe saya sudah berubah hehehe. Acara ini menghadirkan penderita HIV positif yang tertular dari suaminya yang sudah meninggal tahun 2009. Ayu banyak bercerita bagaimana ia bisa tetap sehat dan cantik walaupun positif menderita HIV. Berikut sedikit ilmu yang terserap oleh saya, dan saya ingin teman teman juga tahu agar kita semua terhindar dai HIV-AIDS. Ayu juga mengajak agar kita mau tahu tentang HIV-AIDS agar tidak menjadi korban dan tertular virus ini. Selain itu ada juga Dokter Maya yang bercerita banyak hal tentang bagaimana Bongkar Tabu Bicara Seks.

HIV atau Human Immunodeficiency Virus adalah virus yang menyerang sel darah putih dalam tubuh (limposit) yang mengakibatkan turun nya kekebalan tubuh manusia. Orang yang dalam darahnya terdapat virus HIV tampak sehat dan belum membutuhkan pengobatan. Tapi bisa menularkan virus kepada orang lain bila berhubungan seks dan berbagi alat suntik dengan orang lain.

Sedangkan AIDS Acquired Immune Deficiency Syndrome adalah sekumpulan gejala penyakit yang timbul karena turun nya kekebalan tubuh. AIDS disebabkan oleh virus HIV. Kekebalan tubuh yang menurun mengakibatkan sesorang yang terinveksi HIV mudah terkena penyakit seperti TBC, kandidiasis, berbagai radang pada kulit, paru, saluran pernafasan, otak dan kanker. Pada stadium AIDS membutuhkan pengobatan Antiretroviral (ARV), untuk menurunkan jumlah virus HIV di dalam tubuh sehingga sehat kembali. ARV tidak membunuh virus namun dapat memperlambat pertumbuhan virus. Tujuan ART  adalah
- Menurunkan angka kesakitan dan kematian yang berhubungan dengan HIV
- Memperbaiki kualitas hidup ODHA
- Memulihkan dan/ memelihara fungsi kekebalan tubuh
- Menekan replikasi virus secara maksimal dan terus menerus
- Mengurangi penularan laju HIV di masyarakat

AIDS perlu perhatian khusus karena
1. Belum ada obat untuk menyembuhkan dan belum ada vaksin untuk mencegah virus HIV.
2. Pengidap HIV pembawa virus dan dapat menularkan penyakitnya seumur hidup walaupun tampak sehat.
3. Biaya pengobatan mahal/ harus seumur hidup.
4. Menurunkan mutu SDM.
5. Penyakit ini telah menyebar dengan cepat.

Perbedaan antara penidap HIV positif dengan penderita AIDS
Pengidap HIV Positif adalah seseorang yang telah terinveksi virus HIV, dapat menularkan penyakitnya walaupun tampak sehat dan tidak menunjuk kan gejala penyakit apapun. Sedangakan penderita AIDS adalah seseorang yang menunjuk kan tanda-tanda dari sekumpulan gejala penyakit yang memerlukan pengobatan. Perjalanan waktu sejak seseorang tertular HIV hingga menderita AIDS dapat berlangsung lama, 5-10 tahun.
Adapun cara penularan nya lewat darah, lewat cairan mani atau vagina dan lewat Ais Susu Ibu. kita tak perlu khawatir karena HIV tidak di tularkan dengan cara
1. Berpelukan,bejabat tangan
2.Pemakaian toilet, washtafel atau kamar bersama.
3. Berenang di kolam renang
4. Gigitan nyamuk dan serangga lain
5. Membuang ingus, batuk dan meludah
6. Pemakaian piring, alat minum atau makan bersama

Pencegahan penularan HIV :
Berpantang seks, menghindari hubungan seks di luar nikah/ berganti- ganti pasangan, pemakaian kondom  pada mereka yang punya pasangan HIV positif dan/ atau transaksi seks beresiko. Menggunakan jarum suntik dan alat tusuk lain nya yang terjamin sterilitasnya.Screning (penapisan) donor darah. Perempuan dengan HIV positif bila ingin memiliki anak agar mengikuti program pencegahan HIV dari ibu ke anak.
Secara umum, tanda -tanda penderita AIDS Berat badan menurun dalam waktu singkat, demam tinggi berkepanjangan, diare berkepanjangan. Dengan gejala tambahan batuk berkepanjangan, kelainan kulit, infeksi jamur pada mulut dan kerongkongan, juga pembengkakan kelenjar getah bening di seluruh tubuh seperti di bawah telinga, leher, ketiak dan lipatan paha.
Kita dapat memerangi HIV dan AIDS dengan cara
1. Bertindaklah menghindari penularan kepada diri sendiri
2. Pelajari fakta yang benar tentang HIV dan AIDS, karena banyak beredar anggapan dan keliru mengenai hal ini.
3. Hindari diskriminasi terhadap orang dengan HIV dan AIDS (ODHA)
4. Adakan tindakan untuk meningkatkan kewaspadaan.

Sekarang di temukan kasus HIV yang semula tinggi di kalangan laki-laki usia produktif dengan berbagai latar belakang pekerjaan dan prilaku, sekarang telah berkembang lebih lanjut, yang menyebabkan peningkatan penularan HIV di kalangan perempuan yang kebanyakan adalah Ibu Rumah Tangga yang tertular dari suaminya. Di Indonesia, terdata sebanyak 6,7 juta laki-laki membeli seks. Ini di kenal sebagai feminisasi epidemi HIV. Selanjutnya mengakibatkan terjadinya peningkatan penularan HIV dari ibu hamil kepada bayinya. Laporan dinas kesehatan Propinsi mencatat, pada periode 2010 hingga November 2015, jumlah jumlah kamulatif kasus HIV yang di temukan pada kelompok usia di bawah 4 tahun sebanyak 3.849. Hal ini sangat memprihatinkan faktor penyebabnya dikarenakan ketidaktahuan Ibu akan status HIV-nya.
Untuk jumlah kamulatif AIDS, tercatat sebanyak 68.197. Jumlah kumulatif AIDS tertinggi  terlapor pada Ibu Rumah Tangga sebanyak 9.096 orang.
Berdasakan kelompok umur persentase tertinggi pada kelompok
20-29 tahun  (32%)
30-39 tahun (29,4%)
40-49 tahun (11,8%)
50-59 tahun (3,9%)
5-15 tahun (3%)

Dimana persentase pada laki-laki 54%, pada perempuan 31%, dan 15% tidak melaporkan jenis kelamin. Untuk faktor resiko penularan terbanyak adalah melalui heteroseksual 64,5%) dan homoseksual (2,7%). Angka kematian dikarenakan AIDS menurun dari 1,22% pada tahun 2014 menjadi 0,67% pada tahun 2015.

 Semoga dengan semakin banyak yang mengetahui tentang HIV-AIDS angka kasus HIV semakin berkurang, dan mari kita bantu sebarkan pencegahan HIV dan Infeksi Menular Seksual dengan tidak melakukan seks bebas, selalu setia pada pasangan, gunakan kondom pada seks beresiko, dan jauhi penggunaan narkoba.
( Informasi ini juga di olah dari Komisi Penanggulangan AIDS

Rabu, 24 Februari 2016

"DISKUSI PUBLIK BARENG SATU DUNIA UU ITE "






Sebagai Blogger yang masih baru saya terkadang masih selebor suka menulis suka suka hati, padahal ini perlu menjadi perhatian jangan sampai tulisan saya membahayakan diri saya sendiri. Atau juga status saya yang masih suka nyinyir terhadap ketidak puasan suatu layanan atau pun fasilitas umum. Karena UU ITE  pasal 27 ayat 3 yang bisa mengacam kita (saya) :

 " Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/ mentransmisikan dan/ membuat dapat di aksesnya informasi elektronik dan / dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan/ atau pencemaran nama baik ".

Masih ingat kasus Prita Mulyasari yang di gugat secara perdata dan pidana sekaligus, lalu di penjara selama 3 minggu. Hanya karena menuliskan keluhan nya sewaktu berobat ke salah satu rumah sakit melalui email / surat pembaca. Setelah melalui proses yang panjang akhirnya Prita bisa bebas. Atau kasus Florence Sihombing yang melanggar UU ITE pasal 27 ayat 3 dan 28 ayat 2.


Saya merasa beruntung bisa hadir di Comma id, one Wolter Place pada tanggal 18 Februari 2016 lalu, acara yang berkerjasama dengan "Satu Dunia" Organisasi yang punya perhatian utama pada isu informasi, komunikasi pengetahuan dan teknologi bersama sahabat informasi dan komunikasi yang adil yang mengelola diskusi publik. Acara ini mengusung tema "Mengawal bersama sidang revisi UU ITE di DPR RI" ada banyak sekali ilmu yang di dapat saat acara berlangsung dengan pembicara :

- Asep Komarudin dari LBH Pers Menghindari dari jerat UU ITE
- BayuWardana  dari AJI Indonesia yang memaparkan ancaman UU ITE bagi blogger dan netizen.
- Eski Suyatno
- Anwari Natari dari Satu Dunia

UU ITE

- Pasal 27dan 28 dengan ancaman 6 tahun penjara
- Sedangkan pasal 29 di ancam hukuman 12 tahun penjara dalam kasus ini bisa langsung di tahan selama penyelidikan karena hukuman pidananya diatas 5 tahun.
- Tafsir pasal 27, 28 dan 29 adalah karet tidak di beri batasan apa yang dimaksud pencemaran nama, berita bohong, menakut-nakuti, dll.


Jurnalis dalam menjalankan profesinya mendapat perlindungan UU Pers no 40 /1999, sedangkan blogger bukan jurnalis sehingga tidak di lindungi UU. Hal ini karenakan kriteria dewan pers

*Blogger tidak selalu membuat karya jurnalistik
*Blogger pada umum nya tidak menjadikan blognya sebagai mata pencarian utama
*Blogger bukan bernaung pada perusahaan
*Blogger bukan jurnalis sehingga tidak di lindungi dewan pers.

Blogger yang sering membuat karya jurnalis dapat bergabung dengan AJI ( Aliansi Jurnalis Independen ) agar terlindungi oleh UU Pers. Bayu menyarankan agar blogger dan netizen punya kode etik sendiri.
Pada dasarnya sebagai blogger kita juga dilindungi  UU Dasar 1945

Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan lisan dan tulisan dan sebagainya di tetapkan dengan undang-undang
Pasal 28E
(3) Setiap orang mempunyai kebebasan berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat.

Pasal 28F
Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh , memiliki, menyimpan mengolah dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.

Ancaman bagi kita para blogger
- Tetap dapat diperkarakan dengan UU ITE
- Mereka yang memperkarakan bisa pejabat publik, perusahaan swasta maupun pribadi /personal.

Saran yang di rekomendasikan oleh Bayu Wardana

- Komunitas blogger punya kode etik sendiri untuk para blogger maupun netter
- Kampanyekan penyelesaian sengketa di medsos lewat mediasia (lembaga yang di percaya ) atau report tools / raport
- Kampanyekan pencabutan pasal 27 (termasuk pasal 28 dan 29) dan kembalikan perlindungan nya di KUHP (RUU ITE Revisi DPR)

Eski Suyanto yang membicarakan UU ITE perspektif

Pernah mendampingi Prita Mulyasari juga pernah menjadi korban  UU ITE bisa membuat mereka yang kritis menjadi bungkam. Menurt Eski harusnya lebih mengatur tentang hal-hal yang terkait dengan transaksi jual beli barang dan jasa di dunia maya. Ketentuan tentang pemblokiran website,perlindungan data pribadi dll.
Pasal karet umumnya mengincar ereka yang vokal menyuarakan

Peran Masyarakat untuk Revisi UU ITE dengan pembicara Anwari Natari dari Satu Dunia, menurut Anwari penghinaan dan pencemaran nama baik tidak semua menjadi urusan negara. Karena berdasarkan pasal 310 KUHP ada 6 jenis penghinaan.

Warga yang sudah terjerat  UU ITE mencapai angka 134 korban, karena pasal 27, 28, 29 tergolong pasal karet. Dimana makna pencemaran nama baik,penghinaan, kabar bohong dan menakut-nakuti masih bias. Penghinaan dan pencemaran nama baik bersifat subyektif.

PASAL-PASAL KARET UU ITE

Persoalan

- Definisi Mendistribusikan terlalu luas: tidak membedakan mana komunikasi privat, mana komunikasi publik semua di sama ratakan.
- Kata mentransmisikan itu berarti melibatkan ihak telco dan pengembang.
- Tidak semua penghinaan dan/pencemaran nama baik emnjadi urusan negara (pasal 310 KUHP ada 6 macam penghinaan.
- Terjadi duplikasi hukum dengan pasal 310 dan 311 KUHP sehingga muncul ketidakpastian hukum.

Kita semua dapat berpartisipasi mendukung DPR untuk segera membahas UU ITE dengan memasuk kan nya ke dalam PROLEGNAS (program legislasi nasional) Caranya  :

1. Foto selfi melalui twitter dan mantion dengan tagar #revisiUUITE
2.Mengirim surat kepasa komisi DPR agar memprioritaskan perubahan UU ITE tahun ini.

Semoga revisi UU ITE segera terwujud agar kita semu bisa tetap kritis dan bebas berpendapat dengan tetap bepedoman kepada kejadian sebenarnya saat menulis.



Senin, 22 Februari 2016

BERNOSTALGIA Bareng AYAKO KOBAYASHI " OSHIN "




Drama Legendaris

Siapa yang pernah menonton drama OSHIN waktu kecilnya ? atau sudah remaja saat Oshin di tayangkan, bisa ditebak usianya hihihi.
Masih saya ingat dengan jelas 33 tahun lalu Kisah Oshin di tayangkan di TV, drama legendaris yang pernah  di tunggu-tunggu pemirsa. Waktu itu saya masih usia SD di bawah 10 tahun masih anak anak, banyak yang menangis saat menonton drama ini. Ibu dan kakak-kakak saya tak pernah melewatkan setiap episodenya.

Drama Oshin mengisahkan seorang anak wanita yang terlahir dari keluarga petani miskin Yamagata yang di tukar dengan sekarung beras untuk menjadi pembantu. Tema Drama Oshin perang dan perdamaian, sosok gadis dan ikatan keluarga, yang tetap gigih walau menerima berbagai cobaan di zaman peralihan dari masa perang era meiji ke era showa.
(di kutip dari sumber WAKUWAKU JAPAN )





Menjawab permintaan pemirsa di Indonesia, kisah mengharu biru itu kembali lagi akan tayang di WAKUWAKU JAPAN .
WAKUWAKU JAPAN adalah channel yang membawakan konten jepang untuk warga lokal dalam bahasa lokal selama 24 jam. Untuk pemirsa Indonesia WAKUWAKU JAPAN bisa di saksikan di layanan TV Berlangganan Indovision Ch.168.  "OSHIN" mulai 29 Feb jam 8 malam. Dengan gambar lebih jernih dalam kualitas HD ( High Definition ) . Kisah ini akan tayang 297 episode selama setahun penuh. Selain Indovison dapat di saksikan di TV langganan berikut Okevision Ch 32, MNC Play Media Ch 168, BiG TV Ch 280, FiRST Media Ch 340, Tranvision Ch 370, Orange TV Ch 370, KU BAND Service Ch 209, C BAND Ch 1209 Service, Usee TV Ch 582.



 Pada tanggal 18 Februari 2016 Pemeran Oshin kecil Ayako Kobayashi juga hadir the Lounge XX1 Plaza Senayan. Sedikit Profil Ayako Kobayashi memulai karirnya sebagi artis cilik, yang fokus di iklan & drama TV. Nama Ayako naik daun setelah memerankan Oshin kecil di Drama TV NHK 'OSHIN" tahun 1983. Setelah itu Ayako aktif di ranah seni peran seperti drama, film pertunjukan teater dan lain lain hingga sekarang. Oshin terakhir ke Indonesia 20 tahun lalu, kali ini Ayako datang lagi ke Indoonesia mengajak bernostalgia dan memberikan pesona baru.

 Ayako Kobayashi banyak bercerita tentang kesan dan kesulitan sewaktu syuting drama Oshin ini. Waktu itu bulan Januari musim yang paling dingin di jepang, saat tayang di TV hanya sebentar padahal butuh waktu seharian untuk satu episode. Ayako juga mengisahkan pada saat  syuting ada 80-100 orang lebih berada di lokasi syuting, bahkan ada yang bersembunyi di balik selimut agar tidak kelihatan. Adegan tersulit saat syuting Oshin, manakala Oshin di kirim ke pedagang kaya tapi Oshin pulang kampung dan pingsan dalam badai salju. Saat adegan badai salju  crew menggunakan kipas besar seperti yang ada di mall dan salju di berterbagan mengenai wajah Ayako hingga kesakitan .

Senang sekali Ayako sangat ramah menajawab pertanyaan dari para tamu undangan. Saat syuting Drama Oshin Ayako masih anak-anak usia 10 tahun " jangan kaget sekarang saya sudah besar katanya" . Ayako bercerita dengan bahasa jepang ada penterjemah di sebelahnya, kalo tidak mana mungkin saya mengerti. Tapi sewaktu Ayako bilang Arigato gozaimas saya ngerti kok D' hehehehe kalo itu mah anak TK juga ngerti hehehe.

Ayako yang berasal dari Tokyo merasa kesulitan saat menghapal scrip, karena harus menggunakan bahasa dan dialek Yamagata. Karena di serial drama "Oshin" di kisahkan  Oshin anak perempuan berasal dari Yamagata.
Pesan Ayako Drama Oshin adalah Drama yang bisa di tonton kapan saja, drama yang mengisahkan tentang bahwa di negara jepang yang sudah maju ( pada masa itu)  masih ada yang belum merasakan kemajuan itu.







                                                             
                                   Ayako Kobayashi pemeran Oshin kecil sekarang tetap cantik


Rabu, 10 Februari 2016

Uji Nyali Dragon Slide di Atlantis Water Adventures Ancol Taman Impian


                                               
                                                                   DragonSlide

Siapa yang punya nyali untuk mencoba Dragon Slide ?
Iya wahana baru yang di luncurkan tanggal 7 Januari 2016, wahana ini berasal dari kanada sekarang sudah ada di Atlantis Water Adventures Ancol. Dragon slide adalah seluncuran air terbaru yang menawarkan 3 sensasi seru bagi siapa saja yang punya nyali untuk mencobanya. Tapi saya mudah cemas (baca: penakut ) makanya saya tidak berani mencoba wahana ini hehehe.

Walaupun begitu saya senang bisa melihat secara langsung keseruan mereka yang ingin mencoba wahana dragon slide ini. Mereka rela antri menunggu giliran untuk mencoba wahana dragon slide, petugas yang berjaga sangat tegas siapa yang tidak antri tidak akan mendapat kesempatan untuk mencoba wahana dragon slide ini. Hal ini di terapkan karena ancol taman impian sangat mengutamakan keselamatan pengunjung. Bagi yang tak ingin mengantri telalu lama atau menginginkan suasana yang tidak terlalu ramai bisa mencoba wahana ini pada hari kerja, jangan saat weekend atau libur nasional.

Senin-Jum'at buka jam 00.08-18.00 WIB , sedangkan Sabtu-Minggu buka jam 00.07-20.00

Harga tiket masuk atlantis  senin-jum'at  Rp. 95.000
Sabtu-Minggu (libur nasional ) Rp. 130. 000


Dragon Slide
                                                           
                                                                     
Dragon slide dengan ketinggian 15 meter dan panjang lebih dari 140 m, waktu seluncur 40 detik dengan kecepatan mencapai 12,6 km/jam. Untuk mencoba wahana ini wajib menggunakan ban seluncur dengan kapasitas 2-4 atau setara 250 kg. Ada 50 unit ban yang di sediakan oleh ancol taman impian. Anak anak dengan tinggi min 122 bisa mencoba wahana ini, yang penting ya itu tadi harus punya nyali dan tanpa paksaan pastinya. Selain itu kita (saya aja kalee ) tak perlu cemas berekreasi ke atlantis water adventures  kita boleh membawa makanan dari luar, ini penting banget  karena setelah bermain air lapar pastinya. Tapi tetap kebersihan harus di jaga, ada banyak tempat sampah dan petugas akan meniup pluitnya jika melihat ada yang makan di bibir kolam.


Bagi yang membawa balita bisa mencoba wahana lain nya, karena di Atlantis banyak sekali pilihan ada kolam ombak, kolam arus, kolam kiddy, kolam tanding, water outbond dll. Saya bersama keluarga sampai berpindah pindah kolam tapi yang paling di sukai putriku kolam arus, untuk kolam ombak permainan dimulai setiap satu jam sekali, bagi yang ingin merasakan sensasi nya ombak boleh banget mencoba wahana kolam ombak, memang Ancol Taman Impian bagi para keluarga yang ingin berekreasi bareng keluarga.
  • Bagi yang ingin mencoba wahana Dragon Slide bisa langsung datang ke Ancol Taman Impian yang punya kendaraan monggo di bawa. Dan bagi yang seperti saya belum punya mobil  bisa naik Bus Way, dari halte kampung melayu langsung di antar sampai tujuan turun di halte terakhir. Atau di sesuaikan dengan lokasi tempat tinggal masing-masing.
  • Seluruh wahana dan fasilitas rekreasi yang ada di ancol taman impian juga di dukung sistem pemeliharaan & perawatan secara rutin dan ketat untuk kenyamanan dan keselamatan pengunjung.
  •  Ancol Play On, Yeaay selamat berekreasi 


                                                                #AtlantisWaterAdventure




                                                         Ancol Taman Impian

Makanan Penurun Tekanan Darah

Sejak merasa tidak nyaman, jantung sering berdebar, mudah emosi dan gelisah. Saya memutuskan untuk cek kesehatan ke Puskesmas. Dan benar saj...