Jumat, 25 Maret 2016

Belajar Apapun Dari Siapapun Dengan Ruangguru.com


Seiring kemajuan pelajaran di sekolah semakin banyak tantangan, sangat dibutuhkan pelajaran tambahan seperti  bimbel. Saya sendiri sebagai  seorang ibu kadang kesulitan saat membantu  anak mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR) atau saat akan menghadapi  berbagai Ujian. Tak jarang sebagian orang tua memilih menitipkan putra putrinya di bimbel, tapi karena padatnya jadwal di sekolah cara ini kurang efektif.

Untuk itulah saya ingin mencari solusinya, kebetulan sekali ada Ruangguru.com yang  mengajak diskusi tentang  aplikasi  pendidikan pada tanggal 23 Maret 2016 di restoran Omah Sendok, yang terletak di jalan Empu Sendok no 45 Senopati Jakarta Selatan. Acara dihadiri oleh Muhammad Iman Usman sebagai Co-Founder dan CEO Ruangguru.com

Aplikasi mobile Ruangguru masih dalam tahap pengembangan dan uji coba terbatas, saya bersama emak-emak blogger mendapat kesempatan mencoba langsung aplikasi Ruangguru.com. Dalam waktu dekat aplikasi mobile ini akan disempurnakan dan siap untuk diluncurkan ke publik.

Iman juga mengatakan aplikasi ini gratis sampai tanggal 15 April 2016 dan selanjutnya dikenakan biaya. Untuk pembayaran guru privat online bisa dilakukan dengan membayar melalui kartu kredit, transfer ataupun internet banking. Sedangkan seorang ibu seperti saya sangat membutuhkan tempat bertanya dan guru untuk putra dan putrinya, sehingga "klik" banget kan.
Ada banyak alasan diantaranya:

  1. Terbatasnya waktu yang dimiliki anak untuk belajar.
  2. Anak cenderung ingin solusi yang instan dan cepat.
  3. Pengajar  berada di lokasi yang belum tentu dekat dengan tempat tinggal anak.
  4. Murid sulit  menemukan guru berkualitas kapanpun mereka membutuhkannya.


Setelah Iman memberikan presentasi, saya dan emak-emak lainnya mencoba aplikasi ruangguru.com,  ternyata sangat mudah sehingga murid bisa belajar apapun dari siapapun sekarang. Kami bisa bertanya langsung apa yang menjadi masalah di aplikasi ruangguru dan bagaimana solusinya. Acara berlanjut ke foto bersama ke bagian belakang restoran Omah Sendok, serunya berkumpul bersama emak-emak. Iman dan teman-temannya sangat ramah dan tidak canggung saat berinteraksi dengan emak-emak blogger. Kalian tidak salah karena emak-emak seperti kamilah yang sangat berperan penting dalam pendidikan hehehe selain guru pastinya.


Setelah acara  foto bersama dilanjutkan makan siang dengan menu yang sudah dipesan sebelumnya. Acara selanjutnya pengumuman pemenang lomba foto di Instagram yang mendapat hadiah uang belanja dari ruangguru.com.

*Cara menggunakan aplikasi mobile Ruangguru:

1. Download aplikasi Ruangguru.com di Play Store (Apple Store segera menyusul)
2. Foto dan unggah soal yang ingin ditanyakan dengan aplikasi mobile Ruangguru.
3. Murid akan terhubung dengan guru pelajaran yang dibutuhkan.
4. Komunikasi antara guru dan murid dapat dilakukan dengan text chat maupun audio call.

Sejarah Ruangguru.com

*Ruangguru.com adalah startup penyedia layanan aplikasi pendidikan berbasis teknologi terkemuka di Indonesia, yang berfokus pada jasa penyediaan jasa guru privat berkualitas (online dan offline), konten persiapan ujian, serta sistem manajemen  belajar terpadu. Situs Ruangguru.com dirilis ke publik pertama kali pada April 2014.
*Situs  penyedia  guru privat  Ruangguru.com juga merupakan  marketplace  terbesar di Indonesia yang menghubungkan murid dengan 27.000 guru untuk mempelajari berbagai pengetahuan dan ketrampilan khusus di sekolah/kampus. Ruangguru.com telah meraih penghargaan di dalam negeri dan mancanegara, termasuk penghargaan:

1.  Penghargaan situs pendidikan terbaik di Indonesia dalam  Bubu Awards 2015
2. Honorable Mention for Best Education Startup dalam Kaizen 2016 di Dubai

*Ruangguru.com juga menyediakan platform persiapan ujian secara online bernama ruangguru.com yang memungkinkan murid untuk mengakses ribuan bank soal secara gratis dan mempersiapkan diri untuk berbagai jenis ujian, seperti ujian semester, ujian nasional, maupun ujian masuk Perguruan Tinggi.

*Salah satu keunggulan utama  platform  tes.ruangguru.com adalah menyediakan analisis data yang diperoleh dari latihan murid untuk memahami status dan perkembangan belajar murid dari waktu ke waktu.

*Aplikasi ruang guru.com adalah "on-demand live tutoring mobile application" yaitu aplikasi pengajaran secara langsung berdasarkan kebutuhan yang memungkinkan murid terhubung secara langsung dengan guru dan berkonsultasi mengenai soal pelajaran yang dikerjakan secara tepat, mudah dan efektif, kapanpun dan di manapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Nikmatnya Bento Ramadan HokBen

Irma Wulansari Communication Dept Head PT Eka Bogainti Tak terasa puasa sudah sampai hari ke 12, waktu begitu cepat berlalu, sudah khatam ti...