Rabu, 03 Agustus 2016

Selalu Bahagia Saat Hamil Agar Tidak Stres

Tanggal 31 Juli bertepat di IGOR’S PASTRY & CAFÉ  saya hadir di acara  Sweety Precious Moment yang mengangkat tema Kenali Stres Bayi dalam kandungan. Hadir sebagai narasumber  dr. Taufik SpOG menjelaskan faktor penyebab janin stres.
Dr Taufik SpOg dan Titi Kamal
Stres pada  janin adalah kondisi di mana bayi merasa ada ancaman untuk  kehidupannya di dalam kandungan. Bisa diindikasikan berupa gangguan aliran darah dari ibu ke janin atau gangguan asupan kalori dari ibu ke janin. Apa yang dirasakan oleh ibu hamil pasti dirasakan oleh janin. Walau stres tidak bisa dihindari sebisa mungkin ibu hamil tetap tenang agar janin pun tenang.
Penyebab stres pada bayi ada banyak di antaranya:
Ibu anemia
Ibu demam
Air ketuban kering
Ibu stres / depresi
Proses persalinan yang lama
Oksigen berkurang
Ibu sakit
Terlilit tali pusar
Bahkan  pekerjaan rumah tangga yang menumpuk pun bisa menyebabkan stres, benar kan? Ya itu juga yang saya alami. Jangankan ibu hamil, saya yang sedang tidak hamil pun sangat stres kalau kerjaan ga beres-beres hehehe.
Wulan Dari MomN Jo Spa Mengajarkan Cara Pijat
Dr Taufik juga menjelaskan ciri-ciri dan bagaimana mendeteksi janin stres, di trisemester 1 ciri-ciri janin stres sulit diketahui. Sedangkan di trisemester 2 dan 3 dapat diketahui dari frekuensi denyut jantung dan juga gerakan bayi, dapat dideteksi juga melalui:
Dengan USG
Dengan CTG
Dengan kurva pertumbuhan janin

Efek dari stres ibu terhadap janin
Efek yang terjadi jika ibu hamil stres berat dan bayi dalam kandungan ikut merasakannya, bisa menyebabkan kematian pada bayi dalam kandungan. Janin yang stres mengalami kekurangan asupan oksigen dan membuat otot di bagian anus melemas. Lemasnya otot anus akan membuka jalan kotoran untuk keluar dan mengotori air ketuban. Air ketuban kotor akan meracuni bayi dalam kandungan. Oh seperti itu, selama ini saya sering mendengar keracunan ketuban.

Ada banyak cara menjaga kehamilan tetap sehat dan bebas stres:
-Tingkatkan konsumsi makanan hingga 300 kalori per hari
-Latihan fisik normal dan tidak berlebihan
-Selalu berpikir positif dan gembira selama kehamilan
-Memastikan asupan yang baik dan bergizi untuk janinnya
-Mengatur pola makan dan olahraga supaya seimbang
-Sering berkomunikasi dengan suami dan keluarga
-Dukungan dari suami dan lingkungan terdekat  sehingga memicu hormon yang baik
-Relaksasi dan melakukan hal yang membuat ibu senang
-Ibu hamil perlu dukungan dari keluarga terutama suami agar perasaan ibu hamil tetap terjaga

Menjelang kelahiran ada yang perlu disiapkan:
*Mempersiapkan mental menuju kelahiran
*Rutin berkomunikasi dengan dokter
*Rencanakan melahirkan ditolong oleh dokter atau bidan di fasilitas kesehatan
*Mempersiapkan peralatan yang dibawa kerumah sakit baik untuk ibu / bayi
Sweet Comfort Gold Dengan Diamond Layer Technology
Kini untuk kebutuhan bayi  ada Sweety Comfort Gold dengan Diamond Layer Technology, yaitu teknologi pada permukaan berbentuk 3D. Diamond yang mendistribusikan cairan dan menyerap ekstra cepat.  Untuk membuktikan bahwa Sweety menyerap lebih baik  ada demo, dan semua peserta yang hadir dibagikan 1 Sweety Comfort Gold untuk merasakan dan melihat langsung produk tersebut.  Keunggulan Sweety Comfort Gold lainnya adalah :
-          Cegah lembab sehingga kulit bayi tetap kering
-          Bahan super lembut dan bersikulasi udara
-          Perlindungan yang khusus dirancang mengurangi bocor di sekeliling popok
-          Perekat lembut yang dapat merekat berulang kali
-          Karet elastis dan lembut di pinggang membuat popok lebih fit di badan bayi
-          Design bentuk popok yang tipis lebih nyaman dipakai
-          Wetness indicator akan berubah menjadi hijau jika popok sudah penuh dan harus di-
ganti

Hadir juga mbak Wulan dari “Momnjospa”. Mbak Wulan mengajarkan cara pijat bagi ibu hamil untuk mengurangi stres. Saat pijat sebaiknya menggunakan jojoba oil. Dimulai dari memijat kepala dengan menggunakan  jari telunjuk tengah manis (ttm). Diteruskan ke pundak, pinggang bagian belakang jika terasa pegal bisa diusap perlahan. Tips dari mbak wulan saat memijat perlahan saja, seperti mengusap. Jika kaki ibu hamil kram bisa menggunakan kain panjang, lalu kaki ditarik menggunakan kain. Senang sekali  hadir di acara Sweety Precious Moment, ada banyak ilmu yang didapat. Selain dapat ilmu peserta yang hadir juga bisa bertanya langsung pada dr. Taufik dan Titi kamal  pada sesi tanya jawab. Tips dari Titi untuk menghilangkan stres saat hamil bisa melakukan hal-hal yang disukai. Setelah belajar banyak dari dr. Taufik dan mendapat penjelasan dari mbak Amanda tentang Sweety Comfort Gold, waktunya diumumkan pemenang live tweet terbaik, best dress dan foto terkeren instragram. Acara pun diakhiri dengan foto bersama.
Titi & Juna (sumber Foto Twitter Titi K)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Selamat Tinggal Drama Mata Kering

  Waktu itu ceritanya hampir seharian menatap layar gadget, mataku sangat gatal semakin dikucek semakin gatal. Penasaran ada apa di bawah ke...