Kamis, 29 Desember 2016

Martabak Telur Bakmi Mewah

Martabak Telur Bakmi Mewah Ala Saya

Libur akhir tahun ini saya bersama keluarga tidak pergi ke luar kota. Cukup jalan-jalan ke Kebun Binatang Ragunan dan Taman Mini Indonesia Indah yang lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah. Selebihnya cukup menghabiskan waktu di rumah, nonton TV bersama keluarga.

Anak-anak libur sekolah biasanya pagi-pagi sudah jajan. Daripada jajan sembarangan saya selalu menyediakan camilan di rumah. Bisa dikatakan camilan wajib selalu ada di rumah, apalagi saat hujan bawaannya laper terus. Jika camilan masih kurang biasanya saya membuat mie rebus, dengan tetap menambahkan sayuran, udang atau apa saja yang ada di lemari es.
Jika biasanya membeli bakmi biasa, sekarang sudah ada Bakmi Mewah yang merupakan produk bakmi siap saji istimewa dengan daging ayam asli seenak restoran. Kali ini saya coba membuat “Martabak Telur Bakmi Mewah”.

Bahan-bahan dari Bakmi Mewah sebenarnya sudah lengkap yang terdiri dari :

MIE : Tepung terigu, Tapioka, Minyak nabati, Garam, Pengemulsi (Lesitin kedelai), Penstabil nabati dan Natrium Polifostat, Pengatur keasaman, Pewarna makanan Tartazine CI 19140, Antioksidan (TBHQ).


BUMBU : Daging ayam, Air, Minyak nabati, Jamur, Bawang Putih, Kecap, Minyak wijen, Gula, Kecap ikan, Garam, Lada bubuk, Penguat rasa (Dinatrium inosinat dan Guanilat).

MINYAK : Minyak nabati, Minyak ayam.

KECAP : Kecap ikan, Air, Kecap, Gula, Garam, Penguat rasa (Dinatrium inosinat dan Guanilat).

DAUN BAWANG : Daun bawang.



SAOS CABAI : Cabai, Gula, Air, Garam, Bawang putih, Tepung cassava, Penstabil, Capsicum oleoresin, Pengatur keasaman, Pewarna makanan kuning FCF CI 15985 dan Ponceau 4 R (CI 16255).

Sedangkan Martabak Telur Bakmi Mewah buatan saya menggunakan bahan-bahan sebagai berikut :
1 bungkus Bakmi Mewah
1 buah wortel
1 batang daun bawang
3 butir telur
Margarin secukupnya

Cara membuat :
Rebus Bakmi Mewah hingga matang, lalu tiriskan, iris halus wortel dan daun bawang. Siapkan mangkuk, masukan bumbu, daging ayam, kecap, minyak dari Bakmi Mewah, tambahkan telur, aduk hingga rata. Siapkan wajan anti lengket, panaskan margarin, goreng hingga matang.
Mudah kan membuatnya, dari aromanya Bakmi Mewah sudah sangat menggugah selera karena ada tambahan daging ayam asli. Sedangkan teksturnya pas karena bentuk bakmi pipih.

Bakmi Mewah merupakan produk dari MAYORA dan sudah mendapat label halal dari Majelis Ulama Indonesia. Selain rasa yang pas, Bakmi Mewah juga dikemas dengan kemasan yang wah, jadi sayang untuk dibuang karena bisa dikreasikan, lagi cari ide mau dibuat apa nanti.

Kebetulan juga Indonesian FoodBlogger dan Bakmi Mewah mengadakan challenge yang informasi lengkapnya bisa dilihat di sini http://idfoodblogger.com/challenges/2016/12/8138/kreasi-bakmi-mewah.html

Ikutan yuk! Challenge ini dibuka mulai tanggal 28 Desember 2016 dan berakhir pada tanggal 11 Januari 2017, ada satu kamera mirrorless untuk pemenang utama.

Kemasan Bakmi Mewah yang Wah

Senin, 26 Desember 2016

Temu Bunda 2016 Mempertemukan Saya Dengan Para Bunda Hebat Dari Berbagai Kota Di Indonesia

Keluarga Besar 

Tahun 2016 akan segera berlalu, begitu banyak peristiwa berharga yang saya lalui bersama keluarga. Melihat tumbuh kembang si kecil adalah kebahagiaan luar biasa bagi saya. Berbagai cara saya lakukan untuk mengetahui tentang gizi dan nutrisinya. Salah satunya dengan aktif di Facebook Aku Anak SGM.

Di penghujung tahun 2016 Sari Husada kembali mengadakan acara Temu Bunda yang ke 4. Tak tanggung-tanggung kali ini 62 Bunda-Bunda Hebat diundang ke kota Yogyakarta untuk belajar banyak tentang nutrisi dan berkunjung ke Pabrik Susu SGM. Acara Temu Bunda yang ke 4 kali ini sedikit berbeda karena para bunda yang sebelumnya batch 1, 2 dan 3 juga diundang ke Yogyakarta, termasuk saya salah satunya.

Jika para bunda batch 4 sudah berangkat lebih dulu ke Yogyakarta pada tanggal 13 Desember 2016, saya beserta para bunda batch 1, 2 dan 3 dijemput di rumah masing-masing pada tanggal 14 Desember 2016. Total semua bunda berjumlah 102 menurut Bunda Diah Arini dan team sibuknya he he he.


Sampai di Westlake Resort Yogyakarta kami segera registrasi dan sebagian ada yang langsung ikut Forum Diskusi yang membahas tentang apa sebenarnya yang dibutuhkan dan yang diinginkan oleh para bunda.

Penyerahan Plakat Untuk Bunda Batch 3

Setelah forum diskusi selesai dan sholat magrib, dilanjutkan dengan acara Gala Dinner bersama. Khusus acara Gala Dinner sangat berkesan bagi saya karena ada pesan dan kesan dari Mr Joris Bernard tentang kegiatan Bunda Ambasador SGM. Ada juga sambutan dari Mrs Naomi, Mas Akri, Bunda Diah Arini dan Bunda Tiwi. Acaranya semakin menarik karena MCnya sangat kocak dan menghibur para bunda.

Kehebohan di pagi hari 

Selesai Gala Dinner rasanya belum puas ngobrol bersama para bunda yang datang dari berbagai kota, tapi kami harus beristirahat karena jadwal esok hari juga sangat padat.
Keesokan harinya 15 Desember para bunda batch 2 yang belum pernah berkunjung ke Pabrik SGM, mereka diajak tur ke Pabrik SGM. Sebagian bunda ada yang ikut diskusi lagi, sedangkan saya berbaur bersama bunda yang lain mengikuti kegiatan workshop untuk membuat program yang bertujuan meningkatkan nutrisi anak-anak Indonesia. Untuk program ini ide siapa yang paling "ok" akan mendapat hadiah voucher belanja.

Saya berada di kelompok satu yang membuat "Program minum susu". Program ini targetnya adalah para bunda yang tidak aktif di media sosial, karena yang sudah aktif di media sosial mereka otomatis sudah lebih banyak tahu. Alhamdulillah karena program kelompok kami memang sudah siap dilaksanakan sehingga terpilih menjadi Juara 1 dengan hadiah voucher belanja 2,4 juta. Yeah dibagi rata ya...

Temu Bunda SGM Mempertemukan Kami

Setiap kesempatan selalu foto-foto, itulah ciri khas para bunda. Setelah makan siang kami semua bersiap kembali ke kota masing-masing dengan banyak sekali oleh-oleh dan pengetahuan yang sangat bermanfaat.

Bersama Bunda Rani dari Jogya dan Bunda Istiana dari Jakarta

Kamis, 22 Desember 2016

Kelas Blogger "How To Be A Single Traveler"

Nutrifood Inspiring Center

Tanggal 18 Desember 2016 saya mengikuti Kelas Blogger yang sudah diadakan untuk ke 13 kali. Tapi saya baru ikut yang pertama kalinya. Saya sering melihat di media sosial facebook tentang kegiatan Kelas Blogger, tetapi belum bisa ikutan karena waktu yang belum pas. Kelas Blogger merupakan sebuah wadah untuk meningkatkan pengetahuan sekaligus kemampuan para blogger sebagai aktivis media sosial yang lebih profesional. Pas sekali bagi saya yang masih harus belajar banyak hal tentang blog. Kelas Blogger pada tanggal 15 November 2016 lalu sudah berulang tahun yang pertama. Hore dan harusnya ada perayaan tumpeng ya he he he. Awalnya komunitas Kelas Blogger beranggotakan 20 orang, sekarang sudah menjadi  763 anggota. Tema yang diangkat kali ini “How to be a single traveler & traveling ke negeri orang”, bersama fasilitator @agiljolie yang sudah berkunjung ke Benua Afrika dan Benua Eropa.

Foto #KelasBlogger


Senin, 19 Desember 2016

SUN Ubi Ungu Sebagai Makanan Pengganti ASI Super


Berbagai cara dilakukan para ibu untuk mencukupi kebutuhan si kecil, di usia 6 - 24 bulan si kecil sangat membutuhkan nutrisi. Sayuran hijau sangat baik, seperti bayam. Sayuran ini sangat penting untuk pembentukan otak bayi karena kaya akan kandungan vitamin B, vitamin C, asam folat, kalsium, fosfor, mangan dan zat besi. Akan tetapi perlu diperhatikan ada beberapa makanan adik bayi (si kecil) yang tidak boleh dipanaskan secara berulang seperti bayam dan kentang. Karena pemanasan yang berulang akan memicu berkembangnya bakteri botulisme yang berbahaya bagi kesehatan si kecil. Jadi jika ibu akan memasak pastikan secukupnya saja. Setiap ibu pasti sangat senang jika si kecil makan dengan lahap, dan sebaliknya akan sangat sedih jika si kecil makan hanya sedikit.

Ada tips penting agar si kecil makan dengan lahap :
·         Buatlah suasana makan yang nyaman dan menyenangkan
·         Ajak si kecil makan saat ia mulai lapar sehingga nafsu makannya akan lebih besar
·         Suapi si kecil secara perlahan-lahan agar si kecil mengenali rasa makanan yang ibu berikan
·       Jangan lupa berikan makanan yang menarik dari warna, rasa, tekstur  dan aroma agar aktivitas makan si kecil lebih menyenangkan

Sebagai produk yang sudah lebih dari 25 tahun menemani para ibu di Indonesia, SUN kini menghadirkan varian baru SUN Ubi Ungu yang kaya akan manfaat untuk si kecil. SUN Ubi Ungu mengandung serat yang tinggi, antosianin sebagai antioksidan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh  dan betakaroten yang baik untuk kesehatan pencernaan si kecil.


Tips menyimpan bubur bayi kemasan :
·         Beli bungkusan bubur bayi yang masih utuh
·         Tutup rapat kembali setelah dibuka
·      Bungkus bubur bayi bisa ditutup dengan cara memasukkan ke dalam toples. Bisa juga diikat dengan karet gelang / direkatkan dengan selotip (sebaiknya jangan direkatkan dengan menggunakan stapler)
·         Jangan menggunakan bubur bayi bila ada perubahan bau / rasa dan warna
Adapun cara penyajian SUN Bubur Sereal bisa dengan berbagai cara. Ibu bisa menyeduhnya dengan air masak hangat atau dikombinasikan dengan 200 ml ASIP hangat.

Berbagai varian SUN :
·    Untuk usia 8 bulan adik bayi sudah mulai belajar makan dengan tekstur yang lebih padat untuk belajar mengunyah dan menggigit. Ibu bisa memberikan bubur lanjutan tim instan dengan banyak variasi rasa yang lezat, salah satunya Sun Bubur Tim Instan rasa Ati Ayam dan Sun Bubur Tim Instan rasa Tomat, Wortel dan Ayam.
·         SUN Beras Merah untuk usia 6 - 24 bulan.
·         SUN Pisang untuk usia 6 - 24 bulan.
·   SUN Biskuit Marie Susu untuk usia 6 bulan ke atas, mengandung nutrisi seimbang untuk membantu perkembangan si kecil seperti protein, kalsium dan zat besi.
·     SUN Kacang Hijau merupakan MPASI yang mengandung protein tinggi, vitamin B dan kaya akan serat sehingga mudah dicerna oleh sistem pencernaan dan sangat baik untuk adik bayi
·      SUN Jeruk, Apel dan Pisang merupakan MPASI yang mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang bagus untuk daya tahan tubuh adik bayi.
·         SUN Ubi Ungu.


Pada tanggal 8 Desember 2016 dalam rangka memperkenalkan SUN Ubi Ungu diadakan acara ngobrol seru menghadirkan Dokter Spesialis Anak, Konsultan Nutrisi dan Metabolik, dr. Julistio Djais, Sp.A(K), M. Kes. Guru Besar Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor, Prof. Dr. Ir. Ali Khomsa, MS. Brand Manager SUN, Nutrition & Special Foods Division Indofood CBP, Desi Hendradiani. Ada juga demo masak menu MPASI oleh Chef Geovani. Sayang sekali saya tidak bisa hadir langsung di acara tersebut, tetapi saya tetap mengikuti keseruan acara melalui live Instagram teman-teman yang hadir.


Sumber foto : Fanpage Kasih SUN

Minggu, 18 Desember 2016

Mudahnya Bertransaksi Saham Di ISTC


Pada tangal 13 Desember 2016 lalu saya mendapat kesempatan hadir di acara training Pasar Modal dan aplikasi virtual online trading Indosat Ooredoo Stock Trading Contest (ISTC). Acara berlangsung di auditorium Kantor Pusat Indosat Ooredoo, jalan Medan Merdeka Barat no 21 Jakarta. Diawali dengan ngobrol santai bersama para peserta yang hadir mengenai  investasi apa saja yang sudah dimiliki. Karena seperti kita ketahui ada beberapa jenis atau macam investasi. Dan saya sendiri belum begitu paham  tentang investasi  yang benar.


Dalam berinvestasi secara umum ada dua macam jenis aset :
1.      Aset rill merupakan aset yang memiliki wujud. Beberapa contoh dari aset riil adalah tanah, emas, rumah dan logam mulia.
2.   Aset finansial yaitu aset yang wujudnya tidak terlihat tetapi tetap memiliki nilai yang cukup tinggi. Pada umumnya aset finansial ini terdapat di dunia perbankan dan juga di pasar modal. Di Indonesia dikenal dengan Bursa Efek Indonesia. Beberapa contoh dari aset finansial instrumen adalah pasar uang, saham, reksadana dan obligasi.
Kedua aset di atas sama-sama bisa dipertimbangkan sebagai sarana investasi dalam rangka mencapai tujuan keuangan yang kita inginkan. Dalam berinvestasi ada beberapa yang harus diingat bahwa selalu ada risiko akan kehilangan modal. Oleh karena itu sangat perlu mengetahui dengan benar aset-aset yang cocok kita pilih untuk berinvestasi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita.


Salah satu jenis investasi berupa saham. Pengertian saham adalah kepemilikan atas sebuah perusahaan. Dengan membeli saham di suatu tempat, berarti orang yang memiliki saham sama halnya dengan membeli sebagian perusahaan tersebut. Apabila perusahaan tersebut mengalami keuntungan, maka pemegang saham biasanya akan memperoleh sebagian keuntungan yang disebut deviden. Saham itu juga bisa dijual kepada pihak lain, baik dengan harga yang lebih tinggi yang selisih harganya disebut dengan capital gain, maupun lebih rendah daripada saat kita membelinya yang selisih harganya disebut dengan capital loss.


Cara Mudah Bertransaksi Saham di ISTC
A.      Registrasi
1.       Buka www.indosatooredoo.com/istc. Pilih: regristasi.
2.       Isi data diri pada formulir registrasi secara lengkap dan benar.
3.       Untuk mengikuti ISTC ini peserta harus menggunakan nomor Indosat Ooredoo.
B.      Konfirmasi Email
Setelah registrasi berhasil akan mendapatkan email berisi informasi username dan password.
C.      Unduh Aplikasi ISTC
1.       Instal aplikasi ISTC melalui Appstore atau Playstore.
2.       Buka aplikasi ISTC dan masukkan username dan password  yang diterima melalui email.
3.       Setelah itu peserta akan mendapatkan SMS dan email yang berisi kode OTP, dikirim ke nomor Indosat Ooredoo dan email yang didaftarkan pada form registrasi.
D.      Konfirmasi Kode OTP
1.       Untuk memulai penggunaan aplikasi, masukkan kode OTP serta buat Password baru dan PIN.
2.    Password baru berisi minimal 8 karakter terdiri atas: angka, huruf besar, huruf kecil dan special symbol (!@#%^&(). Contoh Istc 123#.
3.       Buat PIN untuk bertransaksi saham virtual. Terdiri dari 6 digit angka.
E.       Selamat! Anda Siap Bertransaksi


Tentang ISTC
Indosat Ooredoo memahami bahwa hanya sekitar 400.000 orang Indonesia yang terjun di pasar modal. Artinya tidak mencapai 1% dari total penduduk Indonesia yang berjumlah 250 juta orang. Meski sudah terjadi peningkatan tiap tahunnya tetapi jumlah tersebut masih sangat kecil bila dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya. Padahal jumlah investor aktif di pasar modal akan membantu peningkatan perekonomian negara.


Itulah mengapa ISTC (Indosat Ooredoo Stock Trading Contest) sebagai salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) pilar edukasi dan inovasi, kembali hadir untuk meningkatkan literasi keuangan khususnya investasi di pasar modal bagi generasi muda Indonesia. Program ini sekaligus mendukung Kampanye Nasional Yuk Nabung Saham (YNS) yang tengah digiatkan oleh Bursa Efek Indonesia serta menjawab tantangan pesatnya pertumbuhan perekonomian Indonesia. ISTC yang merupakan kompetisi perdagangan saham virtual ini akan berlangsung hingga 31 Januari 2017.
ISTC merupakan program sosialisasi dan pembelajaran dalam melakukan investasi / transaksi saham secara virtual yang mengacu pada sejumlah saham pilihan yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia secara realtime.
Bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia dan Trimegah Securities sebagai perusahaan yang bergerak di bidang perantara perdagangan efek penjamin emisi efek serta penyedia aplikasi simulasi online stock trading berbasis mobile (mobile apps), Indosat Ooredoo berkomitmen meningkatkan pemahaman (literasi) masyarakat umum khususnya membantu mempersiapkan generasi muda dengan memanfaatkan teknologi dan aplikasi digital. Hal tersebut juga merupakan komitmen perusahaan dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia melalui dunia digital.

Raih total hadiah puluhan juta rupiah, gadget terbaru super keren, kesempatan untuk mendapatkan segudang ilmu tentang pasar modal dan pembelajaran dalam melakukan investasi / transaksi saham secara virtual yang akan mengasah kemampuan untuk menjadi investor handal.

Minggu, 04 Desember 2016

Nonton Langsung Acara Benang Merah Di Studio TV One

Foto bersama usai acara
(Sumber BRID)
Untuk pertama kalinya saya berkunjung ke studio TV ONE sempat kesasar juga. Saya ceritakan agar jika ada yang mau datang ke studio TV ONE tidak kesasar seperti saya he he he. Karena rumah saya di daerah Ciracas Jakarta Timur, untuk transportasinya saya memilih bus Trans Jakarta. Dari halte jalan baru saya naik bus Trans Jakarta ke arah Kampung Melayu. Beruntung bus way yang saya tumpangi lewat jalan tol, selamat bisa bebas macet di pasar Kramajati yang macetnya semakin parah saat sore hari. Sampai di halte UKI saya naik bus way yang ke arah Grogol dan turun di halte Pancoran Barat. Ini adalah pengalaman baru bagi saya naik bus way sore hari, biasanya pagi atau siang hari. Ternyata asyik juga karena lebih lancar jika dibandingkan saat pagi hari.
Nah seharusnya dari halte bus way Pancoran Barat sudah dekat karena tinggal jalan sedikit akan sampai di Studio TV One. Tapi karena saya sering ke Smesco (Galeri Indonesia Wow) jadi sok tahu, tanpa bertanya terlebih dahulu jalan saja terus. Setelah berjalan cukup jauh dan studio TV ONE belum ketemu juga, akhirnya saya bertanya kepada Security yang berdiri di pinggir jalan. Ternyata studio TV One berada di dekat halte bus way Pancoran Barat tadi.
Sumber Twitter @benangmerahone

Ada apa di Studio TV One?
Saya datang ke studio TV One karena ingin hadir di acara Benang Merah yaitu talkshow interaktif yang mengupas isu kriminal melalui perspektif pakar. Acara Benang Merah tayang secara langsung setiap hari Kamis  pukul 19.00 s/d 20.00 WIB. Pakar yang hadir kali ini adalah Prayitno Ramelan dan Abah. Dengan pembawa acara Aryo Widiardi
Hadir juga Toni sebagai ‘mystery guest’. Sedangkan saya bersama teman-teman dari Blogger Reporter Indonesia (BRID) datang sebagai tamu undangan yang menyaksikan acara Benang Merah secara live. Tema yang diangkat pada tanggal 23 November 2016 lalu adalah “Siasat Penyebar Info Sesat”.
Ternyata menurut Toni para penyebar info sesat memang ada, dan tugas mereka adalah menyebarkan info sesuai ‘pesanan’. Sebagai contoh adalah info hoax saat aksi 411. Hal ini merupakan aksi bayaran yang dikerjakan oleh Toni dengan tujuan agar didengar, ditulis dan disebarkan oleh siapa saja.
1.       Mengabarkan
2.       Mengaburkan
3.       Menguburkan
4.       Mengibarkan + Mengobarkan

Kita sebagai pengguna media sosial harus cerdas, jangan sampai kita menjadi bagian dari penyebar info sesat. Tips dari Abah yang perlu kita terapkan dalam bermain media sosial :
·         Hati- hati dalam menerima informasi
·         Cek kebenaran informasi
·         Cek sumber dan isinya
·         Jangan pernah berbagi info hoax
Sumber foto BRID

Menurut mas Hazmi dari BRID yang berkomentar saat acara berlangsung, bahwa memang ada hacker yang menggunakan akun yang sudah tidak terpakai sebagai media untuk menyebarkan info sesat. Sedangkan mas Rahab Ganendra berkomentar “Kita sebagai pengguna media sosial harus cek dan ricek informasi yang diterima sebelum klik tombol share”.
Intinya sebelum kita share infomasi, seharusnya kita simak, saring, sikapi, sebarkan atau simpan. Hal ini penting sekali agar jangan asal share.
Semoga pemerintah segera mengambil langkah dengan membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas agar para penyebar info hoax ini bisa bekerja secara nyata.
Foto Amel

Setelah acara berakhir tak lupa untuk foto bersama. Senang rasanya bisa hadir di acara Benang merah TV One. Saya pun segera berlari menuju halte bus Trans Jakarta agar tidak terlalu malam tiba di rumah.

Kamis, 01 Desember 2016

Smesco & MB Communication “Exploring The Content Marketing Strategies”

Mba' Ika  dan Abang Edwin

Ini yang ke 3 kalinya saya datang ke Smesco, kali ini saya menghadiri talkshow bersama para ahli di bidang pemasaran dengan mengusung  tema “Exploring The Content Marketing Strategies”. Acara rutin ini diselenggarakan untuk ke 4 kalinya yang digelar oleh MB Communication - Indoblognet bekerja sama dengan LPP KUKM Smesco Rumahku.
Para narasumber yang hadir  :
1.       Ibu Lisma D Gumelar, Pengusaha sekaligus pemilik Rumah Baju Ambu
2.       Bapak Derry Darmawan, Manajer Bursa Sajadah online
3.       Bapak Edwin SH, Konsultan digital marketing
4.       Bapak Bagus Rachman, Direktur Pengembangan dan Pemasaran LPP KUKM Smesco Rumahku

Bagus Rachman


Selamat Tinggal Drama Mata Kering

  Waktu itu ceritanya hampir seharian menatap layar gadget, mataku sangat gatal semakin dikucek semakin gatal. Penasaran ada apa di bawah ke...