Selasa, 31 Januari 2017

Menulis Reportase Ala Blogger

Ki-ka Mas Indra, Pak Nur, Mas Hazmi, Mas Vidi, Teh Ani, Teh Hani (foto Hazmi Fitriyasa)

Terkadang saya masih bingung, setelah datang ke event untuk nulis reportase mulainya dari mana? Karena itulah begitu tahu komunitas Blogger Reporter ID mengadakan In House Training saya buru-buru daftar takut ga kebagian ceritanya hehehe. In House Training diadakan di Wisma Riat yang beralamat di jalan Pangadegan Utara no.14 Pancoran Jakarta. Saya datang ke lokasi dengan Bus Trans Jakarta, turun di halte Stasiun Cawang Cikoko. Nah dari halte turun ke bawah lalu jalan kaki saja ke arah kiri sudah dekat, tinggal banyak bertanya biar ga tersesat. Alhamdulillah sampai di lokasi 1 jam sebelum acara dimulai. Seperti biasa saya dan teman-teman berfoto dulu, sampai tangga pun jadi sasaran tempat narsis favorit.

Sebelum mulai belajar foto-foto dulu 
(Foto Febriyanti Rachma)


Setelah semua berkumpul acara dimulai oleh mbak Hani yang cantik dan kata sambutan dari mas Hazmi. Dilanjutkan sambutan dari mas Vidi sebagai owner Jakarta Nasi Tumpeng. Nanti kita bahas tentang Jakarta Nasi Tumpeng, sekarang saya mau cerita tentang tips menulis reportase ala blogger yang diberikan oleh teh Ani terlebih dahulu. Ani Berta yang biasa kita sapa dengan teh Ani memberikan banyak tips menulis blog berdasarkan pengalamannya sebagai berikut :
* 5W 1H (What, Who, When, Where, Why dan How).
* Sisipkan kalimat aktif.
* Tidak salah menuliskan gelar narasumber dan pengisi acara.
* Sebelum menuliskan reportase acara, riset kecil-kecilan sebagai bahan verifikasi data yang benar.
* Livetweet walaupun tidak ada kompensasi berupa hadiah dari penyelenggara. Livetweet bermanfaat sebagai arsip jika akan menulis reportase. Jangan lupa buat hashtag atau tanda pagar di tweet acara agar mudah menemukan arsipnya.
* Multitasking foto, menulis poin-poin wawancara, video dan livetweet.

Itu baru sebagian tips dari teh Ani, tips lainnya saya tulis berikut :


Fungsi Press Release
*Melihat nama dan gelar narasumber
* Mengetahui Sejarah Brand
*Menyimpulkan Intisari Acara


Etika Blogger (Ani Berta)


Adapun perlengkapan yang diperlukan blogger saat datang ke event diantaranya, notes, DSLR camera, voice recorder, smartphone, powerbank, pulpen dan kabel data. Sepertinya keren ya melihat blogger yang bawa DSLR di setiap event, tapi bagi yang belum punya seperti saya bersyukur saja dulu dengan camera smartphone.

Karena sudah waktunya ishoma (istirahat, sholat, makan), mbak Hani mengajak para peserta ishoma dulu. Apalagi nasi tumpeng dari Jakarta Nasi Tumpeng sudah melambai-lambai dari tadi. Sebelum nasi tumpeng menjadi acak-acakan, foto-foto dulu ya. Mas Wahyu Vidyanto sebelumnya sudah bercerita mengapa memilih Nasi Tumpeng sebagai bisnisnya. “Saya ingin mengangkat budaya Indonesia yang mulai luntur”, tutur mas Vidi. Tumpeng biasanya diberikan kepada orang yang dihormati atau yang paling disayangi pada potongan pertamanya. Selain itu kebiasaan merayakan ulang tahun dengan kue tart biasanya akan dilanjutkan dengan makan besar. Nah dengan nasi tumpeng kita bisa potong tumpeng dan makan besar sekaligus. Menurut mas Vidi  biasanya pemesanan nasi tumpeng ramai pada bulan tertentu seperti bulan Agustus. Sekarang Jakarta Nasi Tumpeng bisa menjual 2 - 4 tumpeng setiap harinya.

Kebanyakan yang memesan nasi tumpeng dari kantor dan instansi pemerintah. Untuk informasi lengkap dan pemesanannya bisa langsung ke Website Jakarta Nasi Tumpeng.

Keunggulan dari Jakarta Nasi Tumpeng  menurut mas Vidi :

  •       Rasa Terjamin karena diolah dari bahan-bahan yang segar. 
  •     Free Ongkir sehingga pembeli tidak perlu memikirkan untuk mengambil nasi tumpeng karena sudah sibuk mempersiapkan acara di rumah. 
  •      Customer Service yang oke sehingga kita bisa melakukan order melalui Whatsapp di nomor  0812-9430-9199.


@jakartanasitumpeng


·     Setelah sesi ishoma selesai, acara In House Training BRID yang pertama kembali dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Secara bergantian teh Ani dan mas Hazmi memberikan jawaban dengan jelas. Alhamdulillah acara pun ditutup dengan sedikit membereskan sampah-sampah bekas makan di ruangan, karena wisma Riat ini kita jaga bersama-sama kebersihannya. Nanti kalau ada sesi In House training yang ke 2 saya mau ikutan lagi supaya wawasan saya tentang ngeblog makin bertambah, dan bisa jadi blogger yang bersahaja gak asal copy paste.

Terima kasih sudah mau berbagi ilmu untuk teh Ani, mas Hazmi, Mas Indra dan seluruh admin BRID. Juga terima kasih pada Jakarta Nasi Tumpeng atas hidangan nasi tumpengnya yang enak dengan tampilan yang sangat cantik, dan Ibu Ami yang menyediakan kue nampan cantik walaupun ga bisa hadir.

Kue Tradisional Kiriman Bu Ami Atmanto

Jumat, 27 Januari 2017

Masakan Tetap Lezat Dan Menyehatkan Dengan Minyak Goreng Yang Baik

Para Narasumber

Menyambut Hari Gizi Nasional diadakan simposium yang dijadikan ajang agar kita peduli kesehatan yang bisa kita mulai dari rumah. Tema kali ini “Masakan Rumah The Silent Killer”. Acara ini diselenggarakan di Ballroom Cheers RSPP Pertamina Jakarta, bersama minyak goreng Sunco yang sedikit nempel di makanan, pada tanggal 25 Januari 2017. Acara ini dihadiri oleh undangan dari berbagai komunitas dan juga mahasiswa. Simposium juga dihadiri para narasumber yang ahli di bidang kesehatan seperti :
Dr. Entos Zainal perwakilan dari PERSAGI
Theresia Irawati SKM, M.Kes perwakilan dari Kementerian Kesehatan
Dr. Tirta Prawita Sari, M.Sc. Sp.GK perwakilan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI)

Selasa, 24 Januari 2017

"The Last Barongsai" Persembahan Dari Karnos Film


The Last Barongsai

Masih ingat sinetron Si Doel Anak Sekolahan? Sinetron hasil produksi Karnos Film yang paling sukses. Saya sudah tonton berkali-kali, pokoknya setiap diputar di stasiun televisi saya pilih menonton drama sinetron ini. Alasan saya karena ceritanya masuk akal dan sesuai kenyataan. Beda seperti tayangan televisi sekarang yang banyak memberikan efek buruk bagi penontonnya, apalagi anak-anak yang belum bisa membedakan mana yang baik dan yang buruk. Di sini sangat dibutuhkan pengawasan orang tua agar anak-anak tidak terus menonton tayangan yang tidak mendidik.

Artis The Last Barongsai

Karnos Film merupakan sebuah rumah produksi sinetron dan film di Indonesia yang didirikan sejak tahun 1977 di Jakarta. Kali ini PT Karnos Film memproduksi film yang berjudul The Last Barongsai. Film ini menceritakan seorang pemain barongsai muda yang harus memilih antara mempertahankan tradisi barongsai dan membawanya ke level yang lebih tinggi, atau menjemput impiannya yang berbeda dan sudah ada di depan mata.



The Last Barongsai adalah sebuah film cerita yang dicetuskan oleh Rano Karno serta disutradarai oleh Ario Rubbik. The Last Barongsai merupakan potret kehidupan masyarakat Cina Benteng yang hidup di Tangerang, di mana latar belakang budaya akulturasi ini memang patut diacungi jempol karena pengamatannya yang tajam akan menurunnya minat pemuda masa kini yang seakan tidak tertarik oleh budaya dan nilai-nilai luhur kebudayaan tersebut.

Furry Citra

Aziz Gagap

Tanggal 20 Januari 2017 lalu saya mendapat kesempatan untuk menyaksikan langsung Press Conference film The Last Barongsai yang dihadiri para pemain dan sutradara film tersebut.
Menurut Ario Rubbik, sutradara kelahiran Bogor tahun 1978, Tujuan film ini ingin memberi gambaran bahwa di negeri ini begitu banyak budaya yang bisa kita angkat dan pelajari. Semoga film ini sedikit memberi warna lain dalam perfilman Indonesia“.

Vinessa Inez

Vinessa Inez artis kelahiran 14 Maret 1997 memerankan tokoh Sari, seorang perempuan berusia 16 tahun sebagai adik Gunadi. Sedangkan tokoh Gunadi diperankan oleh Dion Wiyoko, aktor film berbakat yang lagi bersinar. Dion sempat mengalami cidera terkilir saat melakukan adegan melompat ketika syuting film ini. Inez sendiri sengaja ikut workshop beladiri wushu selama 3 bulan untuk menjiwai perannya. Aktor Tyo Pakusadewo memerankan tokoh Handoyo atau Kho Guan, seorang lelaki berusia 55 tahun yang merupakan ayah dari Gunadi. 
Press Conference bertempat di CGV Blitz Grand Indonesia lantai 8, Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat. Acara ini dihadiri oleh Aziz Gagap, Furry Citra, Suti Karno dan aktor lawas Hengky Soelaiman.

Kho Guan dan Gunadi

Film The Last Barongsai akan tayang serempak di bioskop tanah air mulai 26 Januari 2017. Menurut saya film ini sangat cocok untuk ditonton bersama keluarga karena selain mengangkat tradisi, film ini juga memberikan hiburan dengan hadirnya komedian Aziz Gagap. Pas sekali dengan perayaan Tahun Baru Cina. Semoga seni budaya barongsai tetap menjadi tradisi yang lestari di Indonesia. 

Jumat, 20 Januari 2017

Donasi Kita Untuk Mereka Di Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia


Sering saat selesai berbelanja di minimarket Alfamart, kasir menanyakan kembaliannya Rp. 1000 mau disumbangkan? Saya sendiri mengiyakan tetapi bertanya-tanya dalam hati, apa iya disumbangkan? Tetapi untuk bertanya langsung pada kasir saya sungkan.


Kemarin tanggal 19 Januari 2017 saya datang langsung ke Jalan Percetakan Negara IX no.10A Jakarta Pusat, lokasi tempat dana yang sering dipertanyakan para konsumen,  padahal tak banyak tetapi sangat berarti jika dikumpulkan untuk mereka yang membutuhkan. Ternyata sudah sejak tahun 2014 Alfamart bekerja sama dengan Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) mengumpulkan donasi dari konsumen Alfamart.

Ibu Icha, Ibu Ira, Pak Nur Rachman 

Sebelum mendengar bagaimana awal mulanya Ibu Ira Soelistyo mendirikan YKAKI, Bapak Nur Rachman (Corporate Communication GM SAT) memaparkan bahwa selama periode 1 sampai 31 Januari 2017, pengelola jaringan Alfamart yaitu PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (SAT), kembali mengajak konsumen berpartisipasi dalam aksi kemanusiaan yang dijalankan bersama YKAKI.


Dana yang terhimpun akan disalurkan sepenuhnya pada YKAKI, guna mendukung operasional  4 rumah singgah anak kanker yang ada di wilayah Makasar, Pekanbaru, Semarang, dan Malang. Keempat rumah singgah tersebut telah disediakan dari hasil donasi konsumen. Kerja sama Alfamart bersama YKAKI tahun ini akan digunakan untuk kebutuhan operasional rumah singgah yang ada, serta membangun kembali rumah singgah di wilayah lainnya.
Nur Rachman juga mengatakan rumah singgah dibangun untuk membantu meringankan beban biaya anak-anak penderita kanker, serta keluarga pendamping yang tengah menjalani pengobatan rawat jalan maupun rawat inap di luar kota asalnya.

Visi YKAKI


Awal Mula YKAKI

Ibu Ira mulai bercerita dengan mata berkaca-kaca, dulu anaknya penderita kanker dan dia berusaha mengobati anaknya hingga ke Belanda. Di Belanda Ibu Ira hanya menempati kamar mandi karena keterbatasan biaya dan fasilitas. Pernah juga saat penyakit anaknya kambuh, Ibu Ira kembali ke luar negeri dan menempati Vihara selama beberapa bulan. Karena itu Ibu Ira berpikir ingin membuat rumah singgah untuk anak penderita kanker. Akan tetapi Tuhan berkehendak lain, anak Ibu Ira meninggal dunia. Sejak itu Ibu Ira tak mau peduli lagi tentang penyakit kanker. Tetapi anaknya berkali-kali datang dalam mimpi menagih janji agar Ibu Ira membuat rumah singgah untuk anak-anak penderita kanker.
Bersama sahabatnya yang bernama Ibu Icha, Ibu Ira mulai berusaha membuat rumah singgah dan diawali dengan mengontrak rumah kecil yang hanya muat untuk 5 pasien. Awalnya ditolak warga karena mereka tak mau di sekitar mereka ada penderita kanker dan takut tertular. Pada saat itu tahun 2005 masih ada yang belum mengerti bahwa penyakit kanker tidak menular. Justru yang dikhawatirkan adalah kita yang bisa menularkan penyakit kepada penderita kanker karena daya tahan tubuh penderita kanker lemah. Pantas saja tadi sebelum masuk ke rumah singgah ini ada tempat mencuci tangan dan disediakan sandal untuk tamu.
Ruang Tidur di Rumah Kita YKAKI

Rumah singgah yang lebih dikenal dengan “Rumah Kita“ tersebut dilengkapi berbagai sarana dan prasarana, mulai dari tempat tidur, lemari, televisi, perlengkapan masak, hingga tenaga pengajar dan tenaga pengurus harian. Selain itu juga disediakan fasilitas belajar melalui program Sekolahku, sehingga selama masa pengobatan anak-anak bisa tetap bermain dan belajar. Pengadaan hingga operasional seluruhnya dikelola oleh pihak yayasan tutur Ibu Ira. 

Tempat cuci tangan sebelum masuk "Rumah Kita"

Rumah Singgah ini menjadi bukti bahwa sekecil apapun yang kita berikan akan bisa bermanfaat besar bagi yang membutuhkan. Kalau Kita Bersama Pasti Bisa (Ira Soelistyo).

Lokasi rumah singgah dipilih berdasarkan ketersediaan serta kedekatan jarak dengan rumah sakit yang memiliki dokter spesialis kanker pada anak di wilayah tersebut. Rumah singgah dibangun dengan suasana yang nyaman serta ramah bagi anak-anak dengan beberapa fasilitas bermain. Lingkungan yang sehat juga tercipta dengan banyaknya ventilasi dan jendela saat saya berkunjung melihat kamar di atas. Ruangannya bersih dan rapi. Ada ruang sekolah, ruang tidur dan ruang penyimpanan bahan makanan. Rumah singgah dibuat senyaman mungkin untuk mendukung kesembuhan anak-anak penderita kanker.
Setelah melalui banyak rintangan YKAKI sekarang sudah banyak mendapat bantuan baik dari pemerintah, maupun perusahaan dan juga para artis. Itu terlihat dari pigura yang ditempel di dinding. Salah satunya Alfamart tadi, yang juga pernah memberikan mobil untuk memfasilitasi antar jemput anak ke rumah sakit.


Ruang penyimpanan sembako di YKAKI


      Persyaratan untuk tinggal di Rumah Kita :

      Pasien anak penderita kanker yang sedang dalam rawat inap / rawat jalan di rumah sakit terdekat.
·        Mendaftarkan diri pada koordinator Rumah Kita serta melengkapi persyaratan yang ditentukan.
·    Orang tua/pendamping bersedia mencuci peralatan makan/minum dan sprei yang digunakan, menjaga dan merawat seluruh perlengkapan dan perabotan rumah, bersama-sama dengan sesama orangtua/pendamping lainnya.
·       Orang tua/pendamping bersedia menjaga keamanan dan ketertiban di Rumah Kita dan lingkungan sekitarnya, bersama-sama dengan sesama orang tua/pendamping lainnya.
·        Dilarang keras merokok di Rumah Kita.
·        Memenuhi biaya tinggal sebesar Rp. 5000/ keluarga/ hari.

Laporan Donasi Alfamart

Selain itu ada pemaparan dari Fahri mengenai berbagai program dari Alfamart selain donasiku. Ada program outlet binaan Alfamart untuk pedagang, renovasi warung dan banyak program CSR lainnya. Ada juga laporan tentang donasi konsumen 2016. Sekarang saat kasir menanyakan apakah kembalian ibu boleh didonasikan? Saya tidak perlu bertanya lagi karena saya sudah yakin. Semoga dana yang terkumpul bisa lebih banyak lagi untuk adik-adik yang sedang menderita kanker. 
Seperti kata Ibu Ira, "Kalau Kita Bersama Pasti Bisa".


Sumber Irma Senja

Selasa, 17 Januari 2017

Jakarta Aquarium Bagian Dari Taman Safari Indonesia

Jakarta Aquarium

Bulan Februari 2017 Jakarta Aquarium akan segera dibuka. Tanggal 12 Januari lalu saya bersama teman-teman blogger dari Blogger Crony mendengar langsung dari para narasumber tentang apa itu Jakarta Aquarium. Hadir sebagai narasumber adalah :
·         Leo Loemanto – Public Relation Jakarta Aquarium
·         Biswaid Guha – Kurator Taman Safari Indonesia
·         Elvy Handiny – Director of Sales & Marketing



Keberadaan Jakarta Aquarium berdasarkan dari :
1.       UU No 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.
2.       Peraturan Pemerintah No 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.
3.       Peraturan Pemerintah No 8 Tahun 1999 tentang Pemanfaatan Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar.
4.       Peraturan Menteri Kehutanan Republik Indonesia No P.31 tentang Lembaga Konservasi.


Belum ada ikannya

Saya juga baru dengar tentang  Jakarta Aquarium yang merupakan Lembaga Konservasi adalah bagian dari Taman Safari Indonesia dan bekerja sama dengan Aquaria KLCC.

Memberi makan penguin

Setelah semua berkumpul acara dimulai, kami mendapat kesempatan memberi makan penguin secara langsung ke dalam Aquarium yang ada di resto. Secara bergiliran kami masuk ke Aquarium, berdua dan ditemani petugas. Makanan penguin adalah ikan teri, per hari dibatasi hanya 600 gram. Ternyata kegiatan memberi makan penguin sangat menyenangkan. Pengunjung cukup memegang ikan teri, nanti penguin yang menghampiri. Penguin yang ada di Pingoo Resto rata-rata berumur 5 bulan dan berjumlah 6 ekor.

Jakarta Aquarium Pricelist

Jakarta Aquarium sebagai lembaga konsevasi ex-situ adalah lembaga konservasi yang melakukan aktivitas konservasi di luar habitat alaminya. Sedangkan fungsi lembaga konservasi adalah :
·         Tempat pendidikan
·         Peragaan
·         Penitipan satwa sementara
·         Sumber indukan
·         Cadangan genetik untuk mendukung populasi in-situ
·         Sarana rekreasi yang sehat
·         Sarana penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan

Aquarium di Pingoo Resto sudah didesain dengan sistem pendukung yang ada, dan telah dirancang untuk memenuhi kebutuhan perilaku, kesehatan dan mental penguin :
1.      Penguin bebas menunjukkan perilaku alaminya seperti berenang, mengeringkan diri dan beristirahat. Tersedia juga area bebatuan dan kerikil untuk stimulasi penguin, dan ada kolam arus juga.
2.   Kebutuhan kesehatan penguin di sini sangat diperhatikan karena dokter hewan selalu siap 24 jam selama seminggu, untuk mengatasi dan mencegah bakteri dan kuman.
3.       Penguin dapat bersosialisasi karena hidup berkelompok.
Sebagai penyayang hewan tak perlu khawatir karena Jakarta Aquarium telah memenuhi standar internasional Association of Zoos and Aquariums (USA).

Jakarta Aquarium akan segera dibuka pada bulan Februari nanti dan berlokasi di Mall Neo Soho, di kawasan Superblock Podomoro City yang berada dan terhubung langsung dengan Mall Central Park, Apartemen Mediterania Garden dan gedung perkantoran Agung Podomoro Land.
Alamat lengkapnya sebagai berikut :
Neo Soho Lantai LG 101
Jalan Letjen. S. Parman Kavling 28
Tanjung Duren Selatan. Jakarta Barat 11470

Metode pembelian tiket dapat dibeli secara langsung di lobi Jakarta Aquarium maupun secara online melalui website di www.jakarta-aquarium.com atau aplikasi Jakarta Aquarium. Dengan pembayaran tunai, kartu kredit, kartu debit, voucher dan layanan Doku.
Di Jakarta Aquarium terdapat berbagai jenis satwa air dan darat endemik Indonesia. Selain itu akan ada atraksi sebagai berikut :
·        Pearl of The South Sea
Sebuah pertunjukan yang menggabungkan aksi panggung, perenang profesional, dan tehnik ilusi yang membawa pengunjung hanyut dalam kisahnya. Atraksi ini bercerita tentang seorang Raja yang sangat menyayangi Putrinya. Dikarenakan kecemburuan Ratu yang merupakan ibu tiri, membuat sang Putri harus keluar dari istana dan akhirnya menemukan kedamaian di lautan.
·        Teater 5D
Sebuah wahana yang terletak di lantai LG dirancang untuk menantang anda untuk memasuki dunia bawah laut dengan kapal selam yang mutakhir.


Ada juga aktivitas touch pool, otter tunnel, kids classroom, diving, seatrek.
Sedangkan fasilitas yang tersedia adalah loker, akses masuk kursi roda, toilet dan kamar mandi, ruang ganti bayi, wifi, cafetaria, souvenir dan restoran.
Untuk info lebih lengkap tentang Jakarta Aquarium bisa kita dapat melalui :
Facebook Page : Jakarta Aquarium
Instagram          : @jakartaaquarium
Twitter              : jaq_id
Google              : Jakarta Aquarium
Acara blogger view bareng Blogger Crony dan Jakarta Aquarium diakhiri dengan foto bersama. Senang sekali dan menjadi pengalaman berharga bisa melihat penguin secara langsung.

Narsis dulu selagi narsis belum dilarang 
(Hehehe)

Senin, 16 Januari 2017

Bakmi Mewah Dengan Daging Ayam Asli

Bakmi Mewah ala saya

Sering dengar orang bilang jangan makan mie instan, BAHAYA. Tergantung juga sih kalau makannya sehari 3 kali dan setiap hari memang bahaya. Biasanya saya makan mie instan 1-2 kali dalam seminggu. Dan cara menikmatinya pun saya tambahkan telur, sayuran dan ayam suwir  agar tetap memberikan manfaat untuk tubuh. Jadi ga hanya mengenyangkan.

Waktu saya masih kerja di kawasan Industri Batam, saya pernah tidak mengkonsumsi mie instan setahun lamanya. Tapi akhirnya tergoda lagi kelezatan mie instan. Banyak yang menganggap mie instan sebagai momok menakutkan. Saat ada teman yang sakit, pasti yang jadi tersangkanya mie instan.

Sebenarnya segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, yang penting kita bisa mengontrol porsi makan mie instan dan bagaimana pengolahannya agar tidak berdampak buruk pada tubuh. Saya sendiri setiap kali memasak mie instan selalu membuang air rebusannya, baik itu mie goreng atau pun mie rebus. Dan tak lupa menambahkan sayuran seperti sawi ataupun tauge.



Ngomongin soal mie instan, akhir-akhir ini saya suka sekali dengan Bakmi Mewah, yang kata iklannya seenak restoran. Awalnya penasaran mencoba dan akhirnya jadi ketagihan, berikut saya review rasanya ya.

Tekstur
Tekstur Bakmi Mewah hampir mirip dengan mie ayam yang mangkal ataupun gerobak keliling. Menikmati Bakmi Mewah memang lebih pas jika tidak terlalu lembek atau terlalu keras, dikira-kira saja 2 menit. Jika dirasa belum pas, bisa merebusnya selama 3 menit.

Rasa
Untuk rasa cukup enak, kurang asin menurut saya karena saya suka asin. Tapi untuk yang mengutamakan kesehatan rasa asinnya sudah pas. Dan memang rasanya ga tertinggal alias ga nyangkut di leher. Karena Bakmi Mewah memang tidak ada bumbu bubuk seperti mie instan biasa. Waktu pertama mencoba saya sempat mencari-cari ke mana bungkus bumbu Bakmi Mewah. Saya sempat berpikir mungkin ikut terbuang bersama kotaknya. Setelah saya teliti ulang ternyata memang isi kotak hanya terdiri dari mie, daun bawang kering, kecap dan minyak, daging ayam asli.

Oh iya Bakmi Mewah ada tambahan potongan ayam asli dan jamur, walaupun tak sebanyak di iklannya tapi cukuplah ya bagi yang malas menambahkan bahan lain. Saya tambahkan bakso, telur ceplok dan ayam suwir jika lagi ada.


Menurut saran penyajian Bakmi Mewah disajikan tanpa kuah, berikut langkahnya :

* Rebus dalam air mendidih
* Setelah 2 menit angkat kemudian tiriskan
* Tuang ke dalam mangkuk
* Tuang kecap, minyak dan daun bawang
* Lalu aduk secara merata
* Terakhir tuangkan daging ayam asli, aduk secara merata, tambahkan sambal sebagai pelengkap
* Bakmi Mewah, bakmi ayam tanpa kuah siap disantap


Bakmi Mewah diproduksi oleh PT Mayora dengan komposisi sebagai berikut :

Mie terbuat dari tepung terigu, tapioka, minyak nabati, garam, pengemulsi (lesitin kedelai), penstabil N dan natrium folifosfat, pengatur keasaman.
Pewarna makanan yang terkandung dalam Bakmi Mewah tartrazin CI 19140, antioksidan (TBHQ).
Bumbu terdiri dari daging ayam, minyak nabati, air, jamur, bawang putih, kecap, garam, lada bubuk, penguat rasa (dinatrium inosinat dan guanilat).
Minyak terbuat dari minyak nabati, minyak ayam.
Kecap terbuat dari air, gula, garam dan penguat rasa (dinatrium inosinat dan guanilat).
Daun bawang kering. 
Saus cabai terbuat dari cabai, gula, air garam, tepung cassava, penstabil minyak cabai. 
Pewarna makanan kuning FCF CI 15985 dan 4R CI 16255.




Gimana masih anti sama mie instan? Cobain deh Bakmi Mewah. Bisa juga dikreasikan sesuai selera, misalnya dibuat menyerupai martabak telur, atau sebagai isian risol. Tapi saat musim hujan paling enak disantap hangat seperti yang saya buat kali ini. Sampai di sini saja tulisan saya tentang Bakmi Mewah. Selamat mencoba ya teman.

Jangan lupa follow Instagram @bakmimewah
Twitter @bakmimewah

Sabtu, 14 Januari 2017

Ayo Kita Dukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)

Sumber Twitter @ditjenkesmas

Setiap hari Jumat di Lapangan Gedung Kementerian Kesehatan diadakan senam, seperti yang saya ikuti hari ini 13 Januari 2017. Siapa saja boleh ikut baik karyawan maupun masyarakat umum.

Diskusi Bersama Ibu Menkes Nila Moeloek

Setelah senam bersama, saya dan para blogger duduk bersama dengan Ibu Menteri Nila Moeloek untuk diskusi santai tentang apa itu GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). GERMAS sudah diperkenalkan sejak tahun 2016, dan sudah dilaksanakan di Kementerian Kesehatan pada jam-jam tertentu ataupun sebelum rapat biasanya diadakan stretching. Selanjutnya GERMAS mulai diperkenalkan kepada masyarakat luas. Selain diikuti karyawan, ada juga warga asing yang ikut berolah raga. Selain senam ada juga yang bermain tenis meja.

Senam Bersama

Cukup lama juga duduk di karpet tapi sepertinya Ibu Menkes tidak mengeluh kesemutan, itu salah satu tanda Bu Menteri sehat. Alhamdulillah semoga sehat terus ya Bu, beda dengan saya yang sudah beberapa kali merubah posisi duduk karena kesemutan.
Menurut Ibu Menteri gerakan hidup sehat bisa dimulai dari diri kita sendiri (perilaku individu), perilaku keluarga dan perilaku masyarakat.
"Car free day sudah bagus, itu tandanya sudah ada keinginan masyarakat untuk hidup sehat, tetapi jangan banyakan jajannya ya. Bukannya sehat malah makin gendut nantinya", kata Ibu Nila.


Gerakan masyarakat hidup sehat dapat kita terapkan melalui 3 poin penting berikut ini : aktivitas fisik, makan makanan bergizi (buah dan sayur) dan cek kesehatan secara berkala.

1. Aktivitas Fisik
Aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja seperti berjalan kaki, bersepeda, mencuci mobil/motor, menyapu rumah dan membersihkan kebun. Naik turun tangga juga merupakan aktivitas fisik. Tapi di era modern ini kebanyakan kita jadi malas jalan, maunya serba praktis. 

2. Gizi Seimbang
Kita harus mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang, tinggi serat dan rendah lemak. Jangan lupa untuk menimbang berat badan.

3. Tidak Merokok
Rokok adalah salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Saat batang rokok terbakar, asapnya mengeluarkan 4000 jenis bahan kimia yang siap menghancurkan tubuh kita.

GERMAS

Aktivitas fisik adalah setiap gerakan tubuh yang diakibatkan kerja otot-otot rangka dan menghasilkan pengeluaran tenaga dan energi pembakaran kalori. Aktivitas fisik dapat dilakukan di rumah, di tempat kerja, di perjalanan, di tempat umum, termasuk aktivitas fisik lain yang dilakukan untuk mengisi waktu senggang sehari-hari.

Sedangkan untuk aktivitas fisik selama 30 menit sehari ada banyak sekali manfaatnya :

* Menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit.
* Meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh, meningkatkan fleksibilitas, memelihara tulang dan sendi yang sehat.
* Meningkatkan kualitas hubungan seks.
* Membakar kalori, mencegah kelebihan berat badan.
* Meningkatkan rasa percaya diri.
* Mengurangi stres dan emosional seperti kecemasan dan depresi.
* Membuat tidur lebih nyenyak.
* Membuat wajah dan tubuh lebih segar.
* Mencegah penyakit menular.
* Mengurangi risiko tekanan darah tinggi.
* Meningkatkan keseimbangan.
* Mengoptimalkan tumbuh kembang.
* Menurunkan risiko kematian dini.
* Meningkatkan kerja otot paru.
* Meningkatkan metabolisme tubuh.

Ada bazar buah dan sayur + bunga

Setiap hari Jumat juga diadakan bazar buah dan sayur, serta pengecekan kesehatan. Penting sekali cek kesehatan secara rutin untuk mengenali faktor risiko penyakit tidak menular. Berbagai cek kesehatan yang perlu kita terapkan :

* Cek tekanan darah adalah salah satu cara deteksi dini risiko hipertensi, stroke dan penyakit jantung.
* Cek kadar gula darah menunjukkan kadar gula dalam darah. Hasilnya membantu mendeteksi masalah diabetes.
* Cek lingkar perut. Lemak perut jika berlebihan akan memicu masalah kesehatan yang serius seperti serangan jantung, stroke dan diabetes.
* Cek kolesterol total biasanya terdiri dari :
- LDL (kolesterol "buruk")
- HDL (kolesterol "baik")
-Trigliserida (lemak yang dibawa dalam darah berasal dari makanan yang kita makan)
* Tes darah lengkap di laboratorium adalah jenis pemeriksaan untuk menunjang diagnosa suatu penyakit dan atau untuk melihat bagaimana respon tubuh terhadap suatu penyakit.
* Deteksi dini kanker leher rahim. Cara yang paling umum untuk deteksi dini kanker leher rahim adalah dengan melakukan pilihan pemeriksaan berkala yaitu : Test Pap Smear atau Test Viva.

Sumber foto KEB

Setelah foto bersama beberapa teman mencoba mengecek kolesterol, ada yang normal dan ada yang tinggi. Untuk yang kolesterolnya normal mari kita dukung GERMAS, dan untuk yang kolesterolnya tinggi mari kita saling mengingatkan. Ayo semangat biar kita dapat hidup sehat bersama dan kita sukseskan GERMAS untuk mewujudkan Indonesia Sehat.

Selamat Tinggal Drama Mata Kering

  Waktu itu ceritanya hampir seharian menatap layar gadget, mataku sangat gatal semakin dikucek semakin gatal. Penasaran ada apa di bawah ke...