Selasa, 14 Maret 2017

Membiasakan Anak Makan Buah Dan Sayur



Anak Sehat karena Buah dan Sayur


Halo para bunda apa kabar semuanya? Bagaimana kabar si kecil? Apakah suka makan buah dan sayur? Ternyata ada banyak cara agar si kecil menjadi suka makan buah dan sayur. Tanggal 9 Maret lalu saya berkesempatan hadir di acara PRESS CONFERENCE PAUD Healthy Eating Habit yang merupakan kontribusi dan dukungan nyata Sarihusada melalui susu pertumbuhan SGM Buah dan Sayur. Acara berlangsung di Restoran Bebek Bengil kawasan Menteng. Apa itu PAUD Healthy Eating Habit? Berikut penjelasan dari Diana Beauty.


Diana Beauty, Brand Manager SGM Eksplor Buah dan Sayur menjelaskan bahwa sebelumnya pernah digelar di 6 PAUD pada tahun 2016, kali ini PAUD Healthy Eating Habit menjangkau lebih banyak PAUD dengan program-program baru yang lebih menarik menjawab kebutuhan Bunda. "SGM Eksplor dengan buah dan sayur berupaya memperkenalkan dan meningkatkan kesukaan anak terhadap buah dan sayur melalui cara yang menyenangkan. Seluruh rangkaian program akan berlangsung selama 6 minggu di seluruh PAUD di daerah Jakarta dan Tangerang, dilanjutkan dengan 10 PAUD di Jawa Barat. Program ini meliputi penyediaan makanan bergizi, buah-buahan dan sayur mayur, serta susu pertumbuhan SGM Eksplor dengan Buah dan Sayur bagi 1000 anak Didik di PAUD." 
"Tahun ini, program dilaksanakan secara berkala mulai bulan Maret hingga September 2017. Tidak hanya melibatkan anak-anak PAUD, program ini juga melibatkan orangtua dan guru dalam parenting class. Selain itu, dihadirkan Celebrity Chef untuk berbagi resep masakan kreatif dalam bentuk cooking class agar ibu-ibu lebih kreatif lagi dalam mengolah buah dan sayur sebagai menu makan si kecil sehari-hari. Kemudian ada juga kelas hidroponik agar ibu dapat menanam sayur dan buah sendiri di rumah. Anak-anak juga dibekali berbagai permainan dan aktivitas interaktif anak seperti kerajinan tangan, berkebun, serta gerak dan lagu melalui jingle baru SGM Eksplor dengan Buah dan Sayur," penjelasan Ibu Diana panjang lebar.

Diana Beauty

Hadir juga Ana Surti Ariani, S.Psi., psikolog yang mengatakan "Sesungguhnya feeding style atau cara pemberian makan yang tepat dapat memberikan begitu banyak manfaat buat anak. Manfaat yang didapat diantaranya adalah : 
* Mengurangi obesitas
* Menstimulasi kemampuan konsentrasi
* Meningkatkan ketekunan
* Bahkan saran belajar berbagai ketrampilan sosial
Berbagai manfaat ini berkembang kurang optimal apabila anak kurang mengasup buah dan sayur, dan cara pemberian makannya kurang tepat. Contoh pemberian makan kurang tepat adalah mencekik anak, terus menyuapi, ataupun membiarkan anak makan sambil menonton atau bermain". 
Lebih lanjut Ana Surti Ariani menambahkan, "Penting bagi orang tua memiliki bekal pengetahuan dan ketrampilan cara pemberian makan yang tepat bagi anak, agar makan buah dan sayur menjadi suatu yang menyenangkan bagi anak".



Hadir juga Dr. Frida Handayani Kawanto, Sp.A(K), Konsultan Gastrohepatologi Anak yang mengatakan, "Sangat penting mengkonsumsi buah dan sayur agar kesehatan saluran cerna optimal, baik bagi anak maupun orang dewasa. Buah dan sayur mengandung vitamin dan mineral yang tidak diproduksi oleh tubuh, oleh sebab itu penting bagi kita mengkonsumsi buah dan sayur dalam jumlah cukup sesuai angka kecukupan gizi (AKG) yang telah ditentukan berdasarkan kelompok umur. Dalam buah dan sayur terdapat serat yang merupakan nutrisi penting, namun seringkali dalam keseharian tidak dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Untuk itu orang tua sebaiknya memiliki pengetahuan yang cukup tentang manfaat serat sehingga dapat jeli dalam memilih dan memberikan makanan yang berserat tinggi (terdapat pada buah dan sayur) kepada anak. Serat membuat anak merasa kenyang dan membuat saluran cerna bergerak aktif. Diet tinggi serat mencegah anak mengalami sembelit (konstipasi). Serat juga mengandung vitamin dan mineral yang dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit tidak menular seperti penyakit jantung, kanker dan obesitas".




Oh iya PAUD Healthy Eating Habit merupakan dukungan nyata Sarihusada dalam mendukung program GERMAS. Program ini merupakan salah satu cara untuk mewujudkan Indonesia Sehat dan menanamkan kebiasaan mengkonsumsi buah dan sayur sejak kecil. Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Sub Direktorat Kurikulum Pembinaan PAUD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Kurniati Restuningsih, M.Pd dan Ketua Umum Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Prof. Dr. Ir. Hj. Netty Herawati, M.Si.




Melalui program ini, SGM Eksplor Buah dan Sayur berharap agar ibu-ibu di Indonesia menyadari pentingnya pemenuhan gizi seimbang bagi anak-anak melalui edukasi tentang gizi dan pola makan sehat, termasuk di dalamnya konsumsi buah dan sayur. "Kami percaya bahwa tumbuh kembang optimal anak harus didukung tidak hanya oleh nutrisi yang tepat, tapi juga edukasi yang efektif. Program HEH ini sasarannya orang tua dan anak dengan cara interaktif, menyenangkan dan berkesinambungan. Bila hanya one-shot program saja, perubahannya tidak akan berkelanjutan. Dan kuncinya adalah keterlibatan orang tua dan guru dalam program ini agar memahami manfaat buah dan sayur, serta menguasai cara memberikan buah dan sayur yang lebih efektif untuk anak. Dengan para orang tua bergantian menyediakan buah dan sayur untuk anak-anak mereka di PAUD, mereka jadi lebih semangat untuk mempraktekkannya di rumah masing-masing," tutup Diana.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Nikmatnya Bento Ramadan HokBen

Irma Wulansari Communication Dept Head PT Eka Bogainti Tak terasa puasa sudah sampai hari ke 12, waktu begitu cepat berlalu, sudah khatam ti...