Minggu, 14 Mei 2017

Pemenang Wirausaha Mikro Terbaik Citi Indonesia 2017

Seluruh Finalis 

Biasanya saya hanya tahu tentang penghargaan untuk para artis seperti Panasonic Awards atau ajang pemilihan Putri Indonesia. Kali ini sedikit berbeda karena pada tanggal 9 Mei 2017 lalu saya hadir di Hotel Gran Mahakam untuk menghadiri pengumuman pemenang wirausaha mikro terbaik di ajang kompetisi dan penghargaaan Citi Microentrepreneurship Awards (CMA) 2017.
20 Finalis CMA

Apa itu Citi Microentrepreneurship Awards (CMA)?
CMA adalah penghargaan wirausaha mikro terbaik yang merupakan inisiatif dan program unggulan Citi yang didanai oleh Citi Foundation. Penyerahan penghargaan kepada 9 wirausaha mikro terbaik serta 1 penghargaan apresiasi bagi Lembaga Keuangan Mikro terbaik diberikan dan disaksikan oleh:
·         CEO Citi Indonesia Batara Sianturi
·   Asisten Deputi Pengembangan Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia Budi Mustopo
·         Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki
·         Program Director Agriculture and Financial Services Mercy Corps Indonesia Andi Ikhwan

Foto bersama setelah fashion Show 

Sambil menunggu perwakilan dari Deputi Pengembangan Kewirausahaan KEMENKOP para finalis CMA diajak melakukan games seru yaitu berjalan di atas panggung dengan bergaya ala fashion show. Tentu saja hal ini membuat suasana ruang Magnolia di Hotel Gran Mahakam menjadi ramai, karena para finalis CMA ini bergaya dengan gaya mereka masing-masing lengkap dengan pakaian adat dari mana mereka berasal.
Acara CMA ini sebenarnya sudah memasuki tahun ke 12, yang merupakan inisiatif dan program unggulan Citi yang didanai oleh Citi Foundation serta dilaksanakan di 30 Negara, termasuk Indonesia. Selama penyelenggaraan CMA di Indonesia, ajang ini telah menarik lebih dari 5.500 pengusaha mikro serta telah memberikan penghargaan kepada lebih dari 120 pengusaha mikro.

Dalam sambutannya Batara Sianturi mengatakan “Citi Indonesia percaya bahwa kemandirian wirausahawan selalu berawal dari hal-hal kecil terlebih dahulu. Kami yakin bahwa semakin banyak masyarakat yang berani dan siap berwirausaha yang dimulai dari skala mikro, maka semakin besar peluang pertumbuhan ekonomi Indonesia yang meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. Sebagai inisiatif global dan program unggulan Citi Indonesia yang didanai oleh Citi Foundation, Citi Microentrepreneurship Awards bertujuan untuk meningkatkan wawasan mengenai pentingnya kewirausahaan dan akses keuangan bagi pengusaha mikro. Hal ini sejalan dengan program dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Pemerintah Republik Indonesia dalam mewujudkan Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI).”

Produk hasil karya finalis CMA

CMA diikuti lebih dari 500 pengusaha mikro dari berbagai provinsi di Indonesia. Mereka mendaftarkan usahanya dalam ajang Citi Microentrepreneurship Awards sejak 9 November 2016. Elvera N. Makki mengatakan “Dari jumlah tersebut diseleksi menjadi 50 terbaik, yang kemudian terpilih 20 pengusaha mikro terbaik untuk mengikuti pembekalan mengenai financial inclusion dan financial literacy serta berbagai materi yang terkait dengan pengembangan usaha mikro. Seleksi dilakukan oleh para juri yang kompeten di bidangnya serta dari berbagai latar belakang antara lain akademisi, sektor keuangan, media bisnis, dan institusi pemerintah terkait.”

Foto bareng pemenang


Berdasarkan data Badan Pusat Statistik menyatakan bahwa pelaku usaha mikro memberikan kontribusi bagi perkembangan ekonomi di Indonesia, dapat dilihat dari jumlahnya yang terus mengalami peningkatan. Disebutkan bahwa pada tahun 2013, terdapat 2.887.015 usaha mikro yang tersebar di seluruh Indonesia, jumlah tersebut terus meningkat dimana pada tahun 2015 mencapai angka 3.385.851 unit usaha mikro atau naik sekitar 17,3%.

Penghargaan CMA 2016 - 2017 diberikan kepada pemenang yang terbagi dalam 5 kategori kompetisi yaitu:
1.       Green Microentrepreneur
2.       Agriculture Microentrepreneur
3.       Service Microentrepreneur
4.       Fishery Microentrepreneur
5.       Creative Microentrepreneur
Selain itu ada 3 kategori penghargaan khusus yang akan diberikan yaitu:
1.       Young Microentrepreneur
2.       Best Woman Microentrepreneur
3.       Most Innovative Microfinance Institution yang akan diberikan kepada lembaga keuangan



Penghargaan puncak bagi pengusaha mikro dalam CMA 2017 adalah Microentrepreneur of the Year.
Pemenang CMA 2016 - 2017 adalah:
·         Microentrepreneur of the Year    : Rita Indriana
·         Young Microentrepreneur           : Endi Putra Roza
·         Best Woman Microentrepreneur : Lia Nilamdewi
·         Green Microentrepreneur            : Briane Novianti Syukmita
·         Agriculture Microentrepreneur   : Heri Susanto
·         Service Microentrepreneur          : Nufus Mutmainah
·         Fishery Microentrepreneur          : Aris Hartana
·         Creative Microentrepreneur        : Rita Indriana
·         Most Innovative Microfinance Institution : KSPPS Bina Sejahtera Ummat Banda Aceh

Saat saya bertanya di mana ruang Magnolia pada petugas Hotel Gran Mahakam, petugas tersebut balik bertanya mau ke acara apa Bu? Acara Citi Bank jawab saya. Adanya acara Mercy Bu. Oh ternyata itu satu acara yang sama.



Apa itu Mercy Corps Indonesia?
Mercy Corps Indonesia (MCI) adalah organisasi lokal yang berpusat di Jakarta yang bertujuan memberdayakan masyarakat Indonesia untuk membangun komunitas yang sehat, produktif dan tangguh. Aktivitas MCI menekankan pada kemitraan strategis dengan pemerintah dan perusahaan dalam semua programnya dan bekerja dekat dengan komunitas agar dapat benar-benar memahami tantangan yang mereka hadapi untuk bekerjasama dalam mendapatkan solusi.
MCI mempunyai 6 fokus yaitu:
1.       Meningkatkan kesempatan ekonomi dan akses jasa keuangan
2.       Meningkatkan kesehatan dan gizi
3.       Air dan sanitasi
4.       Adaptasi perubahan iklim  
5.       Pengurangan risiko bencana
6.       Tanggap darurat bencana

Suzi & Ibu Elvera N Makki

Akhirnya acara pun berakhir dengan kegembiraan para pemenang CMA, dan yang belum jadi pemenang pun tetap gembira karena mereka adalah pengusaha kecil yang hebat dan sudah menjadi 20 finalis terpilih. Mbak Susi yang duduk di meja saya dan merupakan seorang pengusaha berniat mengikuti CMA tahun depan. Teman-teman yang punya usaha jangan lupa ikutan juga ya. Saya sendiri iseng foto di atas panggung dengan doa siapa tahu dapat menjadi pengusaha seperti mereka.

Setiap ucapan adalah Do'a😀


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Nikmatnya Bento Ramadan HokBen

Irma Wulansari Communication Dept Head PT Eka Bogainti Tak terasa puasa sudah sampai hari ke 12, waktu begitu cepat berlalu, sudah khatam ti...