Minggu, 02 Juli 2017

Pemandian Air Panas Pemali Sungailiat Bangka

Kolam air panas

Assalamualaikum, besok sudah Senin tentunya sudah mulai beraktivitas kembali. Saya masih di Bangka dalam rangka mudik sekaligus liburan. Saya pilih mudik ke Bangka karena dulu saya sekolah di sini. Dan ada dua adik dan kakak saya tinggal di Bangka.


Setelah lulus SMK tahun 2000 dan kembali ke sini tahun 2008, baru tahun 2017 saya kembali lagi ke Bangka. Tak tanggung-tanggung saya mudik selama 21 hari 😁, saya akan mengunjungi berbagai tempat wisata di sini. Selain pantai ada pemandian air panas yang ada di Kecamatan Pemali, Kabupaten Sungailiat Bangka. Konon menurut penduduk asli di sini dulu air ini sangat panas dan bisa untuk merebus telur. Saat mereka akan pergi ke kebun mereka melemparkan telur dan diambil saat akan makan siang.

Seiring berjalannya waktu air panas ini dikelola oleh pemerintah setempat. Tarif masuk ke area pemandian air panas ini cukup terjangkau Rp 15.000 untuk anak-anak dan Rp 25.000 untuk dewasa. Ada beberapa kolam air panas, ada 2 kolam yang suhunya mencapai 40 derajat celcius, saya tidak kuat untuk berendam, bisa sebenarnya tapi harus perlahan dimulai dari kaki, setelah suhu tubuh bisa beradaptasi lanjut sampai pinggang, setelah lama baru bisa seluruh tubuh. Air panas ini mengandung belerang jadi yang memiliki sakit kulit bisa banget untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit tersebut😱. Manfaat lainnya berendam di air panas ini bisa menyembuhkan rematik, melancarkan peredaran darah. Insya Allah dengan keyakinan dan atas izin Allah kita semua bisa sehat.

Merokok dengan cuek seperti bebek

Saya cukup puas dengan fasilitas dan kebersihan di sini, hanya saja agak kecewa karena ada beberapa orang merokok sembarangan. Padahal di sini banyak anak-anak, mungkin ini menjadi "PR" untuk pemerintah setempat khususnya Dinas Kesehatan agar lebih ketat soal peraturan dilarang merokok sembarangan. Karena seperti kita ketahui merokok itu berbahaya, rasanya saya ingin sekali menegur bapak-bapak yang merokok di depan saya dan asap rokoknya terbang ke arah saya😈. Tapi biarlah sebaiknya saya menghindar saja, toh saya hanya pengunjung di sini.

Dewi KDI

Selain kolam air panas ada juga water boom di area terpisah tapi masih di lokasi yang sama. Ada juga arena perahu bebek, arena bermain, mini zoo dan panggung hiburan. Khusus hari ini dimeriahkan oleh Dewi KDI yang memang asli penduduk Bangka. Tak terasa sudah sejak jam 10 pagi saya berada di pemandian air panas ini, berarti sudah 8 jam saya berada di sini. Walaupun si kecil masih senang tapi kami harus pulang dulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Komposisi Ideal Kabinet Kerja Jilid II Jokowi

Beberapa hari ini saya penasaran alias kepo, siapa saja nama-nama jajaran Menteri Kabinet 2 Jokowi. Karena sebagai masyarakat awam saya ...