Jumat, 17 November 2017

Obat Generik Dengan Kualitas Paten

Halo apa kabar, semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan kelancaran dalam segala urusan karena kesehatan adalah rezeki paling utama yang harus kita syukuri. Alhamdulillah walau terkadang sakit tetapi hanya penyakit ringan saja seperti flu, sakit kepala dan sakit gigi. Biasanya kalau sedang sakit, dan minum obat maunya cepat sembuh. Saya sendiri berusaha mengurangi konsumsi obat, apalagi obat warung. Biasanya saya berobat ke Puskesmas dan mendapat obat generik. Apa itu obat generik? Nah pada tanggal 13 November 2017 lalu saya berkunjung ke Hexpharm Jaya di kawasan Cikarang.


Pabrik Hexpharm Jaya berdiri pada tahun 1971, secara khusus bergerak dalam bidang pengembangan, produksi, dan pemasaran obat. Pabrik ini masuk ke dalam 20 perusahaan farmasi terbesar di Indonesia, dan juga tercatat sebagai 3 perusahaan farmasi generik terbesar di Indonesia.


Obat generik adalah obat yang telah habis masa patennya, sehingga dapat diproduksi massal oleh semua perusahaan farmasi tanpa perlu membayar royalti.

Ada dua jenis obat generik yaitu:
  • Obat generik bermerek dagang yang kandungan zat aktifnya diberi nama (merek) oleh perusahaan pembuatnya.
  • Obat generik berlogo yang dipasarkan dengan merek kandungan zat aktifnya. 

Sedangkan nama obat ada tiga yaitu:
  • Nama Kimia harus sesuai rumus
  • Nama Generik contoh: Amoxicillin , Amoxicillin Trihydrate
  • Nama Dagang contoh: Kalmocilin, Bintamox, Amoxan, Scannoxyl


Pukul 07:00 pagi kami sudah berkumpul di Plaza Semanggi untuk berangkat ke Cikarang. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih selama dua jam, akhirnya kami tiba di lokasi pabrik dan disambut para karyawan dengan baik. Setelah beristirahat sebentar, Bapak Parlindungan DS selaku Site Head PT Hexpharm Jaya menjelaskan tentang pabrik ini. Selanjutnya Dr. Artati selaku General Manager Medical Department PT Kalbe Farma Tbk menjelaskan tentang obat.

PT Hexpharm Jaya merupakan perusahaan farmasi yang tergabung dalam Kalbe Grup yang memiliki keunggulan-keunggulan kompetitif seperti berikut ini.

Seragam khusus tamu

Memiliki sistem yang handal untuk menjamin mutu produk terbangun dari, selama, dan setelah proses produksi. PT Hexpharm Jaya telah menerapkan:
  • Good Manufacturing Practice yang terkini dan standar Pharmaceutical Inspection Convention
  • Sistem manajemen mutu ISO 9001: 2015 yang bertujuan untuk memastikan perusahaan selalu menghasilkan produk-produk bermutu sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan.
  • Sistem kesehatan dan keselamatan kerja OHSAS 18001: 2007
  • Sistem manajemen lingkungan ISO 14001: 2004
  • Lean Manufacturing dan Total Productive Management

Infrastruktur yang handal, mesin-mesin yang digunakan di bagian produksi didesain sesuai dengan teknologi terkini dengan spesifikasi yang ditetapkan oleh good manufacturing practice. Fasilitas laboratorium yang handal menunjang fasilitas pemeriksaan sebelum dan selama proses produksi dilakukan. Sistem penunjang seperti HVAC, PWG, Clear System, IPAC menjamin proses produksi berjalan sesuai spesifikasi dan hasil produksi tidak mencemari lingkungan.

PT Hexpharm Jaya menerapkan standar mutu yang tinggi dan menggunakan teknologi canggih sehingga mampu memproduksi lebih dari 500 juta tablet obat setiap bulan. Selain digunakan di dalam negeri, obat dari PT Hexpharm Jaya juga diekspor ke negara lain seperti Singapura, Kamboja, Myanmar, dan Hongkong.


Melihat Langsung Area Produksi

Saya bersama teman-teman blogger mendapat kesempatan melihat langsung area produksi dan ruang Quality Control. Ruang pertama yang kami kunjungi adalah ruangan pengemasan. Sebelum masuk kami diwajibkan menggunakan seragam khusus dan penutup sepatu. Lucu sih karena belum terbiasa, untuk pakaian khusus tamu hanya bisa digunakan sekali pakai. Hal ini dilakukan agar ketika memasuki ruang produksi harus steril. Tak lupa juga menggunakan penutup kepala dan masker. Sampai masuk ruangan pun tangan harus dicuci dulu kemudian dikeringkan dengan pengering yang berstandar seperti yang ada di bandara agar air tidak kemana-mana saat digunakan. Selain itu tidak diperkenankan membawa barang yang berbau logam di tubuh, termasuk jam tangan, bros, jarum pentul bagi karyawan ataupun tamu khususnya yang berhijab. Semua proses itu dilakukan agar terjaga standarisasi dan kualitas obat yang diproduksi.

Karyawan yang melakukan penimbangan di bagian produksi dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) yang sangat lengkap. Dan sistem penimbangan menggunakan komputerisasi untuk menghindari terjadinya kesalahan. Pada bagian pengemasan juga menggunakan mesin canggih dengan sistem komputerisasi sehingga bila terjadi kesalahan misalnya kelebihan atau kekurangan, otomatis mesin akan memisahkan ke bagian produk reject. 

Kemasan Biru

Sejak September lalu kemasan Obat Generik produksi PT Hexpharm Jaya atau lebih mudah disebut HJ Generik berubah menjadi warna biru, dari yang biasanya berwarna putih. Ini dilakukan agar obat generik HJ lebih mudah diingat.

Setelah melihat langsung proses produksi bisa dipastikan tak perlu ragu untuk menggunakan obat generik dari PT Hexpharm Jaya karena:
  1. Sudah memenuhi standar produksi yang ditetapkan pemerintah.
  2. Setara dengan obat paten.
  3. Terjamin kualitasnya.
  4. Diproduksi di pabrik yang modern.
  5. Memilik rangkaian produk generik yang lengkap.

Terakhir yang perlu diperhatikan saat membeli obat, jangan lupa pemilihan obat generik itu harus JELI
J : Jelas produsennya
E : Efektif khasiatnya
L: Lihat kemasannya
I : Ingat belinya hanya di tempat resmi

Sekarang saya jadi mengerti apa itu obat generik. Kita berharap selalu diberi kesehatan dan umur yang berkah dalam artian panjang umur dan sehat selalu, serta bisa menebar manfaat bagi orang lain. Tapi kalau sudah sakit jangan lupa minum obat ya. Gabung yuk di media sosial @HJgenerik untuk mendapat berbagai informasi bermanfaat.

#HJGenerik #KemasanBiruHJ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Nikmatnya Bento Ramadan HokBen

Irma Wulansari Communication Dept Head PT Eka Bogainti Tak terasa puasa sudah sampai hari ke 12, waktu begitu cepat berlalu, sudah khatam ti...