Senin, 04 Desember 2017

Aplikasi Untuk Para Pencari Kerja


Halo selamat pagi, hari Senin biasanya kemacetan semakin bertambah parah. Anak sekolah dan para pekerja berlomba-lomba untuk tiba tepat waktu, baik di sekolah ataupun di kantor. Ngomongin pekerjaan jadi ingat waktu saya baru lulus SMK. Sebelum melanjutkan kuliah saya ingin bekerja dulu, terbayang susahnya mencari pekerjaan waktu itu karena biasanya perusahaan mencari lulusan D3 atau S1. Pernah saya baca ada lowongan kerja di koran, ternyata setelah saya datangi lowongan tersebut abal-abal dan kita disuruh bayar sejumlah uang dengan nominal tertentu untuk jaminan bahwa kita diterima bekerja. Namanya masih belum punya pengalaman ya mau saja bayar walaupun jumlahnya ga banyak, dan saya lihat ada banyak sekali calon pekerja yang tertipu seperti saya.

Lain lagi cerita teman saya yang waktu itu melanjutkan kuliah, uang kiriman tak pernah cukup. Terkadang uang kiriman belum datang, persediaan uang sudah habis. Karena itulah terkadang dia berusaha mencari pekerjaaan serabutan agar bisa memenuhi kebutuhannya, asal pekerjaan tersebut tidak mengganggu kuliahnya. Memang harusnya seperti itu ya jadi mahasiswa harus kreatif jangan tahunya meminta orang tua saja.


Sekarang ada Aplikasi GAWE yang menjadi solusi. Aplikasi GAWE didirikan oleh 3 orang yang mempunyai masalah klasik. Mereka melakukan inovasi  secara teknologi untuk mengatasi masalah tersebut. Aplikasi GAWE mempertemukan antara pengusaha kecil dan menengah yang membutuhkan tenaga kerja harian dengan orang yang membutuhkan pekerjaan sementara. Aplikasi GAWE yang launching pada tanggal 17 November 2017 diharapkan bisa segera menjangkau seluruh wilayah Jabodetabek. Menurut Budiarto Harsono sebagai Co-Founder Gawe, “Kita harus membangun di mana ada employee di situ harus ada employer, kedua hal ini harus tumbuh berkembang seiring sejalan”.


Cara menggunakan Aplikasi GAWE
  • Download Aplikasi GAWE di Google Play Store.
  • Masukan nomer ponsel untuk memverifikasi akun.
  • Masukan kode (yang sudah dikirim ke nomer ponsel).
  • Isi profile mulai dari foto, nama sesuai KTP, email, alamat dan jenis kelamin.
  • Pilih apa yang kita butuhkan cari pegawai atau cari kerja.


Walaupun saat ini banyak aplikasi tentang pekerjaaan, tetapi belum ada aplikasi mengenai kebutuhan pegawai sementara. Yang banyak justru aplikasi yang dibatasi dengan pekerjaan tertentu dan tidak real time. Sementara dengan berkembangnya usaha online saat ini sangat dibutuhkan ketersediaan pegawai temporer yang bisa dikontrak dengan cepat. Misalnya saat perusahaan membutuhkan tenaga kerja untuk order yang lagi banyak, pengawai temporer bisa langsung datang dan bekerja.

Seperti dikatakan juga oleh Kurniawan Aryanto yang juga salah satu Co-Founder GAWE, “Aplikasi ini membantu orang banyak untuk mendapatkan penghasilan, sehingga bisa menghidupi banyak kalangan. Karena bisa dilakukan semua orang tanpa keahlian khusus, tanpa modal dan cepat mendapatkan pekerjaan. Dan jika dilihat dari sisi pengusaha kecil menengah, ketersediaan pekerja temporer atau harian dapat meringankan beban biaya perusahaan dari sistem sumber daya manusia. Karena tidak semua pekerjaan membutuhkan tenaga permanen. Selain itu aplikasi ini juga dapat membantu karyawan yang mengalami pemutusan hubungan kerja yang akhir-akhir ini banyak terjadi. Karena belum mendapatkan pekerjaan permanen, pekerjaan sementara bisa untuk menopang kehidupan sehari-hari.

Sedangkan Elroy Hafidi Hardoyo sebagai CEO Gawe menceritakan awal mula idenya membuat Aplikasi Gawe "Ada temannya yang mempunyai usaha bisnis franchise makanan dan mempunyai kendala saat stafnya tiba-tiba absen, dia memerlukan karyawan pengganti seketika tapi kesulitan mencari orang. Sementara mahasiswa pelanggan rumah makan tersebut banyak mengirimkan pesan singkat untuk menanyakan pekerjaan partime".

Aplikasi Gawe dapat didownload di Play Store dan App Store. Bagaimana setelah mengetahui adanya aplikasi ini? Bagi para mahasiswa dan pencari kerja ataupun pengusaha kecil dan menengah, ini adalah solusinya. Keunggulan Aplikasi Gawe adalah respon cepat, lokasi pekerjaan tidak jauh karena paling jauh 5 km dari lokasi pencari kerja. Hal ini memudahkan pengguna aplikasi ini, sama seperti saat saya membutuhkan orang untuk mengecat rumah baru-baru ini. Yang punya online shop juga bisa banget nih cari pekerja harian untuk membantu menyelesaikan orderan yang meningkat di akhir tahun. Semangat bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Nikmatnya Bento Ramadan HokBen

Irma Wulansari Communication Dept Head PT Eka Bogainti Tak terasa puasa sudah sampai hari ke 12, waktu begitu cepat berlalu, sudah khatam ti...