Selasa, 22 Mei 2018

Nutrisi Yang Tepat Untuk Anak



Halo selamat malam, saya baru bisa menulis di malam hari karena menunggu si kecil tidur. Oh iya kita masih mau bahas mengenai Tanggap yang Lengkap. Memang kalau membahas tentang pendidikan anak, kecerdasan dan perkembangan si kecil tak kan ada habisnya. Itu lebih baik daripada kita ngegosip ga jelas, ya kan? Baca juga tulisan saya sebelumnya di sini.

Sebagai ibu jaman now pasti semua sudah pada tahu kan bahwa si kecil dapat tumbuh dengan tanggap dan lengkap dimulai dari otaknya. Nutrisi yang tepat untuk pertumbuhan otak si kecil mendukungnya tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual tapi juga kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial.

Sebagai orang tua saya berusaha memberikan nutrisi yang terbaik, dimulai dari rumah. Apapun kita lakukan agar nutrisi otak dan gizi anak tercukupi. Nutrisi adalah zat gizi yang diperlukan untuk tumbuh bagi semua sel dalam tubuh termasuk sel otak. Zat gizi terdiri dari zat gizi makro (Protein, Lemak, Karbohidrat). Zat gizi makro diperlukan oleh tubuh dalam hitungan gram berguna menghasilkan energi, menggantikan sel-sel tubuh yang rusak.
Sedangkan zat gizi mikro seperti:
  • Vitamin A, D, E, K, B, C
  • Mineral Na, Cl, Ca, FE, Zn, Mg, Se

Zat gizi mikro berguna sebagai ko-enzim metabolisme zat gizi makro, diperlukan dalam hitungan mg.

Pemberian nutrisi pada anak contohnya memberi anak makanan yang bergizi seperti buah dan sayur. Saya juga percayakan nutrisi anak saya pada Bebelac.
Bebelac baru yang disempurnakan mengandung:
  • Minyak ikan dan omega 6 yang ditingkatkan.
  • FOS:GOS 1:9
  • 13 Vitamin dan 9 Mineral

Bebelac baru yang disempurnakan dengan DHA (Asam lemak yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga harus didapatkan dari asupan makanan) dan omega 6 lebih tinggi, dengan rasa yang lebih lezat. Saya percaya nutrisi dari Bebelac dan stimulasi para ibu dukung si kecil tumbuh dengan tanggap yang lengkap. Anak yang tanggap dan lengkap IQnya dalam kehidupan sehari-hari dapat dilihat dari:
  • Kecepatan berfikir
  • Menghafal lagu
  • Mengingat gerak tari
  • Mengingat angka, huruf, nama
  • Berhitung
  • Bermain peran
  • Membuat karya (menulis atau menggambar)

Sedangkan anak yang memiliki tanggap yang lengkap secara EQ meliputi:
  • Membantu menyelesaikan masalah orang lain misalnya anak bisa membantu teman yang mainannya jatuh. Atau ada teman bermainnya yang tangannya kotor, anak yang tanggap dan lengkap akan membantu mengajak mencuci tangan.
  • Membatu temannya yang terjatuh juga merupakan kecerdasan anak yang tanggap dan lengkap.

Dalam kehidupan sehari-hari pasti bunda sering memperhatikan anak, bagaimana perkembangan bahasa anak, juga perkembangan sosial anak. Saya sendiri sering banget karena saya tinggal di perkampungan yang anak-anak banyak sekali bermain bersama temannya. Anak yang tanggap bersosialisasi dapat dilihat saat bermain bersama, contohnya senang sekali bermain dan berbagi bersama temannya, tidak takut menyapa orang yang baru dikenal atau jarang bertemu. Nah untuk ini kita juga harus bisa mengajarkan pada anak agar berhati-hati terhadap orang yang tak dikenal. Karena orang yang tidak dikenal ada juga yang berniat jahat (penculik).

Oh iya sebagai orang tua perlu juga memperhatikan jam bermain anak. Misalnya waktu istirahat jam 12.00 - 15.00 anak harus di rumah untuk beristirahat. Anak cenderung ingin bermain jika melihat atau mendengar ada temannya yang bermain di jam istirahat. Di sini peran orang tua sangat diperlukan. Atau bagi bunda yang bekerja sebaiknya berpesan kepada pengasuh anak agar saat jam istirahat anak harus tidur atau istirahat di rumah. Ini juga masuk dalam kecerdasan bersosialisasi karena anak yang berisik akan mengganggu temannya yang sedang beristirahat.

Hehehe ini berlaku untuk yang tinggal di lingkungan padat seperti saya. Beda lagi jika tinggal di lingkungan yang rumahnya berjauhan. Kalau kalian bagaimana? Cerita yuk perkembangan si kecil, apakah sudah memiliki kecerdasan tanggap yang lengkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Nikmatnya Bento Ramadan HokBen

Irma Wulansari Communication Dept Head PT Eka Bogainti Tak terasa puasa sudah sampai hari ke 12, waktu begitu cepat berlalu, sudah khatam ti...