Rabu, 06 Juni 2018

Bazaar Rakyat Bersama Sinar Mas


Halo apa kabar, tak terasa sebentar lagi Lebaran. Menjelang Lebaran biasanya kebutuhan semakin meningkat, tak hanya kebutuhan baju Lebaran tapi juga kebutuhan dapur, salah satunya minyak goreng. Demikian juga saya saat belanja bulanan pasti minyak goreng ada dalam daftar belanja di nomor urut pertama. Dalam memilih minyak goreng jangan hanya memilih harga murah, tapi kualitasnya juga saya perhatikan. Paling senang kalau ada bazaar, ibu rumah tangga seperti saya merasa sangat tertolong. Dengan adanya bazaar bisa mengirit pengeluaran.

Ngomongin bazaar, dalam rangka membantu masyarakat yang membutuhkan, Sinar Mas mengadakan Bazaar Rakyat 2018 dengan menjual minyak goreng berkualitas seharga Rp 16.000 per dua liter.



Bazaar Rakyat 2018 dilaksanakan di beberapa tempat, di antaranya:
  • Bazaar Rakyat diadakan di Klender bersama Gereja St. Anna untuk membantu  masyarakat memenuhi kebutuhan minyak goreng berkualitas dengan harga terjangkau tanpa melihat perbedaan.
  • Sinar Mas bekerjasama dengan Dharma Wanita Kementerian Komunikasi dan Informatika pada tanggal 4 Juni 2018. Acara dilaksanakan di Kominfo dan dihadiri oleh Presiden Direktur Smartfren Bapak Merza Fachyz dan istri Menteri Kominfo, Ibu Triana Rudiantara.
  • Bazaar Rakyat juga diadakan di Sinar Mas Land Plaza, yang diikuti oleh masyarakat sekitar dari berbagai jenis pekerjaan seperti satpam, office boy, pedagang kaki lima, tukang sablon hingga tukang ojek. Acara dihadiri oleh Bapak Carel Risakotta selaku advisor dari Sinar Mas.
  • Di halaman parkir Kementerian Dalam Negeri Jakarta Pusat. Bazaar Rakyat juga disambut antusias masyarakat yang merasa sangat senang bisa membeli minyak berkualitas dengan harga Rp 16.000 per dua liter. Acara dihadiri oleh perwakilan dari Sinar Mas Bapak Lukmono Sutarto didampingi Ketua Dewan Penasehat Dharma Wanita Kemendagri Ibu Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, yang secara seremonial membuka penyaluran minyak goreng Filma sebanyak 3000 liter.

Bazaar Rakyat 2018 juga dilaksanakan di beberapa kota seperti Jepara, Cirebon, Bandung, dan Semarang. Oh iya bazaar rakyat yang diadakan Sinar Mas merupakan program corporate social responsibility (CSR) sesuai dengan kebijakan pemerintah sembari berbagi. Seperti yang dikatakan Managing Director Sinar Mas, G. Sulistyanto “Penjualan  minyak goreng kemasan adalah bagian komitmen sektor industri menjamin ketersediaan pasokan bagi masyarakat, khususnya di bulan Ramadan. Bazaar Rakyat sekaligus menjadi kesempatan kami guna berbagi dengan masyarakat, mengedepankan produk dan merek sendiri. Selain menjalankan program CSR mengedepankan produk dan merek andalan sendiri, kami sekaligus dapat mengaplikasikan nilai-nilai kepedulian, beserta semangat berbagi dan silaturahmi dengan sesama di bulan Ramadan”.


Sejak tahun 2005 melalui PT. Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk. (PT. SMART), telah menyalurkan lebih dari 30 juta liter minyak goreng kemasan dengan beragam merek seperti Filma, Kunci Mas, dan Mitra di berbagai kota. Kegiatan melibatkan semua pilar bisnis Sinar Mas yang ada, serta para mitra dari beragam lembaga seperti TNI, POLRI, Perguruan Tinggi, Organisasi Kemasyarakatan, serta Pesantren. Tahun ini minyak goreng disalurkan seharga Rp 8.000 per liter saat harga di pasaran mencapai Rp 13.000. Tapi saya lebih senang membeli minyak goreng ukuran dua liter karena lebih hemat. Ibu-ibu mah selalu begitu, hemat dalam segala hal.


Pastinya ibu-ibu seperti saya akrab dan hafal berbagai merek minyak goreng. Minyak goreng berkualitas produksi Sinar Mas didirikan oleh Eka Tjipta Widjaja, berawal saat beliau memilih kewirausahaan sebagai jalan hidupnya di Makassar, Sulawesi Selatan pada tanggal 3 Oktober 1938. Kini perusahaan Sinar Mas sudah berkembang menjadi sebuah brand yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan dengan nilai korporasi dan sejarah yang sama, yang memiliki manajemen sendiri. Pilar usahanya bergerak di bidang pulp dan kertas, agribisnis dan makanan, real estate, jasa keuangan, telekomunikasi dan data, serta energi. Kini Sinar Mas merupakan industri nasional yang melibatkan 380.000 orang karyawan.


Wakaf Ribuan Mushaf Al Quran
Selain bazaar, Sinar Mas juga mengadakan wakaf ribuan mushaf Al Quran pada tanggal 24 Mei 2018 di Tangerang Selatan. Dalam rangka silaturahmi dan mengawali bulan suci Ramadan, Pemerintah Kota Tangerang Selatan bersama Indah Kiat Pulp & Paper - Tangerang  mendonasikan 4.000 mushaf Al Quran. Acara yang berlangsung di Main Office Indah Kiat Tangerang ini juga turut mengundang ratusan anak yatim serta unsur muspida setempat.

Unit industri Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas ini juga mendonasikan Al Quran braille yang ditujukan kepada umat muslim yang berkebutuhan khusus. Al Quran yang diwakafkan ini selanjutnya akan disalurkan melalui berbagai mitra dari Pemkot Tangsel, dan mitra terkait lainnya.

“Program Wakaf Quran merupakan upaya kami guna mengamalkan nilai-nilai kebaikan, kepedulian, serta semangat saling berbagi dan silaturahim dengan sesama. Hal ini juga merupakan komitmen kami untuk mendukung pemerintah dalam upaya pemenuhan kebutuhan Al Quran di tanah air,” ungkap Direktur Sinar Mas Yan Partawidjaja. Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany yang juga hadir memberi apresiasi kepada Indah Kiat Tangerang yang telah banyak memberi manfaat bagi masyarakat sekitar. “Kami menempatkan kegiatan wakaf Quran ke dalam program corporate social responsibility yang mengedepankan produk dan merek andalan sendiri,” tambah Yan.


Kertas Al Quran yang diwakafkan ini menggunakan kertas premium khusus Sinar Tech atau yang lebih dikenal sebagai Quran Paper (QPP). Produk kertas yang dikembangkan oleh unit industri APP, Indah Kiat Pulp & Paper – Tangerang ini memiliki tekstur yang sangat halus. Selain itu, hasil cetakannya sangat baik dan detil. Tinta tidak meluber, dan tidak tembus serta tidak menyilaukan mata pembacanya. Bahkan, kualitas cetakannya mampu bertahan hingga 100 tahun dalam keadaan normal. Kelebihan lainnya, produk kertas ini sudah memenuhi sertifikat halal dari MUI karena bahan baku dan proses produksinya telah memenuhi kaidah kehalalan. 90% dari produk ini diekspor ke negara-negara yang menjadi rujukan pusat-pusat percetakan Al Quran seluruh dunia, antara lain Arab Saudi, Turki, Iran, dan Kuwait. Saat ini APP Sinar Mas sudah memasok 60% kebutuhan kertas Al Quran di dunia sejak tahun lalu.


Sejak tahun 2008 dengan dukungan Asia Pulp & Paper, Sinar Mas telah mendonasikan hampir 800 ribu mushaf Al Quran, beserta buku panduan membaca Al Quran dan Juz Amma, juga set Al Quran braille bagi tuna netra, baik melalui mitra, maupun pilar bisnis Sinar Mas yang tersebar di berbagai wilayah. Penyaluran donasi Al Quran dengan kertas premium ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh APP Sinar Mas bekerjasama dengan berbagai mitra baik pemerintah, lembaga keagamaan, sampai dengan pilar usaha Sinar Mas di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan Al Quran di tanah air.

Berikut minyak goreng produksi Sinar Mas:
  • Filma, minyak goreng Filma adalah minyak goreng premium, terbuat dari buah kelapa sawit pilihan yang diproses secara seksama dengan teknologi penyulingan terbaru dan pengendalian mutu terbaik untuk memastikan kejernihan minyak goreng. Saya biasanya menggunakan minyak goreng untuk menggoreng berbagai jenis makanan dan menumis sayur.
  • Kunci Mas, sama halnya dengan Filma. Kunci Mas terbuat dari kelapa sawit pilihan dan diproses secara seksama. Memang sebagai ibu cerdas dan hemat, saya tidak setia pada satu merek minyak goreng tergantung promo. Jika Filma sedang diskon saya beli minyak goreng Filma, tapi jika saat belanja Kunci Mas turun harga saya akan beli Kunci Mas.
  • Mitra, jujur saya jarang membeli minyak goreng ini. Saya lebih sering membeli minyak goreng Filma dan Kunci Mas.

Minyak goreng dibutuhkan untuk proses masak memasak dan wajib ada di dapur. Kita harus perhatikan cara memilih minyak goreng untuk meminimalisir dampak negatifnya.
Berikut ini tips memilih minyak goreng:
  • Pastikan minyak goreng terbuat dari bahan berkualitas.
  • Pilihlah minyak goreng yang tidak mudah beku.
  • Pilihlah minyak goreng yang mudah mengalir dan tidak lengket di makanan.
  • Pilihlah minyak goreng yang berwarna bening dan tidak mudah menghitam.
  • Sebaiknya membeli minyak goreng kemasan yang sudah teruji kejernihan dan kualitasnya.
Di rumah saat menggunakan minyak goreng, saya selalu perhatikan untuk tidak menggunakan minyak goreng secara berulang. Karena minyak goreng yang digunakan secara berulang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Kalau teman-teman bagaimana cara memilih minyak goreng? Share yuk di coment. Jangan lupa like dan follow media sosial Sinar Mas:
  • https://www.facebook.com/SinarMasID/ (sumber foto)
  • https://twitter.com/sinar_masid
  • http://instagram.com/sinar_masid
  • https://www.youtube.com/user/SinarmasNet/

15 komentar:

  1. Sm mba aq plg byk pke minyak goreng cm 2x

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Mogot sudah berwarna hitam jangan digunakan lagi ya

      Hapus
  2. Kemarin suamiku jg cerita ada bazaar ini tapi dia gak mau beliin buat aku hahaha... Asik ya minyaknya jadi murah harganya.

    BalasHapus
  3. Mkch tips nya ya Mba, merk minyaknya ternyata aku pakai semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya sudah tak asing lagi Filma dan Kunci Mas

      Hapus
  4. Eh asuransi kelyargaku juga pakai Sinarmas Lho... ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi ga cuma minyak goreng ya Sinar Mas ada asuransinya juga.

      Hapus
  5. Hahaha suami beda sama ibu-ibu mana mau dia beli, tapi ada juga yang mau.

    BalasHapus
  6. Wah senang banget liatnya kalo ada Bazaar gitu apalagi Bazaar minyak Filma sama kunci mas yang memang selalu dipakai sehari hari buat masak. mudah mudahan Bazaar Sinarmas bisa sampe ke daerah Utara Jakarta ya, wilayah rumahku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin mba semoga ya ada Bazaar Mogot juga di priuk

      Hapus
  7. Pas banget mau lebaran gini ada bazaar. Mayan buat mengurangi pengeluaran yang membludak. Hahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasca lebaran jangan sampai kehabisan uang ya mba ๐Ÿ˜

      Hapus
  8. Baru tau kalo Filma dan Kunci Mas punya Sinarmas, produk minyak goreng pilihan konsumen cerdas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kunci Mas dan Filma memang jadi sahabat kita di dapur ya

      Hapus
  9. kece nih programnya mba. btw aku baru tau loh, 2 produk minya goreng itu punya Sinar Mas

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.