Kamis, 28 Februari 2019

Cara Mengatasi Batuk Pilek Pada Anak Tanpa Obat


Assalammualaikum ibu-ibu apa kabar? Semoga sehat selalu. Oh iya cuaca yang tak menentu kadang panas, kadang hujan membuat banyak anak yang sakit. Kemarin waktu lewat Puskesmas, saya lihat antrian warga yang akan berobat ramai sekali dan didominasi oleh ibu dan anak-anak.

Sabtu, 09 Februari 2019

Deteksi Dini Kanker Leher Rahim


Salah satu penyakit yang menakutkan adalah Kanker Leher Rahim atau Kanker Serviks ya gaes, di Indonesia setiap 1 jam seorang perempuan meninggal dunia karena kanker leher rahim. Kanker ini merupakan kanker kedua terbanyak pada perempuan di Indonesia setelah kanker payudara.

Sedangkan di dunia setiap 2 menit seorang perempuan meninggal karena kanker leher rahim. Sekitar 500 ribu perempuan didiagnosa menderita kanker leher rahim dan rata-rata  270 ribu kematian setiap tahunnya. Kanker leher rahim atau kanker serviks adalah keganasan yang terjadi pada jaringan leher rahim yang merupakan bagian terendah dari rahim dan menonjol ke puncak liang senggama.

Gejala Kanker Leher Rahim
Pada stadium dini, seringkali tidak menunjukkan gejala atau tanda yang khas. Akan tetapi pada stadium lanjut, muncul gejala-gejala yang harus diperiksa lebih lanjut ke dokter untuk memastikan ada tidaknya kanker leher rahim yaitu:
  • Haid tidak teratur
  • Nyeri panggul
  • Nyeri saat berhubungan seksual
  • Keputihan atau keluar cairan encer putih kekuningan terkadang bercampur nanah dan darah
  • Pendarahan spontan tidak pada masa haid atau di antara menstruasi
  • Pendarahan pada masa menopause

Faktor Penyebab Kanker Leher Rahim
Penyebab kanker leher rahim adalah Human Papiloma Virus (HVP). HPV mudah ditularkan melalui kontak seksual.
Faktor-faktor penyebab kanker leher rahim:
  • Menikah/mulai melakukan aktifitas seksual di usia muda (<20 tahun)
  • Berganti-ganti pasangan seksual
  • Melakukan hubungan seks dengan pria yang sering berganti-ganti pasangan
  • Riwayat infeksi di daerah kelamin atau radang panggul (IMS)
  • Perempuan yang melahirkan banyak anak
  • Merokok atau terpapar asap rokok (perokok pasif)
  • Memiliki keluarga dengan riwayat kanker leher rahim
  • Kurang menjaga kebersihan alat kelamin
  • Adanya riwayat tes pap smear yang abnormal sebelumnya
  • Penurunan kekebalan tubuh misalnya karena HIV/AIDS dan penggunaan obat-obat kortikosteroid jangka panjang

Deteksi Dini Kanker Leher Rahim
Cara mendeteksi kanker leher rahim yaitu pap smear atau Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA). Tes IVA perlu dilakukan oleh wanita yang sudah melakukan hubungan seksual terutama pada usia 30-50 tahun yang bertujuan untuk menemukan sel prakanker dan mengetahui adanya perubahan sel di leher rahim.
Keuntungan melakukan tes IVA di antaranya:

  • Merupakan pemeriksaan yang sederhana, mudah, cepat, dan hasil dapat diketahui langsung.
  • Tidak memerlukan sarana laboratorium dan hasilnya segera dapat diketahui.
  • Dapat dilaksanakan di Puskesmas bahkan mobil keliling yang dilakukan oleh dokter umum dan bidan.
  • Cakupan deteksi dini dengan IVA minimal 80% selama 5 tahun akan menurunkan insiden kanker leher rahim secara signifikan.
  • Skrining kanker leher rahim dengan IVA 5 tahun sekali dapat menurunkan kasus kanker leher rahim.

Bagaimana Cara Pencegahan Penyakit Kanker Leher Rahim
Menghindari faktor risiko kanker leher rahim sangat penting terutama dengan menghindari perilaku seksual berisiko untuk terinfeksi HPV seperti tidak berganti-ganti pasangan seksual dan tidak melakukan hubungan seksual pada usia dini, hindari asap rokok, bagi yang sudah melakukan tes IVA atau pap smear yang hasilnya positif segera lakukan vaksinasi HPV.

Deteksi dini IVA dapat dilakukan di Puskesmas atau Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang mempunyai petugas kesehatan yang terlatih dan kompeten serta memiliki sarana dan prasarana, seperti Bidan Desa, Bidan Praktek Mandiri, Puskesmas, Rumah Sakit, dan Rumah Bersalin.

Kapan terakhir kalian tes IVA? Ayo lakukan tes IVA tak perlu takut dan malu.

Sumber Direktorat Jenderal P2P Kemenkes RI

Senin, 04 Februari 2019

Syarat Hadiah Di Hari Kasih Sayang



Sepasang kekasih biasanya merayakan berbagai hari special, ada banyak sekali hari-hari atau perayaan special yang biasanya dirayakan oleh banyak sepasang kekasih. Berbagai perayaan ini tentunya special dan ditunjukkan untuk menunjukkan rasa kasih sayang yang dalam. Salah satunya adalah hari valentine, ini adalah hari di mana Anda saling berbagi kasih sayang antara sepasang kekasih. Hari ini diperingati pada tanggal 14 Februari, dan menjadi perayaan internasional yang paling terkenal oleh banyak masyarakat di dunia. Perayaan ini dirayakan oleh banyak orang di seluruh dunia, dan menjadi perayaan kedua yang paling terkenal.

Setiap mendekati hari valentine, semua produk, bahkan setiap tempat menjadi special valentine. Perayaannya dirayakan oleh banyak kalangan, dan menjadi perayaan internasional yang dirayakan oleh banyak kalangan di seluruh negara. Hari special ini menjadi sangat terkenal dan disambut banyak kalangan karena menjadi hari yang menunjukkan rasa kasih sayang yang special. Sebenarnya bukan hanya ditunjukkan antara pasangan saja, namun untuk banyak kalangan setiap orangnya. Jika biasanya bahkan hadiah ini ditunjukkan dari seorang pria untuk wanita, di zaman yang sudah semakin maju ini wanita juga bahkan bisa menunjukkan rasa kasih sayangnya kepada seorang pria.

Seorang wanita bisa menunjukkan seberapa besar kasih sayangnya kepada seorang pria, untuk menunjukkan besarnya rasa cinta yang ia miliki juga sebagai rasa terimakasih pada seorang pria karena sudah memberikan rasa kasih sayang yang besar. Nah cerita cinta yang besar ini bisa menjadi cara Anda menunjukkan kebesaran cinta yang ingin ditunjukkan pada pasangan Anda satu sama lainnya. Berbagai hadiah dari wanita ke pria bisa menjadi hadiah yang berarti, tak usah mahal dan memiliki bentuk yang cantik. Beberapa hal penting untuk hadiah wanita pada pria bisa menjadi hal yang menarik untuk hadiahnya.

Di bawah ini syarat yang harus dipenuhi ketika ingin memberikan hadiah di hari valentine pada teman pria Anda atau pasangan pria Anda. Supaya hari valentine yang Anda rayakan bersama pasangan semakin berkesan dan berarti.
  • Ketahui hobby dan minat pasangan. Hadiah yang harus Anda berikan adalah yang berkaitan dengan hobby atau minat dari pasangan Anda atau teman pria Anda. Hadiahnya bisa berupa banyak hal, Anda bisa memberikan karakter kesukaan yang dikoleksi oleh pasangan Anda, hadiah lainnya seperti perlengkapan yang berkaitan dengan kesukaan pasangan Anda, jika terlalu mahal Anda bisa membuat hal kreatif yang Anda buat sendiri agar kesan yang diberikan lebih bermakna. Anda bisa menjahit sendiri, mengukir sendiri, membuat kreasi sendiri agar hadiah yang diberikan menunjukkan kreativitas yang besar dari dalam diri Anda, juga menunjukkan besarnya rasa cinta dan kasih sayang yang ingin Anda tunjukkan kepada pasangan Anda. Beberapa hobby dan minat pasangan itu berbeda-beda, juga memberikan kesan yang berbeda-beda setiap kalangan, Anda tak usah memilih hadiah yang mahal dan besar, hanya memikirkan hal kecil dengan makna yang besar tentunya akan lebih berarti  bagi pasangan Anda.
  • Hal yang unik dan lucu. Mungkin unik dan lucu di sini berbeda dengan hal yang diartikan oleh wanita, hal unik di sini tidak harus kekinian dan berkesan mewah. Unik untuk seorang pria adalah unik yang memiliki arti yang mendalam dengan kesan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Anda bisa memberikan jenis-jenis barang kesukaan dengan kreativitas Anda untuk menunjukkan keseriusan Anda pada pasangan bahwa Anda ingin menunjukkan hal yang berbeda dari biasanya. Anda juga ingin menunjukkan rasa perhatian yang berbeda dengan yang lainnya, juga memberikan kesan yang mendalam. Lucu di sini juga sama dengan unik, namun bisa juga hal-hal yang berkaitan dengan cara bercanda pasangan Anda, juga gaya bersenang-senang pasangan Anda agar hadiah yang diberikan semakin menarik dan berkesan.
  • Hal bermanfaat. Pria akan semakin suka jika diberikan hadiah yang bisa terpakai atau bermanfaat, hadiah-hadiah ini biasanya akan semakin berkesan ketika yang diberikan bisa dipakai dan bisa digunakan sepanjang waktu. Sehingga membuat hadiah itu semakin berarti. Hadiah yang bermanfaat tentunya berkaitan dengan bagaimana seseorang menjalankan kehidupannya, juga apa yang disukainya, atau apa yang dikerjakannya. Hal bermanfaat yang bisa diberikan di hari valentine, seperti barang yang bisa diberikan dan terpakai, produk kesukaan, hal yang sedang sangat dibutuhkan, hal-hal yang mungkin sudah tidak dimilikinya, juga hal-hal yang sudah lama dia pakai. Nah beberapa hal ini bisa menjadi hadiah yang berkesan dan berarti. Tidak diperlukan hadiah yang aneh dan mungkin mahal harganya hanya pikirkan hal mudah yang akan sangat bermanfaat bagi mereka dan sangat mudah digunakan dan bermanfaat untuk dipakai sehari-hari.
  • Sesuai dengan pribadi seseorang. Ini adalah hal penting yang harus dipikirkan oleh Anda, bahwa hadiah yang Anda berikan haruslah sesuai dengan kepribadian dari pria yang akan Anda berikan hadiah di hari valentine. Hadiah ini jangan sampai berbeda dari bagaimana karakter seseorang dalam bersikap. Seseorang pasti memiliki pribadi yang berbeda-beda dan sangat khas pada setiap diri seseorangnya, sehingga hadiah-hadiah yang Anda berikan bisa mencerminkan pribadi mereka agar mereka semakin menyukai hadiahnya. Jika Anda ingin memberikan hadiah yang unik pun tetaplah sesuaikan dengan kepribadian seseorang agar mereka bisa menyukai hadiah yang diberikan. Sepatu, kaos, jam tangan, topi, dasi, ataupun sabuk, bisa dipilih dan disesuaikan dengan warna kesukaan, ataupun dengan bentuk-bentuk yang sesuai dengan karakter kesukaan seseorang, agar hadiah yang diberikan bisa sesuai dan terpakai oleh pasangan Anda atau teman pria Anda. Pria biasanya suka dengan hadiah-hadiah yang manly atau maskulin, hadiah-hadiah ini harus tetap memiliki hal-hal berbau pria dan akan memberikan hal percaya diri pada mereka.
  • Hal yang paling diinginkan. Anda bisa menggunakan taktik berbicara mengenai kesukaan si pria atau terhadap minat si pria, sehingga Anda akan menemukan hal yang sedang diinginkan teman pria Anda atau pasangan Anda ini. Biasanya dari sebuah percakapan akan dihasilkan pada hal-hal yang sedang diinginkan seseorang sehingga Anda bisa mengetahui apa yang diinginkan pasangan Anda dan yang paling diminati pasangan Anda. Hal-hal yang diinginkannya ini juga bisa didapatkan dari Anda bertanya langsung, Anda mungkin tidak harus membelikan hari itu juga biasanya beberapa orang atau tipe seseorang memang tidak terlalu terbiasa dengan kejutan. Anda bisa menjadikan hari valentine ini sebagai hari special yang menarik dan unik antara Anda dan pasangan Anda.

Itulah hal yang bisa Anda perhatikan sebagai syarat ketika Anda ingin memberikan hadiah di hari valentine pada teman pria Anda atau pasangan pria Anda. Berbagi kasih sayang itu tidak harus ditunjukkan dari seorang wanita kepada pria, namun dari wanita ke pria juga harus ditunjukkan dengan tulus agar hubungan keduanya memberikan kisah yang menarik dan saling bersangkutan sama lainnya. Jangan hanya ingin diberi jadilah seseorang yang juga bisa membalas dan menunjukkan rasa cinta agar hubungan yang terjalin semakin awet dan saling terhubung satu sama lainnya.

Makanan Penurun Tekanan Darah

Sejak merasa tidak nyaman, jantung sering berdebar, mudah emosi dan gelisah. Saya memutuskan untuk cek kesehatan ke Puskesmas. Dan benar saj...