Sabtu, 26 Desember 2020

Mengenal Susu A2 dan Manfaatnya untuk Anak

 


Halo semua apa kabar? Di masa pandemi meskipun di rumah saja tetap semangat ya karena banyak hal positif yang bisa kita lakukan. Selain memasak untuk keluarga, saya juga sering ikut webinar mengenai nutrisi ataupun parenting. Saya juga ikut live instagram, seperti yang diadakan di instagram @buumiplayscape pada Kamis, 10 Desember 2020 // 14.00 - 15.00 WIB.

Rabu, 23 Desember 2020

Memasak Kari ala Jepang dengan Praktis dan Mudah


Wonderful Spicy Dish at Mother's Day

Apa kabar ibu-ibu, masih semangat kan? Masa pandemi tahan dulu makan-makan di luar, jalan-jalan, dan mudik juga. Banyak hal positif yang bisa kita lakukan meskipun hanya di rumah saja. Salah satunya memasak makanan kesukaan keluarga. 

Kamis, 17 Desember 2020

Menjaga Kesehatan Keluarga di Masa Pandemi

 Sumber foto: Twitter Halodoc

Halo apa kabar? Tahun 2020 akan segera berganti. Saya merasakan tahun ini cukup berat karena adanya pandemi Covid 19 yang mulai merebak di Wuhan, China sejak akhir 2019. Di Jakarta dan Indonesia pada umumnya sejak tanggal 16 Maret 2020 anak-anak mulai belajar secara online. Aktivitas di luar rumah yang tidak penting juga dikurangi dan mulai diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) agar memutus mata rantai penularan virus corona ini. 

Sabtu, 21 November 2020

Yuk Rekreasi Ke Samudra dan Sea World Lagi


Sejak pandemi saya belum pernah mengajak si kecil rekreasi. Itu berarti sudah 8 bulan di rumah saja, pengen banget ajak anak-anak rekreasi. Tapi di masa pandemi kita harus cari tempat rekreasi yang menaati protokol kesehatan yang sudah ditetapkan Pemprov DKI. 

Jumat, 13 November 2020

Jenis-Jenis Gangguan Pada Mata

Pernahkah kalian merasakan gangguan pada mata? Saya mulai merasakan gangguan mata sejak sering menatap layar telepon pintar (smart phone). Jadi ingat dulu, waktu saya usia 7 tahun dapat dengan mudah memasukkan benang ke lubang jarum saat diminta bantuan oleh ibu. Juga saat membaca tulisan yang sangat kecil pada kemasan minyak angin, kala itu minyak angin botolnya super kecil dan ada gambar kapaknya.


Berbanding terbalik dengan sekarang, saat akan menjahit saya kesulitan memasukan benang ke jarum. Membaca tulisan kecil pun sudah tidak bisa lagi. Terakhir saya sangat merasa terganggu dengan "kedutan" di mata kiri bawah, ini berlangsung selama 3 hari. Mata bawah sebelah kiri bergerak-gerak sendiri tak bisa dikontrol. Berdasarkan informasi yang saya baca cara mengatasinya dengan memijat alis secara perlahan dan juga memijat bagian bawah mata. 


Selain itu juga saya makan wortel mentah, alhamdulillah keesokan harinya kedutan di mata saya berkurang. Mungkin ini juga peringatan agar saya mengurangi intensitas penggunaan gadget supaya gangguan pada mata saya tidak terulang lagi. Memang saya akui terlalu banyak menatap layar telepon pintar dalam kegiatan sehari-hari.


Ternyata ada banyak gangguan mata berdasarkan artikel yang saya baca di website alodokter, berikut kita bahas satu per satu. 


Rabun Dekat 

Adalah gangguan penglihatan ketika mata tampak samar melihat objek jarak dekat. Tapi biasanya rabun dekat disebabkan faktor genetik dari orangtua yang menderita rabun dekat. Solusi untuk mengatasi rabun dekat dengan cara menggunakan kacamata, lensa kontak atau bisa juga dengan laser mata. 


Rabun Jauh 

Rabun jauh atau istilah lainnya miopia adalah kondisi ketika mata tampak samar melihat objek jauh. Penyebabnya juga faktor genetik, alhamdulillah gak punya riwayat keturunan rabun jauh atau dekat. Solusi untuk mengatasi rabun jauh sama halnya dengan mengatasi rabun dekat yaitu dengan kacamata, lensa kontak atau dengan operasi laser mata. 


Rabun Senja 

Jadi ingat waktu kecil, saya sering dengar istilah rabun ayam. Karena saat hari mulai gelap penderita rabun senja tidak bisa melihat. Rabun senja adalah kelainan mata yang terjadi saat seseorang tidak bisa melihat di tempat dengan pencahayaan buruk, gelap atau gangguan mata terjadi saat malam hari.


Biasanya rabun senja dialami sejak lahir dan belum ada cara penyembuhannya. Tapi seiring berjalannya waktu sekarang jarang menemui kasus rabun senja. Hal ini karena kesadaran ibu hamil mengonsumsi vitamin termasuk vitamin A sudah meningkat. 


Buta Warna 

Buta warna adalah kondisi dimana seseorang tidak bisa membedakan satu warna dengan warna yang lain. Atau tidak bisa melihat warna tertentu. Kondisi ini terjadi jika sel warna dalam mata tidak bekerja normal.  Hal ini bisa terjadi sejak lahir atau baru dialami saat dewasa yang disebabkan oleh konsumsi obat-obatan atau dampak penyakit tertentu.


Glaukoma

Glaukoma adalah penyakit gangguan pada saraf penglihatan akibat peningkatan tekanan di dalam bola mata. Glaukoma biasanya berkaitan dengan darah tinggi, adanya sumbatan di saluran air mata, atau penggunaan obat mata golongan kortikosteroid secara berlebihan. 


Konjungtivitis

Merupakan gangguan mata yang terjadi karena peradangan pada konjungtiva (selaput tipis yang melapisi bola mata dan kelopak mata bagian dalam). Biasanya disebabkan oleh debu, virus, bakteri, alergi, atau juga terpapar asap rokok. Bisa juga disebabkan oleh bahan kosmetik tertentu. Sebaiknya kita rajin mencuci tangan agar terhindar dari gangguan mata ini. 


Katarak

Katarak terjadi karena penumpukan protein pada lensa mata, sehingga menyebabkan penglihatan jadi samar.  Katarak terjadi akibat proses penuaan, radiasi ultraviolet, diabetes, obesitas, cedera mata atau bawaan lahir. Cara mengatasinya dengan operasi katarak. 


Astigmatisme

Merupakan kelainan mata yang disebabkan oleh lengkungan kornea, atau lensa tidak sempurna atau tidak rata. Kondisi ini mengakibatkan jatuhnya cahaya pada retina sehingga menyebabkan retina menjadi samar atau berbayang. Biasanya disebabkan faktor keturunan. 


Mata Panda

Lingkaran hitam di bawah mata atau biasa disebut mata panda. Jika dulu masalah mata panda hanya dialami oleh para pekerja yang kurang istirahat, sekarang anak sekolah pun matanya nampak lingkaran hitam. Cara mengatasinya dengan rutin menempelkan irisan timun atau kantong teh celup selama beberapa menit. 


Ada beberapa kasus pada anak-anak sekarang yang sudah mengalami gangguan mata sejak dini. Solusinya tentu harus segera dibawa ke dokter mata untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Budayakan juga konsumsi makanan yang sehat dan mengandung vitamin A untuk menjaga kesehatan mata. Pada anak-anak usia balita juga ada pemberian vitamin A gratis pada bulan Februari dan Agustus setiap tahun. 


Bagaimana dengan teman-teman semua, apakah punya masalah dengan mata dan bagaimana cara kalian mengatasinya? 


Senin, 26 Oktober 2020

Blender Kapsul


Halo ibu-ibu apa kabar, masak apa hari ini? Selain peralatan masak pada umumnya, seperti wajan, panci, pisau, biasanya kita memerlukan blender untuk membuat bumbu halus, membuat jus, menghaluskan daging ayam atau daging sapi. Selama menikah 14 tahun saya sudah tiga kali punya blender. Blender pertama rusak karena saya gunakan untuk jualan Pop Ice. Digunakan setiap hari dan berkali-kali hingga karetnya tipis. Bisa sih sebenarnya beli komponen yang rusak lalu servis sendiri atau bawa ke tukang servis elektronik. Tapi kadang ada rasa malas dan ambil tindakan cepat beli baru saja. 


Blender kedua rusak juga karena saya gunakan untuk blender daging gaes. Hahaha cari perkara ya, sudah tahu daging berserat meskipun sudah dipotong-potong kecil, tetap saja blender saya rusak. Mesinnya mati ga bisa nyala lagi. Akhirnya saya lama tuh gak punya blender. Cuma kadang pas ingin bikin jus,  jadi repot kan ya. Saya mulai cari-cari lagi nih blender yang cocok dan harga terjangkau pastinya. 


Pilihan saya jatuh pada blender kapsul yang bisa dibeli secara online. Pertama saya cek review pembelinya dulu. Kalau bagus saya lanjut tapi kalau jelek ya gak jadi beli. Nah kebetulan review blender kapsul ini hampir 90% menyatakan puas. Oke kita beli juga gaes siapa tahu pengen bikin jus atau pengen blender ayam untuk bikin siomay. 


Desain blender kapsul ini unik dan bisa untuk memblender sayuran, buah, daging, dan kacang. Kelebihan dari blender Capsule Cutter Quatre terbuat dari stainless dengan ketajaman yang luar biasa sehingga harus hati-hati saat membersihkannya. 


Spesifikasi Blender Capsule Cutter Quatre:

- 4 mata pisau yang tajam

- Bahan acrylic

- Daya 260 watt

- Ukuran panjang 23,3 cm × lebar 11 cm

- Material plastik food grade


Cara penggunaan blender Capsule Cutter Quatre dengan sistem on off dan menekan kepala blender. Saat menekan kepala blender kita harus hati-hati, jangan kaget, dan harus fokus supaya aman gaes. Jika kabel melilit langsung hentikan tekanan agar blender berhenti berputar. 


Hasilnya sih lumayan puas saya menggunakan blender kapsul ini. Hanya saja kapasitasnya memang kurang besar. Jika ingin menghaluskan daging harus dipotong kecil-kecil terlebih dahulu. Blender ini jika sudah panas mesinnya tidak mau lagi berputar. Cukup diamkan saja dulu beberapa menit kemudian baru digunakan kembali. 


Saya membeli blender kapsul ini dengan harga Rp 115.000,- sudah termasuk ongkos kirim. Alhamdulillah sudah hampir satu tahun masih awet. Jika ingin memblender buah sangat terbantu dengan adanya blender kapsul ini. 


Rabu, 09 September 2020

Waktu Tak Mungkin Kembali Kuberikan Susu Pertumbuhan Dengan Nutrisi Yang Lengkap Untuk Si Kecil

    
Sebagai seorang ibu pastinya saya menginginkan yang terbaik untuk anak saya. Sejak anak saya masih dalam kandungan saya sudah berusaha memberikan yang terbaik untuknya. Begitupun saat anak kedua saya lahir, saya berusaha agar pertumbuhan dan perkembangannya bisa optimal. 

Selasa, 18 Agustus 2020

Blackmores Lengkapi Nutrisi Ibu Untuk Kesehatan Si Kecil


Halo apa kabar para ibu menyusui? Saya ikut berbahagia saat mendapat kabar, teman-teman di media sosial baru saja melahirkan putra atau putrinya. Meskipun saat ini belum bisa saling bersilaturahmi karena pandemi belum berakhir. Bersamaan dengan Pekan ASI Sedunia yang dirayakan setiap tanggal 1 hingga 7 Agustus, saya ikut senang para ibu sudah banyak yang menyadari betapa pentingnya ASI bagi si kecil. 

Rabu, 05 Agustus 2020

Kebun Singkong



Mengenang masa kecil saya sekitar tahun 1990an. Di sekitar rumah saya masih banyak sekali kebun sayur mayur dan kebun singkong juga. Ada bayam, kangkung, sawi hijau tumbuh subur. Kebun tersebut milik para tetangga saya yang berprofesi sebagai petani. Waktu itu saya masih di sekolah dasar, setiap berangkat dan pulang sekolah melewati jalan kecil yang masih tanah dengan pemandangan hijau. 

Sabtu, 18 Juli 2020

HP Memperkenalkan Produk Terbaru OMEN 15




Assalammualaikum, apa kabar mama mama? Masih sibuk dengan PJJ anak-anak di tahun ajaran baru kah? Ada info terbaru nih dari HP yang memperkenalkan seri terbaru, yaitu OMEN 15 Laptop, OMEN 25L Dekstop, dan pembaruan bagi OMEN Command Center. Seri ini dirancang untuk mendukung para gamer menunjukkan skill terbaik sambil mengoptimalkan kapabilitas perangkat yang sudah dimiliki. 

Senin, 13 Juli 2020

Penyebab Haid Tidak Teratur


Terlambat haid adalah sesuatu yang biasa bagi sebagian orang. Tapi tidak dengan saya, biasanya setiap bulan haid saya teratur. Dengan siklus normal 27- 35 hari. Lebih sering maju dari jadwal tanggal bulan sebelumnya, entah mengapa bulan Mei bertepatan dengan bulan  ramadhan haid saya gak datang juga. Ketika telat 9 hari saya mulai khawatir kok telatnya terlalu jauh, meskipun ada rasa senang, karena saya bisa terus menjalankan ibadah puasa. Akhirnya saya coba membeli test pack dan hasilnya negatif. 

Sabtu, 20 Juni 2020

Mengatasi Masalah Rambut Dengan Mylea


Assalammualaikum apa kabar? Sudah 2 bulan sejak diberlakukan belajar, bekerja, dan beribadah dari rumah. Semoga kita bisa mengatasi rasa bosan ini dengan berbagai kegiatan yang positif. Jangan sampai stres, karena stres merupakan awal dari berbagai penyakit. Salah satunya akibat stres adalah dapat mengakibatkan rambut rontok. 

Jumat, 22 Mei 2020

Penyesuaian Iuran BPJS Kesehatan


Halo, apa kabar semoga sehat selalu. Bicara soal kesehatan tak lepas dari BPJS Kesehatan. Apalagi akhir-akhir ini di media sosial ramai perbincangan soal iuran BPJS yang naik lagi. Ada apa sih sebenarnya? Kemarin melalui Virtual Meeting saya menyimak langsung penjelasan dari Kepala Humas BPJS Kesehatan M. Iqbal Anas Ma'ruf. Berikut penjelasannya tentang "Fakta Dibalik Penyesuaian Iuran BPJS Kesehatan".

Kamis, 21 Mei 2020

Sasha Pencegah Gigi Berlubang


Halo apa kabar semua, semoga sehat selalu dan wabah corona virus disease 19 ini cepat berlalu. Bulan Ramadhan kali ini memang berbeda dari Ramadhan  sebelumnya. Tapi saat berbuka, saya dan keluarga masih sama seperti Ramadhan sebelumnya. 

Sabtu, 16 Mei 2020

Berbagai Macam Tugas Bidan Desa

"Bidan Andalan dan inspiratif dari pulau Bangka"

Saat mengetahui adanya kompetisi cerita Bidan Andalan 2020, info lengkap di www.tundakehamilan.com.  Saya langsung ingat teman saya sewaktu masih sekolah di Bangka yaitu Heni, kebetulan sekarang dia teman adik saya yang bertugas di Puskesmas Riau Silip,  Bangka. Berikut kisahnya. Bisa juga klik instagram saya @handayani.ria3

Minggu, 19 April 2020

Bantuan Sosial Untuk Warga Yang Terdampak Covid 19 di DKI Jakarta


Apa kabar semua, semoga selalu dalam lindungan Allah swt. Doa yang selalu saya panjatkan setiap hari semoga kita semua terbebas dari covid 19 dan yang positif segera sembuh. Semoga jumlah ODP, PDP tidak bertambah lagi. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa kembali beraktivitas normal seperti biasa. 

Kamis, 16 April 2020

Sinar Mas Land Bagikan 1,000 Nasi Kotak Setiap Minggu Bagi Pekerja Harian Terdampak Covid-19



Sinar Mas Land melalui Rumah Pintar BSD City kembali berbagi kepada masyarakat, terutama para pekerja harian yang terdampak pandemi Covid-19. Kali ini, Rumah Pintar BSD City menggerakkan para ibu rumah tangga anggota Sentra Kriya untuk memasak makanan yang kemudian akan dibagikan kepada para pengemudi ojek online (ojol), tukang parkir, pedagang asongan dan masyarakat tidak mampu lainnya di sekitar BSD City. 

Rabu, 08 April 2020

Cara Membuat Kartu Keluarga

Beberapa waktu lalu saya diminta bantuan untuk menjadi Kader Dasawisma. Kader Dasawisma bertugas mendata setiap warga, dan biasanya Ketua Dasawisma memiliki 10 - 20 anggota. Saat mendata warga sering kali saya bertemu warga yang belum mempunyai Kartu Keluarga (KK). Padahal birokrasi di Indonesia menjadi salah saru syarat administrasi. 

KK merupakan identitas sebuah keluarga, sebaiknya pasangan baru menikah segera membuat KK baru yang terpisah dari keluarga inti. 
KK merupakan kartu identitas satu keluarga yang berisi data penting seperti:
- Nama
- Alamat domisili
- Tempat dan tanggal lahir
- Susunan anggota keluarga
- Hubungan anggota keluarga
- Pekerjaan 
- Pendidikan terakhir 

Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP) juga diambil dari Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di kartu keluarga. NIK terdiri dari 16 angka. Saya sengaja menghafal 16 angka tersebut sehingga saat mengisi formulir yang memerlukan Nomor KTP bisa langsung mengisi tanpa perlu membuka dompet dan melihat KTP. 

Cara membuat KK bagi pasangan yang baru menikah sangat mudah. 
- Pertama minta surat pengantar dari Ketua Rukun Tetangga (RT) tempat tinggal.
- Kedua minta stempel ke Ketua Rukun Warga (RW).
- Ketiga datang ke kantor kelurahan setempat untuk mengisi data dan menandatangani formulir permohonan dengan membawa persyaratan.

Pembuatan Kartu Keluarga Baru:
- Surat pengantar RT dan RW setempat.
- Fotocopy buku nikah. 
- Surat keterangan pindah bagi yang mempunyai KTP beda kelurahan. 

Menambah Anggota Keluarga (Kelahiran): 
- Surat pengantar RT dan RW setempat.
- Kartu Keluarga (KK) lama. 
- Surat keterangan kelahiran calon anggota keluarga baru yang akan ditambahkan. 

Jika ada anggota keluarga yang ingin menumpang KK: 
- Surat pengantar RT dan RW setempat.
- KK lama dan KK yang akan ditumpangi.
- Surat keterangan pindah atau datang jika tidak satu daerah.
- Surat keterangan datang dari luar negeri bagi WNI.
- Bagi WNA paspor, izin tinggal tetap, dan surat keterangan catatan kepolisian/ surat tanda lapor diri.

Sedangkan jika kartu keluarga hilang atau rusak, misalnya karena banjir kita juga bisa mengajukan KK baru dengan cara datang ke kantor kelurahan setempat dengan persyaratan  seperti biasa ditambah surat keterangan kehilangan dari kepolisian, KK yang rusak, dan fotocopy KTP dari salah satu anggota keluarga. 

Mudah kan? Mengurus dan menerbitkan dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga tidak dipungut biaya alias gratis baik di tingkat RT/RW, kelurahan, kecamatan, kabupaten berdasarkan UU Nomor 24 tahun 2013 pasal 79A. Akan tetapi jika mempunyai uang dan ikhlas untuk mengisi uang kas di RT/RW boleh boleh saja. 

Nah jangan sampai hingga anak lahir, KK baru belum dibuat ya, karena nanti diperlukan untuk persyaratan membuat akta kelahirannya. 

Minggu, 22 Maret 2020

Penggalangan Dana Untuk Mengatasi Covid 19



Sinar Mas bersama Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dan anggota KADIN lainnya bersinergi menggalang dana. 

Pandemi Corona 
Sejak awal berita wabah virus corona muncul saya selalu mengikuti beritanya di televisi. Apalagi saat dikabarkan di Indonesia sudah ada 2 orang positif corona, saya selalu mengikuti beritanya yang terus bertambah setiap hari. Sedihnya sejak wabah corona mulai merebak, hand sanitizer dan masker mulai langka dan jikalau pun ada harganya bisa dikatakan mahal. 

Sabtu, 21 Maret 2020

Mandi Lebih Menyenangkan Dengan Vitalis




Manfaat Mandi 
Mandi adalah suatu kebutuhan, apalagi tinggal di Jakarta meskipun hujan saya tetap mandi 2 kali sehari. Apalagi saat cuaca panas dan suhu mencapai angka 35°C baru selesai mandi lima menit keringetan lagi. Mandi juga sangat penting karena memberikan manfaat untuk menjaga kebersihan badan supaya tidak bau badan. Mandi 2 kali sehari saja belum tentu terbebas dari bau badan, apalagi jika tidak mandi. 

Minggu, 08 Maret 2020

Kemudahan Menggunakan Listrik Prabayar



Di rumah saya sudah menggunakan listrik prabayar sejak tahun 2012, berarti ini sudah tahun ke 8. Banyak yang enggan beralih ke listrik prabayar dengan alasan, misalnya:
  • Khawatir bunyi tengah malam.
  • Ribet cara mengisi pulsanya.
Padahal tidak seperti itu, listrik prabayar tidak akan bunyi jika kita isi secara rutin. Kita siapkan saja anggaran, misalnya setiap bulan kita biasanya membayar tagihan listrik berapa?
Jika setiap bulan biasa membayar tagihan listrik Rp 150.000 kita isi saja setiap tanggal 1 sebesar nominal tersebut. 

Pengalaman saya hampir 8 tahun menggunakan listrik prabayar baru satu kali bunyi tiiiit karena suami saya yang biasanya rutin mengisi pulsa lupa. Memang iya sih bunyinya berisik, saya saja yang rencananya nunggu suami pulang baru mau mengisi pulsa gak tahan karena baru 5 menit bunyinya berisik sekali. 

Cara mengisi pulsa juga sangat mudah bisa membeli ke counter pulsa, ke minimarket atau bisa juga menggunakan internet banking. Saya yang baru pertama kali mengisikan pulsa token juga langsung bisa, tinggal masukkan nomor meter pelanggan dan ID pelanggan. 

Berikut cara mengisi token listrik PLN
  1. Ketik 20 digit angka yang ada di token PLN.
  2. Jika ada kesalahan ketik backspace untuk membatalkan.
  3. Jika sudah benar ketik tombol enter untuk mengaktifkan stroom.
  4. Jika 20 digit angka yang dimasukkan benar maka stroom listrik akan bertambah. Pada layar tertulis Benar.
  5. Jika 20 digit angka yang dimasukkan salah maka stroom listrik tidak akan bertambah. Di layar tertulis Salah jadi ulangi langkah 1 - 4 di atas. 

Mudah kan 👆

Keuntungan menggunakan listrik prabayar saya rasakan banyak di antaranya:
Saya tidak perlu antri bayar listrik, hemat waktu, hemat biaya transportasi juga. 
Dengan listrik prabayar kita jadi belajar lebih hemat dalam menggunakan televisi, lampu, kipas angin dan lannya. Jika tidak digunakan sebaiknya dimatikan.
Tidak ada denda jika telat membayar iuran listrik.

Listrik prabayar juga memiliki sistem tersendiri dimana saat ada masalah akan ada indikator yang muncul. Insya Allah akan terbebas dari konsleting listrik hingga kebakaran. Ini saya alami saat kipas angin di rumah saya tiba-tiba mati dan meteran langsung turun. Setelah dinyalakan kembali dan saya coba untuk menyalakan kipas angin lagi ternyata meteran turun lagi. Berarti sumber masalahnya kipas angin sehingga saya memutuskan untuk membuang saja kipas angin itu daripada membahayakan. 

Gimana? Masih mau bilang takut listrik prbayar bunyi tengah malam. 

Kamis, 27 Februari 2020

Tips dan Trik Membeli Barang Original



Halo semua apa kabar, kita pasti ingin memastikan bahwa produk yang kita beli tidak produk palsu tentunya. Saya akan berbagi tips supaya kita semua bisa menghindari membeli produk palsu secara online seperti jam tangan wanita yang lagi trend. Membeli barang palsu berisiko bagi keamanan, kesehatan, dan dompet kalian. Jadi jangan lakukan itu!
Kalian tidak yakin? Tanyakan kepada diri kalian pertanyaan-pertanyaan ini:
  • Apakah kacamata hitam palsu kalian benar-benar melindungi mata?
  • Apakah mainan palsu untuk bayi kalian benar-benar bebas dari zat beracun?
  • Apa yang mungkin ada dalam parfum palsu kalian?
  • Apakah kalian yakin baterai palsu Anda tidak akan meledak saat kalian menggunakannya?
  • Dan bagaimana jika produk palsu kalian rusak? Apakah kalian punya jaminan?
  • Atau bagaimana jika kalian menerima surat dari pemegang hak yang mengatakan bahwa kalian harus membayar biaya kerusakan untuk ponsel palsu yang baru saja kalian beli?


Yuk baca tips membeli barang original, sehingga kalian akan terhindar dari membeli barang-barang palsu yang beredar di pasaran.

 1. Periksa identitas penjual
Selalu periksa rincian kontak webshop untuk memverifikasi apakah itu benar-benar ada, dan di mana dan bagaimana jika ada masalah apakah ada kontak yang bisa di hubungi?
Berikut detail untuk memverifikasi:
Nama perusahaan, alamat, alamat email atau kontak asli, nomor telepon dan faks, jika tersedia. Jangan percayai alamat URL.  Hanya karena alamat diakhiri dengan ".be", ".fr", "nl" atau ekstensi Eropa lainnya tidak selalu berarti bahwa perusahaan tersebut sebenarnya berlokasi di dalam UE dan sebagainya. 

 2. Cari ulasan konsumen lain
Gunakan alat pencarian Internet untuk memeriksa apakah konsumen lain telah meninggalkan komentar baik atau buruk tentang pedagang.  Baca komentar ini dengan cermat, dan awasi dengan kritis.
Ulasan yang sangat positif?  Orang yang sama meninjau produk yang sama di beberapa situs web?  Ulasan terlalu kabur?  Hati-hati!  Itu bisa berupa ulasan yang ditinggalkan oleh webshop itu sendiri, yang tentu saja ilegal.

3. Periksa apakah situs web mendapat tanda kepercayaan
Tanda kepercayaan adalah cap yang diberikan pihak ketiga secara obyektif ke webshop yang memenuhi persyaratan kualitas tanda kepercayaan dan yang menjamin pembelian online yang aman.
Apakah situs web pedagang menyebutkan tanda kepercayaan?  Untuk memastikan bahwa trustmark dapat dibenarkan dan dapat dipercaya, kunjungi situs web trust mark untuk memeriksa apakah webshop benar-benar mendapatkan label kualitas ini.

 4. Menilai tata letak umum situs web
Sebagian besar situs web yang menjual produk palsu tidak terlihat sangat profesional, mereka sering memiliki kesalahan pengejaan dan kesalahan tata bahasa, gambar berkualitas buruk dari produk yang dijual atau logo untuk alat pembayaran, dan lain-lain.
Fakta bahwa situs web dalam bahasa negara kalian tidak berarti bahwa itu sebenarnya berbasis di negara yang kalian tempati.  Jangan percaya situs web yang URL-nya menautkan nama merek dengan istilah-istilah seperti "murah", "outlet" atau ungkapan lain yang menunjukkan harga murah.

 5. Periksa hak-hak konsumen Anda di situs web pedagang
Pedagang online wajib memberi kalian informasi yang jelas dan benar tentang hak-hak konsumen kalian. seperti hak penarikan 14 hari atau jaminan hukum minimal 2 tahun.
Tidak ada informasi tentang hukum konsumen di tempat yang ingin kalian berbelanja?  Tidak ada indikasi platform ODR untuk pemulihan?  Cari di tempat lain!

6. Periksa gambar produk
Apakah gambar yang ditampilkan di webshop terlihat tidak profesional?  Apakah ada yang salah dengan logo atau apakah latar belakangnya terlihat aneh? Apakah foto-foto berkualitas rendah? Apakah tidak mungkin untuk memperbesar?  Apakah hanya sebagian dari item yang ditampilkan?  Ini mungkin indikator situs web yang menjual produk palsu.


Semoga tipsnya bermanfaat ya, dan saat membeli barang secara online kita tidak kecewa.

Minggu, 16 Februari 2020

Alat Kontrasepsi dan Efek Samping



Apa kabar ibu-ibu semua, sebagai kader PKK beberapa waktu lalu saya menghadiri acara penyuluhan kesehatan bersama BKKBN. Ada dokter yang menjelaskan mengenai alat-alat kontrasepsi. Tapi saya lupa nama dokternya karena saya datang ke lokasi acara bersama si kecil, yang berarti saya mendengarkan sambil menemani si kecil bermain. Kebetulan lokasi acara diadakan penyuluhan di RPTRA  sehingga si kecil senang. 

Senin, 03 Februari 2020

Harga Tabung Gas 3 Kg Naik, Setuju?


Beberapa hari ini info di televisi bahwa gas subsidi akan ditiadakan pertengahan tahun 2020 nanti. Pendapat saya sebagai Ibu Rumah Tangga yang biasa menggunakan gas subsidi 3 kg, yang sering juga disebut gas melon ini pastinya keberatan. Alasan saya tidak setuju karena pasti harga kebutuhan pokok lainnya ikut naik. Harga gas 3 kg biasanya saya beli di warung dekat rumah Rp 21.000 - Rp 22.000 dan biasanya selama sebulan saya menggunakan 1 - 2 tabung tergantung seberapa sering saya memasak.  

Tapi memang kalau dilihat subsidi tabung gas ini tidak tepat sasaran, banyak masyarakat yang tergolong "mampu" juga menggunakan tabung gas 3 kg. Kasihan rakyat yang benar-benar miskin jika subsidi tabung gas dikurangi apalagi ditiadakan. Mungkin tidak dikurangi ya, hanya saja penyalurannya lebih ketat lagi, misalnya hanya warga yang benar-benar masuk kategori miskin yang boleh membeli tabung gas 3 kg dengan harga Rp 16.000 - Rp 20.000, sedangkan orang yang tergolong mampu jika tetap ingin menggunakan tabung gas 3 kg dikenakan harga Rp 35.000. 

Pengaturan penyaluran subsidi tabung gas 3 kg ini bisa dengan cara memiliki kartu bahwa pembeli berhak menerima subsidi, atau juga sesuatu yang menjadi tanda bahwa pembeli benar-benar warga miskin. 

Pastinya ini akan menjadi polemik yang cukup panjang, butuh kesadaran penuh dari masyarakat kita siapa yang berhak dan siapa yang tidak. Sekarang definisi miskin dan kaya itu seperti apa, hehehe semoga tidak menjadi perdebatan panjang lagi ya. 

Definisi Kaya 

  • Memiliki rumah besar lengkap dengan perabotan mewah.
  • Memiliki kendaraan roda 4 baik dibeli secara kredit atau cash. 
  • Memiliki banyak tanah atau rumah kontrakan.
  • Mempunyai pekerjaan dengan gaji di atas UMR (Upah Minimum Regional). 
  • Boleh ditambahkan lagi apa sih menurut kalian arti orang kaya itu? tapi bukan termasuk kaya hati ya, karena ada slogan "Biar miskin asal kaya hati" 😁. 

Definisi Miskin / Tidak Mampu  

  • Tidak mempunyai pekerjaan / penghasilan  tetap.
  • Rumah sederhana (kecil, tidak mewah, mengontrak, terbuat dari papan alias bukan tembok permanen).
  • Tidak mempunyai kendaraan roda 4.
Akan tetapi banyak juga masyarakat jaman now yang memilik lebih dari 1 kendaraan roda dua dengan cara kredit. Ini tidak bisa juga dibilang mereka masuk kategori orang kaya. Mungkin karena terdesak kebutuhan sehingga mau tak mau mereka kredit motor untuk mempermudah dalam rangka mencari rezeki. 

Alasan masyarakat lebih memilih tabung gas 3 kg karena mudah didapatkan, ringan sehingga mudah dibawa, siapapun bisa memasangnya sendiri di rumah. 

Cara Memasang Tabung Gas 3 Kg
-Pertama pastikan karet tabung gas sudah ada, terkadang ada tabung gas yang tidak ada karetnya. Ini akan menyebabkan gas berbunyi dan juga berbahaya jika tidak ada karetnya. 
-Pasang regulator dan tekan supaya terpasang dengan erat. Selanjutnya putar pengunci regulator searah jarum jam. 
-Jika bunyi mendesis atau tercium bau gas, berarti ada kebocoran. Sebaiknya ganti karet merah. 
-Jika sudah merasa aman, tidak terdengar bunyi dan bau gas kemudian coba menyalakan kompor. 
-Jika kompor gas tidak menyala, coba selang digoyang-goyangkan perlahan. 

Kesimpulan
Semoga ada jalan terbaik agar tabung gas 3 kg tetap disubsidi untuk masyakat miskin. Dan ada cara yang tepat agar subsidi ini bisa tepat sasaran. Bagi yang merasa mampu dimohon keikhlasan hatinya tidak menggunakan tabung gas 3 kg. Bagi saya pribadi seandainya nanti harga tabung gas 3 kg naik, yang penting kami selalu dimampukan untuk bisa membeli dan juga selalu diberi kesehatan oleh Allah swt. Supaya keluarga sehat selalu jangan lupa jaga kebersihan dan makan makanan yang bergizi. Jangan lupa juga jaga kebersihan peralatan makan si kecil DISINI

Rabu, 22 Januari 2020

Pentingnya Menjaga Kebersihan Peralatan Makan Si Kecil


Sejak anak ke 2 saya lahir, saya yang mengurus sendiri semuanya, ya karena jauh dari saudara dan saya tidak menggunakan jasa asisten rumah tangga. Memang agak sedikit kerepotan, tapi jika berusaha ikhlas Insya Allah semua menjadi mudah. 
Bersyukur jarak anak pertama saya dan yang kedua lumayan jauh yaitu 10 tahun 10 bulan. Sehingga saya agak sedikit terbantu oleh kakaknya. Pengalaman saya mengurus anak pertama dulu juga mempermudah saya merawat dan membesarkan anak kedua ini. 

Rabu, 15 Januari 2020

Mengatasi Rasa Takut Saat Naik Pesawat Udara


Siapa yang takut saat naik pesawat? Saya juga kadang takut, apalagi jika ingat tragedi kecelakaan pesawat yang sudah beberapa kali terjadi. Kecelakaan pesawat dengan korban yang banyak, dipastikan semua korban kecelakaaan pesawat tewas, bahkan jenazahnya tidak ditemukan setelah seminggu di cari. 

Selamat Tinggal Drama Mata Kering

  Waktu itu ceritanya hampir seharian menatap layar gadget, mataku sangat gatal semakin dikucek semakin gatal. Penasaran ada apa di bawah ke...