Sabtu, 20 Maret 2021

Tetap Jadi Keluarga Jempolan di Masa Pandemi


Sudah setahun lebih sejak awal mula pandemi sampai ke Indonesia. Semua merasakan dampaknya. Dampak yang sangat besar bagi kita semua terutama bagi keluarga yang bekerja tidak tetap seperti keluarga kami. Masih ingat betul saya sejak tanggal 16 Maret 2020 sekolah dinyatakan libur, otomatis suami saya juga libur, itu artinya tidak ada gaji bulanan yang akan keluarga kami terima. 


Tapi saya berusaha selalu bersyukur, karena rezeki sudah ada yang mengatur, yang jelas kami masih bisa bertahan hingga sekarang. Salah satunya dari kegiatan saya menulis blog. Pastinya saya juga berhemat agar tabungan kami tidak terlalu banyak terpakai untuk kebutuhan yang tidak terlalu mendesak. Oh iya kuncinya jangan mengeluh agar kesulitan di masa pandemi tidak terasa semakin sulit. 


Saya juga merasa malu jika harus mengeluh, karena di luar sana masih banyak yang hidupnya lebih sulit dari apa yang saya alami. 


Saya selalu menyemangati diri saya sendiri, semua kesulitan ini pasti akan segera berlalu.


Alhamdulillah kegiatan saya sebagai blogger mengantarkan saya mengenal Komunitas Bloggercrony Indonesia yang tahun ini menggelar event BloggerDay ke 6. Jika biasanya acara diselenggarakan secara tatap muka kali ini dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom. Saya baru pertama kali bisa ikutan, event BloggerDay sebelumnya selalu ada saja halangan padahal saya ikut daftar lho. 




BloggerDay 2021 kali ini diikuti oleh 100 peserta dari berbagai daerah. Bahagia rasanya bisa kopi darat walaupun hanya melalui layar telepon pintar.


Oh iya saya juga mengetahui bahwa ada kegiatan yang dilakukan oleh komunitas Bloggercrony Indonesia selama pandemi ini untuk membantu para blogger anggotanya diantaranya:

Blogger Preneur dimana para blogger yang mempunyai usaha UMKM dan tergabung dalam komunitas mendapat kesempatan untuk mempromosikan produk mereka. 


Sabtu 6 Maret 2021 jam 10 acara BloggerDay 2021 diawali dengan sapaan dari kak Gita Siwi dan kak Sato, juga kak Wawa. Selanjutnya acara yang ditunggu-tunggu yaitu:

Virtual Family Trip ke USA bareng kak Idfi Pancani. Baru kali ini ikut zoom anak-anak juga boleh ikutan. Seru sekali family trip ke Gedung Putih, melihat patung Liberty, naik wahana Jurrasic World dan nonton parade tokoh Disney. Tak terasa sudah waktunya istirahat, acara akan dilanjutkan lagi jam 1 siang. 


Setelah istirahat siang acara dilanjutkan lagi dengan game Kahoot, saya gak ikutan karena kebetulan menghadiri undangan tetangga satu RT. Pulang menghadiri undangan saya bergabung lagi ke acara BloggerDay. Rupanya game Kahoot baru saja selesai.


Acara dilanjutkan dengan kang Maman yang membahas mengenai "Senjakala di dunia Konten Kreator". Bahasan dengan topik yang sangat menarik dan isinya "daging" semua. Kenapa disebut daging karena banyak ilmu yang dapat saya terapkan sebagai blogger. Kang Maman mengharuskan agar penulis dalam hal ini seorang blogger mempunyai karakter atau ciri khas dalam setiap penulisannya. Memang membutuhkan proses belajar dan tempaan pengalaman sehingga dapat menghasilkan karya berupa tulisan yang berkualitas.


Ada juga Shafiq Pontoh yang mengingatkan kembali agar kita sebagai penulis menerapkan 5W1H:

- What (apa) : Apa yang terjadi?

- Who (siapa) : Siapa yang terlibat dalam peristiwa itu?

- Why (mengapa) : Mengapa hal itu bisa terjadi?

- When (kapan) : Kapan peristiwa itu terjadi?

- Where (di mana) : Di mana peristiwa itu terjadi?

- How (bagaimana) : Bagaimana peristiwa itu bisa terjadi?

Kebiasaan ATM (amati, tiru dan modifikasi) bukanlah suatu hal yang baik lagi di zaman sekarang. 




Ada juga kak Ifa H Misbach membahas tentang "Tantantangan Pembelajaran Jarak Jauh". Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang hampir semua ibu merasakan betapa "nano-nanonya" menenemani anak belajar dari rumah. Saya pribadi merasa terbantu karena suami ada di rumah sehingga pelajaran anak saya yang duduk di kelas 7 bisa teratasi. 


Terimakasih juga untuk para pendukung acara dan Blogger Preneur yang memberikan banyak hadiah di acara Blogger Day kali ini. Semoga usahanya makin berkah dan terus berkembang ya. Ini lho daftar Blogger Preneur yang berpartisipasi berbagi hadiah. 


Berikut ini Hadiah Produk Blogger Preneur yang dibagikan saat acara berlangsung:

1. Resep Dapur Ayah yang memberikan ragam sambal. Kebetulan saya pernah beberapa kali bertemu dengan mas Jun sebagai owner Resep Dapur Ayah. Semoga kedepannya makin sukses dan menginspirasi teman-teman blogger lainnya mas Jun.

2. Hampers kue kering (Dapur Sesuka Hati) saya lihat di postingan instagram @dapursesukahati banyak sekali berbagai  kuker maupun bolu yang menggugah selera. 

3. Puding hias dan baked pasta size family @anisacooking ternyata mbak Nisa pandai juga membuat berbagai puding yang lezat. 

4. Duorajistore yang memberikan hadiah Minyak Kayu Putih Pulau Buru dan Gula Batu Sumiah, semoga toko online store yang menjual produk nusantara makin maju dan berkah ya. 

5. Makarame memberikan hadiah berupa  (Pot Upcyplast dan tanaman kaktus/ sukulen). Pas banget nih apalagi akhir-akhir ini punya banyak waktu untuk merawat bunga. 

6. Asi booster tea memberikan hadiah berupa mukena cantik. 

7. Ayko Projects memberikan hadiah shopping bag untuk mendukung program go green. 

8. Henna Hijab memberikan hadiah berupa masker dua lapis, yang pastinya akan sangat bermanfaat sekali di masa pandemi. 


Blogger Care

Saat acara BloggerDay 2021 berlangsung, donasi Blogger Care juga dibuka bagi siapa saja yang ingin berbagi rezeki. Blogger Care adalah program penggalangan dana untuk sesama blogger yang terdampak Covid-19. Dana yang terkumpul sudah donasikan kepada blogger yang berhak.


Hadiah bukanlah tujuan utama para peserta BloggerDay, tapi ini bentuk silaturahmi yang menyenangkan dan membuat bahagia. Seperti kata orang bijak "bahagia adalah obat". Harapan saya semoga tahun depan acara seperti ini bisa terus berlangsung. Tak lupa saya ucapkan terima kasih pada Mbak Wawa dan Mas Sato, juga para pengurus yang telah meluangkan waktunya untuk menyukseskan acara ini.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Sehat Dan Bersih Saat Menstruasi

Senang sekali tanggal 27 Mei 2021 lalu saya mengikuti webinar "Sehat dan Bersih Saat Menstruasi". Webinar ini diikuti oleh 1000 pe...