Rabu, 24 November 2021

Olahraga di Ancol Nyaman dan Asik

 


Biasanya saya berolahraga di Car Free Day dekat rumah tapi terlalu ramai. Kemarin pas weekend saya nyobain olahraga ke Ancol pusat wisata terlengkap di Jakarta. Ternyata asik lho berolahraga sambil menikmati pemandangan pantai dengan pasir putih yang indah dan udara pagi hari yang segar. 


Sebelumnya kita bahas dulu mengapa penting berolahraga. Dan berolahraga lebih enak di alam terbuka karena untuk mengurangi risiko penularan Covid 19. 


Berikut manfaat berolahraga 

✅Meningkatkan fungsi organ.

✅Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

✅Menjaga kebugaran dan kesehatan mental.


Olahraga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental karena bisa memperbaiki suasana hati. Olahraga dapat menstimulasi pembentukan zat kimia pada otak seperti serotonin dan endorfin yang dapat membuat anda lebih bahagia dan santai. Ketika kita merasa stres atau memiliki mood buruk setelah menjalani hari yang penuh kesibukan, cobalah berolahraga untuk memperbaiki suasana hati. 


Olahraga juga dapat mengurangi stres dan depresi. Dengan rutin berolahraga tingkat hormon stres seperti kortisol, adrenalin dan norepinefrin dapat dikurangi. Sementara itu kadar hormon serotonin dan dopamin yang bisa memperbaiki suasana hati akan meningkat. Sehingga anda pun akan lebih rileks dan bahagia.


Olahraga rutin bisa membuat tidur lebih nyenyak. Olahraga bisa menjadi solusi bagi yang sering mengalami gangguan sulit tidur atau terbangun tengah malam. Namun untuk mendapatkan manfaat ini disarankan tidak berolahraga menjelang tidur. (Sumber alodokter.com)




Olahraga di Ancol Yuk 

Di Taman Impian Jaya Ancol, kita bisa berolahraga lari, bersepeda atau membawa sepatu roda. Atau kalau sudah seusia saya cuma ingin menggerakkan badan enak banget sambil berjemur di bawah sinar matahari pagi. Masya Allah nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan. 




Mau olahraga bersama keluarga atau bagi yang punya komunitas bisa diajak olahraga ke Ancol karena tempatnya sangat luas. Tinggal pilih mau olahraga di dermaga atau di pantai yang berpasir putih. Nah bagi yang membawa anak, bermain pasir di sini pasti seru dan menyenangkan karena pasirnya berwarna putih dan bersih. 


                      


Sarapan Ayam Tepi Laut

Setelah olahraga perut lapar jangan khawatir, langsung saja ke Ayam Tepi Laut yang menyediakan berbagai menu dengan harga terjangkau. Saya nyobain Rice Bowl Ayam Teriyaki, Ayam Pedas dan Ayam Panggang Maranggi. Rasa Ayam Teriyaki dengan tambahan telur ceplok pas banget di lidah anak-anak. Porsinya juga pas, pastinya bernutrisi agar siap lagi mengeksplorasi keindahan Pantai Ancol. 



Ayam Panggang Maranggi juga enak dengan taburan bawang putih goreng yang renyah lengkap dengan rebusan wortel dan kembang kol wajib kamu coba. 




Harga menu di Ayam Tepi Laut bervariasi mulai Rp 29.000. Kita bisa memilih makan di luar dengan pemandangan laut atau di dalam jika ingin makan di ruangan ber-AC. Saya pilih di luar dekat dermaga. Makan sambil menikmati pemandangan indah memberikan sensasi rasa yang beda.




Jangan khawatir, di Ancol menerapkan Protokol Kesehatan yang bagus pastinya. Saat masuk Ancol juga harus menunjukkan bukti sudah divaksin melalui aplikasi Peduli Lindungi. Tiket Ancol dapat dibeli secara online H - 1 melalui website www.ancol.com.

Ancol buka mulai jam 06.00 hingga jam 20.00 WIB.   


Ayo segera ajak keluarga atau komunitas untuk berolahraga di Ancol pusat wisata terlengkap di Jakarta. 


Selasa, 23 November 2021

Gandi Sulistyanto Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan

      


Apa yang ada di pikiran teman-teman jika dengar kata Duta Besar? Kalau saya waktu kecil mikirnya wah enak ya bisa tinggal di luar negeri. Nah dibalik itu ada tugas negara yang diemban oleh Duta Besar. Duta Besar adalah pejabat diplomatik setingkat Menteri yang ditempatkan di negara asing untuk melakukan tugas negara atau melaksanakan misi kerjasama negara.


Baru-baru ini Dubes untuk Korea Selatan dilantik oleh Presiden Jokowi. Siapakah beliau? Namanya Pak Gandi Sulistyanto, Managing Director Sinar Mas ini akan melanjutkan bakti kepada negara sebagai Duta Besar RI untuk Korea Selatan.

Senin, 08 November 2021

Memilih Game yang Tepat

 


Usia boleh tua semangat harus tetap muda, iya kan? Iya dong. Mama-mama seperti saya harus serba bisa memasak, menemani anak belajar dan bermain. Nah saat bosan menjalankan itu semua, saya biasanya cari hiburan. Hiburan sekarang gak harus mahal atau harus keluar rumah. Kita bisa bermain game menggunakan Laptop ataupun Smartphone. 

Jumat, 29 Oktober 2021

Menambah Wawasan Produk & Layanan Keuangan Melalui FIN EXPO BIK 2021


Halo semua apa kabar? Ingat gak bulan Oktober adalah Bulan Inklusi Keuangan. Di bulan ini, kesempatan banget bagi kita semua untuk bisa mendapatkan edukasi keuangan seperti produk dan layanan jasa keuangan.


Tahun ini Bulan Inklusi Keuangan  diselenggarakan sekaligus memperingati hari Asuransi yang mengangkat tema “Literasi Asuransi Untuk Negeri, Kenali – Pahami – Miliki.”

Minggu, 24 Oktober 2021

Lomba Membaca Al Quran secara Virtual

 

Saleh Husin (Ketua Dewan Pembina YMSML) membuka dan memberikan sambutan dalam program Berantas Buta Al-Qur’an Virtual 2021.

Assalamualaikum, senang sekali setiap peringatan Maulid Nabi Muhammad pasti anak-anak gembira. Maulid Nabi Muhammad atau biasa disebut Maulud/ Mauludan adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad saw. Di Indonesia perayaan Maulid Nabi Muhammad adalah setiap tanggal 12 bulan ke-3 (Rabiul Awal) dalam penanggalan Hijriyah. 

Rabu, 13 Oktober 2021

Memanfaatkan Media Sosial di Masa Pandemi

                                           

Sumber foto Pixabay


Selama masa pandemi tidak sedikit orang yang kehilangan pekerjaan. Sedangkan kebutuhan hidup terus berjalan. Apa yang harus kita lakukan? Kita harus pandai melihat peluang agar bisa memenuhi kebutuhan hidup. Salah satunya dengan memanfaatkan media sosial. 


Media sosial seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, Twitter maupun Tik Tok bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan, tinggal pilih mana yang cocok untuk kita. Saya pribadi lebih suka Facebook dan Instagram karena lebih mudah. 

Jumat, 01 Oktober 2021

Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

 

Sumber foto @kemdikbud.ri

Tanggal 29 September 2021 lalu, bertepatan dengan hari pertama anak saya mengikuti PTM Terbatas. Saya dan Sidina Community berkesempatan mengikuti rapat koordinasi bersama Kemendikbud di Century Hotel. 

Rabu, 22 September 2021

Hilangkan Stres dengan Bermain Game


Hampir dua tahun sejak virus corona masuk ke Indonesia, aktivitas menjadi terbatas, jalan-jalan untuk sementara dilarang. Kebayang kan di rumah terus butuh hiburan. Selain nonton televisi kalian biasanya ngapain saja? 


Kurang piknik, kerjaan banyak, sehingga kadang stres melanda, hayo jujur kalian pernah mengalami stres juga kan? Ini tidak baik jika dibiarkan karena stres dapat menimbulkan berbagai penyakit. Apa saja penyakit yang dapat ditimbulkan karena stres berkelanjutan? 

Selasa, 21 September 2021

Kulit Lebih Glowing dengan Scarlett Glowtening Serum

Scarlett Glowtening Serum

Halo apa kabar? Senang banget ya kasus Covid-19 di Indonesia sudah semakin berkurang, supaya tidak bertambah lagi jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan ya. Seperti rajin cuci tangan, dan jika ada keperluan di luar selalu gunakan masker, jaga jarak, juga hindari kerumunan. 

Selasa, 14 September 2021

Pentingnya Kotak P3K di Rumah


Selama pandemi banyak kegiatan yang dilakukan di rumah, dari mulai memasak hingga berkebun. Anak-anak juga tetap bermain di halaman yang kadang terjatuh. Luka lecet atau luka sayatan terkadang terjadi tanpa sengaja. Saat masak juga tanpa terduga terkena minyak goreng panas. Inilah mengapa penting adanya kotak P3K di rumah. 

 

Rabu, 08 September 2021

Dongeng Indonesia untuk Stimulasi Perkembangan Karakter

 


Saya senang sekali saat mengetahui bahwa Nestle Dancow menghadirkan dongeng Aku Dan Kau. Dengan tema Indonesia Mendongeng mengangkat dongeng asli Indonesia yang kaya dengan nilai-nilai budaya Indonesia yang penting untuk diperkenalkan kepada Si Buah Hati sejak usia dini. 

Minggu, 15 Agustus 2021

Tingkatkan Metabolisme dan Cegah Peradangan dengan Konsumsi Taurin

 

Halo semua apa kabar? Semoga sehat selalu ya. Banyak cara yang kita lakukan untuk menjaga imun agar tetap sehat di masa pandemi. Selain makan yang bergizi, istirahat cukup, rajin olahraga minimal 30 menit sehari, kita juga perlu minum Suplemen Kesehatan. 

Selasa, 13 Juli 2021

Tumbuh Kembang si Kecil Sesuai Milestone di Masa New Normal

 


Assalamualaikum, saat pandemi dan sedang diberlakukan PPKM Darurat kita dilarang berkegiatan di luar rumah. Alhamdulillah bisa banyak waktu bersama si kecil. Saya juga bisa tetap terus belajar bagaimana cara mendukung tumbuh kembang si kecil melalui berbagai platform media sosial. Pas banget tanggal 7 Juli 2021 lalu saya bergabung bersama bunda lainnya untuk mengikuti Talk and Play bersama para pakar dengan tema  Tumbuh Kembang si Kecil Sesuai Milestone  di Masa New Normal. 

Selasa, 01 Juni 2021

Sehat Dan Bersih Saat Menstruasi


Senang sekali tanggal 27 Mei 2021 lalu saya mengikuti webinar "Sehat dan Bersih Saat Menstruasi". Webinar ini diikuti oleh 1000 perempuan Indonesia. Webinar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman perempuan mengenai pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM). 

Sabtu, 22 Mei 2021

Bermain & Mengenal Biota Bawah Laut



Banyak kegiatan positif yang bisa kita lakukan bersama si Kecil di rumah. Salah satunya Wisata Virtual bersama Jakarta Aquarium. Seru banget lho berwisata virtual dunia bawah laut sambil mengenal keajaiban biota laut. Mau tahu caranya nanti saya tulis di bawah ya. 

Selasa, 18 Mei 2021

Tumbuhkan Rasa Cinta Anak pada Buku Bersama Let's Read




Assalammualaikum apa kabar? Masih suasana lebaran saya ucapkan "Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir dan Batin". Tidak mudik, ngapain aja di rumah bersama si kecil? Bermain bersama atau membaca buku cerita adalah salah satu cara saya mengisi liburan. Nah ngomongin buku saya baru tahu ada aplikasi Let's Read yang bisa diakses melalui android atau website. 

Sabtu, 01 Mei 2021

Bijak Dalam Memilih Produk Asuransi


Beberapa waktu yang lalu saya membaca keluhan nasabah asuransi di media sosial. Keluhan tersebut terkait produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi dan jumlah yang diterima tidak sesuai dengan saat dia mendapat penjelasan tentang polis tersebut dari agen asuransi. Tingkat literasi asuransi yang belum memadai di masyarakat menyebabkan munculnya berbagai keluhan tentang produk asuransi jiwa yang terkait dengan investasi. 

Senin, 05 April 2021

Festival Soya Generasi Maju, Dukung si Kecil yang Tidak Cocok Susu Sapi Tumbuh Maksimal

Halo Bunda, apa kabar si Kecil semoga sehat selalu ya. Apakah si Kecil mengalami tidak cocok Susu Sapi? Tetangga saya ada yang  anaknya mengalami tidak cocok susu sapi. Gejala yang dialami anak tetanggaku masih kategori ringan, seperti kulit merah-merah dan bersin-bersin. Ternyata anak yang alergi susu sapi berpotensi memiliki risiko kekurangan zat besi lebih tinggi jika tidak ditangani dengan tepat.

Minggu, 28 Maret 2021

Hilangkan Noda Membandel dengan Vanish


Halo Bun, kemarin tanggal 25 Maret saya mengikuti virtual launching event Vanish Oxi Action Multipower. Melalui aplikasi zoom, tapi yang penasaran bisa juga lho saksikan di Youtube Official Vanish Indonesia. Apa saja keunggulan Vanish Oxi Action Multipower ini? Di masa pandemi seperti sekarang ini mencuci dengan deterjen saja tidak cukup.

Sabtu, 20 Maret 2021

Tetap Jadi Keluarga Jempolan di Masa Pandemi


Sudah setahun lebih sejak awal mula pandemi sampai ke Indonesia. Semua merasakan dampaknya. Dampak yang sangat besar bagi kita semua terutama bagi keluarga yang bekerja tidak tetap seperti keluarga kami. Masih ingat betul saya sejak tanggal 16 Maret 2020 sekolah dinyatakan libur, otomatis suami saya juga libur, itu artinya tidak ada gaji bulanan yang akan keluarga kami terima. 

Jumat, 12 Maret 2021

Bebas Jerawat dengan Scarlett Acne Series

 


Halo, apa kabar? Kali ini saya mau bahas masalah kulit wajah. Tak bisa dipungkiri wajah adalah bagian sangat penting bagi kita semua terutama para wanita. Tua atau muda pastinya ingin memiliki kulit wajah cantik. Cantik dalam arti kulit wajah yang bersih (tak harus putih ya), dan bebas jerawat. Tapi sayangnya tak semua wanita beruntung memiliki kulit wajah cantik mulus yang diidamkannya. Ada berbagai penyebab yang membuat wajah berjerawat. 

Sibuk Bekerja Tetap Berikan ASI, Mengapa Tidak?



Halo Mom senangnya beberapa waktu lalu saya mendapat kesempatan mengikuti kulwap (kuliah whatsapp) Fearless Mom bersama Telon Lang (11/03/2021). Acara kulwap dengan tema "Sibuk Bekerja Tetap Berikan ASI, Mengapa Tidak?" Berikut ini saya rangkum materi yang saya dapat dari narasumber dr. Citra, SpA, MKes, IBCLC yang suaranya merdu sekali saat memaparkan materi melalui perekam suara di aplikasi whatsapp.

Senin, 08 Maret 2021

Daftar Baju Piyama Muslimah Diario Yang Wajib Anda Miliki

 


Diario tidak hanya menghadirkan hijab sebagai produk mereka. Diario juga menghadirkan home wear set atau piyama trendy yang sangat keren. Piyama Muslimah memang sedang menjamur di kalangan anak muda maupun ibu-ibu. Piyama Muslimah ini sangat cantik dan bisa dipakai langsung keluar rumah tanpa ganti baju karena atasan Panjang dan celananya juga Panjang. Diario sendiri menghadirkan piyama Muslimah yang menutupi area belakang tubuh anda jadi sangat nyaman untuk wanita Muslimah. Diario piyama ini juga terbuat dari bahan yang adem dan nyaman untuk tidur. Berikut daftar baju piyama Muslimah diario yang bisa jadi inspirasi anda.

  1. Diario x Sara Sofyan Navy

Baju piyama Muslimah pertama yang dihadirkan oleh diario ini mempunyai warna navy sebagai warna yang mendominasi. Dengan motif kotak-kotak yang tidak beraturan ini membuat tampilan baju piyama ini semakin keren. Bekerja sama dengan Sarah Sofyan, baju piyama ini laris karena bahannya yang nyaman. Bahan yang terbuat dari premium satin silk membuat piyama ini bisa dibawa jalan-jalan. Bahkan piyama ini sangat mengkilau sehingga akan terlihat elegan dan mewah. Anda tertarik dengan piyama ini? Siapkan uang kisaran Rp 399.000.

  1. Diario x Sarah Sofyan Naomi Zeta

Baju piyama Muslimah diario selanjutnya ini punya warna ash grey sebagai warna dasarnya. Kemudian warna putih terdapat di motif bunga yang cantik. Ada juga warna merah bata yang transparan di sekitar bunganya. Warna ini cocok sekali untuk anda yang ingin tampil monochrome dengan gaya yang keren. Bahan premium satin silk ini juga nyaman sekali jika anda menggunakannya di rumah untuk tidur. Jika keluar rumah anda bisa memadukannya dengan hijab warna putih, cream, cokelat susu dan juga warna kuning.

  1. Diario x Sarah Sofiyan Pastel

Siapa yang suka warna abu monochrome? Jika anda suka warna tersebut, langsung beli diario yang berkolaborasi dengan sarah sofiyan ini. Warna kalem yaitu pastel pada piyama ini mempunyai tampilan yang tidak berlebihan. Bukan hanya itu saja motif bunga yang menyeluruh di piyama ini membuat tampilannya sangat classy. Jika anda berminatanda bisa langsung menyiapkan uang hanya Rp 399.000 saja. 

  1. Diario x Sarah Sofiyan Naomi Plaid Pastel 2

Siapa wanita yang tidak suka warna pink muda. Pink muda memang sangat cantik karena mempunyai warna yang sangat lembut. Piyama Muslimah dari diario ini bewarna pink muda sebagai warna yang mendominasi dan ada sentuhan warna abu muda sangat cantik. Pink muda dan abu muda memang tidak pernah salah jika disatukan. Warna piyama yang lembut ini bisa digunkaan untuk tampilan sehar-hari anda sebagai ibu-ibu muda yang mengantar anak sekolah. Selain itu juga anda wanita muda bisa menggunakannya untuk liburan atau jalan-jalan.

  1. Diario x Sarah Sofiyan Home Dress

Piyama tidak selalu menggunakan warna yang senada. Seperti diario x Sarah Sofiyan home dress ini bisa digunakan dengan celana apa saja yang anda miliki di rumah. Anda bisa menggunkaan celana putih, hitam, cokelat atau juga cream. Home dress ini punya Panjang selutut yang bisa dijadikan daster mewah untuk di rumah. Kancing yang terdapat hingga ke bawah membuatnya sangat cantik sekali. Pilihan warna abu muda dan pink di bagian tertentu akan membuat anda cantik.  

Sabtu, 06 Maret 2021

Digitalisasi BPJS Kesehatan Mempermudah Peserta


Assalammualaikum teman-teman semua, apa kabar? Semoga sehat selalu. Kali ini saya mau berbagi info dan pengalaman saya menggunakan layanan digital BPJS Kesehatan. Alhamdulillah dengan adanya layanan digital BPJS Kesehatan saya merasa terbantu dalam mengurus administrasi kepesertaan, saya bisa menghemat waktu dan biaya transportasi. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, dengan adanya layanan digital BPJS Kesehatan kita bisa mematuhi protokol kesehatan terutama menjaga jarak, mengurangi antrian, dan mengurangi mobilitas di luar rumah untuk memutus mata rantai penularan covid 19. 

Jumat, 19 Februari 2021

Personal Pronoun



Personal Pronoun atau kata ganti orang adalah kata yang digunakan untuk mengganti (nama atau sebutan) orang yang sedang berbicara, orang yang diajak bicara atau orang yang dibicarakan.


Berdasarkan penggunaannya dalam sebuah kalimat bahasa Inggris, Personal Pronoun dibedakan menjadi:

1. Personal Pronoun yang digunakan sebagai Subject (subyek) dalam kalimat.

Personal Pronoun yang digunakan sebagai Subject adalah sebagai berikut:

- I (saya)

'I' digunakan untuk menggantikan orang yang berbicara, tetapi hanya satu orang (bisa wanita atau laki-laki).

- You (kamu)

'You' digunakan untuk menggantikan orang yang diajak berbicara, tetapi hanya satu orang (bisa wanita atau laki-laki)

- She (dia, wanita)

'She' digunakan untuk menggantikan orang yang dibicarakan (wanita), tetapi hanya satu orang.

- He (dia, laki-laki)

'He' digunakan untuk menggantikan orang yang dibicarakan (laki-laki), tetapi hanya satu orang.

- We (kami, kita)

'We' digunakan untuk menggantikan orang yang berbicara, tetapi yang berbicara lebih dari satu orang (bisa wanita atau laki-laki).

- They (mereka)

'They' digunakan untuk menggantikan orang yang dibicarakan, tetapi orang yang dibicarakan lebih dari satu orang (bisa wanita atau laki-laki).

- You (kalian)

'You' digunakan untuk menggantikan orang yang diajak bicara, tetapi orang yang diajak bicara lebih dari satu orang (bisa wanita atau laki-laki).

- It (dia, benda)

'It' digunakan untuk menggantikan sesuatu (benda, binatang, tumbuhan, atau selain orang) yang dibicarakan, bisa satu maupun lebih dari satu.


2. Personal Pronoun yang digunakan sebagai Object (obyek) dalam kalimat.

Personal Pronoun yang digunakan sebagai Object berbeda dengan Personal Pronoun sebagai Subject, yaitu:

- me (saya, -ku)

- you (kamu, -mu)

- her (dia wanita, -nya)

- him (dia laki-laki, -nya)

- us (kami, kita)

- them (mereka)

- you (kalian)

- it (dia, -nya)


Di bawah ini adalah contoh penggunaan Personal Pronoun, baik sebagai Subject atau sebagai Object dalam kalimat bahasa Inggris.

- I am a student. (Saya adalah seorang pelajar)

- Do you know me? (Apakah kamu mengenal saya)

- You can go home. (Kamu dapat pulang ke rumah)

- I can help you. (Saya dapat membantu kamu)

- She is studying English. (Dia sedang belajar bahasa Inggris)

- I see her in the market. (Saya melihatnya di pasar)

- He is very clever. (Dia sangat pandai)

- His mother called him. (Ibunya memanggilnya)

- We go to school every morning. (Kami pergi ke sekolah setiap pagi)

- Mr. Antony is teaching us. (Tuan Antony sedang mengajar kita)

- They are very happy. (Mereka sangat bergembira)

- I know them very well. (Saya mengenal mereka sangat baik)

- You are soldiers. (Kalian adalah para tentara)

- She invites you to her birthday party. (Dia mengundang kalian di pesta ulang tahunnya)

- It is a cat. (Itu adalah seekor kucing)

- She is not reading it. (Dia tidak sedang membacanya)


Referensi : Drs. Rudy Hariyono

Sabtu, 13 Februari 2021

Singular and Plural Noun



Singular Noun atau kata benda tunggal adalah kata benda yang digunakan untuk menyatakan bahwa benda yang disebutkan jumlahnya hanya ada satu.

Plural Noun atau kata benda jamak adalah kata benda yang digunakan untuk menyatakan bahwa benda yang disebutkan jumlahnya lebih dari satu.


Cara menambahkan akhiran 's' atau 'es' pada Singular Noun untuk membentuk Plural Noun tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa aturan yang harus diperhatikan berikut ini:

1. Pada umumnya Plural Noun dibentuk dengan menambahkan akhiran 's' pada Singular Noun.

student > students

teacher > teachers

apple > apples

banana > bananas

dog > dogs

cat > cats

- She is a student. (Dia adalah seorang pelajar)

- There are five students on the park. (Ada lima orang pelajar di taman)

- There is an apple on the table. (Ada sebuah apel di atas meja)

- She has two apples in her pocket. (Dia mempunyai dua buah apel di dalam sakunya)

- I see a dog in your house. (Saya melihat seekor anjing di dalam rumahmu)

- Those dogs eat meat. (Anjing-anjing itu makan daging)


2. Jika Singular Noun berakhiran dengan huruf s, ss, sh, ch, x maka ditambah dengan akhiran 'es' untuk Plural Noun.

bus > buses

glass > glasses

brush > brushes

watch > watches

box > boxes

- There is a glass on the table. (Ada sebuah gelas di atas meja)

- I bring five glasses in my bag. (Saya membawa lima gelas di dalam tas saya)

- There is a watch in your bag. (Ada sebuah jam tangan di dalam tasmu)

- She buyed two watches yesterday. (Dia membeli dua buah jam tangan kemarin)

- This is a box. (Ini adalah sebuah kotak)

- He can lift those boxes. (Dia dapat mengangkat kotak-kotak itu)


3. Jika Singular Noun berakhiran dengan huruf o maka ditambah dengan akhiran 'es' untuk Plural Noun.

potato > potatoes

buffalo > buffaloes

mango > mangoes

Tetapi ada juga yang ditambah dengan akhiran 's'.

radio > radios

piano > pianos

- I bring a potato for you. (Saya membawa sebuah kentang untukmu)

- My mother buys five potatoes at the market. (Ibuku membeli lima buah kentang di pasar)

- I saw a buffalo on the yard yesterday morning. (Saya melihat seekor kerbau di lapangan kemarin pagi)

- Are those your buffaloes? (Apakah itu kerbau-kerbau milikmu)


4. Jika Singular Noun berakhiran dengan huruf y maka huruf y diganti dengan huruf i dan kemudian ditambah dengan akhiran 'es' untuk Plural Noun.

lady > ladies

baby > babies

library > libraries

fly > flies

Tetapi ada juga yang ditambah dengan akhiran 's' tanpa mengalami perubahan.

boy > boys

toy > toys

day > days

key > keys

- They went to the library yesterday. (Mereka pergi ke perpustakaan kemarin)

- There are two libraries in my town. (Ada dua buah perpustakaan di kotaku)

- There is a fly on your cake. (Ada seekor lalat di atas kuemu)

- I see two flies on the table. (Saya melihat dua ekor lalat di atas meja)


5. Jika Singular Noun berakhiran dengan huruf f atau fe maka huruf tersebut diganti dengan huruf ve dan kemudian ditambah dengan akhiran 's' untuk Plural Noun.

knife > knives

wolf > wolves

wife > wives

thief > thieves

Tetapi ada juga yang ditambah dengan akhiran 's' tanpa mengalami perubahan.

roof > roofs

reef > reefs

dwarf > dwarfs

- That is a wolf. (Itu adalah seekor serigala)

- There are wolves in the zoo. (Ada beberapa serigala di kebun binatang itu)

- There is a thief in your house. (Ada seorang pencuri di dalam rumahmu)

- There are thieves in the jail. (Ada beberapa pencuri di penjara itu)


6. Ada beberapa Singular Noun yang tidak mengikuti aturan perubahan seperti di atas.

man > men

woman > women

goose > geese

mouse > mice

child > children

- I have a goose. (Saya mempunyai seekor angsa)

- We saw ten geese on the lake. (Kami melihat sepuluh ekor angsa di atas danau)

- That is a child. (Itu adalah seorang anak)

- She has three children. (Dia mempunyai tiga orang anak)


7. Ada beberapa Singular Noun yang tidak mengalami perubahan sama sekali atau memiliki bentuk yang sama dengan Plural Noun.

sheep > sheep

fish > fish

deer > deer

- There is a sheep on the yard. (Ada seekor domba di lapangan)

- He bought two sheep yesterday. (Dia membeli dua ekor domba kemarin)

- This is a fish. (Ini adalah seekor ikan)

- My mother buys ten fish in the market. (Ibuku membeli sepuluh ekor ikan di pasar)


Referensi : Drs. Rudy Hariyono


Masker Wajah Penghilang Flek Hitam

Setahun lalu muncul flek hitam pipi kiri bagian atas. Panik gak? Tentu tidak tapi setelah saya perhatikan flek ini semakin tebal dan sedikit...