Rabu, 22 Juni 2022

Blackmores Peduli Nutrisi Bunda

Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold 

Halo apa kabar?meskipun sedang tidak hamil dan menyusui aku masih sering ngobrol dengan para bumil (Ibu Hamil) dan busui (Ibu Menyusui), sekedar berbagi pengalaman selama hamil dan menyusui. Obrolan ya seputar kehamilan seperti apa saja yang perlu di perhatikan pada saat mulai hamil dan apa yang sebaiknya dikonsumsi pada saat hamil hinga menyusui. 


Mual Muntah diawal Kehamilan 

Kebanyakan kendala pada awal kehamilan mual dan muntah. Pada masa ini bumil biasanya cemas bagaimana supaya bisa mencukupi nutrisi Si Kecil.

Pertama harus diatasi dulu mual dan muntahnya. Ada banyak cara  untuk mengatasi mual dan muntah, diantaranya 

*Perbanyak hirup udara segar untuk menghindari muntah diawal kehamilan

*Menghindari makan berlemak dan pedas

*Tidak terburu-buru bangun setelah tidur

*Konsumsi makanan tinggi karbohidrat dan protein

*Lakukan metode makan dalam jumlah sedikit tapi sering

*Minum yang cukup

*Memilih vitamin yang tepat 



1000 Hari Pertama Kehidupan

Kualitas hidup hidup manusia ditentukan sejak awal janin bertumbuh di dalam kandungan seorang ibu, yaitu di masa 1000 hari pertama pertumbuhan. Karena itu sejak hamil saya mulai mencari dan membaca apa yang harus saya lakukan selama hamil. Ternyata asupan nutrisi selama hamil sangat penting untuk mendukung kesehatan ibu dan perkembangan buah hati. 


Selain kebutuhan makronutrien seperti protein, lemak, karbohidrat ibu hamil juga wajib memenuhi asupan mikronutrien seperti

*Asam folat 

*Zat besi

*Yodium

*Kalsium 

*Minyak ikan yang merupakan sumber DHA.



Manfaat Asupan DHA

Salah satu manfaat asupan DHA yaitu mampu mendukung perkembangan mata dan otak janin. DHA juga penting untuk merangsang kecerdasan hingga setelah lahir. DHA dinilai mampu memberikan hasil yang positif selama masa kehamilan seperti mencegah kehamilan prematur, menurunkan risiko Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) hingga perkembangan jangka panjang anak. 


Sumber DHA

Salah satu sumber DHA yang baik adalah melalui Konsumsi ikan. Untuk itu Food and Drug Administration (FDA) memberikan rekomendasi kepada wanita hamil untuk mengkonsumsi ikan sebanyak 225-350 gram ikan per minggu atau 300 mg DHA setiap harinya. Akan tetapi pada kenyataanya berdasarkan survei terakhir, 21% wanita hamil tidak mengkonsumsi ikan selama masa kehamilan dan 75% wanita hamil hanya mengkonsumsi kurang dari 115 gram selama seminggu.  


Tetap Bugar Saat Menyusui 

Pengalaman saya waktu menyusui, di 3 bulan pertama badan terasa sakit semua karena pola tidur bayi yang belum teratur. Agar badan tetap bugar ibu menyusui sebaiknya:


*Makan makanan bervariasi dan kaya akan protein.

*Minum air putih yang cukup

*Hindari makanan berkadar gula tinggi


Sayuran yang cocok dikonsumsi ibu menyusui

Daun Katuk

Sejak dulu daun katuk dipercaya baik untuk dikonsumsi ibu menyusui karena bisa menambah produksi ASI


Bayam 

Bayam juga jadi salah satu sayuran yang paling sering saya konsumsi saat menyusui. Bayam tinggi zat besi, kalsium, asam folat dan vitamin K yang bisa bantu lancarkan ASI. 


Okra

Okra sayuran ini masih jarang tersedia di pasar tradisional. Ternyata okta juga bermanfaat untuk ibu menyusui karena tinggi asam folat dan antioksidan yang baik untuk kesehatan ibu dan bayi, serta melancarkan produksi ASI. 


Paling penting ibu menyusui makan makanan bervariasi agar kebutuhan gizi si kecil terpenuhi. Ibu menyusui juga harus selalu bahagia dan tidak boleh stres agar ASI tetap lancar. 



Pijat Oksitosin

Pernah dengar pijat Oksitosin? Waktu hamil saya beberapa kali ikut pelatihan pijat oksitosin. Pijat oksitosin adalah teknik pijat untuk membantu keluarnya ASI. Pijat oksitosin sangat penting untuk membantu agar ibu rileks sebelum menyusui. Pijatan ini membuat kontraksi pada kelenjar payudara dan mendorong ASI keluar.


Teknik pijat yang dilakukan pada beberapa bagian tubuh yaitu, kepala leher, bahu, punggung dan payudara. 


Pijat Oksitosin merupakan salah satu teknik pijat yang dilakukan pasca persalinan. Teknik pijat ini dapat memberikan stimulasi pada puting dan diyakini mampu meningkatkan produksi ASI. Ini menjadi salah saru alasan pijat oksitosin dipercaya bisa membantu dalam proses menyusui.


Berikut langkah-langkah pijat oksitoksin yang bisa dilakukan di rumah bersama pasangan atau keluarga. 


Satu 

Posisikan tubuh bersandar ke depan sambil memeluk bantal agar lebih nyaman.

Dua 

Minta suami atau keluarga untuk memijat kedua sisi tulang belakang memakai kepalan tangan dengan ibu jari berada di depan.

Tiga

Cari bagian tulang belakang leher yang menonjol

Empat

Daei titik tersebut, turun 1-2 jari, geser ke kanan dan ke kiri dengan jarak 1-2 jari.

Lima

Mulai memijat kebawah sampai batas tali bra atau bisa sampai ke pinggang.

Enam

Beri sedikit tekanan dengan membentuk lingkaran pakai dua ibu jari.

Tujuh

Pijat sisi tulang belakang dari leher ke arah bawah sampai tulang belikat.

Delapan

Lakukan selama 2-3 menit.


Ketua Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TPPKK) Solo, Selvi Ananda, memberikan paket multivitamin bagi ibu hamil dan menyusui di Kantor Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo

Blackmores Peduli Nutrisi Bunda 


Melihat pentingnya asupan nutrisi di masa kehamilan, Blackmores menggandeng Food Cycle Indonesia dari Yayasan Gita Pertiwi untuk berkolaborasi mendirikan Program Blackmores Nutrisi Bunda. 


Tujuan Program

Program  Blackmores Peduli Nutrisi Bunda untuk mendukung ibu hamil khususnya di kota Solo dalam memenuhi kebutuhan nutrisi Ibu dan Si Kecil. Kerjasama diwujudkan melalui Suplementasi Blackmores Peduli Nutrisi Bunda sebanyak 12.000 botol kepada 2000 ibu hamil dan menyusui yang kurang mampu di Solo.




Blackmores Peduli Nutrisi Bunda

Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold 

Mengandung 17 nutrisi esensial yang dapat bantu penuhi kebutuhan nutrisi ibu selama hamil dan menyusui. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil adalah asam folat yang sangat baik jika diminum sebelum kehamilan tepatnya pada saat memulai program hamil. 

Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold sangat tepat untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin harian ibu hamil dan menyusui karena kandungannya sangat lengkap.  


Tumbuh Kembang si kecil berawal dari Bunda yang Sehat

Masa depan anak dimulai dari 1000 hari pertama kehidupannya, tapi sejak dalam kandungan sehingga asupan nutrisi selma kehamilan perlu diperhatikan. Menyadari pentingnya hal tersebut Blackmores meluncurkan program "Blackmores Peduli Nutrisi Bunda", dan akan membagikan 12.000 botol Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold kepada ibu hamil dan menyusui yang kurang mampu di solo Jawa Tengah. 



Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold Pilihan Tepat untuk Ibu Hamil & Menyusui

Waktu hamil hingga menyusui saya juga mengkonsumsi Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold. Ini sangat membantu saya tetap bugar dimasa hamil dan menyusui. Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu hamil dan menyusui karena:

Diperkaya dengan vitamin D3 200 IU

Kalsium, asam folat, vitamin & mineral

Minyak ikan (tidak berbau)


Dosis 

Diminum 2 kapsul setiap hari setelah makan atau sesuai petunjuk dokter. 

Simpan di tempat kering  dan jauhkan dari paparan sinar matahari langsung, dengan suhu dibawah 30°C. 


Harga 

Harga Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold related dengan manfaatnya. Untuk kemasan isi 60 kapsul dengan kisaran harga Rp.150.000- Rp175.000


Semoga para ibu hamil dan menyusui dapat melewati masa ini dengan bahagia ya. Ayo saling berbagi pengalaman pada sesama ibu hamil dan menyusui. 



3 komentar:

  1. Alhamdulillah bisa mampir ke artikel ini, jadi dpt informasi yang bermanfaat nih, bisa share ke temen-temenku yg lagi hamil dan menyusui. Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold salah satu vitamin yg harus di konsumsi ketika hamil dan menyusui, makasih mbak informasinya

    BalasHapus
  2. Rasanya buat yg sedang hamil perlu banget nih baca tulisan and info kayak gini ya jadi sambil mengandung dapat edukasi yang bermanfaat terutama asupan asupannya apa aja kan

    BalasHapus
  3. Blackmores bagus ya suplemennya. Bahkan gak hanya untuk ibu hamil menyusui. Memang komplit deh varian suplemen Blackmores

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Cantik dengan Face Care Scarlett

Saya perhatikan mulai banyak muncul flek hitam di wajah saya. Flek hitam adalah bintik-bintik kecil di kulit yang berwarna lebih gelap darip...