Rabu, 26 April 2023

Protein Penting untuk Tubuh





Tubuh Tinggi 

Sejak sering nonton pertandingan bola voly di TV, aku suka terkagum-kagum melihat atletnya tinggi-tinggi. Penasaran kok bisa ya apakah faktor keturunan? Tapi ternyata tidak juga keponakanku tinggi banget padahal orang tuanya tidak terlalu tinggi. Ternyata makanan protein merupakan salah satu faktor penting yang bisa membuat tubuh tumbuh tinggi. Karena protein memegang peran penting atas kelangsungan fungsi organ-organ  tubuh. Sehingga pemenuhan kebutuhan  protein setiap harinya harus dilakukan dengan tepat.  






Sedikit cerita waktu aku kecil, dulu pada zaman pembangun dan kondisi ekonomi masih sulit, anak -anak yang penting makan nasi kenyang tanpa memikirkan nutrisi penting lain. Tak heran aku hanya memiliki tinggi 154 M. Sekarang Alhamdulillah ekonomi semakin membaik sehingga kebutuhan protein anak tercukupi. 



Apa itu Protein?

Protein adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Protein merupakan molekul yang dapat ditemukan di setiap sel-sel tubuh yang berfungsi untuk menjaga fungsi, bentuk, serta cara kerja jaringan tubuh. Protein terbuat dari ratusan hingga ribuan senyawa kecil yang disebut asam amino. Dimana terdapat 20 asam amino yang saling mengikat dan membentuk protein untuk membentuk dan memelihara fungsi sel tubuh. 



Protein Penting untuk Tubuh 

Ada banyak fungsi protein bagi tubuh diantaranya sebagai sumber energi dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Artinya tubuh yang kekurangan protein akan rentan terserang penyakit dan infeksi. Jika kadar protein di dalam tubuh terlalu rendah  dapat mengakibatkan tubuh mudah lelah juga kerontokan rambut.


Pantas saja rambut saya akhir-akhir ini sering rontok. Saya akui memang kurang konsumsi makanan protein hewani. 



Makanan protein juga penting jika kita sedang diet. Justru ada salah satu metode diet yang setiap makan harus ada proteinnya. Bahkan protein  bebas dimakan kapanpun. Protein juga berfungsi dalam proses metabolisme tubuh. Fungsi Protein mengangkut nutrisi seperti vitamin, gula darah, mineral, oksigen, dan kolesterol ke seluruh aliran darah. Protein juga berfungsi untuk menyimpan kebutuhan zat besi dalam tubuh. 



Semakin bertambah usia kekuatan  dan  kelenturan tubuh semakin berkurang. Disini peran protein seperti kolagen, elastin dan keratin berperan dalam menjaga kekuatan dan kelenturan tubuh. Kolagen berguna menjaga kepadatan tulang, otot, tendon dan ligamen. Sedangkan elastin dibutuhkan untuk menjaga kelenturan tubuh sehingga dapat digerakkan dengan leluasa. 


Pernah lihat beberapa orang yang meskipun sudah berusia yang terbilang tidak muda lagi, tapi masih terlihat aktif bergerak dan tampak tak mudah lelah. 


Ciri-ciri kekurangan protein yang aku alami rambut rontok yang sudah aku sebut diatas, juga kulit terasa kering, apalagi setiap selesai mandi. Juga kuku mudah patah. Ini merupakan ciri kekurangan protein jenis keratin yang bermanfaat untuk menjaga kekuatan kulit, rambut, dan kuku. 



Membentuk Antibodi

Makanan protein sangat penting karena membantu membentuk antibodi pada sistem kekebalan tubuh. Seperti kita ketahui antibodi merupakan komponen penting  dalam tubuh yag berfungsi melawan virus, bakteri, dan benda asing lainnya yang dapat menyebabkan infeksi. 



Bagi yang sedang diet makanan protein sangat penting. Karena biasanya saat diet kita mengurangi makan karbohidrat dan lemak. Sedangkan tubuh tetap membutuhkan energi. Secara otomatis tubuh kita menggunakan protein yang tersimpan dalam tubuh sebagai asam amino energi tambahan 



Makanan Protein

Apa saja makanan yang mengandung protein? Ada banyak makanan yang mengandung protein diantaranya seperti telur, tahu, ikan, susu, brokoli, kacang tanah  dan daging sapi. 


Daging Sapi sebagai sumber protein  dapat diolah menjadi berbagai masakan lezat. Akan tetapai agar kandungan proteinnya tetap terjaga sebaiknya diolah dengan cara yang tepat. Steak dari holicow salah satu cara untuk mencukupi kebutuhan protein kita. 


Steak Holycow

Menu steak di steak hotel by holicow tidak perlu diragukan lagi, karena selain lezat sudah pasti banyak mengandung protein. Steak Holycow sudah halal dengan cabang yang tersedia di Jakarta, Bandung, Pekanbaru, Surabaya. Steak Holycow bisa kita nikmati di outlet terdekat ataupun bisa dipesan secara online. 


Adapun menu steak holycow  yang tersedia mulai dari 

Steak wagyu

Tenderloin

Rib Eye

Wagyu Steak 

Dengan pilihan Wagyu Rib Eye dengan harga 199.000

Wagyu Tenderloin dengan harga 224.000

Wagyu Sirloin dengan harga 185.0000





Apa saja perbedaan sirlon dan tenderlin bisa di cek di Holycowsteak


 

Steak holycow juga tersedia Kids Menu dengan harga terjangkau. 


My First Steak 

Idr 69.000 

Dengan porsi pas untuk si kecil dilengkapi dengan  YO! Kido Imuno.


Holichicken Schnitzel 

Idr 54.000

Menu ayam yang jadi favorite juga dilengkapi dengan YO! Kiddo Imuno


Mini Frankfurter

Idr 49.000

Mini hot dog untuk si kecil juga dilengkapi dengan YO! Kiddo Imuno

Ada beberapa pilihan menu lainnya  di steak holycow yang tak kalah lezat bisa di lihat di 


Semoga dengan kebutuhan protein yang tercukupi. Keluarga kita sehat selalu dan tidak mudah terserang virus. Untuk anak anak yang sedang dalam masah pertumbuhan dapat tumbuh dengan optimal. 



Bagaimana dengan keluarga kalian di rumah? Cerita dong di kolom komentar .  

Sumber foto https://www.holycowsteak.com/blogs/story/perbedaan-sirloin-dan-tenderloin

Rabu, 12 April 2023

Festival Kuliner Ramadhan Ayomakan


#BukberTanpaWacana

Bulan puasa tinggal menghitung hari lagi, sudah buka puasa bersama berapa kali. Biasanya buka puasa bareng keluarga, bareng teman, bareng grup ibu-ibu komite, bareng grup arisan. Gimana seru gak? Menu apa yang paling favorit selama buka bersama?

Nikmatnya Bento Ramadan HokBen

Irma Wulansari Communication Dept Head PT Eka Bogainti Tak terasa puasa sudah sampai hari ke 12, waktu begitu cepat berlalu, sudah khatam ti...