Sabtu, 30 Desember 2023

Ibu Ungkapkan Bahasa Cinta dengan Rice Cooker Miyako


Pernah dengar kalimat ibu adalah makhluk terkuat? Yes saya setuju karena ibu adalah wanita yang serba bisa. Angkat galon bisa, pasang gas mah kecil bagi saya. Ya saya seorang ibu dari dua anak perempuan. Urusan masak, beberes rumah dan antar jemput anak juga bisa dilakukan ibu. Mengatur keuangan pun adalah keahlian ibu. Meskipun ada ibu yang lebih beruntung dengan mempekerjakan asisten rumah tangga, tetapi seorang ibu tetaplah ibu yang hebat sekaligus pintu surga bagi anak-anaknya.

Kamis, 14 Desember 2023

Talk Show Suara Untuk Indonesia Bebas Kusta

 


Kasus Baru kusta di Indonesia mengalami stagnasi selama 10 tahun terakhir dengan jumlah mencapai 18.000 kasus. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan tingkat kasus kusta tertinggi ketiga di dunia. 

Selasa, 12 Desember 2023

10 Rekam Jejak Prabowo Subianto

Sumber foto Twitter @prabowo

Siapa yang tidak kenal dengan Prabowo Subianto? Akhir-akhir ini namanya makin sering terdengar di TV karena merupakan Calon Presiden 2024, berpasangan dengan Gibran Rakabuming. Yuk kita kulik rekam jejak Prabowo Subianto.

Rabu, 29 November 2023

Digitalisasi BRI untuk Indonesia



Ada yang masih ingat kapan pertama kali ke Bank atau mempunyai tabungan pribadi. Sedikit cerita saya mulai bisa menabung sendiri ke Bank sejak mulai bekerja tahun 2000. Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah tempat pertama saya menabung hasil kerja saya. Saya jadi penasaran dengan sejarah Bank Rakyat Indonesia dan perkembangannya saat. 

Minggu, 12 November 2023

3 Anak Mahfud MD & Profesi

 

                

Setelah diumumkan menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, saya jadi penasaran latar belakang keluarga Mahfud MD. Siapa saja anak Mahfud MD dan apa profesinya? 


Pastinya setelah terpilih jadi Cawapres semua ingin tahu latar belakang keluarga Mahfud MD. Istri Mahfud MD langsung jadi perhatian saat mendampingi Mahfud MD di televisi ketika mendeklarasikan kesiapannya menjadi Cawapres dari Capres Ganjar Pranowo. 

Jumat, 27 Oktober 2023

2 Almamater Mahfud MD

2 Almamater Mahfud MD Calon Wakil Presiden Indonesia

Sumber Foto @mohmahfudmd

Tinggal menghitung hari jelang Pilpres, kalian sudah punya calon presiden pilihan guys? Setiap orang pasti punya pilihan capres dan calon wakil presiden masing masing. Kita tidak bisa memaksa orang lain untuk menyukai pilihan kita, begitupun sebaliknya. 

Selasa, 24 Oktober 2023

Pencegahan Demam Berdarah dengan 3MplusVaksin

 


Cuaca akhir-akhir ini sangat panas, saat malam hari nyamuk banyak sekali. Saat banyak nyamuk seperti sekarang saya sering tidak bisa tidur. Khawatir anak saya digigit nyamuk, lotion anti nyamuk dan raket nyamuk selalu sedia. Saya khawatir dengan gigitan nyamuk yang bisa menyebabkan demam berdarah. Seperti kakak yang pernah terkena demam berdarah saat usia balita. Demam berdarah sangat menakutkan karena bisa mengakibatkan kematian. 




Sebelumnya saya ingin bertanya bagaimana kasus demam berdarah di lingkungan teman-teman? Alhamdulillah di lingkungan saya, khususnya lingkungan RT saya  tidak ada kasus demam berdarah dalam beberapa bulan terakhir. Kader PKK disini aktif mengingatkan warga agar selalu melakukan 3M PLUS. Walaupun begitu tetap harus waspada dari gigitan nyamuk Aedes aegypti.


Perilaku hidup masyarakat yang kurang memperhatikan kebersihan lingkungan dapat berakibat terjadinya kasus demam berdarah. Salah satu pencegahan agar kasus demam berdarah tidak terjadi adalah dengan melakukan PSN 3M Plus.



Agar terhindar dari demam berdarah, biasakan hidup bersih dan 3M Plus. Pastinya kita semua masih hafal dengan apa itu 3M PLUS:

■ Menguras dan menyikat penampungan air

■ Menutup tempat penampungan air

■ Memanfaatkan/mendaur ulang barang bekas



✅Menguras, merupakan kegiatan membersihkan/menguras tempat yang sering menjadi penampungan air seperti bak mandi, kendi, toren air, drum dan tempat penampungan air lainnya. 


✅Menutup, merupakan kegiatan menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti bak mandi maupun drum.


✅Memanfaatkan kembali limbah barang bekas yang bernilai ekonomis (daur ulang), kita semua disarankan untuk memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang-barang bekas yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk demam berdarah. 


Plus-nya adalah bentuk upaya pencegahan tambahan seperti berikut:

  1. Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk

  2. Menggunakan obat anti nyamuk

  3. Memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi 

  4. Gotong royong membersihkan lingkungan 

  5. Periksa tempat-tempat penampungan air

  6. Meletakkan pakaian bekas pakai dalam wadah tertutup

  7. Memberikan larvasida pada penampungan air yang susah dikuras

  8. Memperbaiki saluran dan talang air yang tidak lancar

  9. Menanam tanaman pengusir nyamuk  



Dampak El Nino

Berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), puncak fenomena El Nino diperkirakan akan terjadi dari bulan Agustus hingga bulan September 2023. Seiring dengan terjadinya fenomena El Nino, suhu akan menjadi lebih hangat sehingga membuat nyamuk Aedes aegypti semakin mengganas. Bahkan frekuensi nyamuk menggigit bisa naik hingga 3-5 kali lipat di saat suhu panas mencapai 30°C ke atas. 


Kita semua penduduk di Indonesia berisiko terkena demam berdarah tanpa melihat umur, tempat tinggal, dan gaya hidup. Berdasarkan data kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sebanyak 143.000 kasus demam berdarah yang tercatat sepanjang tahun 2022, 39% nya merupakan golongan produktif rentang usia 15-44 tahun. 


Kasus demam berdarah dengue (DBD) masih menjadi perhatian kesehatan masyarakat Indonesia hingga saat ini. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI, dari awal tahun sampai dengan minggu ke-33 tahun 2023 telah tercatat 57.884 kasus demam berdarah dengan 422 kematian di 34 provinsi di Indonesia (Case Fatality Rate:0,73%).



Peluncuran Kampanye #Ayo3MplusVaksinDBD


Pada tanggal 27 September lalu beruntung sekali saya bisa hadir di acara Peluncuran Kampanye Nasional Pencegahan Demam Berdarah Dengue. Berikut informasi yang saya dapatkan dari narasumber yang hadir. 



Masih tingginya kasus demam berdarah di Indonesia, mendapat tanggapan serius dari Kementerian Kesehatan Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan dengan membangun kerjasama publik dan privat serta meluncurkan kampanye #Ayo3MplusVaksinDBD


Ruang lingkup kerja sama tersebut, meliputi peningkatan peran serta masyarakat atau pemberdayaan masyarakat; peningkatan kapasitas tenaga kesehatan, penyusunan dan pelaksanaan terkait program koalisi bersama masyarakat menuju nol kematian akibat dengue (zero dengue death 2030), pendekatan terpadu untuk pencegahan dan pengendalian dengue; sinkronisasi data (bridging) dengan SIARVI (Sistem Informasi Arbovirosis) peningkatan peran dan kerjasama penentu kebijakan di pusat dan daerah. 



Demam berdarah dengue merupakan salah satu ancaman kesehatan global diantara 10 penyakit lainnya yang telah ditetapkan oleh WHO pada awal tahun 2020 dan vaksinasi merupakan salah satu pilar strategi global penanggulangan  dengue. Vaksinasi sebagai salah satu langkah pengendalian dengue, perlu diperhatikan dan membutuhkan keterlibatan masyarakat secara aktif. Dengan Adanya vaksinasi yang dapat diberikan tanpa melihat pengalaman demam berdarah dengue sebelumnya, diharapkan akan lebih banyak anak yang dapat terlindungi dari demam berdarah dengue. Selain tentunya bisa turut berperan dalam menurunkan tingkat rawat inap akibat demam berdarah dengue. 



Gamze Yuceland, President, Growth & Emerging Markets, Takeda Pharmaceuticals Internasional AG yang hadir pada Peluncuran Kampanye pada 27 Seotember 2023 lalu menyampaikan bahwa  " Takeda sangat mengapresiasi upaya pemerintah Indonesia dalam penanggulangan infeksi dengue, seperti yang tertuang dalam Strategi Nasional Penanggulangan Dengue 2021-2025. Kami berkomitmen untuk menjadi mitra strategis dalam mewujudkan nol kematian akibat demam berdarah dengue di Indonesia pada tahun 2030. Kami juga bangga menjadi salah satu pendiri dari sektor inovator untuk KOBAR (Koalisi Bersama) Lawan dengue yang  dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan RI dan Kaukus Kesehatan DPR RI pada 8 September yang lalu, dan mengajak masyarakat untuk mengimplementasikan kampanye # Ayo3MPlusVaksinDBD. "



Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM., MARS, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang juga hadir menambahkan terkait penanggulangan infeksi dengue di Indonesia dan bagaimana peran serta masyarakat sangat penting dalam upaya pencegahan dengue. 


"Penanggulangan DBD di Indonesia merupakan tantangan yang kompleks. Namun, pemerintah telah berkomitmen untuk mencapai nol kematian akibat infeksi dengue pada tahun 2030 melalui Strategi Nasional Penanggulangan Dengue 2021-2025. Kami menghimbau masyarakat untuk bersama-sama, dengan prinsip 3M plus dan vaksinasi mandiri DBD dalam mengatasi tantangan ini dan melindungi masa depan generasi mendatang."


Prof.Dr.dr. Sri Rezeki Hadinegoro, Sp.A(K), Ketua Komunitas Dengue Indonesia mengatakan "Di negara atau wilayah dengan penularan infeksi dengue yang tinggi, anak-anak cenderung paling banyak terkena dampaknya, walaupun pada usia dewasa saat ini juga meningkat. Namun, menurut data Kementerian Kesehatan tahun 2022, pola kematian akibat dengue dominan di kelompok usia muda, yaitu 5-14 tahun (45%). Dengan demikian upaya sosialisasi pengendalian vektor nyamuk dan vaksinasi dengue pada anak menjadi sangat penting sesuai dengan rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Melalui kegiatan edukasi pencegahan infeksi dengue kepada masyarakat, kami juga mengapresiasi kampanye #Ayo3MplusVaksinDBD sebagai langkah penting dalam meningkatkan kesadaran dan perlindungan terhadap infeksi dengue di Indonesia."



"Selain anak-anak, orang dewasa juga terancam terkena demam berdarah dengue. Karena terbukti manfaatnya, Perhimpunan Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) telah merekomendasikan vaksinasi demam berdarah juga diberikan pada orang dewasa sampai umur 45 tahun. Saat ini vaksinasi demam berdarah dengue dapat diberikan pada rentang usia 6-45 tahun sesuai dengan anjuran dokter." Hal ini dipaparkan oleh Dr.dr Sukamto Koesnoe, SpPD, K-AI, FINASIM, Ketua Satgas Imunisasi Dewasa, Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia yang juga hadir saat acara berlangsung. 


Hadir juga Tika Bisono selaku pemerhati Dengue. Duka mendalam kehilangan putri tercinta membuat Tika menyatakan perang terhadap demam berdarah, dan ingin terus melakukan penyebaran kampanye tentang bahaya infeksi dengue. 


Adanya vaksin DBD membuat Tika sangat bersyukur, karena dengan adanya vaksin dapat membantu menurunkan angka keparahan dan kematian akibat infeksi dengue. 


Kesimpulan 

Kebersihan lingkungan dan memberantas jentik harus selalu dilakukan. 

Pengetahuan mengenai DBD harus terus disebarkan. 


Membiasakan perilaku hidup sehat tanpa nyamuk. Karena pada dasarnya kita semua sudah mengetahui tentang penyebab dan bahaya dengue. 


Dari sisi teknologi saat ini sudah cukup bagus, seperti adanya vaksin. Keterlibatan setiap individu untuk menjalankan 3Mplus harus terus dijalankan. 

Berantas nyamuk dengan 3Mplus, dan vaksin untuk melengkapi melindungi diri dari demam berdarah. 



C-ANPROM/ID/QDE/0239 | Oct 2023

Selasa, 10 Oktober 2023

Play "N" Learn Tempat Bermain & Belajar


Play "N" Learn Mall Kelapa Gading Tempat Bermain & Belajar 

Yeay senang sekali, Play "N" Learn Play N Learn Summarecon Mall Kelapa Gading 1 sudah resmi dibuka pada tanggal 7 Oktober 2023 lalu. Dengan konsep Active Edu Fun untuk  anak anak. Play "N" Learn hadir untuk terus menciptakan momen-momen menyenangkan bagi si kecil, dengan menyediakan tempat yang aman dan nyaman untuk bermain dan bereksplorasi. 

Selasa, 26 September 2023

Cara Mudah Mengajari Anak Mengaji


Setiap orang tua pasti punya cara sendiri untuk mengajarkan anak supaya pandai membaca Al-Qur'an. Berdasarkan pengalaman saya saat anak pertama saya daftarkan di TPA Alhamdulillah sampai bisa membaca Al Qur'an.

Selasa, 05 September 2023

Lindungi Diri & Keluarga dari Demam Berdarah dengan 3M Plus Vaksin

 


Tanggal 31 Mei 2023 lalu saya mendapat kesempatan mengikuti Prescon seputar Vaksin dan Pencegahan DBD. Senang sekali, pastinya ini akan menambah wawasan saya sebagai seorang Ibu agar lebih waspada lagi terhadap Demam Berdarah atau kadang disebut "dengue". 




Sedikit cerita anak pertama saya pernah terkena demam berdarah saat usianya satu tahun. Harus dirawat di rumah sakit, setiap hari di cek darah. Bahkan dalam sehari dua kali cek darah. Bisa dibayangkan anak kecil tiap hari di ambil darahnya. Setelah dirawat sekitar 7 hari dan dinyatakan boleh pulang bekas tusukan jarum di lengan dan kaki anak saya lebam. 



Siapa saja bisa terkena demam berdarah, baik anak-anak maupun dewasa. 

Kenapa banyak nyamuk demam berdarah di Indonesia? Indonesia daerah beriklim tropis sehingga sangat disukai oleh nyamuk. Nyamuk senang berada di genangan air bersih dan daerah yang memiliki banyak pohon seperti taman dan kebun. Bagaimana di sekitar rumah teman-teman banyak nyamuk juga ga?


Ruangan rumah yang bersih juga harus diwaspadai, karena itu sekarang ada program pemerintah untuk jumantik mandiri. Saya rutin menguras bak mandi minimal seminggu sekali. Tapi biasanya 3 hari sudah saya kuras, karena penampungan air di rumah saya tidak terlalu besar. 



Demam Berdarah

Demam berdarah ditularkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk yang terinfeksi virus dengue jika menggigit seseorang maka orang tersebut akan terinfeksi virus dengue. Ciri-ciri nyamuk Aedes aegypti nyamuk ini lebih kecil dari nyamuk rumah, badan berwarna hitam dengan garis- garis putih pada badan dan kaki. 

Gejala Demam Berdarah

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia gejala awal demam berdarah ditandai dengan demam yang mendadak tinggi dan terus menerus, disertai nyeri kepala, nyeri otot seluruh badan, nyeri sendi, kemerahan pada kulit. Khususnya kulit wajah. Gejala lain seperti nafsu makan berkurang, mual dan muntah. 


Nyamuk Aedes aegypti aktif di pagi hingga sore hari. Menyukai tempat gelap, banyak berada di area rumah, seperti botol bekas, ban bekas, hingga tempat makanan dan minum hewan peliharaan  


Lindungi anggota keluarga dari  Demam Berdarah dengan vaksin


#Ayo3MPlusVaksin

Saat tahu demam berdarah bisa dicegah dengan vaksin saya sangat senang. Itu artinya saya bisa menjaga keluarga dari risiko terkena dengue.  Langkah awal, jangan sampai keluarga kita terkena demam berdarah, lakukan 3M Plus juga konsultasikan dengan dokter mengenai pencegahan demam berdarah


Vaksin untuk mencegah demam berdarah sudah Direkomendasikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Ikatan Dokter Anak Indonesia sudah mengeluarkan jadwal Imunisasi  Anak tahun 2023, yang menambahkan vaksin dengue terbaru dengan dua dosis, interval 3 bulan diberikan mulai usia 6 tahun. 


Orang yang pernah terkena demam berdarah sebelumnya apakah perlu divaksin? 

Meskipun telah terinfeksi namun tetap memungkinkan terkena infeksi  demam berdarah lagi, sehingga vaksinasi tetap diperlukan untuk memberikan perlindungan lebih baik.  


Vaksin dengue juga diperuntukkan untuk dewasa usia 19 hingga 45 tahun. 

Vaksin melengkapi perlindungan dari demam berdarah, tidak hanya dengan 3M Plus (Menutup, menguras dan memanfaatkan), tapi 3M Plus Vaksin.



Tips Agar Terhindar dari Dengue 

Saat musim hujan kita harus semakin waspada terhadap nyamuk Aedes aegypti. 

Harus lebih sering:

3M

✅Menguras tempat penampungan air 

✅Menutup tempat penampungan air

✅Memanfaatkan limbah bekas yang bernilai ekonomis

Plus

✅Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air

✅Menggunakan kelambu saat tidur 

✅Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk

✅Menghindari kebiasaan menggantung pakaian 

✅Menggunakan anti nyamuk semprot maupun  oles bila diperlukan 


Demam Berdarah Di Sekitar Kita 

Kembali ke cerita saat saya hadir di Prescon. Ada Ringgo Agus dan Sabai Ringgo Agus bercerita pernah kena Demam Berdarah saat usia 14 tahun. Merasakan demam tinggi sampai bilang ke perawat gak kuat panasnya. Dan kena lagi pas tahun lalu sampai gak kuat berdiri karena saking pusingnya. Dan yang paling sedih anak Ringgo Agus dan Sabai  Mars juga kena demam berdarah pas umur 1 tahun. Demam berdarah meninggalkan trauma bagi Agus Ringgo  dan keluarga.


Sama seperti keluarga pada umumnya " Saya selalu sedia raket nyamuk dintangan saat dirumah saking parnonya". Agus Ringgo juga pernah google satu satunya negara yang gak ada nyamuknya Iceland. 


Hadir juga Dr.dr, Angraini Alam, Sp.A(K), Ketua UKk Infeksi & Penyakit Tropis, IDAI

Andreas Guthknecht dan dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid.


Kesimpulan dari Preskon demam berdarah yang saya hadiri.  Kita dapat mencegah penularan demam berdarah dengan menghindari gigitan nyamuk Aedes aegypti, dan memutus rantai demam berdarah dengan 3M Plus dan juga vaksinasi. Jika terdapat gejala demam berdarah pada anggota keluarga segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat dan mencegah penyebaran penyakit lebih lanjut.


C-ANPROM/ID/QDE/0139 | Aug 2023

Sabtu, 02 September 2023

Penyakit Kusta Bisa Disembuhkan

 



Tanggal 30 Agustus lalu saya menyimak Ruang Publik KBR yang dipersembahkan oleh NLR Indonesia melalui live streaming YouTube. Tema kali ini "Wanita dan Kusta. 

Jumat, 11 Agustus 2023

Wajib Tahu! 5 Tips Aman Travelling ke Indonesia Timur

 

Liburan seru tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, karena saat ini di Indonesia Timur ada banyak wisata alam yang keren. Biar liburanmu makin mudah dan praktis coba apply kartu kredit online untuk pesan tiket pesawat, booking hotel dan transaksi lainnya. 

Karena dengan kartu kredit digital semua transaksi jadi serba gampang dan bisa dicicil sampai beberapa bulan. Jadi kamu bisa pergi liburan meski belum punya tabungan yang cukup. Sebelum berangkat sebaiknya simak tips di bawah ini biar liburanmu aman.

Tips Aman Berwisata ke Indonesia Timur

Rasa khawatir pasti ada saat pergi ke tempat baru yang belum pernah kita kunjungi. Tapi jangan jadikan hal tersebut sebagai penghalang untuk mengeksplor wisata-wisata di Indonesia timur. Biar liburanmu aman terkendali, coba ikuti beberapa tips berikut ini.

  • Persiapkan Cuti

Kamu pasti tidak ingin terganggu urusan pekerjaan saat menikmati liburan. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya persiapkan cuti dari jauh-jauh hari. Dengan begitu, kamu bisa menikmati waktu libur tanpa perlu memikirkan beban pekerjaan di kantor. 

  • Manfaatkan Promo untuk Beli Tiket Pesawat 

Biar dompet tetap aman manfaatkan promo kartu kredit untuk membeli tiket pesawat. Kalau belum punya coba ajukan kartu kredit yang mudah di approve agar kamu bisa langsung memakainya. 

  • Cari Tahu Tentang Destinasi yang Dituju

Setelah memilih destinasi wisata yang tepat, selanjutnya cari tahu semua hal tentang tempat tersebut. Mulai dari kapan waktu terbaik untuk berkunjung, kondisi cuaca hingga fasilitas umum yang tersedia.

Hal ini penting dilakukan supaya tidak bingung lagi saat sudah sampai di sana. Bila perlu cari tour guide profesional agar tidak tersesat. 

  • Persiapkan Rencana Liburan dengan Matang

Sebelum berangkat liburan kamu harus mempersiapkan diri dengan baik, salah satunya dengan menjaga kesehatan. 

Setelah sampai di sana jangan lupa menjaga pola makan dan istirahat yang cukup karena wilayah timur Indonesia merupakan endemis malaria. Jadi perlu hati-hati agar tubuh tidak terserang penyakit saat liburan. 

Untuk mengantisipasi hal buruk, sebaiknya bawa obat-obatan pribadi dan jangan lupa membawa sunblock. Cuaca di wilayah timur cenderung terik sehingga membuat kulit mudah terbakar sinar matahari. 

Untuk menghindari modus penipuan dan pencurian sebaiknya jangan gunakan barang-barang mewah dan membawa uang tunai secukupnya saja. 

  • Pelajari Tradisi Masyarakat Setempat

Kamu perlu mempelajari tradisi dan kebiasaan masyarakat setempat untuk menghindari culture shock yang berujung pada kesalahpahaman. 

Jangan tersinggung atau marah jika nada bicara masyarakat di sana terkesan membentak karena nada bicara mereka memang seperti itu.

Kalau kamu pergi ke wilayah NTT, Maluku dan Papua jangan kaget jika masyarakatnya buang ludah pinang di jalan. Karena mengunyah pinang sudah menjadi tradisi di sana. Kenapa buang ludah pinang di jalan? 

Karena pinang yang sudah dikunyah harus segera dibuang jadi jangan jengkel jika masyarakat di sana melakukan hal tersebut




5 Wisata Alam Keren yang Ada di Indonesia Timur

Apa kamu bingung mencari destinasi wisata yang tepat? Wisata alam menjadi pilihan yang tepat karena Indonesia timur terkenal dengan keindahan panorama pantai, bukit, gunung dan lautnya. 

Mau kesana tapi belum punya tabungan? Tenang kamu bisa apply kartu kredit online untuk mewujudkannya. Berikut beberapa wisata alam di Indonesia timur yang patut dikunjungi.

  • Taman Nasional Takabonerate (Sulawesi Selatan)

Wisata alam ini terkenal dengan keindahan gugusan atolnya, yaitu pulau menyerupai cincin yang terdiri dari beberapa pulau karang dan terumbu karang. Taman Nasional Takabonerate cocok banget buat yang hobi diving.

Di sana kamu bisa melihat keindahan aneka jenis ikan warna-warni yang cantik. Kalau mau yang anti-mainstream kamu bisa berenang dengan ikan hiu, tenang hiu di sana jinak kok. 

Waktu terbaik berkunjung ke tempat ini adalah antara Maret – Mei dan November – Desember karena pada saat itu air lautnya sedang jernih.

  • Pulo Cinta (Gorontalo)

Di sini kamu akan melihat indahnya rangkaian cottage apung yang berjajar membentuk simbol hati. Cottage tersebut saling terhubung jembatan panjang yang dibuat dari kayu. 

Di Pulo Cinta juga ada beberapa tempat wisata lain yang tidak kalah keren. Di antaranya adalah Gulf of Tomini, Pulau Bajo dan Pulau Bohu.

  • Pulau Padar (NTT)

Selain Sulawesi, wilayah NTT juga terkenal dengan keindahan alamnya. Pulau Padar menawarkan keindahan alam bahari yang eksotis dan lokasinya juga tidak jauh dengan Pink Beach. 

Air lautnya berwarna biru kehijauan dan terdapat pulau-pulau kecil di sekitarnya. Kamu juga akan dibuat takjub dengan pemandangan bukit berbatu dan pepohonan khas padang savana di pesisirnya.

  • Pulau Morotai (Maluku Utara)

Maluku Utara juga menjadi surga bagi para pencinta diving dan snorkeling. Di pulau ini kamu akan dimanjakan dengan pemandangan pantai yang sangat indah. Butiran pasirnya lembut dan air lautnya sangat jernih bagaikan kristal. 

Pulau Morotai memiliki dua spot, yaitu untuk diving dan snorkeling. Berikut beberapa pilihan spot menarik yang bisa kamu pilih: 

  • Pulau Dodola

  • Pulau Mitita

  • Pulau Nunuhu

  • Goa Popogu

  • Pulau Galo-Galo

  • Tanjung Sabbatai Point

  • Tanjung Wayabula

Kita patut bangga dengan kekayaan alam yang ada di Indonesia. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, di negara sendiri kamu bisa menemukan tempat-tempat keren yang memanjakan mata. 

Masalah dana selama traveling ke Indonesia Timur, kamu bisa menggunakan kartu kredit. Cari produk yang menyediakan kartu kredit digital, jadi kamu tak akan ribet dengan masalah uang tunai. Salah satunya adalah Kartu Kredit Digital digibank yang serba praktis.

Kamu bisa apply kartu kredit online dimana saja dengan mudah tanpa perlu ribet pergi ke bank. Mau tahu kelebihan dan syarat pembuatannya? 

Klik di sini untuk mendapat informasi lengkapnya. Yuk apply Kartu Kredit Digital digibank sekarang dan nikmati semua keuntungannya! 

Selamat Tinggal Drama Mata Kering

  Waktu itu ceritanya hampir seharian menatap layar gadget, mataku sangat gatal semakin dikucek semakin gatal. Penasaran ada apa di bawah ke...