Jumat, 10 Mei 2019

Cara Mudah Mengatasi Kulit Kering Dan Kusam




Mungkin pernah dengar kalimat “usia tak bisa bohong” emang iya sih, belakangan ini aku merasa kulit semakin kusam dan kering. Selain faktor “U” alias umur, faktor “M” juga berpengaruh sepertinya. M alias malas, iya kan, dulu waktu masih single rajin luluran, pakai lotion setiap selesai mandi. Sekarang beli lotion cuma digeletakin aja, dipake pas lagi ingat saja.

Selasa, 30 April 2019

Mengetahui 8 Bidang Kecerdasan Anak Dengan AJT CogTest

Sore itu sambil momong Dita saya ngobrol bersama ibu-ibu tetangga dekat rumah. Biasalah dari remeh-temeh sampai ke cara mereka mengajari anak-anak belajar. Sebut saja Ibu Shinta, dia dengan semangat menceritakan anaknya yang selalu peringkat pertama di kelas sejak kelas 1 hingga sekarang kelas 2 SD. Cara Bu Shinta mengajari anaknya dengan sambil bersuara tegas, karena jika dengan suara lembut anaknya akan bercanda, begitu katanya. Dan saat musim ujian Bu Shinta menyiasati dengan cara memberikan berbagai contoh soal yang ia dapat dari kakak kelas atau saudara dengan tingkat kelas lebih tinggi, dengan cara difotocopy.


Berbeda lagi dengan Bu Ike, dia mengeluhkan anak keduanya yang super duper susah menerima pelajaran, mau diajarin dengan cara halus sampai dengan cara membentak tetap ga masuk. “Aduh anak ini pasti masuk SMP swasta nantinya bener-bener deh susah banget diajarin, disuruh les ga mau”, begitu keluhan Bu Ike. Menurut saya sekolah swasta juga bagus, hanya saja bagi yang terkendala biaya lebih baik memilih sekolah negeri.

Bagaimana dengan saya sendiri yang dari tadi mendengarkan obrolan mereka? Hahaha saya sendiri sebenarnya kesulitan menemukan cara agar kakak bisa belajar dengan asyik sesuai keinginannya. Sejauh ini saya memang tak pernah menuntut kakak untuk selalu jadi juara kelas. Saya hanya selalu mengingatkan agar dia rajin membaca, karena membaca adalah jendela dunia. Alhamdulillah nilainya masih bagus, setiap pembagian rapor selalu masuk 10 besar. Saat ada PR matematika khususnya, yang saya bisa dikatakan ga bisa (aslinya sudah malas mikir) hahaha, untunglah ada bapaknya, sehingga terkadang jika kesulitan kakak menunggu bapaknya pulang kerja baru mengerjakan PR.

Dari kelas 1 SD hingga sekarang kelas 5 kakak belum pernah saya daftarkan ke bimbel, karena kami (saya dan bapaknya) merasa belum perlu. Selain itu karena lokasi bimbel yang lumayan jauh, juga mengingat waktunya sudah habis untuk kegiatan di sekolah, bermain dan beristirahat. Saya mempunyai pendapat, kasihan kan si kakak waktunya hanya untuk belajar di sekolah, lalu belajar lagi di bimbel biarlah dia menikmati masa kecilnya dengan puas dan masih ada waktu untuk bermain. Kemungkinan saat kelas 6 SD saya berencana akan mengikutkan kakak ke bimbel.

Bagaimana cara belajar yang tepat?
Nah! sekarang bagaimana supaya anak cerdas dengan cara belajar yang disukainya sehingga kita tak perlu meninggikan nada suara saat mengajarinya, lebih bagus lagi jika anak punya kesadaran tinggi untuk belajar, ini mah maunya semua ibu.

Untuk membantu mengetahui profil cara belajar anak yang tepat, sekarang kita para orang tua dan guru bisa mengajak anak mengikuti AJT CogTest. Melalui AJT CogTest ini kita bisa mengetahui kemampuan unik belajar anak. Sehingga kita bisa mengarahkan potensi yang dimiliki lebih maksimal seiring perkembangan dan pertumbuhan anak.

AJT CogTest
AJT CogTest merupakan gagasan dari PT Melintas Cakrawala Indonesia (MCI). AJT CogTest merupakan tes kognitif yang akurat dan komprehensif dalam membantu mengidentifikasi kekuatan serta kelemahan belajar anak. AJT CogTest berbeda dengan alat tes IQ lainnya, karena AJT CogTest memberikan hasil yang komprehensif dari 8 bidang kecerdasan anak.


AJT CogTest satu-satunya tes kognitif atau tes kecerdasan yang dikembangkan dengan norma Indonesia. Kabar gembiranya lagi buibu, tes ini dirancang khusus oleh ahli psikologi dan ahli psikometri untuk anak usia 5 sampai 18 tahun, jadi kita sudah bisa mengetahui kemampuan anak sebelum dia masuk sekolah TK, SD, SMP hingga ke jenjang SMA dengan AJT CogTest dari MCI ini.

Sudah Teruji
Buibu macam saya ga perlu khawatir karena #TesKognitifAJT ini sudah melalui proses penelitian selama 4 tahun berdasarkan teori kecerdasan termutakhir. Penelitian dilakukan kepada hampir 5000 siswa, di 6 Provinsi di Pulau Jawa. Bekerja sama dengan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Kevin McGrew sebagai konsultan proyek dan ahli dari teori CHC (Cattell-Horn-Carrol) juga Co-Author dari Woodcock-Johnsons. AJT CogTest juga telah diujicoba di 10 sekolah terkemuka di Jabotabek.

#YukKenaliAnakKita melalui 2 Jenis Paket Tes AJT
*AJT CogTest Full Scale biaya Rp 760.000
Mengidentifikasi 8 kemampuan kognitif lengkap yang menampilkan profil lengkap kekuatan dan kebutuhan anak.

*AJT CogTest Comprehensive biaya Rp 1.200.000
Diperuntukkan ketika seorang anak membutuhkan data lebih terperinci untuk dianalisis, psikolog akan merekomendasikan tambahan tes.

Dengan biaya yang relatif terjangkau kita sudah bisa mengetahui 8 kemampuan kognitif anak. AJT CogTest dilakukan oleh psikolog yang sudah mengikuti pelatihan dan disertifikasi oleh PT MCI. Setelah mengikuti AJT CogTest kita tunggu saja di rumah, karena hasilnya akan dikirim berupa softcopy melalui surat elektronik yang biasa kita sebut email, dalam waktu tujuh sampai dengan empat belas hari kerja setelah tes dilakukan.

Bagaimana dengan anak-anak buibu di rumah? Jika buibu tertarik untuk mengetahui kecerdasan anak dengan #AJTCogTest ini, ibu-ibu langsung saja menghubungi no Whatsapp 087883258354. Atau bisa juga follow instagramnya di @melintascakrawalaid atau jika mau informasi lebih lengkap main-main dulu ke websitenya www.melintascakrawala.id  

Saya juga tertarik melakukan AJT Cogtest untuk adik saat usianya 5 tahun nanti. Dengan harapan supaya saya bisa mengetahui apa kecerdasan yang dia miliki, sehingga lebih mudah untuk mengarahkannya.

Minggu, 14 April 2019

Cara Membuat Akta Kelahiran Untuk Orang Dewasa

Halo, apa kabar semuanya? Kali ini saya mau berbagi kegembiraan karena akhirnya setelah 38 tahun saya punya Akta Kelahiran. Kok bisa? Bukannya bayi baru lahir maksimal 1 bulan aktanya harus sudah diurus, kalau lewat waktunya bisa ribet urusannya. Harus ke Sudin (Suku Dinas) setempat dan pake acara disidang.

Jumat, 12 April 2019

Yuk Jadi Bunda Tanggap Alergi Dengan 3K


Halo semua, khususnya para bunda, apakah anak di rumah mengalami alergi? Kedua putri saya juga mengalami alergi. Kaka alergi dingin sehingga hampir setiap pagi dan sore hidungnya berair. Sedangkan adik alergi tungau dan debu sehingga kulitnya sering kemerahan. Tanggal 10 April lalu dalam rangka memperingati Allergy week, saya bersama teman-teman media dan netizen hadir di acara Sarihusada Dukung World Allergy Week 2019 melalui Kampanye #BundaTanggapAlergi dengan Gerakan 3K. Acara berlangsung di Rumah Maroko Menteng. Acara ini setiap tahunnya diselenggarakan atas kerjasama Sarihusada bersama World Allergy Organization.

Kamis, 11 April 2019

Kumpulan Tempat Makan Di Bali Yang Mendapatkan Michelin Stars


Halo semua apa kabar, ada rencana liburan lagi dalam waktu dekat? Salah satu tujuan wisata yang indah dan ga ngebosenin adalah Bali. Selain pantainya yang indah, wisata kuliner di Bali juga sangat menggugah selera. Berikut beberapa tempat makan di Bali yang wajib kamu kunjungi saat ke Bali.

Tentunya terdapat tempat makan di Bali di Traveloka eats yang mendapatkan Michelin Stars, tentunya Michelin Stars diberikan kepada restoran yang tidak sembarangan. Jadi apabila Anda membuka Michelin Guide maka sudah pasti akan mendapatkan restoran yang tidak hanya menyediakan makanan yang enak namun juga berkualitas. Sebab restoran yang mendapatkan bintang ini bukan sembarangan restoran, dimana mereka tidak hanya menyajikan makanan yang enak saja namun juga pelayanan yang berkualitas. Tentunya jika berkunjung ke restoran ini dijamin Anda tidak akan kecewa.

1. Teatro Gastroteque
Bagi kamu yang artsy maka wajib berkunjung ke restoran yang satu ini, sebab tidak hanya menyediakan makanan yang enak namun di restoran ini akan memperlihatkan mengenai seni dalam menyajikan makanan. Jadi sudah pasti makanan di tempat ini tidak hanya enak namun juga disajikan dengan indah dan menarik sehingga membuat Anda sayang untuk memakannya. Tentunya di tempat ini juga menyajikan makanan yang beragam, dimana bisa Anda pilih sesuai dengan selera. Selain itu makanan yang disediakan di tempat ini merupakan makanan Prancis dengan sentuhan Asia jadi dijamin makanannya akan cocok di lidah Anda yang merupakan orang Asia. Jadi tidak heran jika berbagai wisatawan datang ke restoran ini.

2. Mozaic
Merupakan salah satu restoran yang mendapatkan Michelin Stars, restoran ini dipimpin oleh chef berdarah Prancis-Amerika yaitu Chris Salans. Tentunya masakan yang ditawarkan juga begitu menarik, karena restoran ini memadukan teknik memasak ala Prancis dengan resep makanan khas Bali yang menggunakan bumbu lokal. Tentunya hal ini sangat unik, apalagi banyak orang yang menganggap bahwa Mozaic merupakan restoran Perancis yang memiliki cita rasa Bali. Tentunya Anda akan merasakan makan malam yang eksklusif sehingga akan sangat memanjakan Anda, apalagi restoran yang berlokasi di Ubud ini  juga memiliki area outdoor yang memiliki pemandangan yang sangat indah sehingga dapat melengkapi makan malam romantis Anda.

3. Locavore
Tentunya banyak sekali alasan mengapa restoran ini mendapatkan Michelin Stars, salah satunya adalah restoran ini memberikan sajian makanan yang tidak hanya enak namun juga mewah dan fantastis. Hal ini tentunya yang menjadikan pembeda antara restoran ini dengan restoran lainnya, apalagi restoran ini menggunakan makanan yang komposisinya tidak hanya berkualitas namun juga berbeda dari lainnya serta tidak terduga. Tidak heran jika restoran ini menyajikan menu yang sangat luar biasa ditambah lagi proses penyajiannya yang sangat indah. Tidak heran jika makanannya tidak hanya indah namun juga menggugah selera Anda untuk memakannya.

4. Metis Restaurant, Lounge, and Gallery
Apabila Anda mencari sajian makanan yang sempurna dan lezat maka wajib berkunjung ke restoran yang satu ini, apalagi restoran ini menyajikan makanan yang menggugah selera. Restoran yang menyajikan makanan Prancis dan Mediterania sehingga kesan berkelas dan mewah sangat kental di tempat ini, apabila Anda ingin mengadakan makan malam bersama anggota yang banyak maka memilih tempat ini merupakan solusi yang tepat. Karena tempat ini terbilang cukup luas sehingga dapat menampung banyak orang, jadi walaupun banyak dikunjungi maka tidak perlu takut tidak kebagian untuk bisa makan malam di tempat ini.

5. Merah Putih
Sesuai dengan namanya, tampilan restoran ini tentu saja merah putih. Tentunya restoran ini sangat menggambarkan Indonesia karena mengusung konsep sesuai dengan bendera negara Indonesia. Tidak heran jika menu yang ditawarkan di restoran ini merupakan menu khas Indonesia baik secara tradisional maupun modern. Tentunya restoran ini tidak halal, dimana salah satu menu andalannya adalah pork yaitu Balinese Roasted Pork. Pastinya menu ini wajib untuk Anda coba terutama yang penyuka pork,  apalagi tampilan menu tersebut sangat bagus. Tentunya tempat ini juga sangat nyaman sehingga dapat membuat Anda betah untuk berlama-lama di tempat ini, jadi selain dapat menikmati hidangan yang lezat maka Anda bisa melihat keindahan lingkungan sekitar. Jadi sangat disayangkan jika Anda melewatkan begitu saja tempat makan di Bali di Traveloka eats yang mendapatkan Michelin Stars.


Jumat, 05 April 2019

Stunting dan Cara Pencegahannya


Halo ibu-ibu apa kabar? Tak terasa ya sudah bulan April 2019, tak terasa waktu seakan berlari. Kali ini saya mau cerita pengalaman saya sebagai ibu yang mempunyai dua orang putri. Bagaimana perkembangan anak-anak saya dari mulai saya mengandung hingga Kakak berusia 12 tahun tanggal 20 April nanti. Salah satu yang menjadi perhatian saya dalam membesarkan anak adalah kebutuhan gizinya harus tercukupi, agar terhindar dari stunting. Apa itu stunting?

Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah dari teman-teman seusianya. Stunting bisa terjadi saat ibu mulai mengandung, hingga anak usia 2 tahun (1000 hari pertama). Pembentukan otak terjadi pada 2 tahun pertama kehidupan anak, karena itu penting sekali memberikan gizi yang cukup di masa 1000 hari pertama bayi.

Akibat buruk dari stunting di antaranya:
  • Bagi anak stunting dapat menyebabkan daya tangkap berkurang, kecerdasan melemah, mudah sakit, fungsi tubuh tidak seimbang dan postur tubuh rendah.
  • Selain pertumbuhan fisik yang terganggu, stunting juga mengganggu perkembangan otak, yang akan mempengaruhi kemampuan dan prestasi di sekolah, produktivitas, dan kreativitas anak.
  • Secara global stunting merupakan ancaman utama terhadap kualitas hidup manusia Indonesia dan juga ancaman terhadap kemampuan daya saing bangsa.
  • Stunting juga dapat menurunkan kesehatan dan produktivitas kerja seseorang, sehingga akan berpengaruh pada pendapatannya saat dewasa.


Pemerintah juga berupaya untuk menurunkan angka stunting di Indonesia. Berbagai cara sudah dilakukan di antaranya:
  • Memberikan suplemen Tablet Tambah Darah (TTD) pada ibu hamil agar terhindar dari anemia. TTD juga perlu diberikan untuk remaja putri yang sedang menstruasi agar terhindar dari anemia.
  • Imunisasi karena bayi membutuhkan imunisasi dasar lengkap sejak hari kelahiran.
  • Dengan mengembangkan program akses pangan untuk masyarakat.


Pencegahan Stunting
Apa saja yang perlu diperhatikan agar anak terhindar (pencegahan) dari stunting?
  • Pola makan

Perhatikan jumlah dan kualitas gizi untuk anak, berikan makanan yang beragam agar gizi anak tercukupi. Untuk ini saya bergabung dengan grup yang ada di media sosial bagaimana cara membuat menu MPASI yang enak, bergizi dan disukai anak.
  • Pola asuh

Perilaku dalam praktek pemberian makan untuk bayi dan balita. Jujur sebagai seorang ibu, saya sendiri terkadang menghadapi masalah saat anak mengalami masa tumbuh gigi, biasanya anak melakukan GTM (gerakan tutup mulut). Pada masa ini dibutuhkan kesabaran ekstra dan saya terus berupaya agar anak tetap makan dan masa GTM cepat berlalu.
  • Sanitasi dan akses air bersih

Alhamdulillah sanitasi di rumah saya baik, akses air bersih juga ada. Tempat pembuangan sampah juga dikelola dengan baik oleh salah satu warga.




Ada beberapa cara untuk mencegah stunting yaitu:
  • Pastikan ibu hamil mendapatkan Tablet Tambah Darah (TTD), harus diminum ya bumil minimal 90 tablet selama kehamilan. Jujur sewaktu hamil anak ke 2, saya jarang minum TTD, akibatnya menjelang HPL trombosit saya turun. Untuk mengatasinya saya minum TTD, juga konsumsi jus buah bit hingga trombosit saya mencapai angka 12.
  • Ibu hamil harus makan makanan yang bergizi lengkap dengan buah dan sayur-sayuran.
  • Makan makanan sehat untuk pemenuhan gizi.
  • Persalinan dibantu oleh Dokter atau Bidan yang ahli.
  • Lakukan IMD (Inisiasi Menyusui Dini).
  • Berikan bayi hanya ASI eksklusif selama 6 bulan.
  • Berikan MPASI saat bayi berusia di atas 6 bulan hingga 2 tahun.
  • Berikan bayi imunisasi dasar lengkap dan vitamin A.
  • Pantau pertumbuhan balita dengan rutin memeriksakan berat badannya ke Posyandu.
  • Lakukan perilaku hidup bersih dan sehat.


Alhamdulillah berdasarkan data riset kesehatan nasional (Riskesdas) selama 5 tahun terakhir angka penderita stunting di Indonesia menurun. Salah satu langkah inovasi dari pemerintah yang sudah diimplementasikan adalah dengan memfokuskan program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) di daerah-daerah yang memiliki angka stunting tinggi.

Menu MPASI untuk si Kecil
Anak saya yang ke 2 mulai MPASI pada usia 5 bulan 15 hari, mencuri start ya, jangan dicontoh. Memang sebaiknya diberikan MPASI saat usia anak pas 6 bulan alias 180 hari tak kurang tak lebih. Kenapa harus 6 bulan? Karena pencernaan bayi sudah siap.

Takaran MPASI untuk anak usia 6-9 bulan adalah 2-3 sendok makan secara bertahap hingga 125 ml. Dengan tekstur lembut dan kental dengan cara dibuat bubur tim kalau disaring. Apakah anakku langsung lahap dan menghabiskan MPASI yang kuberikan? Oh tentu tidak, awalnya dimakan beberapa suap lalu dilepeh, pernah juga disembur-sembur. Sesekali makanannya dihabiskan. Ada kalanya saya lelah setiap hari membuat bubur tapi selalu terbuang, sesekali saya beli di penjual bubur khusus bayi. Jangan dicontoh ya ibu-ibu, ini hanya solusi di saat malas atau ga sempat membuat menu MPASI si kecil.

Pada usia 9-12 bulan takaran MPASI ditambah menjadi 125-200 ml dengan jadwal makan 3-4 kali sehari. Menu makan sama dengan orang dewasa, aku berikan nasi lembek dengan sayur yang dipotong kecil-kecil. Untuk proteinnya saya tambahkan telur, daging, atau ikan patin tergantung persediaan di lemari es. Jangan lupa berikan makanan selingan seperti buah.

Sekarang anakku sudah berusia 13 bulan jadi tidak perlu disaring lagi, menu makanannya sudah sama seperti makanan keluarga asal tidak pedas. Makannya juga sudah mulai mau meskipun tidak banyak. Saya terus berupaya untuk mencukupi gizinya. Semoga anak-anak kita terhindar dari stunting ya teman-teman. Sebagai ibu memang saya perlu terus belajar banyak karena saya ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anak saya.
Sumber foto grup WA Mediology

Rabu, 20 Maret 2019

Pemerataan Kualitas Sekolah Dengan Sistem Zonasi


Halo semua sering dengar kan istilah zonasi saat akan mendaftarkan anak sekolah. Apa sih sistem zonasi itu? Awalnya saya sangat bingung dan tidak begitu paham. Tapi setelah saya tanya ke teman dan baca-baca dari berbagai sumber, akhirnya saya paham. Nah, siapa tahu ada yang ingin cari tempe eh tahu mengenai apa itu zonasi sekolah, saya tulis di sini ya.

Cara Mudah Mengatasi Kulit Kering Dan Kusam

Mungkin pernah dengar kalimat “usia tak bisa bohong” emang iya sih, belakangan ini aku merasa kulit semakin kusam dan kering. Selain...