Jumat, 27 Oktober 2023

2 Almamater Mahfud MD

2 Almamater Mahfud MD Calon Wakil Presiden Indonesia

Sumber Foto @mohmahfudmd

Tinggal menghitung hari jelang Pilpres, kalian sudah punya calon presiden pilihan guys? Setiap orang pasti punya pilihan capres dan calon wakil presiden masing masing. Kita tidak bisa memaksa orang lain untuk menyukai pilihan kita, begitupun sebaliknya. 


Menurut kalian apa kriteria Calon Wakil Presiden? Jangan jawab tampan, masih muda dan masih single ya. Emangnya cari jodoh. Bagi saya tidak ada kriteria khusus yang penting Calon Presiden dan Wakil Presiden kita selanjutnya mempunyai niat yang baik untuk kemajuan bangsa dan kesejahteraan rakyat. Kita perbanyak doa semoga capres dan cawapres yang terpilih nanti yang terbaik ya. 


Saya pribadi lebih ke mencari tahu apa yang sudah dilakukan capres dan cawapres. Mengetahui jabatan atau almamater capres dan cawapres pilihan saya juga gak ada salahnya. Kali ini saya mengulas tentang almamater Mahfud MD Calon Wakil Presiden dari Capres Ganjar Pranowo. Berikut info almamater Mahfud MD yang saya dapat dari sumber terpercaya. 


✅Mahfud MD meraih gelar Sarjana Hukum Tata Negara dari Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Gelar yang menjadi pondasi kuat bagi Mahfud MD di bidang hukum.


✅Gelar Sarjana Sastra Arab dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta juga disandang Mahfud  MD yang menunjukkan bahwa intelektual yang dimiliki tidak hanya satu bidang saja.


✅Mahfud MD juga mempunyai gelar Magister Ilmu Politik serta gelar Doktor Ilmu Hukum Tata Negara dari Universitas Gajah Mada yang semakin memperkuat otoritasnya di bidang hukum dan politik.


✅Ada lagi prestasi akademik yang dimiliki oleh Mahfud MD, yaitu gelar Profesor Hukum Tata Negara dari Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Reputasi yang tidak diragukan sebagai seorang akademisi dan pemikir hukum yang pastinya sangat berpengaruh. 


Gelar yang dimiliki oleh Mahfud MD ini patut menjadi teladan bagi kaum muda. Kesuksesan akademik sebagai jalan menuju posisi strategis dalam pemerintahan dan politik Indonesia.


Setelah menekuni pendidikannya, Mahfud MD memulai karirnya sebagai staf dan guru besar di Universitas Islam Indonesia (UII). Dilansir dari laman resmi Mahkamah Konstitusi. 


Pada masa jabatan Gus Dur atau Abdurrahman Wahid, Mahfud MD menjadi Menteri Pertahanan 26 Agustus 2000 hingga 14 Agustus 2001, hal ini menjadi perhatian publik karena Mahfud MD berasal dari warga sipil biasa. Meskipun terbilang singkat, pada masa jabatannya beliau berhasil menyusun Undang-Undang (UU) nomor 3/2002 tentang Pertahanan Negara. 


Sumber Twitter @mohmahfudmd


Mahfud MD juga pernah menjabat sebagai Menteri Kehakiman dan HAM pada 20 Juli 2001 menggantikan menteri sebelumnya. Meskipun belum sempat menjalankan tugas secara efektif karena pada bulan yang sama presiden RI saat itu mengalami pemakzulan dari jabatannya. 


Pada tahun 2004 hingga 2008 Mahfud MD menjadi anggota Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi dan Pancasila dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dimana ia menempati komisi III dan bahkan menjadi Wakil Ketua Badan Legislatif.


Pada tahun 2008-2013 Mahfud MD menjabat sebagai ketua Mahkamah Konstitusi (MK) sebelum ditunjuk menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) di era Presiden Jokowi. 


Pada tahun 2017-2018 Mahfud MD pernah menjadi Anggota Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila. 


Sebelumnya saya merasa sudah tak asing lagi dengan Mahfud MD karena memang sering muncul di TV.. Sesekali juga saya pernah melihat trending di media sosial karena komentar positif beliau tentang kasus yang sedang ramai diperbincangkan. 


Sumber Foto @sahabatganjar

Itulah almamater Mahfud MD yang saya ketahui. Jika pak Mahfud MD sudah diumumkan sebagai 

Calon Wakil Presiden, saya dukung dan semoga nanti menang bersama pasangan Calon Presiden Ganjar Pranowo. Semoga jika terpilih nanti benar-benar menomorsatukan rakyat ya pak. Satu lagi harapan saya sebagai warga sipil, semoga pemilu nanti berjalan aman damai juga jujur dan adil. 


2 komentar:

  1. aku juga salah satu yang nge fans sama Bapak Mahfud MD, semoga dilancarkan PilPres tahun depan, PEMILU damai, aman,jurdil

    BalasHapus
  2. Mahfud ini sosok kharismatik ya mbk, semogaaa terus menjadi pengayom masyarakat NusantarašŸ™

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

3 Anak Mahfud MD & Profesi

                   Setelah diumumkan menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, saya jadi penasaran latar belak...