Kamis, 02 November 2017

Kosmetik Aman Sehat untuk Kulit Kini & Nanti

Kulit Sehat Kini & Nanti

Halo apa kabar? Kali ini mau bahas masalah kosmetik. Tak bisa dipungkiri wanita identik dengan kecantikan dan suka dandan. Pasti semua suka dandan kan? Dulu waktu belum menikah saya gak bisa dandan jadi senjata andalan saya cuma bedak tabur. Karena kulit saya yang berminyak sangat sensitif, sekali saja menggunakan bedak padat bisa keluar jerawat batu. Mengapa saya sebut jerawat batu, itu jerawat besar yang isinya darah dan nanah bisa dua minggu baru kempes. Dan bekasnya itu lho bisa berbulan-bulan baru hilang. Sedih sekali kalau ingat waktu itu, suka iri melihat teman-teman lain yang bisa pakai bedak padat dan praktis dibawa kemana-mana. Beda dengan saya, bawa bedak tabur bayi.


Tapi itu dulu, seiring berjalannya waktu atau bisa juga pengaruh hormon, setelah menikah kulit wajah saya tidak lagi terlalu sensitif, saya mulai belajar “dandan” apalagi tampil cantik sudah menjadi kebutuhan. Saya mulai belajar menggunakan pensil alis, lipstik, eyeliner, dan maskara. Awalnya masih belum rapi, saat menggunakan pensil alis terkadang masih tinggi sebelah, atau saat menggunakan eyeliner masih “beleberan”. Untuk bedak padat, saya mulai berani mencoba walaupun gak langsung cocok. Pernah salah beli produk bedak padat dan saat digunakan gak nempel, ada juga yang waktu digunakan di wajah gak rata atau ketebalan sehingga terlihat terlalu putih dan bikin gak pede pastinya.

VENUS Kosmetik

Sejak setahun terakhir saya sudah cocok dengan produk Marcks 'VENUS Two Way Cake' yang dari awal saya beli tidak menimbulkan jerawat. Saat digunakan di wajah pun terasa ringan tidak terlalu menor atau keputihan. Kemasannya yang praktis dibawa kemana-mana dengan warna biru kesukaan saya. Dan yang terpenting bahan-bahan 'VENUS Two Way Cake' tidak mengandung bahan berbahaya. Kandungan paraben di Venus hanya 0.01 saja, jadi sudah pasti aman dan gak bikin kulit kita iritasi. Apalagi saya yang sedang hamil harus selektif memilih kosmetik agar tidak memberikan efek buruk ke bayi yang saya kandung.  Walaupun sedang hamil saya tetap ingin tampil rapi saat di rumah atau saat ada acara di luar.

Berikut bahan-bahan berbahaya yang harus diperhatikan saat memilih kosmetik di antaranya Mercury.
Bahaya mercury bagi tubuh:
  • Memperlambat pertumbuhan janin
  • Keguguran janin
  • Mempercepat flek saat pemakaian dihentikan
  • Efek rebound yaitu kulit gelap dan kusam bila pemakaian dihentikan
  • Gagal ginjal
  • Keracunan seperti pusing, mual, susah tidur dan gangguan penglihatan

Berikut ciri-ciri kosmetik yang mengandung mercury:
  • Lengket
  • Tidak homogen
  • Berbau logam namun sering ditutupi dengan fragrance mencolok
  • Mengkilap seperti mutiara
  • Saat digunakan terasa panas, gatal dan kemerahan
  • Efek cepat kurang dari satu minggu
  • Putih pucat
  • Timbul bintik hitam tidak merata saat pemakaian dihentikan

Jika sudah terlanjur menggunakan kosmetik yang mengandung bahan mercury. Berikut cara detoxnya yaitu banyak minum air kelapa hijau atau jus buah bit, konsumsi zat besi tinggi, vitamin C, dan green tea. Bisa juga dengan sauna tinggi hidro, minum air putih yang banyak dan jangan lupa berolahraga.

Bahan kosmetik berbahaya lainnya yaitu Hidrokinon yang berfungsi menghilangkan flek hitam (whitening). Pemakaian hidrokinon harus dengan pengawasan dokter karena dapat menimbulkan efek samping iritasi kulit, kemerahan, rasa terbakar, kering dan gatal, juga bisa menyebabkan bengkak  dan sakit kepala. Termasuk racun bagi janin dan juga efek rebound.

Selanjutnya bahan berbahaya yang harus kita hindari pada kosmetik adalah Tretinoin atau Retinol C Acid karena harus digunakan dengan pengawasan dokter. Fungsi tretinoin adalah mengatur pembentukan dan penghancuran sel-sel kulit sebagai anti aging dan obat jerawat. Pemakaian tretinoin dapat menimbulkan efek samping kulit sensitif, gatal rasa panas terbakar dan memerah pada kulit, mudah iritasi, dan kulit kering.

VENUS Facial Wash 

Untuk membersihkan sisa kosmetik sehari-hari, saya menggunakan 'VENUS White Beauty AQUA Facial WASH with Plant Extract'. Penggunaannya praktis yaitu cukup busakan dengan air, ratakan ke seluruh wajah dan leher lalu bilas dengan air hingga bersih. Biasanya saya gunakan sehari sekali sebelum tidur. Selain membersihkan kotoran dan sisa make-up VENUS Facial Wash juga membantu menyegarkan kulit dan menjaga kulit saya tetap lembab. Alhamdulillah sekarang wajah saya bebas jerawat.

VENUS Beauty Gathering With Blogger


Oh iya tanggal 28 Oktober 2017 lalu saya juga hadir di acara "VENUS Beauty Gathering With Blogger" di Hongkong Cafe. Acara dihadiri oleh Brand Ambasador VENUS Atiqah Hasiholan, dr. Asih Budi Utami (pakar kecantikan), Ibu Tri Tunggal selaku Marketing Manager VENUS. Acara yang sangat bermanfaat dan menambah wawasan saya dalam memilih kosmetik. Dalam memilih kosmetik seharusnya kita jangan memilih yang instan tetapi harus memperhatikan kesehatan kulit agar KULIT SEHAT Cantik Kini dan Nanti. Untuk menghindari membeli produk palsu sebaiknya jangan berbelanja secara online, produk VENUS bisa di beli di Carrefour, Hypermart dll.

Untuk tahu lebih banyak tentang VENUS gabung yuk dengan media sosialnya di:

Facebook Venus Cosmetic IND
Instagram VenusCosmeticind
Twitter @Venus_IND

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Kompetisi PRAJA 2019

Halo semua, siapa yang sejak Sekolah Dasar (SD) sudah kenal Koperasi? Dari kecil saya sudah tidak asing lagi dengan Koperasi, yang pali...