Minggu, 18 Februari 2018

Mengajarkan Anak Cerdas Finansial Sejak Dini


Dari ki-ka: Ananta Wisesa, Head of External Communications Citi Indonesia; Joko Susilo, Pengawas Pelaksana Pendidikan Pasar Minggu; Robert Gardiner, Management Advisor Prestasi Junior Indonesia; Roslina Verauli, M.Psi., Psikolog Anak; Elvera N. Makki, Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia; Isbadyah, S.Pd., Kepala SDN Ragunan 12; M. Tamrin, perwakilan Dinas Pendidikan DKI Jakarta 

Halo semua, siapa saja para orang tua yang sering merasa khawatir jika anaknya terlalu sering bermain gawai? Saya salah satunya, kebiasaan saya ngomel akan kambuh saat melihat anakku yang kelas 4 SD terlalu asyik dengan gawainya. Derasnya informasi melalui perangkat gawai dan smartphone yang dapat dengan mudah diakses melalui koneksi internet semakin sulit untuk dibendung, termasuk bagi anak-anak yang sudah terpapar dengan penggunaan gawai, apakah untuk bermain games maupun menonton berbagai video.

Sebagai ibu, saya sudah mengajarkan Bilqis (putri saya) untuk rajin menabung, jika dia menginginkan sesuatu harus mengumpulkan dari uang jajannya. Begitu juga dengan berbagai macam mainan, saya jelaskan dulu apa manfaatnya, jika memang mainan yang diinginkannya bermanfaat, saya akan mengizinkan dia untuk membeli. Senang sekali Bilqis sudah terbiasa dengan apa yang saya ajarkan.


Pemberian apresiasi oleh Prestasi Junior Indonesia (PJI) - Robert Gardiner, Management Advisor Prestasi Junior Indonesia dan Elvera N. Makki, Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia memberikan apresiasi kepada M. Tamrin, perwakilan Dinas Pendidikan DKI Jakarta dalam kegiatan Citi Parenting Talkshow bertajuk “Cerdas Finansial Sejak Dini” di Jakarta, Kamis (15/2).

Alhamdulillah kecemasan saya mendapat dukungan dari Prestasi Junior Indonesia. Prestasi Junior Indonesia memanfaatkan tren penggunaan gawai ke arah yang positif dengan memasukkan modul-modul edukasi keuangan dan pendekatan interaktif yang aman, komprehensif dan menyenangkan bagi anak-anak terutama para siswa Sekolah Dasar Negeri Ragunan 12 Jakarta Selatan pada tanggal 15 Februari 2018. Orang tua siswa SDN Ragunan 12 Jakarta Selatan berkesempatan mengikuti kegiatan Citi Parenting Talkshow bertajuk “Cerdas Finansial Sejak Dini” yang diselenggarakan oleh Citi Indonesia, melalui payung kegiatan kemasyarakatannya Citi Peka (Peduli dan BerKarya), bersama Prestasi Junior Indonesia. Para orang tua diajak untuk menyadari pentingnya mengenalkan serta mengajarkan cara mengelola keuangan sejak dini kepada anak-anak mereka.

Program edukasi ‘Digital Financial Literacy for Children’ dilakukan juga berangkat dari tingginya perkembangan gawai pada dunia anak. Kini anak-anak menghabiskan waktu yang cukup lama dalam sehari untuk bermain gawai. Sehingga pembentukan budaya pengelolaan keuangan yang sehat diharapkan dapat terbantu dan diterapkan oleh orang tua melalui digitalisasi. Pemahaman pengelolaan keuangan ini dapat diselipkan pada waktu anak bermain gawai.

Hadir sebagai narasumber pada talkshow ini adalah:
  • Management Advisor Prestasi Junior Indonesia, Robert Gardiner.
  • Director & Country Head Corporate Affairs Citibank Indonesia, Elvera N. Makki.
  • Psikolog Anak, Roslina Verauli, M.Psi.

Robert Gardiner mengatakan, “Anak-anak seharusnya diberi pengertian bahwa orang tua perlu bekerja atau berwirausaha untuk mendapatkan uang dan memenuhi kebutuhan mereka. Ketika mendapatkan penghasilan, mereka harus menyisihkan uang untuk ditabung, dibelanjakan, dan beramal untuk orang lain yang membutuhkan. Kami berterima kasih dan menghargai kerjasama Citi Indonesia dan Citi Foundation dalam menyuarakan pengertian keuangan. Di masa depan kita berharap bahwa anak-anak akan memperoleh gambaran yang utuh dan pengetahuan tentang manfaat keuangan, sehingga mereka dapat menjadi generasi yang dapat menggerakkan industri keuangan Indonesia lebih maju”.

Penyerahan apresiasi dari Citi Indonesia –Elvera N. Makki, Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia memberikan apresiasi kepada Isbadyah S.Pd., selaku Kepala Sekolah SDN Ragunan 12 Jakarta Selatan dalam kegiatan Citi Parenting Talkshow bertajuk “Cerdas Finansial Sejak Dini” di Jakarta, Kamis (15/2).

Elvera N. Makki mengatakan, “Pengetahuan keuangan pada anak-anak tidak hanya tentang pengenalan uang tetapi termasuk konsep pengelolaan keuangan secara bijaksana, dan kemampuan dalam mengendalikan pembelanjaan dengan membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Pelaksanaan program pendidikan keuangan untuk anak-anak dan orang tua adalah bukti nyata komitmen Citi Indonesia untuk terus menerus meningkatkan pengetahuan dan keahlian pengelolaan keuangan masyarakat Indonesia. Harapannya anak-anak akan menjadi generasi penerus yang pandai dalam membuat keputusan keuangan”.

Roslina Verauli menjelaskan, “Mendidik anak-anak dalam mengatur uang dapat dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya adalah ketika anak bermain gawai, kita dapat memberikan pengertian tentang menabung saat itu. Contohnya, bantu anak-anak menemukan perbedaan keuntungan ketika menabung di bank, kemudian belajar menyisihkan uang untuk ditabung sehingga mereka dapat memperoleh sesuatu yang diperlukan di masa depan. Ini akan membentuk kebiasaan positif anak-anak dalam menggunakan uang mereka dengan cara yang bertanggung jawab”.
Psikolog Anak, Roslina Verauli, juga berbagi informasi kepada orang tua siswa mengenai kiat membentuk pola pikir dan perilaku anak-anak yang tidak konsumtif.
     
SDN 12 Ragunan

Tentang “Citi Parenting Talk Show: Cerdas Finansial Sejak Dini”

  • Survei Nasional Literasi Keuangan 2017, yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengenai kondisi literasi keuangan masyarakat Indonesia, menunjukkan hanya 29 dari setiap 100 penduduk Indonesia yang memiliki pengetahuan memadai tentang keuangan dan perbankan. Oleh karena itu, dibutuhkan peningkatan pemahaman sejak dini mengenai literasi keuangan sehingga mampu meningkatkan kebiasaan untuk menabung dan mengelola keuangan dengan baik.
  • #Prestasi Junior Indonesia (#PrestasiJunior #PJI) sebagai anggota organisasi non-profit terbesar di dunia, Junior Achievement Worldwide, yang berfokus pada pendidikan kewirausahaan, kesiapan kerja dan kesadaran finansial serta berperan aktif membantu generasi muda Indonesia dalam mempelajari tentang pekerjaan, bisnis dan keuangan, bermitra dengan #Citibank Indonesia (atau yang dikenal dengan #Citibank), mengadakan acara talkshow bagi para orang tua dengan tema “Citi Parenting Talk Show: Cerdas Finansial Sejak Dini”.
  • Talkshow yang ditujukan bagi orang tua siswa-siswi kelas 3, 4 dan 5 Sekolah Dasar Negeri (SDN) Ragunan 12, Jakarta ini memberikan pemahaman dan wawasan orang tua mengenai pentingnya mengenalkan dan mengajarkan pengelolaan keuangan kepada anak-anak.
  • Melalui pendanaan Citi Foundation, kegiatan ini merupakan penyelenggaraan tahun kedua dalam rangkaian program edukasi “Digital Financial Literacy for Children” yang diimplementasikan sejak Oktober 2017 hingga Maret 2018. Program ini melibatkan 2.947 siswa dari 12 sekolah dasar di 5 (lima) kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, dan Denpasar.
  • Selain orang tua, para siswa di kelas akan belajar mengenai manfaat menabung, perbedaan kebutuhan dan keinginan, metode pembayaran yang tersedia di pasar (tunai, debit dan kredit), serta pengetahuan dasar terkait kewirausahaan. Tema dari modul yang dipelajari para siswa adalah “Keluarga Kami”, sejalan dengan Kurikulum Pendidikan Nasional Indonesia, termasuk konten dan aktivitas yang terkait dengan perbankan, bisnis, karir, komunikasi, perkembangan ekonomi, kemandirian, uang, produsen dan konsumen, sumber daya, ketersediaan barang dan kebutuhan, serta spesialisasi.
  • Setiap siswa difasilitasi sebuah tablet, yang dapat digunakan untuk belajar interaktif serta berkelompok.
  • Pada penyelenggaraan program, tim dari #Prestasi Junior Indonesia (#PrestasiJunior #PJI) dan para karyawan #Citibank Indonesia yang tergabung dalam Citi Volunteers terlibat aktif dalam membantu para siswa dalam menyelesaikan modul melalui tablet.
  • Program ini diharapkan dapat memotivasi para orang tua untuk mendidik anak-anak mereka menjadi generasi yang cerdas finansial di masa mendatang.

#PrestasiJunior #PJI #PrestasiJuniorIndonesia
#Citibank #Citi #CitiPeka #CitiPeduliBerkarya

5 komentar:

  1. Betul banget, anak skrg ga bisa lepas dr gawai. Udh ngerti minta pulsa kuota, dan ngambek kalo nggak dikasih hiks.

    Makasih sharingnya bun, bermanfaat banget

    BalasHapus
  2. Setuju banget nih sama sharingnya, mengajarkan financial kepada anak sejak dini itu rmang penting banget.

    BalasHapus
  3. Semoga saya bisa menjadi orang tua yang bijak dalam membimbing anak saya dalam membangun generasi yang cerdas mengatur finansial sejak dini.

    BalasHapus
  4. Penting bgt ya mba untuk menerapkan finansial secara dini pada anak biar anak terbiasa bs mengelola keuangannya

    BalasHapus
  5. Wah bagus banget nih, anak-anak nusantara memang harus meningkatkan kecerdasan finansialnya biar bisa jadi negara maju.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.