Selasa, 14 September 2021

Pentingnya Kotak P3K di Rumah


Selama pandemi banyak kegiatan yang dilakukan di rumah, dari mulai memasak hingga berkebun. Anak-anak juga tetap bermain di halaman yang kadang terjatuh. Luka lecet atau luka sayatan terkadang terjadi tanpa sengaja. Saat masak juga tanpa terduga terkena minyak goreng panas. Inilah mengapa penting adanya kotak P3K di rumah. 

 

 

Untuk produk perawatan luka kalian sedia apa di rumah? Luka harus segera ditangani agar tidak infeksi dan membekas.

 

Pas banget tanggal 11 September lalu dalam rangka memperkuat komitmennya pada perlindungan keluarga Indonesia. Hansaplast mempersembahkan Hansaplast First Aid Conference 2021. Dengan tujuan mengedukasi keluarga serta tenaga kesehatan di Indonesia akan pentingnya mempersiapkan kotak pertolongan pertama kapan pun dimana pun. Serta lebih memahami akan penggunaan peralatan tersebut sehingga dapat memberikan pertolongan pertama secara mandiri baik ke diri sendiri maupun orang lain terutama di masa pandemi. 

 

Dari webinar bersama Hansaplast saya jadi tahu cara pertolongan pertama pada luka:

  1. Bersihkan luka dengan air mengalir.

  2. Bersihkan luka dengan Hansaplast Spray Antiseptik untuk membunuh bakteri.

  3. Keringkan luka.

  4. Tutup dengan plester Hansaplast.

  5. Saat luka sudah agak tertutup dan tidak ada cairan apa-apa lagi, oleskan Hansaplast salep luka.

 

Sekarang gak ada drama lagi saat anak terluka karena dengan Hansaplast Spray Antiseptik membersihkan luka tanpa perih. Hansaplast Spray Antiseptik juga tidak berwarna, tidak berbau dan kemasannya anti ribet, tinggal semprot.


Jika dulu kita percaya membersihkan luka dengan alkohol agar cepat sembuh ternyata itu mitos. Alkohol selain perih juga mengakibatkan jaringan kulit yang sehat di sekitar luka akan rusak. Sehingga memperlambat proses penyembuhan. 

 

Hansaplast salep luka berkhasiat untuk menyembuhkan luka 2 kali lebih cepat dan mengurangi risiko terjadinya bekas luka tanpa rasa perih. Formula Hansaplast salep luka cocok untuk luka sayat, luka gores, luka lecet serta kulit yang sedang rusak atau sensitif seperti kulit bayi ataupun kulit dengan luka tato yang perlu perawatan 

 

Luka akan lebih cepat sembuh jika dibiarkan terbuka adalah mitos. Cara yang tepat untuk menangani luka agar cepat sembuh adalah dengan membersihkan dan melindungi luka . 

 


Brand Manager Hansaplast Alanna Alia Hannantyas mengatakan, “Dimulai sejak tahun 2016, Hansaplast First Aid Day kini telah memasuki tahun keenam penyelenggaraan. Hansaplast First Aid Day kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya di mana dengan adanya pandemi yang telah terjadi selama setahun lebih ini membuat kita lebih banyak beraktivitas di rumah, membuat kami berupaya untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya persiapan dan implementasi pertolongan pertama untuk menangani luka akibat kecelakaan kecil yang terjadi di kehidupan sehari-hari serta edukasi bagaimana cara penanganan luka berdasarkan jenis-jenisnya saat terjadi situasi darurat di rumah.”

 

Masa pandemi saat ini membuat kita menghabiskan sebagian besar waktu di rumah. Oleh karena itu, risiko terjadinya kecelakaan atau cedera saat beraktivitas di rumah pun menjadi semakin meningkat. Namun, masih banyak masyarakat di Indonesia yang belum memahami pentingnya memberikan penanganan pertolongan pertama yang tepat di rumah selama masa pandemi. Untuk itu, pengetahuan mengenai pertolongan pertama dalam penanganan luka secara mandiri di rumah merupakan kemampuan kritis yang wajib dimiliki keluarga Indonesia terutama di masa pandemi saat ini.

 

Certified Wound Specialist Physician, dr. Adisaputra Ramadhinara, M.Sc, CWSP, FACCWS mengatakan, “Memiliki Kotak Pertolongan Pertama yang memadai di rumah dan dilengkapi dengan peralatan perawatan luka yang tepat sangat penting terutama di masa pandemi saat ini. Pertolongan pertama dan perawatan yang tepat dapat mencegah risiko infeksi dan mempercepat proses penyembuhan luka. Dengan memiliki pengetahuan tentang cara merawat luka yang tepat dan memiliki Kotak Pertolongan Pertama yang memadai, diharapkan penanganan luka yang baik dan tepat bisa dilakukan sedini mungkin di rumah.”

 

Nirina Zubir seorang Aktris dan Mom Influencer mengatakan, “Dengan berbagai aktivitas yang keluarga kami lakukan dari rumah, saya tidak ingin membatasi anak-anak untuk mengeksplorasi berbagai kegiatan mereka seperti bermain dan berolahraga. Tidak jarang, berbagai kecelakaan kecil terjadi di rumah. Sebagai seorang ibu yang selalu ingin melindungi keluarga, saya tidak lagi khawatir jika anak-anak mengalami luka karena saya selalu sedia rangkaian perawatan luka dari Hansaplast di Kotak Pertolongan Pertama di rumah. Jika terluka, pertama-tama luka harus dibersihkan dengan Spray Antiseptik Hansaplast yang tidak terasa perih sehingga nyaman untuk digunakan, kemudian luka dapat ditutup dengan plester Hansaplast. Apalagi, rangkaian perawatan luka Hansaplast kini dilengkapi dengan Bacteria Shield yang telah teruji dapat menghalang kotoran dan bakteri sehingga dapat meminimalisir terjadinya infeksi.”

 


Sebagai brand yang telah mendampingi keluarga Indonesia dalam merawat luka selama hampir dari 100 tahun, seluruh rangkaian plester Hansaplast kini dilengkapi dengan Bacteria Shield yang telah teruji dapat menghalang kotoran dan bakteri untuk mendapatkan perlindungan optimal dan kondisi yang ideal untuk proses penyembuhan tanpa risiko komplikasi. Pada kesempatan ini Hansaplast juga memberikan 500 Kotak Perlengkapan Pertama kepada 500 sekolah di Indonesia. 

 

“Melalui kegiatan ini, kami berharap masyarakat dapat lebih teliti dalam memilih produk perawatan luka yang tepat, sehingga dapat menurunkan risiko infeksi serta selalu siaga memiliki perlengkapan pertolongan pertama yang memadai di rumah terutama di masa pandemi ini dimana sebagian besar kegiatan dilakukan dari rumah”, tutup Alanna.

 

Jadi sekarang kalau anak luka segera bersihan dengan Hansaplast Spray Antiseptik,  lindungi dengan Plester Hansaplast, dan sembuhkan dengan Hansaplast Salep Luka.  Selalu sedia kotak P3K di rumah ya bu ibu. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Nikmatnya Bento Ramadan HokBen

Irma Wulansari Communication Dept Head PT Eka Bogainti Tak terasa puasa sudah sampai hari ke 12, waktu begitu cepat berlalu, sudah khatam ti...