Rabu, 26 Januari 2022

Memasak Anti Gagal dengan House Kari ala Jepang

House Kari ala Jepang

Saya setiap hari memasak untuk keluarga di rumah, paling sering sih sayur SOP kesukaan si kecil. Terkadang ingin mencoba masakan yang beda dari biasanya seperti Kari. Tapi kalau udah mikir bumbu rempahnya yang banyak dan takut gagal, saya urungkan niat masak Kari. Sekarang sejak kenal Kari House ala Jepang yang sudah ada di Indonesia sejak tahun 2016, saya tidak perlu khawatir lagi untuk menyajikan hidangan kari. Dengan House Kari ala Jepang ini, masak Kari dijamin anti gagal, sambil mata terpejam pun bisa jadi. Hehehe aku sudah buktikan waktu ikutan duplicated resep masakan dari chef Theo pada 22 Januari lalu. 


Masak Kari 15 menit jadi gimana ceritanya? Bisa dong. Sebelumnya aku ceritain dulu ya saat mengikuti rangkaian acara House Of Heritages atawa Cooking Demo bareng chef Theo yang khusus datang dari Bandung ke Jakarta untuk masak bersama para blogger. Acara yang berlangsung di Almond Zucchini Cooking Studio ini dimulai pukul 09:00 meskipun cuaca hari itu diguyur hujan deras tidak menghalangi niat kami untuk belajar masak, bareng chef Theo. 



Sebelum mulai cooking demo, kami berkenalan dulu dengan Koda Sang dan juga Ibu Riany. Dalam sambutannya Ibu Riany mengatakan "Selain mengenalkan produk ala Jepang, tujuan diadakan event ini agar kita lebih pede saat memasak Kari karena anti gagal"

Selanjutnya MC mengarahkan sebagian peserta yang berjumlah sekitar 40 orang sebagian untuk melakukan cooking demo di dapur bersama chef Theo. Sebagian lagi tetap di ruangan untuk mengikuti games seru. 



House Kari ala Jepang ini sudah ada di Indonesia sejak 2016 melalui House and Vox Indonesia. Bagi teman teman muslim jangan khawatir karena House Kari ala Jepang ini sudah bersertifikasi Halal dari LPPOM MUI. Selain dipasarkan di Indonesia House Kari ala Jepang juga tersedia di Negara Singapura, Malaysia dan Dubai. 


Keistimewaan House Kari ala Jepang tidak mengandung santan dengan rasa mild. Tersedia dalam kemasan 935 gr dapat disajikan untuk 50 porsi. Selain melalui distributor utama produk House Kari ala Jepang bisa didapatkan di beberapa Supermarket di Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Makasar, Manado juga bisa dibeli secara online. 


House Kari ala Jepang cocok untuk berbagai jenis masakan seperti Iga Bakar Kari, Sandwich Kari, Cumi Isi Tahu Kuah Kari, dll. Bubuk Kari merupakan campuran dari berbagai rempah-rempah ketumbar, jinten, jahe, kunyit, cengkeh dan lainnya. Rempah-rempah tersebut memiliki manfaat diantaranya: 



Sebagai anti Inflamasi

Kunyit sebagai salah satu bahan utama dalam campuran House Kari ala Jepang yang mengandung pigmen yang disebut Kurkumin. Kurkumin terkenal karena kemampuannya untuk melawan peradangan dengan mengatur protein inflamasi.  


Menurunkan Kadar Gula Darah

Sebuah penelitian lebih dari 100.000 orang menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi kari dalam jumlah sedang memiliki kadar gula darah jauh lebih rendah daripada mereka yang makan kari kurang dari  sekali sebulan. 


Meningkatkan kesehatan otak 

Penelitian pada manusia telah menunjukkan bahwa kurkumin senyawa utama dalam kunyit dapat secara signifikan meningkatkan penanda penurunan mental dan mengurangi risiko penyakit alzheimer. 


Meningkatkan rasa kenyang

Dalam sebuah penelitian, pria yang makan makanan yang mengandung 6 atau 12 gram bubuk kari dilaporkan secara signifikan mengurangi rasa lapar dan keinginan untuk makan. 


Kamu harus coba House Kari ala Jepang karena: 

  1. Aroma menggoda yang menggugah selera

  2. Saus kental yang sempurna sebagai pendamping nasi.

  3. Cocok dengan hampir semua bahan masakan

  4. Mudah untuk dibuat 

  5. Memiliki nutrisi seimbang

  6. Salah satu makanan ciri khas Jepang

  7. Makanan favorit di Jepang

  8. Dapat dinikmati seluruh anggota keluarga



Kembali ke cooking demo, sebagian peserta cooking demo yang sudah mulai memasak diberi nama Group House dan kami yang belum masak diberi nama Group Kari. Games pertama yaitu tebak nama bubuk rempah yang ada 12 jenis. Saya ikutan, bubuk rempah yang bisa saya tebak dengan benar hanya Kunyit dan bubuk bawang putih. Lainnya salah hehehe maklum saya bisa masak dengan bumbu utuh, kunyit utuh, ketumbar bulat, lada bulat, bunga pekak, jinten dll. Peserta yang berhasil menebak rempah terbanyak dan benar dapat hadiah pastinya. 



Selanjutnya game tebak nama bahan masakan juga yang ditutup kain. Ada 6 jenis yang harus kami tebak, pas bahan masakan ke-2 saya sentuh terasa dingin, apa ya? Gak kepikiran jika itu Ayam. Sedangkan rambutan, kayu manis, salak batok kelapa bisa aku tebak dengan benar. Ya sudahlah namanya juga seru-seruan iya kan. 


Peserta yang berhasil menebak dengan benar

Selanjutnya tibalah giliran group kari untuk cooking demo bersama chef Theo. Setiap grup terdiri dari dua orang. Kalau ini membuat steak daging lengkap dengan sayuran dan kroket kentang. Bahannya sudah lengkap. Udah bersih jadi setelah mengamati chef Theo memasak kami dipersilahkan membuat menu yang sama. 


Chef Theo

Tips membuat kroket kentang dari chef Theo setelah kentang dihaluskan bentuk bulat, baluri terigu lalu tepung roti, baru ke telur baru ke terigu dan tepung roti lagi. 


Ini pertama kalinya saya membuat sayuran yang dibungkus dengan daun sawi hijau. Sawi hijau yang direbus terlebih dahulu lalu, diisi sayuran yang sudah ditumis dibentuk bulat, sehingga hasil akhirnya cantik. Senang banget jadi nambah ilmu soal memasak nih. 




Cara Membuat Kari House ala Jepang

Proses Ini tuh mudah sekali, karena ingin memadukan dengan ciri khas Indonesia chef Theo menambahkan 

irisan:

2 bawang merah 

Satu bawang putih

Daun jeruk

Serai dan 

Kapulaga 

Bunga Lawang 


Caranya:

Tumis semua hingga harum tambahkan air 300 ml lalu didihkan, dan tambahkan satu blok House Kari ala Jepang original. Diamkan hingga agak mengental. 



Kembali ke masakan tadi ya, marinasi daging dengan lada dan garam lalu masak di wajan anti lengket dengan sedikit minyak. Setelah semua beres tibalah saatnya menghias hasil masakan saya dan mbak Yayat. Kebetulan saya berpasangan dengan mbak Yayat. Senang sekali ternyata ada banyak jenis bunga dan dedaunan untuk garnis makanan yang edibel untuk dimakan. 

 


Gak nyangka bisa bikin masakan ini dalam waktu cepat. Serasa mengikuti kontes masak di TV, aseli seru. House Kari ala Jepang bisa kita kreasikan menjadi berbagai menu masakan lezat. Jangan lupa follow Instagram https://www.instagram.com/dapurkarialajepang/ supaya tidak ketinggalan berbagai tips dan resep masakan. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Dinamika Perawatan diri dan Pencegahan Disabilitas pada Kusta di Lapangan

  Halo apa kabar? Pasti sudah sibuk semua nih, ada yang mudik, beberes rumah, bikin kue, bahkan ada yang sudah sampai kampung halaman. Kami ...