Jumat, 27 Januari 2023

Resep Sate Rembiga


27 Januari 2023 cepat banget kan, tahu tahu sudah ketemu hari Jum'at lagi. Kegiatan saya setiap hari mengurus rumah tangga, memasak, mencuci kadang bingung masak apa lagi hari ini. Untungnya ada media sosial yang bisa jadi referensi untuk mencari ide menu masakan. 


Salah satu menu masakan yang saya coba adalah Sate Rembiga. Sate Rembiga adalah salah satu sajian khas Lombok,. Nusa Tenggara Barat yang terbuat dari daging Sapi. 


Sebelum di bakar daging sapi dimarinasi terlebih dahulu selama dua jam agar bumbu meresap. Agar daging empuk bisa menggunakan dua cara pertama dibungkus dengan daun pepaya. Kedua bisa direndam sebentar dengan parutan nanas. Tapi jika menggunakan nanas jangan terlalu lama karena daging akan hancur saat dibakar karena terlalu empuk. 



Berikut resep Sate Rembiga yang pernah saya coba. 


Bahan 

250 gr Daging

10 gr Cabe Merah Besar 

10 buah Cabai Rawit Domba

1 bungkus terasi (bebas)

Bawang merah 5 siung

Bawang putih 3 siung

Kemiri 

Kecap Manis 

Minyak Goreng


Cara Membuat

Haluskan Bawang Merah, Bawang Putih, Kemiri, Terasi, tumis hingga kental menjadi seperti saus,tambahkan kecap manis. Simpan sebagian saus Rembiga  Campurkan bumbu saus sate Rembiga ke daging yang sudah dibersihkan dan dipotong kotak-kotak. Aduk rata diamkan selama dua jam atau boleh juga di simpan di lemari es. 



Tusuk-tusuk ke tusuk sate masing masing 4 potong. Selanjutnya bakar, saya bakar menggunakan teflon grill lebih higienis dan praktis. Setelah matang sajikan bersama sisa saus Rembiga dan lontong atau nasi hangat. 


Tips untung yang mempunyai riwayat darah tinggi. Jangan terlalu banyak konsumsi menu makanan yang terbuat daging. Alangkah baiknya setelah mengkonsumsi daging minum jus nanas untuk menjaga agar tekanan darah tidak tinggi. Teman-teman gimana, sudah membatasi konsumsi daging atau punya solusi untuk menjaga kesehatan? 


Usia sudah tidak muda lagi harus mulai jaga asupan agar sehat selalu. Beberapa waktu lalu saya merasakan leher kaku badan sering pega-pegal dan sering pusing, dan jantung serasa berdebar. Akhirnya saya memeriksakan kesehatan ke Puskesmas terdekat. Alhamdulillah tensi normal, tapi dokter menganjurkan agar saya cek darah di laboratorium. 


Saya diminta datang lagi 3 hari kemudian, dan diharuskan puasa mulai jam 10 malam, hanya diperbolehkan minum air putih. Hasil cek darah asam urat saya hampir mendekati batas normal. Sedangkan kolesterol sangat tinggi., Karena itu saya diberikan Obet kolesterol yang harus diminum 1 × sehari sebelum tidur. Juga diberikan Vitamin B Kompleks. 


Alhamdulillah setelah minum obat ini selama beberapa hari jantung berdebar agak berkurang, pusing juga tidak terlalu sering. Kalau pegal di leher saya dianjurkan untuk mengurangi kegiatan yang banyak menunduk. Jika terpaksa bekerja dengan laptop atau HP sebaiknya dibuat sejajar jangan menunduk. Alhamdulillah semoga kita semua sehat selalu ya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Harga Kampas Rem di Planet Ban

  Lebih Baik Terlambat daripada tidak bisa, mungkin kalimat ini cocok untuk saya. Usia kepala empat baru berani mengendarai motor. Sudah sej...