Laman

Jumat, 22 September 2017

Kenali Perilaku Anak Usia Pra Sekolah

MC - Ayudia - dr Rini

Halo apa kabar semuanya, kali ini saya mau membahas keseharian ibu-ibu hehehe. Sering saya temui saat di sekolah atau di taman bermain, tipe ibu yang melarang apapun yang akan dilakukan anaknya. Anaknya pegang ini teriak, anaknya mau itu teriak, haduh pusing saya mendengar teriakan yang melengking. Saya sendiri tidak melarang apa yang akan dilakukan oleh putri saya selagi itu tidak membahayakan dirinya atau teman-teman bermainnya. Sebagai seorang ibu, saya akan terus belajar agar bisa memberikan yang terbaik untuk putri saya. Salah satunya dengan mengikuti berbagai seminar.


Tanggal 14 September 2017 lalu, saya mengikuti 'Clozetters Gathering with Parenting Club' di Harlequin Bistro Kemang.  Kali ini Clozette gathering with parenting club' dengan tema 'Kenali Perilaku Anak Usia Pra Sekolah'. Acara dihadiri oleh Ayudia Bing Slamet seorang aktris film dan sinetron. Ayudia yang sekarang tampak lebih cantik dengan hijabnya bercerita tentang putranya yang bernama Sekala yang sekarang berusia 1 tahun 4 bulan. Ayudia sebagai ibu muda juga sudah mencoba Smart Strength Finder.

Apa itu Smart Strength Finder?
Smart Strength Finder adalah tool yang dirancang oleh Thomas Amstrong, Ph.D yang dapat membantu kita para orang tua mengenali kepintaran si kecil. Caranya sangat mudah, hanya dengan menjawab pertanyaan seputar perilaku si kecil dan lakukan secara berkala. Melalui www.parentingclub.co.id kita dukung kepintaran akal, fisik, dan sosial si kecil . Dengan mengenali kepintaran yang dimilikinya dan berikan stimulasi terbaik untuk menjadikan pintarnya beda.

dr Rini Sekartini


Hadir juga dr. Rini Sekartini yang banyak sekali memberikan tips tentang tumbuh kembang anak, terutama perilaku anak usia pra sekolah (3-6 tahun). Perilaku anak pada usia tersebut sudah mulai menggunakan akal seperti:
  • Banyak bertanya dan terkadang pertanyaan yang sulit dijawab dan memalukan.
  • Belajar perbedaan antara orang laki-laki dan perempuan.
  • Dapat mengingat lebih dari satu pemikiran atau ide pada satu waktu yang sama.
  • Masih belum dapat mengekspresikan apa yang dibayangkan di otaknya dengan apa yang sebenarnya kenyataan yang terjadi.
  • Masih suka lambat membuat keputusan.

Kak Budi 

Sedangakan perilaku anak usia pra sekolah dilihat dari kemampuan sosial sebagai berikut:
  • Belajar banyak tentang dunia sekitarnya. Mengapa begini, mengapa begitu?
  • Belajar berteman, seringkali pertemanan singkat.
  • Belajar bermain secara berkelompok.
  • Membutuhkan rutinitas terlebih dahulu untuk merasa percaya diri.
  • Membutuhkan orang lain untuk menentukan batasan "boleh atau tidak".

Maura sedang bermain 

Yang perlu diperhatikan oleh para orang tua adalah tumbuh kembang si kecil 1000 hari pertama kehidupan. Penuhi kebutuhan dasar untuk tumbuh kembang optimal. Juga berikan stimulasi dan nutrisi secara seimbang. Selalu pantau pertumbuhan dan perkembangan anak seperti yang direkomendasikan WHO:
  • Inisiasi menyusui dini (< 1 jam lahir).
  • ASI (air susu ibu) eksklusif selama 6 bulan.
  • Makanan pendamping ASI diberikan paling lambat 6 bulan sambil melanjutkan pemberian ASI.
  • Berikan makanan pendamping ASI tepat waktu, kandungan nutrisi cukup dan seimbang, aman diberikan dengan cara yang benar.


Oh iya saat acara berlangsung saya dan para undangan diperbolehkan membawa buah hati lho, ada arena bermain untuk anak-anak. Juga ada kakak-kakak yang menjaga anak-anak saat bermain, dan anak-anak tampak senang sekali. Apalagi hadir juga Kak Budi yang mengajak anak bermain bersama, sehingga para bunda bisa fokus mengikuti penjelasan dari dr. Rini tentang cara mengenali perilaku anak di usia pra sekolah di ruangan berbeda. Kak Budi juga banyak memberikan tips tentang membuat mainan dari barang-barang yang tidak terpakai di rumah. Contohnya membuat singa dari paper bag, jadi mainan anak ga harus mahal ya. Senang sekali bisa ikut acara ini karena banyak ilmu yang didapat.

Teman-teman juga bisa bergabung bersama www.parentingclub.co.id atau media sosial:
Instagram: parentingclub.id
Twitter: @ParentingClubID
Facebook: Parenting Club ID

10 komentar:

Leyla Hana mengatakan...

Wah jarang2 nih Bilqis bisa ikut mamanya ke acara. Pasti seneng banget ikut acara ini

Ria Handayani mengatakan...

Wkwkwk tapi dia sekolah jadi yang ikut adiknya Bilqis 😀

Ria Buchari mengatakan...

Blm sempet kenalan sm Maura n omnya hehe..acaranya keren ya mba ibu dan anak sama2 dpt ilmu 😊

mpo ratne mengatakan...

Teriak Teriak melulu mak bikin anak bilang Awas Ternyata mak ane Galak melebihi mama sinchan. Ane aja pengeng kuping dengar Nya apalagi Di anak.

Ria Handayani mengatakan...

Kalau mau di larang deketin anaknya ya biar ga bikin pengen gabung 😀😁

Ria Handayani mengatakan...

Iya seru banget acaranya, dan bermanfaat bagi kita.

Echi Mustika mengatakan...

2 in 1 pulang bawa ilmu banyak mba, kompak selalu yaa

Novitania Pambhudi mengatakan...

Betul banget mba, jujur nih aku suka kewalahan jawabin pertanyaan anak anak usia pra sekolah. Makanya harus terus upgrade ilmu parenting, salah satunya ya dari baca postinganmu ini. Makasih sharingnya

Dewi Nuryanti mengatakan...

Anak prasekolah adalah anak dlm fase 1000 hari pertama pertumbuhan dan ini fase penting utk tumbuh kembang anak selanjutnya terutama untuk perkembangan otak dan psikologis anak. Krn itu selain hrs memperoleh asupan gizi yg cukup, juga hrs memperoleh kenyamanan utk belajar hal hal pertama bagi dirinya. Ibunya harus cerdas dan aktif nih.

Anisa Deasty Malela mengatakan...

Anak prasekolah masih di masa emas pertumbuhan otaknya, jadi akan lebih baik diajarkan untuk lebih menhenal lingkungan. Jangan dipaksa untuk belajar calistung dulu ya.